7 Aplikasi Edit Suara Jadi Merdu Terbaik untuk Android dan iOS

Smartphone mengalami perkembangan yang pesat. Hampir setiap aktivitas sehari-hari kita berhubungan dengan smartphone. Berbagai hal dapat dilakukan, seperti mengedit foto, mengedit video, bahkan sekarang kita dapat melakukan editing audio atau suara.

Aplikasi Edit Suara Jadi Merdu

Selain foto dan video, audio menjadi salah satu komponen yang banyak dimodifikasi. Audio yang bagus dapat membuat suara menjadi merdu untuk didengar. Dalam video, audio yang baik juga membuat video terasa lebih enak untuk didengar.

Untuk menghasilkan rekaman suara yang bagus, banyak orang menggunakan peralatan perekam audio yang harganya tidak murah. Namun, hasil rekaman juga perlu diedit agar terdengar lebih baik.

Biasanya, editing audio dilakukan menggunakan software Audacity yang hanya dapat dijalankan di PC atau laptop. Namun, saat ini kita juga dapat mengedit audio atau suara rekaman melalui ponsel.

Mengedit suara sesuai keinginan kita tentu sangat menyenangkan. Teknoindie.com akan memberikan tutorialnya, bagaimana caranya? Simak sampai selesai.

Rekomendasi Aplikasi Edit Suara Jadi Merdu

Ketika merekam suara menggunakan ponsel, hasilnya seringkali kurang maksimal dengan adanya noise yang membuat audio tidak jernih. Misalnya, saat membuat video cover lagu, kita ingin mengedit suara agar terdengar lebih merdu.

Pengeditan audio dengan PC atau laptop memang umum, namun bagaimana jika kita ingin mengedit audio di ponsel? Untuk mengedit suara rekaman, kita memerlukan aplikasi pengedit audio. Berikut adalah daftar aplikasi pengedit suara terbaik yang bisa digunakan, seperti yang admin jabarkan di bawah ini.

1. Lexis Audio Editor

Lexis Audio Editor

Kita buka dengan aplikasi pengedit suara yang sudah tidak asing lagi, yaitu Lexis Audio Editor. Aplikasi ini menjadi salah satu aplikasi edit suara Android yang banyak digunakan. Di Play Store saja, Lexis Audio Editor sudah diunduh lebih dari 5 juta kali dan gratis. Untuk mengunduhnya, bisa melalui link di bawah ini.

Dengan aplikasi ini, kalian dapat mengedit berbagai format audio seperti FLAC, AAC, MP3, WAV, WMA, dan M4A. Untuk menjalankannya, tidak memerlukan sistem Android yang tinggi. Jadi, bagi kalian yang menggunakan ponsel standar, bisa juga menggunakannya.

Dengan aplikasi ini, kalian dapat memotong (cut) audio, copy paste, dan menghapus bagian audio yang tidak diinginkan. Jika audio kalian mengandung noise yang mengganggu, kalian bisa menghilangkannya dengan fitur Noise Reduction. Selain itu, terdapat berbagai efek yang bisa ditambahkan ke dalam audio yang sedang diedit.

Yang paling keren adalah selain digunakan untuk mengedit suara, kalian juga dapat langsung merekam suara dengan Lexis Audio Editor, sehingga sangat cocok bagi kalian yang ingin membuat cover lagu. Berikut adalah fitur-fitur yang ada di aplikasi Lexis Audio Editor.

Fitur Utama:

  • Memotong, menyalin, dan menempel audio
  • Merekam audio
  • Equalizer
  • Noise Reduction
  • Echo dan reverb
  • Mixing audio
  • Mengubah pitch, kecepatan, dan tempo

Kelebihan: Aplikasi ini sangat mudah digunakan dan tidak rumit. Selain itu, banyak fitur keren yang diberikan sehingga pengeditan menjadi lebih maksimal.

Kekurangan: Meskipun bisa mengedit berbagai format audio, namun saat audio ingin diekspor atau disimpan dalam format MP3, dikenakan biaya langganan.

2. WavePad Audio Editor

WavePad Audio Editor

Aplikasi selanjutnya yang bisa diandalkan untuk mengedit audio adalah WavePad Audio Editor, buatan perusahaan NCH Software. Awalnya, WavePad Audio Editor adalah software edit audio yang hanya tersedia untuk PC atau laptop.

Namun, kini sudah tersedia versi mobilenya yang dapat kalian unduh di Play Store atau melalui link di atas. Sama seperti aplikasi sebelumnya, WavePad Audio Editor memungkinkan kalian mengedit audio dengan mudah.

Dengan WavePad Audio Editor, kalian dapat melakukan berbagai hal seperti memotong audio, menghilangkan noise, menambah suara, dan masih banyak fitur lainnya. Kalian juga dapat melakukan rekaman langsung di dalam aplikasi ini, serta melakukan pengeditan langsung untuk mendapatkan rekaman dengan kualitas tinggi dan suara yang jernih.

Aplikasi ini cocok digunakan bagi kalian yang sedang membuat cover lagu agar suara kalian menjadi lebih merdu.

WavePad Audio Editor mendukung berbagai format audio untuk diedit. Kalian juga dapat langsung membagikan hasil editan suara kalian ke berbagai media sosial lainnya.

Fitur Utama:

  • Mendukung berbagai format audio
  • Trim otomatis dengan suara
  • Berbagi ke berbagai platform media sosial
  • Berbagai efek suara
  • Penghilang noise

Kelebihan: Tampilan WavePad Audio Editor sangat modern dengan berbagai fitur yang cukup lengkap. Terdapat juga fitur berbagi yang memungkinkan kita dapat langsung berbagi ke media sosial lainnya.

Kekurangan: Hanya diberikan trial untuk menikmati versi penuh atau fitur lengkap selama beberapa hari saja. Selebihnya, dikenakan biaya langganan.

3. Super Sound

Super Sound

Kalau kalian mencari aplikasi edit suara yang simpel, maka Super Sound adalah jawabannya. Aplikasi ini didesain dengan sangat simpel sehingga sangat direkomendasikan bagi para pemula. Super Sound mendukung pengeditan audio, penggabungan, mengganti suara, kompresor audio, dan berbagai fitur lainnya yang bisa kalian coba sendiri.

Setiap jenis pengeditan dipisahkan dengan berbagai pilihan opsi. Misalnya, jika kalian ingin memotong audio, kalian harus masuk ke menu potong audio begitu juga dengan yang lainnya. Aplikasi ini telah diunduh melalui Play Store oleh lebih dari 5 juta pengguna dan mendapat rating yang cukup tinggi.

Tidak hanya untuk pengeditan suara saja, yang lebih menarik lagi adalah kalian juga dapat melakukan pengeditan video di aplikasi Super Sound dan terdapat juga fitur konversi video ke audio. Jadi, jika kalian memiliki video yang ingin diubah menjadi MP3, bisa menggunakan aplikasi ini.

Fitur Utama:

  • Pengeditan Multitrack
  • Konversi format audio
  • Konversi video ke audio
  • Pengubah suara
  • Kompresi audio
  • Hapus vokal
  • Pengeditan video
  • Pengubah pitch
  • Perekam suara
  • Ekualiser

Kelebihan: Kalian dapat mengonversi sebuah video menjadi audio dengan aplikasi ini sehingga tidak memerlukan aplikasi tambahan, sehingga lebih efisien.

Kekurangan: Untuk memberikan efek pada audio yang diedit, tidak bisa dilakukan secara langsung sekaligus, melainkan harus satu persatu sesuai dengan menu yang ada.

4. Editor Musik

Editor Musik

Aplikasi selanjutnya adalah Editor Musik. Ini menjadi salah satu aplikasi edit suara yang mudah dan simpel untuk digunakan. Aplikasi besutan Pony Mobile memungkinkan kalian untuk memotong, menggabungkan, mengkompres audio, dan banyak fungsi lainnya.

Editor Musik mendukung beberapa format musik untuk diedit. Selain itu, kalian juga dapat membuat nada dering atau ringtone dengan aplikasi ini. Tampilannya hampir sama dengan aplikasi Super Sound, di mana pengeditan audio akan dibagi menjadi beberapa opsi menu.

Akan tetapi, ada beberapa perbedaan. Aplikasi Editor Musik dibagi menjadi dua fungsi. Pada tampilan awal saat kalian membuka aplikasinya, itu merupakan Fungsi Utama yang hanya berisi beberapa menu saja yang disediakan.

Selanjutnya adalah Fungsi Lainnya. Di sini berisi menu lanjutan untuk mengedit suara menjadi lebih kompleks lagi. Untuk membukanya, kalian tinggal memilih tanda plus “+” yang bertuliskan More yang ada di bagian pojok bawah, nanti kalian akan melihat beberapa fitur yang diberikan.

Fitur Utama:

  • Konversi audio
  • Konversi video ke audio
  • Tag editor
  • Pembagi audio
  • Reverb audio
  • Mix audio
  • Editor kecepatan

Kelebihan: Bisa mengonversi video menjadi audio, serta hasil editan dapat dijadikan sebagai nada dering atau nada notifikasi.

Kekurangan: Ukuran aplikasi ini cukup besar, tidak bisa memberikan efek sekaligus pada audio yang diedit, dan fitur pengeditan suara tidak terlalu banyak.

5. Pengubah Suara

Pengubah Suara

Jika suara kalian terdengar tipis atau terlalu tebal, maka kalian bisa mengedit dan mengubah suara kalian menggunakan aplikasi Pengubah Suara. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis di Play Store dan merupakan aplikasi pengubah suara yang banyak digunakan.

Ada banyak efek suara yang disediakan dan dapat diterapkan. Aplikasi ini memiliki ukuran yang cukup ringan hanya sekitar 15 MB saja. Bukan hanya itu, kalian juga dapat merekam suara langsung di sini kemudian mengeditnya seperti mengatur kecepatan, meningkatkan bass, dan lain-lain.

Aplikasi Pengubah Suara juga dapat digunakan untuk karaoke loh, dan suara kita dapat diatur agar mendapatkan suara berkualitas tinggi. Parameter yang dapat kita atur adalah echo, reverb, pitch, tempo, volume, bass, mid, dan treble.

Fitur Utama:

  • Mengubah suara
  • Kecepatan audio
  • Penguat bass
  • Efek karaoke

Kelebihan: Aplikasi ini mudah dan praktis sekali digunakan, hanya dengan memilih satu efek maka suara sudah berubah.

Kekurangan: Kurang efektif jika digunakan untuk mengedit suara yang lebih kompleks dan detail, misalnya untuk cover lagu.

6. AudioLab

AudioLab

AudioLab merupakan aplikasi editor audio canggih, cepat, dan profesional yang memiliki banyak fitur di dalamnya. Kalian ingin memotong mp3, menggabungkan, atau mengonversi lagu? Dengan AudioLab, kalian dapat melakukannya dengan mudah dan cepat.

Bukan hanya itu, kalian juga bisa membuat nada dering atau alarm. Tampilan utamanya hampir sama dengan aplikasi Super Sound, namun fitur aplikasi ini justru lebih unggul.

Ada beberapa fitur keren yang hanya ada di aplikasi ini, yaitu kalian dapat mengubah teks menjadi suara. Kalian juga dapat menukar suara kalian menjadi yang lain, misalnya menjadi suara robot, suara anak-anak, wanita, dan sebagainya.

Bagi kalian yang masih pemula namun ingin mengedit suara seperti profesional, maka aplikasi ini sangat direkomendasikan untuk dicoba.

Fitur Utama:

  • Pemotongan audio
  • Pencampuran audio
  • Konverter audio
  • Konversi teks ke audio
  • Pengubah suara
  • Konversi video ke audio
  • Penghilang noise
  • Kecepatan audio
  • Perekam suara

Kelebihan: AudioLab memberikan fitur canggih dan elegan layaknya aplikasi profesional. Tidak sulit digunakan dan memiliki banyak efek yang keren.

Kekurangan: Aplikasi ini memiliki ukuran yang cukup besar sekitar 50 MB dan kadang muncul iklan yang sedikit mengganggu.

7. Musik Editor

Musik Editor

Aplikasi terakhir yang akan kita bahas adalah Musik Editor dari LLC. Jika kalian ingin merekam suara namun ternyata hasilnya terlalu tinggi atau rendah, cobalah aplikasi Musik Editor ini.

Di sini, kalian bisa langsung memilih nada yang ingin kalian gunakan ketika hasil rekaman suara selesai. Misalnya, kalian ingin nada yang tinggi atau dasar, tinggal pilih saja. Suara kalian juga dapat digabungkan menjadi satu dengan bantuan aplikasi Musik Editor.

Aplikasi ini banyak digunakan, dengan lebih dari 10 juta unduhan di Play Store. Format audio yang didukung antara lain Mp3, AAC, WAV, dan M4A.

Perekaman suara dengan aplikasi ini akan menghasilkan format MP3 dengan 128 kbps, 44100 Hz untuk memastikan mendapatkan suara rekaman terbaik.

Fitur Utama:

  • Pemotong audio
  • Konverter musik
  • Perekam mp3
  • Penggabungan mp3

Kelebihan: Penggunaannya simpel dan tidak ribet dengan berbagai fitur yang diberikan.

Kekurangan: Tidak ada fitur equalizer sehingga tidak dapat memodifikasi efek suara yang diinginkan. Ukuran apk-nya juga besar sekitar 60 MB.

Tadi kita telah membahas 7 aplikasi edit suara agar terdengar lebih merdu di Android. Sekarang kalian tidak perlu bingung lagi jika suara kalian kurang bagus, cukup modifikasi dengan salah satu aplikasi di atas. Semoga ulasan artikel ini bermanfaat untuk semua.

About the Author

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.