Simak 11 Kelebihan dan Kekurangan ZTE Nubia Neo 5G

ZTE Indonesia mengumumkan kehadiran ZTE Nubia Neo 5G di pasar Indonesia pada bulan Agustus 2023 yang lalu. Harga resminya baru diumumkan pada akhir September 2023, dan dibanderol dengan harga di bawah Rp 3 juta. Dengan harga tersebut, ponsel ini dapat meramaikan segmen ponsel gaming di kelas menengah.

ZTE Nubia Neo 5G

Performa ZTE Nubia Neo 5G cukup impresif untuk kelasnya, didukung oleh SoC (System on Chip) Unisoc T820 5G yang menurut penulis memiliki kinerja yang tidak kalah dengan MediaTek Helio G99, bahkan melebihinya.

Selain itu, smartphone ZTE Nubia Neo 5G dilengkapi dengan RAM 8 GB dan penyimpanan internal 256 GB. Dari segi kamera, ponsel ini memiliki dua kamera di bagian belakang, dengan kamera utama berkekuatan 50 MP. Selain itu, ponsel ini juga menawarkan pengalaman pengguna yang bersih tanpa adanya bloatware.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kelebihan dan kekurangan ZTE Nubia Neo 5G beserta spesifikasi dan harganya, silakan simak ulasan berikut ini.

Kelebihan ZTE Nubia Neo 5G

Kelebihan ZTE Nubia Neo 5G

1. Tampilan Desain yang Futuristik

Dari segi desain, ZTE Nubia Neo 5G menampilkan desain yang futuristik. Varian warna War Damage Yellow menawarkan estetika yang mirip dengan karakter Transformers, memberikan daya tarik unik yang jarang ditemukan pada smartphone lain di kelas harga yang sama.

Dengan aksen emas yang menyerupai motif roda, konstruksi keseluruhan ponsel ini tetap kokoh meskipun menggunakan material plastik di bagian belakangnya. Namun, di bagian depan, ponsel ini masih menggunakan desain waterdrop notch, bukan punch hole seperti kebanyakan HP lain di kelas yang sama.

Selain varian War Damage Yellow, ZTE Nubia Neo 5G juga tersedia dalam varian warna Phantom Black yang lebih kalem. Meskipun tidak ada perbedaan dalam desain, warna Phantom Black ini cocok bagi mereka yang tidak terlalu suka tampil mencolok.

2. Layar FHD+ yang Cocok untuk Bermain Game

ZTE Nubia Neo 5G dilengkapi dengan layar sentuh waterdrop notch berukuran 6,6 inci dengan aspek rasio 20:9. Layar ini menggunakan panel IPS (In-Plane Switching) LCD dengan resolusi Full HD+ atau 1080 x 2408 piksel, yang memberikan kerapatan hingga 400 ppi (pixel per inch).

Layar ini juga menawarkan viewing angle yang luas. Selain itu, layar ZTE Nubia Neo 5G mendukung refresh rate 120Hz, sehingga animasi dan scrolling terasa lebih lancar. Teknologi True Bright Display yang terdapat pada layar ini juga meningkatkan kecerahan layar hingga 35 persen dibandingkan dengan smartphone lain di kelas harga yang sama.

3. Kinerja yang Cukup Tangguh di Kelasnya

Menurut penulis, performa smartphone ZTE Nubia Neo 5G cukup powerful dengan dukungan SoC (System on Chip) Unisoc T820 5G yang diproduksi dengan teknologi 6 nanometer. SoC ini memiliki prosesor octa-core 64-bit yang terdiri dari single-core ARM Cortex-A76 berkecepatan 2,7 GHz, triple-core ARM Cortex-A76 berkecepatan 2,3 GHz, dan hexa-core ARM Cortex-A55 berkecepatan 2,1 GHz. Ponsel ini juga dilengkapi dengan RAM 8 GB dan GPU Mali-G57 MC4 dengan frekuensi 850MHz.

Menurut informasi yang diterima penulis, Unisoc T820 memiliki performa yang melampaui Helio G99 dan sebanding dengan Snapdragon 4 Gen 1. Skor AnTuTu v9 dari Unisoc T820 mencapai 473.609 poin, sementara pada pengujian Geekbench 5, ponsel ini mencetak skor 639 poin untuk single core dan 2283 poin untuk multi-core.

Benchmark 3D Wildlife juga menunjukkan performa yang baik dengan mencetak 2000 poin dengan kecepatan rata-rata 12 FPS. Selain itu, ZTE Nubia Neo 5G mampu menjaga suhu dengan baik bahkan selama sesi bermain game dalam durasi panjang.

Smartphone ini dilengkapi dengan penyimpanan internal 256 GB eMMC 5.1 yang cukup besar. Selain itu, ponsel ini juga mendukung slot microSD untuk ekspansi memori eksternal hingga 1 TB, serta mendukung USB OTG.

4. Kualitas Kamera Cukup Oke

ZTE Nubia Neo 5G dilengkapi dengan dua kamera di bagian belakang. Kamera utamanya memiliki resolusi 50 MP dengan sensor Samsung ISOCELL JN1 berukuran 1/2,76 inci dan piksel seukuran 0,64um. Kamera ini memiliki bukaan f/1,8 dan dilengkapi dengan fitur phase-detection autofocus, AI, dan LED flash.

Kamera kedua memiliki resolusi 2 MP dengan sensor BSI CMOS berukuran 1/5 inci dan piksel seukuran 1,75um. Kamera ini memiliki lensa 27mm dengan bukaan f/2,4 dan berfungsi sebagai depth sensor.

Di bagian depan, terdapat kamera selfie dengan resolusi 8 MP fixed focus dan sensor BSI CMOS. Kamera ini memiliki bukaan f/2,0. Baik kamera belakang maupun depan hanya mampu merekam video pada resolusi 1080p@30fps.

5. Baterai Awet

Berbeda dengan kebanyakan smartphone gaming di kelas menengah yang biasanya memiliki baterai berkapasitas 5000 mAh, ZTE Nubia Neo 5G hanya dibekali baterai berkapasitas 4500 mAh. Namun demikian, ponsel ini diklaim dapat bertahan seharian penuh dalam penggunaan normal atau sedang.

Untuk penggunaan yang intensif seperti bermain game Mobile Legends, baterainya hanya bisa bertahan sekitar 2-3 jam sebelum habis. Saat digunakan untuk bermain game berat dalam waktu lama, ZTE Nubia Neo 5G mungkin akan sedikit menghangat. Hal ini dapat diatasi dengan adanya sistem pendingin multi-layer yang membantu menurunkan suhu panas secara optimal pada smartphone tersebut.

6. Adany Fitur NFC

Tak hanya berguna untuk bermain game, ZTE Nubia Neo 5G juga dapat menjadi alat yang berguna saat bepergian. Ponsel ini dilengkapi dengan fitur NFC (Near Field Communication) yang memungkinkan pertukaran data dengan perangkat lain yang mendukung dalam jarak dekat.

NFC memiliki banyak fungsi, seperti untuk melakukan pembayaran eToll dan untuk mengirim data kontak atau file antar perangkat. Keuntungan menggunakan NFC adalah tidak perlu melakukan pairing seperti saat menggunakan Bluetooth.

Selain NFC, ponsel ini juga dilengkapi dengan Bluetooth versi 5.2 dengan antarmuka A2DP dan LE. ZTE Nubia Neo 5G juga memiliki dukungan untuk Wi-Fi 5 dual band, serta port USB Type-C 2.0 untuk mendukung USB OTG.

7. Bloatware Minim

Seperti banyak smartphone lain yang dirilis pada tahun 2023, ZTE Nubia Neo 5G dilengkapi dengan sistem operasi Android 13. Namun, sistem tersebut dilapisi dengan antarmuka MyOS 13 yang diklaim tidak memiliki bloatware.

Meskipun demikian, beberapa game telah diinstal sebelumnya di dalamnya. Namun, kebanyakan dapat dihapus dengan mudah jika diinginkan.

Berdasarkan informasi yang diperoleh penulis, ZTE Nubia Neo 5G dijanjikan pembaruan sistem operasi Android selama satu tahun ke depan. Artinya, pengguna hanya akan menerima pembaruan hingga Android 14.

Kekurangan ZTE Nubia Neo 5G

Kekurangan ZTE Nubia Neo 5G

1. Sensor yang Dihadirkan Kurang Lengkap

Sebenarnya, ZTE Nubia Neo 5G sudah dilengkapi dengan sejumlah sensor yang cukup baik, termasuk sensor side fingerprint, accelerometer, dan proximity. Namun, ada satu sensor yang sayangnya absen pada ponsel gaming ini, yaitu Gyroscope yang sangat berguna dalam mengontrol permainan seperti PUBG Mobile dan lainnya.

Tak hanya Gyroscope, sensor Compass juga tampaknya tidak hadir pada smartphone ini. Kehadiran sensor Compass tentu saja akan menjadi keuntungan karena pengguna dapat mengetahui arah mata angin bahkan tanpa koneksi internet.

2. Tanpa Kamera Ultrawide

Kamera ZTE Nubia Neo 5G sudah cukup baik, namun ada kekurangan yang bisa menjadi masalah bagi sebagian pengguna, terutama yang sering berada di luar ruangan. Ponsel kelas menengah ini tidak dilengkapi dengan sensor ultrawide, sehingga Anda tidak dapat mengambil foto dengan sudut pandang yang luas. Hal ini menjadi kekurangan, mengingat beberapa pesaingnya dengan harga lebih terjangkau telah menyertakan kamera ultrawide.

3. Masih Menggunakan Mono Speaker

Belakangan ini, banyak ponsel di kelas harga 2 jutaan yang menggunakan stereo speaker untuk meningkatkan kualitas suara dibandingkan mono speaker. Namun, ZTE Nubia Neo 5G tidak menyertakan fitur stereo speaker. Meskipun begitu, ponsel ini telah dilengkapi dengan fitur DTS X Ultra yang dapat meningkatkan kualitas audio, meski tidak optimal untuk keperluan gaming.

Fitur ini tentu bermanfaat bagi pengguna yang ingin menonton konten di platform seperti TikTok, YouTube, dan sebagainya dalam lingkungan yang ramai. Untungnya, ZTE Nubia Neo 5G masih menyediakan port jack audio 3.5mm.

4. Fast Charging Kalah Saing

Seperti yang sudah diketahui, akhir-akhir ini banyak smartphone kelas menengah yang dilengkapi dengan fitur pengisian cepat 33W, 67W, bahkan ada yang mencapai 80W. Namun, ZTE Nubia Neo 5G hanya mendukung pengisian cepat 22.5W.

Hal ini membuat proses pengisian daya dari kosong hingga penuh membutuhkan waktu yang lebih lama, sekitar 1 jam lebih.

Harga dan Spesifikasi ZTE Nubia Neo 5G

Harga dan Spesifikasi ZTE Nubia Neo 5G

  • Warna : War Damage Yellow dan Phantom Black.
  • Dimensi : 163.7 x 75 x 8 mm.
  • Berat : 192 gram.
  • Layar : IPS LCD, 1080 x 2408 piksel, 6.6 inci.
  • Chipset : Unisoc T820 (6 nm).
  • GPU : Mali-G57.
  • RAM : 8 GB.
  • ROM : 256 GB.
  • OS : Android 13, MyOS 13.
  • Baterai : Li-Po 4500 mAh, 22.5W wired.
  • Kamera Belakang : 50 MP +  2 MP.
  • Kamera Depan : 8 MP.

ZTE Nubia Neo 5G merupakan smartphone gaming kelas menengah yang memiliki desain futuristik dan ditenagai oleh SoC (System on Chip) Unisoc T820 yang powerful, dengan performa yang melebihi Helio G99. Unisoc T820 memiliki performa setara dengan Snapdragon 4 Gen 1. Selain performanya yang powerful, smartphone ini juga dilengkapi dengan kamera utama 50 MP yang tidak boleh dianggap remeh.

Harga smartphone ZTE Nubia Neo 5G di Indonesia adalah Rp2.799.000 untuk varian RAM 8 GB dan ROM 256 GB.

About the Author

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.