Simak 10 Kelebihan dan Kekurangan Apple iPhone 12 Pro Max

Jika ingin mengetahui seberapa jauh perkembangan teknologi kita, perhatikanlah varian tertinggi dari seri iPhone. Pada bulan November, Apple merilis iPhone 12 Pro Max, yang merupakan varian paling canggih dalam seri iPhone 12. Ponsel ini menawarkan beberapa inovasi yang membuatnya lebih maju daripada ponsel canggih lainnya.

Apple iPhone 12 Pro Max

Spesifikasi Apple iPhone 12 Pro Max
  • Layar: Super Retina XDR OLED 6.7 inci
  • Chipset: Apple A14 Bionic
  • RAM: 6 GB
  • Memori Internal: 128 GB, 256 GB, 512 GB
  • Kamera: 12 MP (wide)12 MP (telephoto)12 MP (ultrawide)MP (ToF Lidar)
  • Baterai: Li-Ion 3687 mAh

Selengkapnya :

Untuk informasi lebih lanjut tentang iPhone 12 Pro Max, kami telah merangkum beberapa kelebihan dan kekurangannya. Apa saja keunggulan unik yang ditawarkannya? Temukan jawabannya di bawah ini.

Kelebihan Apple iPhone 12 Pro Max

Kelebihan Apple iPhone 12 Pro Max

Pada versi iPhone 12 yang paling canggih ini, ada beberapa keunggulan yang sangat dinantikan oleh para penggemar. Apa saja? Temukan poin-poin berikut ini.

1. Tampilan Desain Mewah dengan Layar OLED Terlebar

Keunggulan pertama dari iPhone 12 Pro Max terletak pada tampilan layarnya. Smartphone ini memiliki layar terbesar dalam seri iPhone 12, yaitu 6,7 inci dengan panel Super Retina XDR OLED. Resolusi layarnya juga tinggi, mencapai 1284 x 2778 piksel dengan kerapatan piksel 458 ppi.

Layar iPhone 12 Pro Max dapat mencapai tingkat kecerahan maksimal hingga 1200 nits, dan mendukung layar Dolby Vision, sehingga tampilannya sangat terang dan tajam, bahkan ketika digunakan di bawah sinar matahari. Desain mewahnya didukung oleh empat pilihan warna: Silver, Graphite, Pacific Blue, dan Gold. Setiap warnanya dirancang dengan kesan premium dan berkelas.

Ketahanan body juga menjadi aspek penting dari iPhone 12 Pro Max. Dibuat dengan material stainless steel ala surgical grade, ponsel ini tahan terhadap korosi dengan kuat. Selain itu, iPhone 12 Pro Max memiliki sertifikasi IP68, yang membuatnya tahan terhadap debu dan air hingga kedalaman 1,5 meter selama 30 menit.

2. Didukung Chipset dengan Performa Terbaik

Semua model dalam seri iPhone 12 menggunakan chipset yang sama, yaitu Apple A14 Bionic. Chipset ini terkenal karena memiliki performa yang sangat kuat, bahkan untuk standar industri smartphone. Dengan 11,8 miliar transistor, chipset ini mampu memberikan performa yang sangat handal.

Apple mengklaim bahwa chipset ini mampu memberikan kinerja CPU dan GPU yang 50% lebih cepat dibandingkan dengan smartphone lainnya. Chipset ini dibuat dengan teknologi manufaktur 5 nm, yang tidak hanya unggul dalam hal kecepatan, tetapi juga dalam efisiensi daya yang lebih baik. Oleh karena itu, ini menjadi salah satu keunggulan dari iPhone 12 Pro Max.

3. Kualitas Kamera Terbaik dengan Teknologi Perekaman Video Profesional

Keunggulan lain dari iPhone 12 Pro Max terletak pada sektor kameranya. Ponsel ini dilengkapi dengan empat kamera belakang dengan resolusi 12MP, 12MP, 12MP, dan ToF 3D LiDAR Scanner, serta kamera depan 12MP dan SL 3D. Dengan kombinasi ini, hasil foto yang dihasilkan memiliki kualitas yang sangat baik. Selain itu, kamera ini dilengkapi dengan fitur Dolby Vision.

Kamera iPhone 12 Pro Max mampu merekam video dengan kualitas yang dapat menyaingi kamera profesional yang biasa digunakan dalam pembuatan film. Dengan kemampuan merekam, mengedit, dan mengomputasi video berstandar Dolby Vision 10-bit, hasilnya menampilkan rentang dinamis warna yang lebih luas dan realistis.

4. Dukungan Fitur LiDAR Scanner dan MagSafe

Keunggulan iPhone 12 Pro Max juga terletak pada fitur LiDAR Scanner yang mendukung kebutuhan Augmented Reality (AR). Sensor LiDAR (Light Detection and Ranging) meningkatkan kemampuan AR dengan cara yang lebih interaktif, memungkinkan objek berinteraksi dengan barang-barang di dalam ruangan.

Fitur ini sangat berguna bagi mereka yang sering merancang interior, karena memungkinkan pengukuran dimensi furnitur untuk memudahkan proses pencocokan. Selain itu, keunggulan iPhone 12 Pro Max juga terletak pada fitur MagSafe yang menjanjikan. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memasang aksesori seperti charger nirkabel atau kantong penyimpanan di belakang ponsel secara magnetis.

Dengan fitur MagSafe, pengisian daya menggunakan charger nirkabel pada iPhone 12 Pro Max dapat dilakukan secara lebih optimal.

5. Daya Tahan Baterai Paling Irit

Keunggulan terakhir dari iPhone 12 Pro Max adalah dalam hal baterainya. Dengan kapasitas 3.687 mAh, ponsel ini menawarkan durasi pemakaian yang lebih lama daripada versi lainnya. Ponsel ini dapat bertahan dalam penggunaan aktivitas multimedia selama 20 jam dan memutar musik selama 80 jam.

Kekurangan Apple iPhone 12 Pro Max

Kekurangan Apple iPhone 12 Pro Max

Meskipun iPhone 12 Pro Max merupakan varian tertinggi dari iPhone 12, namun masih memiliki beberapa kekurangan. Berikut adalah beberapa poin kekurangannya.

1. Bobot Bodinya Cukup Berat

Banyak yang menyadari bahwa peningkatan bobot bodi pada sebuah smartphone adalah konsekuensi dari ukuran layar yang besar. Namun, peningkatan bobot bodi yang cukup drastis pada iPhone 12 Pro Max bisa berdampak buruk pada kenyamanan pengguna saat digunakan.

Dengan dimensi 160.8 x 78.1 x 7.4 mm, iPhone 12 Pro Max memiliki bobot mencapai 228 gram! Angka ini sebenarnya terlalu besar untuk sebuah smartphone, dan mungkin saja pengguna akan merasa cepat lelah jika menggunakannya terus menerus.

2. Tidak Dilengkapi dengan Kepala Casan dan Earphone

Siapkan dompet yang lebih dalam jika ingin membeli iPhone 12 Pro Max. Meskipun harganya yang paling mahal, mungkin kita berharap bahwa dalam kotak pembelian akan disertakan kepala charger dan earphone. Namun, kenyataannya tidak demikian! Apple memutuskan untuk menghilangkan kedua aksesoris tersebut dari kotak pembelian guna membuatnya lebih kecil dan mudah didistribusikan.

3. Refresh Rate 60Hz

Terdengar rumor bahwa seri iPhone 12 akan dilengkapi dengan refresh rate tinggi seperti kebanyakan ponsel flagship Android, seperti Samsung Galaxy Note20 Ultra, seri S20, OPPO Find X2 Pro, dan lainnya.

Tren ini memang sudah umum, di mana refresh rate di atas 60 Hz digunakan untuk meningkatkan touch sampling rate dan memberikan responsivitas yang lebih baik saat bermain game. Namun, rumor tersebut ternyata tidak benar. Tidak ada dari varian iPhone 12 yang memiliki refresh rate di atas 60 Hz, bahkan untuk 90 Hz pun tidak.

Kesimpulan

Itulah 10 kelebihan dan kekurangan Apple iPhone 12 Pro Max yang perlu Anda ketahui jika Anda berniat memilih salah satu varian dari seri ini. Yang dapat membuat Anda tenang adalah mengetahui bahwa Pro Max merupakan versi paling mahal dan paling canggih, sehingga Anda tidak perlu khawatir ketinggalan fitur terbaru dari iPhone.

Kapan lagi Anda bisa merasakan alat sekelas industri perfilman yang dapat menerapkan Dolby Vision secara real time? Ini adalah kesempatan yang sulit didapatkan, bahkan oleh para pelaku perfilman.

Ingin mengetahui perbandingannya dengan varian lainnya? Kunjungi artikel perbandingan iPhone 12, Mini, Pro, dan Pro Max. Oh ya, jika Anda ingin membeli iPhone 12 Pro Max, ponsel ini dibanderol dengan harga mulai dari $1.099 atau sekitar Rp15,4 jutaan. Tertarik?

About the Author

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.