Inilah 11 Kelebihan dan Kekurangan ZTE Nubia Red Magic 8S Pro

ZTE Indonesia telah resmi meluncurkan smartphone gaming ZTE Red Magic 8S Pro di Indonesia pada Selasa (29/8/2023). Ini merupakan model pertama dari lini Red Magic yang diperkenalkan oleh vendor asal China tersebut ke pasar Indonesia. Kehadiran smartphone ini menjadi pesaing bagi Asus ROG Phone 7 Series yang telah lebih dulu hadir.

ZTE Nubia Red Magic 8S Pro

Salah satu hal menarik dari ZTE Red Magic 8S Pro adalah penggunaan SoC (System on Chip) Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 yang telah di-overclock, desainnya yang unik, dan layarnya yang memberikan pengalaman yang mendalam. Meskipun memiliki harga yang tinggi, namun performa dan fitur yang ditawarkan sebanding dengan harganya.

Smartphone ini sangat cocok digunakan oleh para gamer yang tidak ingin mengalami frame drop saat bermain game. Dengan kipas pendingin yang handal, speaker yang berkualitas, dan tombol bahu untuk tombol L dan R, ZTE Nubia Red Magic 8S Pro merupakan pilihan yang mendekati sempurna untuk gaming profesional.

Namun, apa saja kelebihan dan kekurangan ZTE Nubia Red Magic 8S Pro beserta dengan spesifikasi dan harganya? Untuk mengetahui jawabannya, simak ulasan berikut ini.

Kelebihan Red Magic 8S Pro

Kelebihan ZTE Nubia Red Magic 8S Pro

1. Tampil dengan Desain Megah Berbahan Metal

Beberapa vendor smartphone gaming kelas flagship tampak berusaha menampilkan desain yang lebih sederhana dan minimalis, seperti yang dilakukan oleh Red Magic 8S Pro. Meskipun bagian belakang ponsel ini tidak memiliki banyak aksen visual, namun desainnya tetap memancarkan kesan premium dan khas melalui penempatan logo dan kamera belakang.

Nubia menempatkan tiga kamera belakang di tengah, yang ditempatkan di penutup belakang yang terbuat dari kaca. Sementara bagian frame-nya terbuat dari logam. Di sudut kiri atas, yang biasanya terdapat kamera, sekarang memiliki sedikit aksen visual seperti beberapa tulisan dan penampakan kipas pendingin built-in yang juga dilengkapi dengan lampu RGB.

Meskipun tampilannya sangat menawan, smartphone ini memiliki dimensi yang cukup besar, yaitu 164 x 76,4 x 9,5 mm dengan berat 228 gram, sehingga agak sulit untuk menggenggamnya dengan nyaman. Red Magic 8S Pro hadir dalam dua varian warna, yaitu Aurora dan Midnight.

2. Layar AMOLED dengan Refresh Rate 120Hz

Smartphone gaming powerful dari Nubia telah mengadopsi desain bezel yang hampir tidak terlihat dengan rasio aspek 20:9, dilengkapi layar sentuh berukuran 6,8 inci dengan panel AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) dan resolusi 1116 x 2480 piksel. Layar ini menawarkan kerapatan piksel hingga 400 ppi (pixel per inch) yang sangat cemerlang dan dapat menghasilkan tingkat kecerahan hingga 1300 nits (puncak).

Layar AMOLED yang digunakan oleh Red Magic 8S Pro mendukung refresh rate 120Hz dan touch sampling rate 960Hz untuk meningkatkan responsivitas layar saat disentuh, bahkan dengan banyak jari sekaligus.

Nubia sepertinya memperhatikan masalah yang sering dihadapi oleh pengguna smartphone gaming terkait isu flicker pada layar. Oleh karena itu, Red Magic 8S Pro dilengkapi dengan frekuensi PWM Dimming 1440Hz untuk mengurangi efek flicker, terutama dalam kondisi pencahayaan rendah.

Menurut informasi dari laman produk Red Magic 8S Pro, ZTE Nubia mengklaim bahwa smartphone ini memiliki akurasi warna delta E di bawah 1, yang berarti warna yang ditampilkan pada layar hampir sama persis dengan warna aslinya.

3. Performa Sangat Mumpuni

Performa yang ditawarkan oleh smartphone gaming Red Magic 8S Pro sangat mengesankan dengan dukungan SoC (System on Chip) Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 yang telah ditingkatkan clock speed dan performanya. Chipset ini diproduksi dengan teknologi 4 nanometer dan memiliki prosesor octa-core yang terdiri dari single-core ARM Cortex-X3 dengan kecepatan 3,6 GHz, dual-core ARM Cortex-A715 dengan kecepatan 2,8 GHz, dual-core ARM Cortex-A710 dengan kecepatan 2,8 GHz, dan triple-core ARM Cortex-A510 dengan kecepatan 2 GHz. Ponsel ini juga dilengkapi dengan RAM 12 GB atau 16 GB LPDDR5X, serta GPU (Graphics Processing Unit) Adreno 740 dengan frekuensi 719Mhz yang sebelumnya hanya 680Mhz.

Karena chipset-nya yang sangat powerful, Nubia harus menyediakan sistem pendingin yang lebih efisien untuk mengatasi panas yang dihasilkan. Red Magic 8S Pro dilengkapi dengan sistem pendingin Ice 12 Magic Cooling yang mengalami peningkatan dari varian sebelumnya.

Smartphone gaming ini juga dilengkapi dengan penyimpanan internal 128 GB atau 512 GB UFS 4.0 tanpa dukungan microSD untuk ekspansi memori eksternal, tetapi mendukung USB On-The-Go (OTG).

Red Magic 8S Pro juga memiliki chip gaming independen bernama Red Core R2 yang meningkatkan pengalaman pengguna dalam hal tombol bahu, efek getaran haptic feedback, kualitas layar, dan pengalaman gaming secara keseluruhan.

Hasil pengujian benchmark menunjukkan bahwa Red Magic 8S Pro memiliki performa yang sangat baik. Ponsel ini mencapai skor AnTuTu v9 mencapai 1.326.652 poin. Dalam GeekBench 6, ponsel ini mencapai skor single-core 2114 poin dan multi-core 5693 poin.

4. Hadirnya Tombol Bahu

Tak kalah dengan Asus ROG Phone 7 Ultimate yang memiliki tombol bahu, Red Magic 8S Pro sebagai pesaing terberatnya juga tidak mau kalah. Ponsel ini dilengkapi dengan dual wing trigger dengan responsivitas 520Hz.

Terdapat banyak pengaturan yang dapat diterapkan pada dua tombol bahu ini, salah satunya adalah single tap. Dengan single tap, ponsel dapat diubah menjadi kontroler gim konsol seperti PlayStation atau Xbox.

Selain itu, terdapat juga opsi long press, rapid fire, motion sensing, dual operation, dan tekan dan angkat untuk memberikan perintah yang berbeda. Misalnya, jika ingin mengatur tombol kiri (L) untuk single tap tetapi ingin tombol kanan (R) diatur untuk long press, hal ini dapat dilakukan.

5. Kualitas Kamera Cukup Baik

Dalam sektor kamera, Red Magic 8S Pro dilengkapi dengan konfigurasi triple camera atau tiga kamera di bagian belakangnya. Kamera utamanya memiliki resolusi 50 MP dengan sensor Samsung GN5, aperture f/1.88, lensa 25mm dengan enam elemen, ukuran sensor 1/1.57 inci, dan piksel berukuran 1um, serta fitur phase-detection autofocus.

Kamera kedua adalah kamera ultrawide 8 MP dengan aperture f/2.2, ukuran sensor 1/4.0 inci, dan piksel berukuran 1.12um, dengan FoV (Field of View) 120 derajat. Terakhir, terdapat kamera makro 2 MP dengan aperture f/2.4.

Untuk kamera depan, Nubia menggunakan teknologi yang masih baru di dunia smartphone, yaitu under display camera (UDC), dengan resolusi 16 MP dan aperture f/2.0. Untuk perekaman video, kamera belakang Red Magic 8S Pro mampu merekam pada resolusi 8K@30fps, sementara kamera depan hanya mampu merekam pada resolusi 1080p@60fps.

6. Dukungan DisplayPort

Red Magic 8S Pro sudah dilengkapi dengan port USB Type-C 3.1 yang mendukung antarmuka DisplayPort. Dengan menggunakan kabel data yang disertakan dalam kotak penjualannya, pengguna dapat menghubungkan ponsel ini ke monitor eksternal. Selain itu, pengguna juga dapat menghubungkan smartphone ini ke PC atau TV secara nirkabel jika diinginkan.

Fitur unik dari Red Magic 8S Pro adalah antarmuka Red Magic Studio, yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan smartphone dan layar eksternal secara bersamaan. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk melakukan key mapping yang akurat menggunakan keyboard dan mouse, sementara ponsel yang terhubung tetap dapat berfungsi seperti biasa untuk menerima notifikasi dan panggilan telepon.

7. Kualitas Stereo Speaker yang Cukup Menggelegar

Red Magic 8S Pro memiliki stereo speaker yang mampu menghasilkan suara yang menggelegar. Ponsel ini dilengkapi dengan dual speaker 1216+1115K di dalam struktur ruang tertutup, sehingga menghasilkan suara dengan efek surround, bass yang kuat, dan kejernihan yang optimal.

Speaker ini juga dioptimalkan dengan DTS:X Ultra dan dilengkapi dengan speaker magnetis lima lapis, sehingga memberikan pengalaman audio kelas flagship yang sebenarnya. Selain itu, ponsel ini masih dilengkapi dengan port audio 3.5mm. Skor kelantangan suara yang dihasilkan oleh Red Magic 8S Pro adalah -24,3 LUFS.

8. Baterai Jumbo dengan Fast Charge 65W

Untuk memenuhi kebutuhan dayanya, Red Magic 8S Pro dilengkapi dengan dua baterai berkapasitas 3000 mAh, sehingga total kapasitasnya mencapai 6000 mAh. Ponsel ini juga dilengkapi dengan teknologi pengisian daya 65W yang mampu mengisi daya dari nol hingga penuh dalam waktu 40 menit saja.

Dalam uji coba yang dilakukan oleh GSMArena, Red Magic 8S Pro mampu mencapai skor daya tahan baterai selama 132 jam. Pada uji coba pemutaran video lokal, ponsel ini dapat bertahan selama 22 jam 27 menit, sementara untuk uji coba browsing web, ponsel ini mampu bertahan selama 14 jam 49 menit, dan pada uji coba panggilan telepon, ponsel ini mampu bertahan selama 35 jam 33 menit.

9. Fingerprint Under Display dan Hadirnya Sensor yang Lengkap

Red Magic 8S Pro dilengkapi dengan beberapa sensor yang menarik. Ponsel ini memiliki sensor fingerprint atau sidik jari yang tertanam di layar, membuatnya mudah dan cepat untuk membuka ponsel dengan sidik jari.

Selain itu, ponsel ini juga dilengkapi dengan sensor gyroscope yang memungkinkan pengguna untuk menentukan arah dengan hanya menggerakkan ponsel. Sensor gyroscope ini juga sering digunakan dalam bermain game seperti PUBG Mobile, Call Of Duty Mobile, dan lainnya.

Red Magic 8S Pro juga dilengkapi dengan sensor lain seperti accelerometer, proximity, dan compass.

10. Konektivitas Cukup Lengkap

Red Magic 8S Pro menawarkan beragam konektivitas yang unggul, sebanding dengan smartphone flagship lainnya. Ponsel ini mendukung protokol Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/6e/7 tri-band, Wi-Fi Direct, Bluetooth 5.3, A2DP, LE, GPS (L1+L5), GLONASS, BDS, GALILEO, USB Type-C 3.1, OTG, accessory connector, dan DisplayPort.

Selain itu, Red Magic 8S Pro juga dilengkapi dengan fitur NFC (Near Field Communication) yang mendukung fitur Google Play dan transaksi elektronik lainnya. NFC memiliki banyak fungsi, seperti transfer file, transaksi tanpa kartu, cek saldo e-money, dan lainnya.

Kekurangan Red Magic 8S Pro

Kekurangan ZTE Nubia Red Magic 8S Pro

1. Tanpa IP Rating

Salah satu kekurangan yang dianggap penting oleh penulis pada Red Magic 8S Pro adalah ketiadaan IP Rating, yang membuat pengguna tidak bisa membawa smartphone ini ke daerah perairan tanpa rasa khawatir. Seperti halnya smartphone gaming lainnya, ponsel ini memiliki komponen internal yang lebih rumit dibandingkan ponsel flagship biasa. Oleh karena itu, wajar jika Nubia memutuskan untuk tidak menyertakan IP68 pada smartphone gaming terbarunya.

Harga dan Spesifikasi Red Magic 8S Pro

Harga dan Spesifikasi ZTE Nubia Red Magic 8S Pro

  • Warna : Aurora dan Midnight.
  • Dimensi : 164 x 76.4 x 9.5 mm.
  • Berat : 228 gram.
  • Layar : AMOLED, 1116 x 2480 piksel, 6.8 inci.
  • Chipset : Qualcomm SM8550-AB Snapdragon 8 Gen 2 (4 nm).
  • GPU : Adreno 740.
  • RAM : 12 GB / 16 GB.
  • ROM : 256 GB / 512 GB.
  • OS : Android 13, Redmagic OS8.
  • Baterai : Li-Po 6000 mAh, 65W wired.
  • Kamera Belakang : 50 MP + 8 MP +  2 MP.
  • Kamera Depan : 16 MP.

Red Magic 8S Pro diakui sebagai salah satu smartphone gaming terbaik di tahun 2023 berkat dukungan SoC (System on Chip) Qualcomm SM8550-AB Snapdragon 8 Gen 2 yang telah di-overclock dan diproduksi dengan teknologi 4 nanometer. Ponsel ini memiliki layar berukuran 6,8 inci dengan panel AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) yang mendukung refresh rate 120Hz dan touch sampling rate 960Hz untuk meningkatkan responsivitas layar bahkan saat disentuh dengan banyak jari.

Harga Red Magic 8S Pro untuk desain Midnight dengan RAM 12 GB dan ROM 256 GB adalah Rp11.999.000, sementara untuk desain Aurora dengan RAM 16 GB dan ROM 512 GB adalah Rp14.999.000.

ZTE Indonesia juga menawarkan bonus untuk pembelian Red Magic 8S Pro melalui Tokopedia, berupa TWS Redmagic, proteksi gadget gratis, dan tambahan cashback GoPay Coins senilai Rp500.000, serta cicilan 0% dengan Tokopedia Card selama periode pre-order 29 Agustus 2023 hingga 19 September 2023.

About the Author

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.