Inilah 8 Kelebihan dan Kekurangan ZTE Blade V40s

ZTE Corporation akhirnya meluncurkan smartphone terbarunya di pasar Indonesia pada 16 Oktober 2022, yaitu ZTE Blade V40s. Smartphone ini merupakan tambahan untuk seri ZTE Blade V40 yang sebelumnya sudah hadir di Indonesia pada bulan September 2022. Meskipun tidak termasuk dalam kategori high-end, ZTE Blade V40s ini bersaing di kelas menengah.

ZTE Blade V40s

Meskipun demikian, ZTE Blade V40s hadir dengan spesifikasi dan performa yang cukup baik. Hal ini tidak mengherankan, karena ZTE Blade V40s merupakan penerus dari ZTE Blade V40 Vita yang sudah dirilis sebelumnya pada bulan September 2022.

Ada beberapa fitur utama yang menjadi daya tarik dari ZTE Blade V40s, seperti desain premium, layar AMOLED yang memberikan pengalaman visual yang memuaskan, dan spesifikasi kamera yang baik untuk kelasnya.

Berikut adalah ulasan tentang kelebihan dan kekurangan ZTE Blade V40s beserta spesifikasi dan harga, yang dapat menjadi referensi bagi Anda yang berencana untuk membeli ZTE Blade V40s.

Kelebihan ZTE Blade V40s

Kelebihan ZTE Blade V40s

1. Tampilan Desain Premium

ZTE Blade V40s menampilkan desain yang elegan namun tetap terlihat premium. Sesuai dengan taglinenya, "Elegant Inside and Cut," yang berarti elegan dari dalam dan luar. Bagian belakang ponsel dari ZTE Corporation ini memiliki dua sisi yang berbeda. Di sisi yang sejajar dengan kamera, bodi ponsel terlihat lebih mulus tanpa ada tekstur. Sementara itu, sisi lainnya memiliki tekstur matte khas yang membuatnya tidak mudah meninggalkan sidik jari.

Bagian belakang juga dilengkapi dengan dua modul kamera berbentuk lingkaran. Modul pertama di bagian atas hanya memiliki kamera utama, sedangkan modul bawah memiliki dua lensa dengan LED Flash, dan di bagian bawahnya terdapat tulisan "TRIPLE CAM". Bagian depannya memiliki bezel tipis di semua sisi, dengan notch desain punch hole untuk kamera depannya.

Dari segi dimensi, ZTE Blade V40s memiliki dimensi yang ringkas, yaitu 163,5 x 75,8 x 7,6 mm dengan berat 184 gram. Ponsel ini tersedia dalam dua pilihan warna, yaitu Space Black dan Aqua Blue.

2. Layar AMOLED Full HD+

ZTE Blade V40s memiliki layar berukuran 6,67 inci yang cukup luas, berkat bezel yang tipis di semua sisi. Rasio layar ke bodinya mencapai 93,3%. Tidak lagi menggunakan panel IPS (In-Plane Switching) LCD, ponsel ini kini menggunakan panel layar AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode).

Untuk memberikan kenyamanan kepada pengguna, ZTE Blade V40s menawarkan resolusi layar Full HD+ 1080 x 2400 piksel dengan kerapatan mencapai 395 ppi (pixel per inch).

3. Triple Camera 50MP AI

Dalam hal fotografi, ZTE Blade V40s dilengkapi dengan konfigurasi triple camera di bagian belakangnya. Kamera utamanya memiliki resolusi 50 MP dengan bukaan f/1,8, menggunakan sensor Samsung ISOCELL JN1 1/2,76 inci dengan ukuran piksel 0,64um. Kamera ini juga didukung oleh fitur phase-detection, AI, dan LED Flash.

Kamera kedua memiliki resolusi 5 MP dengan bukaan aperture f/2,4 dan berfungsi sebagai kamera dedicated. Sementara kamera ketiga memiliki resolusi 2 MP dengan bukaan aperture f/2,4 dan berfungsi sebagai kamera kedalaman untuk efek bokeh.

Kamera depan ZTE Blade V40s ini memiliki resolusi 8 MP dengan fixed focus dan sensor BSI CMOS dengan bukaan f/2,0. Untuk perekaman video, kamera belakang ponsel ini mampu merekam video hingga resolusi 1080p pada 30fps, sedangkan kamera depannya juga dapat merekam video hingga resolusi 1080p pada 30fps.

4. Fitur Fusion RAM

Sebagai smartphone di kisaran harga 3 jutaan, ZTE Blade V40s dilengkapi dengan fitur RAM Virtual atau Fusion RAM. Ponsel ini hadir dengan RAM 8 GB dan penyimpanan internal 128 GB, serta slot microSD untuk ekspansi memori.

Fitur unggulan dari ZTE Blade V40s adalah Fusion RAM yang dapat menambah kapasitas RAM bawaan dengan menggunakan ruang dari penyimpanan internal hingga 5 GB. Dengan demikian, pengguna dapat memiliki RAM dinamis sebesar 11 GB.

5. Mendukung Fitur NFC

Fitur NFC (Near Field Communication) kini tidak hanya tersedia di smartphone kelas atas, tetapi juga sudah ada di smartphone kelas entry-level hingga menengah. NFC adalah fitur yang sangat berguna untuk berbagai aktivitas, seperti melakukan transaksi digital, mengakses informasi dari Smart Card, dan lain-lain.

Kekurangan ZTE Blade V40s

Kekurangan ZTE Blade V40s

1. Performa Kurang Memadai

Meskipun dibanderol dengan harga Rp3 jutaan, ponsel ZTE Blade V40s disayangkan menggunakan SoC (System on Chip) Unisoc Tiger T618 yang kurang optimal untuk bermain game berat.

Prosesor Unisoc Tiger T618 dibuat dengan fabrikasi 12 nanometer dan memiliki delapan inti octa-core. SoC ini memiliki dua inti Cortex A75 dengan kecepatan 2.0 GHz untuk kinerja, dan enam inti Cortex A55 dengan kecepatan 2.0 GHz untuk efisiensi daya.

Untuk menjaga performa stabil, Unisoc Tiger T618 didukung oleh GPU (Graphics Processing Unit) Mali-G52 MP2 dengan kecepatan 850 MHz.

Dibandingkan dengan ponsel sekelasnya, ZTE Blade V40s kalah bersaing. Kompetitor Blade V40s sudah menggunakan SoC (System on Chip) yang lebih mumpuni seperti Snapdragon 750G, Helio G99, Helio G96, Dimensity 900, dan lainnya. Bahkan, SoC Unisoc Tiger T618 yang digunakan oleh ZTE Blade V40s juga digunakan oleh ponsel dengan harga Rp2 jutaan, seperti Advan GX sebagai contoh.

2. Refresh Rate Hanya 60Hz

ZTE Blade V40s memiliki layar AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) berukuran 6,67 inci yang memukau. Namun, sayangnya, layar ini tidak didukung oleh refresh rate yang tinggi.

Berbeda dengan pendahulunya, ZTE Blade V40 Vita, yang memiliki refresh rate 90Hz, ZTE Blade V40s hanya memiliki refresh rate 60Hz. Hal ini membuat tampilan animasi pada ponsel terasa kurang mulus, terutama saat bermain game.

3. Kapasitas Baterai Hanya 4500 mAh

Mengenai baterai, ZTE Blade V40 Vita lebih unggul karena memiliki baterai berkapasitas besar, yaitu 6.000 mAh. Namun, sayangnya, ZTE Blade V40s hadir dengan baterai berkapasitas 4.500 mAh. Meskipun demikian, ZTE Blade V40s tetap mendukung pengisian cepat 22,5W, yang sama seperti pendahulunya.

Harga dan Spesifikasi ZTE Blade V40s

Harga dan Spesifikasi ZTE Blade V40s

  • Warna : Space Black, Aqua Blue.
  • Dimensi : 163.5 x 75.8 x 7.6 mm.
  • Berat : 184 gram
  • Layar : AMOLED, 1080 x 2060 piksel, 6.67 inci.
  • Chipset : Unisoc UMS512T T618 (12 nm).
  • GPU : Mali-G52 MP2.
  • RAM : 8 GB + 5 GB Fusion RAM.
  • ROM : 128 GB.
  • OS : Android 12, MyOS 12.
  • Baterai : Li-Po 4500 mAh, Fast Charging 22.5W.
  • Kamera Belakang : 50 MP + 5 MP + 2 MP.
  • Kamera Depan : 8 MP.

ZTE Blade V40s adalah smartphone kelas menengah yang memiliki konfigurasi triple camera 50 MP, didukung oleh SoC Unisoc Tiger T618, fitur Fusion RAM hingga 5 GB, dan layar AMOLED. Harganya adalah Rp3.099.000.

Dengan harga tersebut, Anda akan mendapatkan aksesoris lengkap di dalamnya, termasuk charger, kabel USB Type-C, casing, SIM ejector, dan earphone. Yang menarik, Anda juga akan mendapatkan adapter Type-C untuk menyambungkan earphone ke ponsel, karena ZTE Blade V40s tidak memiliki port jack 3,5mm.

About the Author

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.