Cara Mengaktifkan Asisten Google di HP Android dan iPhone

Apakah kalian tahu bahwa smartphone saat ini sudah dilengkapi dengan kecerdasan buatan atau AI? AI inilah yang memungkinkan ponsel kalian untuk menjalankan perintah sesuai keinginan kalian.

Asisten Google

Salah satu contohnya adalah asisten digital yang dikenal sebagai Asisten Google. Google Assistant adalah asisten virtual yang dikembangkan oleh Google dan dilengkapi dengan kecerdasan buatan, yang berfungsi untuk membantu penggunaan perangkat seluler.

Dengan menggunakan Asisten Google, kalian dapat mengakses atau mengaktifkan berbagai fitur di ponsel hanya dengan menggunakan suara. Misalnya, dengan mengatakan "buka WhatsApp," maka Asisten Google akan membuka aplikasi WhatsApp sesuai perintah kalian.

Bahkan, kalian juga bisa berbicara dan berinteraksi dengan Asisten Google. Berkat kecerdasan buatan, ia dapat menjawab semua pertanyaan yang kalian ajukan. Sangat cocok bagi kalian yang membutuhkan teman untuk berbicara, hehehe.

Biasanya, Asisten Google akan merespons saat penggunanya mengucapkan "OK Google" atau "Halo / Hai Google." Namun, semua itu bisa dilakukan jika kalian sudah mengaktifkan Asisten Google sebelumnya. Karena tidak semua ponsel, baik itu Oppo, Xiaomi, maupun Samsung, Asisten Google-nya bisa langsung aktif.

Cara Mengaktifkan Asisten Google di Android

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, untuk menggunakan Asisten Google, kalian harus mengaktifkannya terlebih dahulu. Jika di ponsel kalian belum ada Asisten Google, kalian harus mengunduh dan menginstalnya terlebih dahulu.

Kalian bisa mengunduhnya secara gratis di Play Store dengan ukuran aplikasi yang sangat ringan. Jika kalian sudah mengunduhnya, berikut adalah cara mengaktifkan Asisten Google:

1. Buka aplikasi Asisten Google yang sudah diunduh. Untuk ponsel yang sudah memiliki Asisten Google, kalian bisa mengaksesnya dengan menekan lama tombol Home sampai terdengar suara notifikasi, lalu akan langsung masuk ke menu Asisten Google.

2. Langkah selanjutnya, pilih ikon titik tiga atau ikon kompas yang ada di kanan bawah, lalu cari menu Setting atau Pengaturan dan temukan menu Asisten Google.

Cara Mengaktifkan Asisten Google di Android #1

3. Setelah itu, kalian akan masuk ke tampilan Asisten Google. Pilih menu Asisten yang ada di bagian atas, kemudian gulir ke bagian paling bawah. Pilih Ponsel/Telepon, lalu aktifkan Asisten Google dengan cara menekan tombol di sebelah kanan sampai berubah menjadi biru.

Cara Mengaktifkan Asisten Google di Android #2

4. Selesai.

Cara Mengaktifkan OK Google

"Ok Google" adalah fitur paling keren dari Asisten Google. Dengan fitur ini, kalian bisa mengoperasikan ponsel meskipun dalam keadaan terkunci atau tidak aktif hanya dengan mengatakan "Ok Google". Setelah itu, tinggal berikan perintah lainnya.

Namun, perlu diingat bahwa fitur ini tidak selalu didukung oleh semua smartphone. Biasanya, hanya perangkat dengan Android versi 6.0 atau lebih yang bisa menikmati fitur ini. Berikut adalah cara mengaktifkannya:

1. Masuk ke menu Asisten Google, pilih ikon titik tiga atau ikon kompas di bagian kanan bawah. Kemudian pilih Setting dan cari menu Suara.

Cara Mengaktifkan OK Google #1

2. Langkah berikutnya, gulir ke bawah lalu pilih Voice Match dan aktifkan Akses dengan Voice Match.

Cara Mengaktifkan OK Google #2

3. Selanjutnya, Google akan mendeteksi suara kalian. Kalian akan diminta untuk mengucapkan "OK Google" atau "Halo/Hai Google" sebanyak tiga kali. Setelah itu, suara kalian akan disimpan dan bisa langsung dicoba.

4. Selesai.

Cara Mengaktifkan Asisten Google di iPhone

Cara Mengaktifkan Asisten Google di iPhone

  1. Unduh aplikasi Google Assistant melalui App Store, pilih versi untuk iPhone atau iPad.
  2. Setelah diunduh, pasang atau instal aplikasi Asisten Google dari App Store.
  3. Setelah proses instalasi selesai, kamu bisa langsung menggunakan aplikasi tersebut. Buka aplikasi dan atur sesuai dengan preferensi kamu.

Apple sendiri sudah menyediakan fitur serupa dengan Asisten Google, yaitu Siri. Kamu bisa menggunakan Siri dengan perintah "Hey Siri".

Secara otomatis, semua akan dijalankan melalui perintah suara, mirip dengan fitur "Ok Google".

Karena kita tinggal di Indonesia, bahasa Indonesia tentu lebih mudah untuk digunakan daripada bahasa Inggris.

Berikut adalah trik untuk mengatur Asisten Google agar menggunakan bahasa Indonesia.

Cara Mengatur Asisten Google Menggunakan Bahasa Indonesia.

Untuk memastikan suara kalian terdeteksi dan dapat diterjemahkan, atur Asisten Google agar menggunakan bahasa Indonesia dan menjawab dengan bahasa yang sama. Kalian bisa mencari informasi lebih lanjut langsung melalui Asisten Google.

Selain bahasa Indonesia, Asisten Google juga mendukung berbagai bahasa lain seperti Inggris, Melayu, Spanyol, dan lain-lain. Berikut adalah cara mengaturnya:

1. Masuk ke aplikasi Asisten Google dan pilih menu Setting.

2. Pilih menu Asisten dan kemudian pilih Bahasa seperti yang ditunjukkan dalam gambar di bawah.

Cara Mengatur Bahasa Asisten Google

3. Selanjutnya, pilih bahasa yang ingin kalian gunakan.

4. Selesai.

Dengan hadirnya Asisten Google, smartphone kalian tidak hanya menjadi lebih keren dan canggih, tetapi juga lebih mudah digunakan. Kalian bahkan bisa berbincang-bincang dengan Asisten Google ini.

Itulah tutorial tentang cara mengaktifkan Asisten Google di smartphone. Semoga bermanfaat bagi kalian semua. Jangan lupa tinggalkan komentar yang baik. Semangat!

About the Author

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.