Sebelum Beli, Simak 10 Kelebihan dan Kekurangan Advan G5 Elite 2021

Produsen HP Indonesia, Advan, terus berkompetisi dengan ponsel-ponsel Tiongkok dengan meluncurkan Advan G5 Elite 2021 sebagai senjata mereka di kelas entri. HP ini merupakan penerus Advan G5 yang diperkenalkan pada Mei 2020.

Advan G5 Elite 2021

Spesifikasi Advan G5 Elite 2021
  • Layar: IPS LCD 6,1 inci HD+
  • Chipset: UNISOC SC9832E
  • CPU: Quad-core 1,4 GHz
  • GPU: Mali-T820 MP1
  • RAM: 3 GB
  • Memori Internal: 16 GB
  • Memori Eksternal: microSD (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 13 MP
  • Kamera Depan: 5 MP
  • Baterai: 3000 mAh

SelengkapnyaSpesifikasi Advan G5 Elite 2021 dan Harganya

CEO Advan, Chandra Tansri, menjelaskan bahwa Advan G5 Elite 2021 dirancang untuk memberikan pengalaman hiburan terbaik bagi masyarakat. Menurutnya, pengalaman terbaik dalam menikmati hiburan dapat diperoleh dari kombinasi layar dan memori yang besar, yang dimiliki oleh Advan G5 Elite 2021. Yang menarik, konsumen tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk mendapatkan pengalaman terbaik ini.

Advan menjual G5 Elite 2021 dengan harga yang terjangkau, hanya Rp1.090.000! Sebagai produk buatan Indonesia, Advan G5 Elite 2021 tentu layak dipertimbangkan sebagai pilihan. Oleh karena itu, mari kita lihat kelebihan dan kekurangannya seperti yang telah dirangkum oleh Teknoindie.

Kelebihan Advan G5 Elite 2021

Kelebihan Advan G5 Elite 2021

Dari spesifikasi utama di atas, pasti sudah terlihat bagian-bagian menarik dari Advan G5 Elite 2021. Maka, mari kita bahas satu per satu!

1. Desain Bodi Cukup Oke

Advan G5 Elite 2021 memiliki desain yang menarik meski harganya terjangkau. Dari depan, layar bergaya 'tetesan air' menggunakan kaca lengkung 2,5D yang membuatnya nyaman digenggam. Sudut-sudut lengkung ini juga meluas ke pojok untuk mengurangi kesan kaku.

Bagian rangka memiliki tombol volume dan power di sisi kanan, colokan micro USB dan jack audio 3,5 mm di bagian atas, serta speaker di bagian bawah. Penempatan ini ergonomis, terutama untuk jack audio dan speaker. Jack audio di atas memudahkan pengguna untuk menghubungkan headset, terutama saat ponsel ditaruh di saku kemeja atau celana.

Speaker di bagian bawah membuat suara Advan G5 Elite 2021 lebih jelas daripada ponsel lain yang speaker-nya di bagian belakang. Hal ini terjadi saat ponsel diletakkan di meja.

Di bagian belakang, terdapat cover polikarbonat dengan warna glossy yang menarik. Advan menawarkan tiga pilihan warna: hitam, biru gelap, dan biru. Warna biru terakhir memiliki sentuhan bintik-bintik silver yang menarik. Cover ini bisa dilepas untuk mengakses baterai, dua kartu SIM, dan satu slot microSD.

Desain ini terlihat klasik karena mayoritas ponsel saat ini menggunakan desain unibody. Namun, keuntungannya adalah Anda tidak perlu pergi ke layanan servis untuk mengganti baterai. Anda hanya perlu membeli baterai baru dan memasangnya sendiri.

2. RAM Cukup Besar di Kelas Harganya

Advan G5 Elite 2021 menawarkan RAM 3 GB, yang lebih besar dibandingkan dengan ponsel baru lainnya yang masih menggunakan RAM 2 GB seperti Infinix Hot Play 10 dan Redmi 9A pada rentang harga yang sama. RAM yang lebih besar ini akan meningkatkan kelancaran penggunaan multitasking.

Hal ini sangat cocok untuk pengguna di Indonesia yang memiliki beberapa akun media sosial dan suka berbelanja online di berbagai platform. Selain RAM 3 GB, Advan G5 Elite 2021 juga dilengkapi dengan memori internal 16 GB tipe eMMC 5.1.

Namun, ada kekurangan dalam komunikasi tim pemasaran Advan terkait dengan istilah "triple RAM" yang digunakan untuk menyebut kapasitas RAM 3 GB. Istilah ini bisa menyesatkan karena "triple RAM" sering kali dikaitkan dengan konfigurasi tiga keping RAM, padahal yang digunakan dalam HP ini adalah satu keping RAM dengan kapasitas 3 GB.

3. Layar Cukup Luas

Sejak iPhone muncul pada tahun 2007, smartphone telah terus meningkatkan ukuran layarnya dari waktu ke waktu. Keputusan produsen untuk memperbesar layar sejalan dengan keinginan konsumen untuk menikmati konten secara lebih baik. Advan juga memperhatikan hal ini dengan merancang layar berukuran 6,1 inci dengan panel IPS untuk G5 Elite 2021.

Ukuran 6,1 inci sudah sesuai dengan standar saat ini. Bahkan, sedikit lebih nyaman digunakan dengan satu tangan dibandingkan dengan ponsel lain yang memiliki layar lebih besar dari 6,5 inci. Detail yang ditampilkan di layar ponsel ini juga dijamin baik karena memiliki resolusi HD+ (720 x 1560).

Fitur menarik lainnya dari layarnya adalah dukungan sentuhan hingga 10 jari. Selain itu, kamu tidak perlu mengatur kecerahan layar secara manual karena Advan G5 Elite 2021 dilengkapi dengan sensor cahaya yang dapat menyesuaikan secara otomatis dengan kondisi sekitar. Hal ini sangat berguna saat kamu menggunakan ponsel di luar dan kemudian masuk ke dalam ruangan yang agak gelap.

4. Kamera Tergolong Cukup Baik

Advan tidak memberikan penjelasan yang spesifik mengenai konfigurasi kamera belakang maupun kamera depannya pada Advan G5 Elite 2021. Mereka hanya menyebutkan bahwa kamera belakang memiliki resolusi 13 MP dan kamera depan 5 MP. Beberapa kanal YouTube yang mengulas Advan G5 Elite 2021 menyatakan bahwa kualitas jepretan kamera belakangnya cukup baik.

Gambar yang dihasilkan memiliki warna yang natural dan detail yang bagus. Namun, terkadang fokusnya agak bermasalah terutama saat mengambil gambar objek yang bergerak. Sementara itu, kamera depannya cukup untuk kelas harga tersebut. Untuk perekaman video, kamera depan dapat menghasilkan video dengan resolusi 720p, sementara kamera belakang dapat merekam video dengan resolusi 1080p. Kamera depan juga dilengkapi dengan fitur Face ID (pengenalan wajah) untuk keamanan.

5. Triple Slot Card

Memori internal sebesar 16 GB memang terasa kurang, terutama mengingat ukuran aplikasi yang kini semakin besar. Namun, keuntungan dari Advan G5 Elite 2021 adalah tidak menggunakan konfigurasi slot hybrid. HP ini memiliki dua slot kartu SIM dan satu slot kartu microSD (khusus) yang dapat diakses dengan membuka penutup belakang.

Dengan konfigurasi ini, pengguna dapat menggunakan storage internal hanya untuk aplikasi, sementara file seperti dokumen, foto, lagu, dan video dapat disimpan di kartu microSD. Hal ini memungkinkan pengguna untuk tidak khawatir kehabisan memori ponsel. Selain itu, sebagian file juga dapat dipindahkan ke flashdisk karena Advan G5 Elite 2021 mendukung USB On-The-Go.

Kekurangan Advan G5 Elite 2021

Kekurangan Advan G5 Elite 2021

Ada beberapa catatan penting lain yang perlu diperhatikan dari Advan G5 Elite 2021, yaitu poin-poin kekurangannya. Untuk mendapatkan gambaran menyeluruh tentang sebuah ponsel, penting untuk mengetahui baik kelebihan maupun kekurangannya. Berikut adalah beberapa kekurangan Advan G5 Elite 2021.

1. Baterai Cuma 3000 mAh

Advan mengklaim bahwa kapasitas baterai 3000 mAh sudah cukup untuk membuat Advan G5 Elite 2021 dapat digunakan sehari penuh. Namun, jika dibandingkan dengan merek lain, kapasitas tersebut jelas kurang. Rata-rata produsen ponsel saat ini paling tidak menyediakan baterai dengan kapasitas 4000 mAh.

Kapasitas baterai 4000 mAh dianggap oleh banyak pihak sebagai standar minimal untuk mendukung penggunaan ponsel yang semakin intens saat ini. Satu hal kecil lainnya yang berkaitan dengan baterai adalah waktu pengisian. Ponsel ini membutuhkan waktu paling cepat 3,6 jam dari 0 hingga penuh jika diisi dengan adaptor 5 volt 1 ampere yang disertakan dalam paket penjualan.

2. Chipset yang Sudah Ketinggalan Zaman

Ukuran baterai 3000 mAh mungkin terlihat kurang memadai ketika dipadukan dengan chipset UNISOC SC9832E. Chipset buatan produsen Tiongkok ini dianggap ketinggalan zaman, bukan karena usianya (diperkenalkan pada tahun 2018), tetapi karena proses fabrikasinya yang masih menggunakan ukuran yang cukup besar, yaitu 28 nm. Saat ini, chipset pada ponsel kelas entri umumnya menggunakan arsitektur yang lebih kecil, seperti 16, 14, 13, atau 12 nm.

Secara teori, semakin kecil desain litografi yang digunakan, semakin efisien penggunaan daya. Dalam hal ini, UNISOC SC9832E kurang efisien dalam konsumsi daya. Selain itu, performa chipset empat inti 1,4 GHz ini juga kurang kuat. Pengguna mungkin tidak akan mengalami masalah besar jika menggunakan ponsel ini untuk kegiatan sehari-hari, seperti browsing sosial media, menonton video, dan menjelajahi berbagai situs web.

Namun, ponsel ini jelas kurang cocok untuk bermain gim berat. Beberapa saluran YouTube mungkin menyatakan bahwa Advan G5 Elite 2021 dapat digunakan untuk gim seperti Mobile Legend, PUBG Mobile, dan Free Fire. Namun, pengalaman pengguna akan jauh berbeda jika dibandingkan dengan bermain gim seperti Subway Surfer atau Candy Crush.

3. Tanpa Pemindai Sidik Jari

Tidak selalu pemindai wajah bisa diandalkan untuk keamanan. Misalnya, dalam kondisi pencahayaan yang kurang, kamera depan akan kesulitan mengenali wajah pengguna. Bahkan, beberapa ponsel mungkin gagal mengenali wajah jika pengguna menggunakan masker.

Oleh karena itu, sensor pemindai sidik jari tetap harus ada, baik itu ditempatkan di belakang, samping, atau depan. Sayangnya, Advan G5 Elite 2021 belum dilengkapi dengan sensor pemindai sidik jari. Advan dapat mempertimbangkan untuk menyertakan fitur ini di ponsel kelas entri mereka di masa mendatang.

4. Tanpa Sensor Kompas

Advan sudah cukup baik dengan menyertakan sensor cahaya untuk mengatur kecerahan layar G5 Elite 2021 secara otomatis. Selain itu, sensor akselerometer juga hadir untuk membantu orientasi ponsel saat digunakan dalam mode potret atau lanskap. Namun, ada satu sensor penting lainnya yang absen, yaitu sensor kompas.

Ketidakhadiran sensor kompas membuat pengguna yang sering bepergian hanya bisa mengandalkan aplikasi peta seperti Google Maps untuk mengetahui arah. Namun, hal ini memerlukan koneksi internet. Meskipun sensor giroskop tidak ada, hal ini tidak menjadi masalah besar untuk ponsel ini karena penggunaannya tidak untuk bermain gim.

5. Bluetooth Versi Lama

Di tengah tren penggunaan Bluetooth 5.0 ke atas pada ponsel-pensel terkini, Advan G5 Elite 2020 masih menggunakan versi 4.2. Saat digunakan untuk mentransfer data ringan seperti foto atau teks, perbedaan antara Bluetooth 4.2 dan versi yang lebih baru mungkin tidak terlalu terasa. Namun, perbedaan akan terasa jelas ketika ponsel digunakan untuk aktivitas yang membutuhkan kemampuan lebih, seperti mendengarkan lagu dengan headset nirkabel.

Oleh karena itu, tidak mengherankan jika lagu yang diputar mengalami delay di ponsel ini. Hal ini disebabkan oleh kecepatan transfer Bluetooth 4.2 yang maksimum hanya mencapai 3 Mb/detik, atau setengah dari Bluetooth 5.0. Selain itu, radius jangkauan Bluetooth 4.2 juga lebih sempit, hanya sekitar 61-244 meter, dibandingkan dengan Bluetooth 5.0.

Kesimpulan

Demikian ulasan tentang kelebihan dan kekurangan Advan G5 Elite 2021. Dalam paket penjualannya, ponsel ini dilengkapi dengan kabel microUSB, adaptor, softcase, dan screen protector yang telah terpasang di layar. Meskipun harga resminya adalah Rp1.090.000, kamu bisa mendapatkannya dengan harga sekitar Rp900 ribuan di beberapa toko online.

Dengan harga tersebut, kamu akan mendapatkan ponsel dengan desain menarik. Namun, kamu juga perlu mempertimbangkan ketahanan baterai dan performa yang kurang maksimal. Di kisaran harga yang sama, Advan G5 Elite 2021 bersaing dengan ponsel seperti Redmi 9A, Infinix Hot 10 Play, dan itel Vision 1 Plus. Pilihan tetap ada di tanganmu.

About the Author

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.