Yuk, Simak Kelebihan dan Kekurangan Advan Tab Belajar Elite!

Seperti yang kita semua ketahui, proses pembelajaran bagi siswa saat ini masih berlangsung secara daring atau online karena pandemi yang belum juga mereda.

Sistem belajar online di rumah ini diharapkan dapat membantu mengurangi penyebaran virus secara luas dan menjaga keamanan serta kesehatan peserta didik agar tidak terpapar virus.

Advan Tab Belajar Elite

Spesifikasi Advan Tab Belajar Elite
  • Rilis: Februari 2021
  • Layar: Layar sentuh kapasitif IPS LCD, 8 inci
  • Chipset: Unisoc SC9832E (28 nm)
  • GPU: Mali-T820 MP1
  • RAM: 3 GB
  • Memori Internal: 16 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC
  • Kamera Belakang: 5 MP
  • Kamera Depan: 2 MP
  • Baterai: Li-Po 4000 mAh

Selengkapnya :

Namun, sayangnya kebijakan ini tidak didukung dengan teknologi yang memadai. Banyak masyarakat, khususnya orang tua siswa, merasa terbebani karena anak-anak mereka tidak memiliki perangkat yang cukup untuk kegiatan belajar di rumah.

Untuk mengatasi masalah ini, Advan, sebuah perusahaan ponsel pintar asal Indonesia, menawarkan solusi. Solusi yang ditawarkan oleh Advan adalah melalui peluncuran produk terbarunya yang bernama Advan Tab Belajar Elite.

Tab yang dikembangkan oleh Advan ini memungkinkan siswa untuk menyelesaikan tugas sekolah di rumah dengan spesifikasi yang menarik. Perangkat yang dirilis pada bulan Februari 2021 ini hadir dengan harga yang terjangkau, sekitar Rp 1,39 jutaan saja.

Dengan harga yang terjangkau itu, Advan Tab Belajar Elite menawarkan kualitas yang tidak kalah dengan produk sejenis. Terlebih lagi dengan gelar 'Elite' di namanya, Tab berwarna hitam ini dipastikan memiliki kualitas yang baik di kelasnya. Untuk mengetahui spesifikasi lengkap dari Advan Tab Belajar Elite, kamu bisa membaca lebih lanjut di bawah ini.

Kelebihan Advan Tab Belajar Elite

Kelebihan Advan Tab Belajar Elite

Setelah Anda membaca spesifikasi di atas, mungkin Anda sudah menemukan kelebihan dari Advan Tab Belajar Elite. Namun, jika Anda belum menemukannya, tidak perlu khawatir karena Teknoindie akan dengan senang hati mengungkapkannya. Simak pembahasannya di bawah ini.

1. Layar Luas

Sudah menjadi kebiasaan jika sebuah tablet memiliki layar yang luas, seperti halnya Advan Tab Belajar Elite dengan layar 8 inci. Layar HD ini menawarkan ketajaman gambar 189 ppi, yang menjanjikan kenyamanan bagi mata pengguna terutama para siswa atau anak-anak saat menggunakan tablet.

Layar Advan Tab Belajar Elite menggunakan panel IPS LCD yang dikenal memiliki kecerahan dan sudut pandang yang baik di kelasnya. Selain itu, panel ini diklaim tidak akan banyak menguras daya baterai, alias irit. Desain tablet ini juga ramping dan ringan dengan bobot 364 gram dan dimensi 211 x 124 x 9,7 mm.

2. Baterai Awet

Kadang kita merasa kesal jika tiba-tiba perangkat mati atau baterainya mulai habis. Namun, hal tersebut tidak akan terjadi pada Advan Tab Belajar Elite karena memiliki sistem baterai yang handal. Tablet ini dilengkapi dengan baterai Li-Po berkapasitas 4.300 mAh.

Dengan manajemen daya yang baik, baterai Advan Tab Belajar Elite dapat mendukung para siswa dalam proses belajar dengan baik. Bahkan ketika digunakan untuk bersantai sambil menonton berbagai konten hiburan, baterainya dijamin akan awet sepanjang hari.

3. Kinerja Mulus

Aspek lain yang patut diperhitungkan dari Advan Tab Belajar Elite adalah System on Chips (SoC) yang digunakannya. Dapur pacu yang dimilikinya mampu berjalan gesit sesuai dengan kelasnya, berkat dukungan chipset Unisoc SC9832E yang dibuat dengan proses 28 nanometer.

Untuk meningkatkan kinerjanya, tablet ini menggunakan CPU Quad-core dengan clock speed 1.4 GHz. Diperkuat oleh Mali-T820 MP1 sebagai GPU-nya, tablet Advan ini mampu menghasilkan tampilan visual yang optimal.

Tidak hanya itu, dengan ruang penyimpanan yang cukup besar, yaitu 3/16 GB, dan dapat diperluas menggunakan microSDXC, tablet ini semakin siap untuk menangani berbagai tugas.

Saat diluncurkan, tablet pintar ini menjalankan sistem operasi Android 10 yang membawa sejumlah fitur terbaru seperti Sound Amplifier, Smart Reply, mode Focus, Live Caption, mode gelap, hingga family link.

Kombinasi dari spesifikasi tersebut menghasilkan performa yang lancar dan pastinya akan membuat pengguna, khususnya para siswa, termotivasi untuk belajar.

4. Konektivitas Mumpuni

Terdapat beberapa fitur konektivitas yang dapat diandalkan dari perangkat di kelas pemula ini, seperti USB bertipe microUSB 2.0 dan USB On-The-Go, sistem navigasi A-GPS, Wifi, dan Bluetooth versi 4.2.

Keberadaan USB On-The-Go memudahkan pengguna dalam membaca flashdisk dan melakukan pertukaran file dengan mudah.

Sistem navigasi A-GPS yang bekerja dengan perusahaan Amerika dianggap akurat dalam menentukan posisi atau lokasi dengan metode berbasis pada waktu.

Fitur WLAN terdiri dari Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, dan hotspot yang dapat terhubung dengan jaringan internet secara cepat.

Teknologi Bluetooth versi 4.2 diklaim akan menyuguhkan keamanan tinggi dengan kecepatan unduh yang lebih cepat. Sensor-sensor yang dihadirkan pada Advan Tab Belajar Elite dipercaya dapat menunjang proses pembelajaran siswa secara online.

Kekurangan Advan Tab Belajar Elite

Sama seperti perangkat elektronik lainnya, Advan Tab Belajar Elite juga memiliki beberapa kekurangan. Bagi yang ingin tahu, berikut adalah beberapa kekurangan yang dimiliki oleh Advan Tab Belajar Elite.

1. Kehadiran Sensor yang Minim

Sepertinya Anda perlu mengaktifkan keamanan pola, kata sandi, atau metode serupa pada perangkat Advan ini. Tablet elit ini tidak dilengkapi dengan teknologi pemindai sidik jari.

Padahal, saat ini banyak tablet, mulai dari yang kelas pemula hingga andalan, yang mengintegrasikan pemindai sidik jari untuk meningkatkan tingkat keamanan.

Lalu, sensor apa yang ada di tablet belajar ini? Setelah melihat spesifikasinya, Advan Tab Belajar Elite hanya dilengkapi dengan sensor akselerometer. Sensor ini berfungsi untuk mengukur kecepatan suatu objek dan membantu perangkat mengubah orientasi layar dari potret ke lanskap atau sebaliknya.

Bagi yang berharap tablet ini memiliki sensor kompas, gyro, atau proksimiti, mungkin perlu mempertimbangkan kembali. Namun, kehadiran sensor akselerometer sudah cukup untuk mendukung proses pembelajaran siswa di rumah.

2. Modul Kamera Kecil

Advan Tab Belajar Elite nampaknya kurang memberikan perhatian pada kemampuan fotografi dan videografinya. Hal ini terlihat dari kamera belakangnya yang hanya memiliki satu sensor berukuran 5 MP dengan fitur Autofokus.

Tidak hanya itu, fitur-fiturnya juga terbatas, dengan satu-satunya fitur LED flash yang berguna saat mengambil foto di kondisi minim cahaya.

Tablet ini juga sedikit kalah dalam memberikan resolusi untuk kamera depannya. Sensor kamera depannya hanya 2 MP tanpa fitur tambahan. Untuk merekam, tablet ini hanya mampu merekam video dengan resolusi 720p pada 30fps.

Seiring dengan banyaknya pengguna, terutama siswa, yang menggunakan video group call untuk pembelajaran, seharusnya kemampuan kamera dan merekam perlu ditingkatkan. Namun, konfigurasi kamera Advan Tab Belajar Elite terlihat kurang memadai untuk kebutuhan ini.

3. Tidak Dibekali Pen

Ketika membeli Advan Tablet Belajar Elite, disarankan untuk menyesuaikan ekspektasi terkait keberadaan pen khusus tablet. Hal ini karena perangkat ini tidak disertai dengan pensil atau pen khusus yang menjadi pendamping tablet.

Selain itu, tujuan dari kehadiran tablet ini adalah untuk mendukung siswa dalam menyelesaikan tugas sekolah, bukan untuk aktivitas desain gambar yang biasanya dilakukan oleh profesional. Jadi, sebelum membeli perangkat elit ini, penting untuk mengetahui preferensi dan tujuan penggunaannya terlebih dahulu.

Kesimpulan

Bagi Anda yang sedang mencari tablet murah dengan kualitas bagus untuk keperluan belajar, Advan Tab Belajar Elite bisa menjadi pilihan yang tepat. Perangkat ini memiliki keunggulan dalam layar yang luas dengan resolusi yang cukup, performa yang lancar berkat SoC yang digunakannya, daya tahan baterai yang baik seharian, dan fitur konektivitas yang handal.

Meskipun demikian, Advan Tab Belajar Elite juga memiliki beberapa kekurangan, seperti tidak dilengkapi dengan pensil khusus, sensor yang minim, dan konfigurasi kamera yang tergolong standar. Apakah Anda merasa masih ada kekurangan lain dari tablet pintar ini?

Demikianlah ulasan tentang kelebihan dan kekurangan dari Advan Tab Belajar Elite. Semoga informasi ini memberikan gambaran yang jelas tentang tablet ini. Tetap pantau Carisinyal untuk mendapatkan informasi terbaru seputar teknologi dan ponsel pintar.

About the Author

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.