Yuk Simak 8 Kelebihan dan Kekurangan ZTE Blade A52

Setelah absen dalam pasar Indonesia untuk beberapa waktu, produsen ZTE kembali dengan meluncurkan beberapa ponsel mereka di tanah air. Pada bulan September 2022, setidaknya ada tiga ponsel yang diperkenalkan, termasuk ZTE Blade V40 Vita, ZTE Blade A72, dan salah satunya adalah ZTE Blade A52 yang akan dibahas dalam artikel ini.

ZTE Blade A52

ZTE Blade A52, sebagai bagian dari seri pilihan terbaik dari produsen smartphone asal Tiongkok ini, hadir dengan dukungan di berbagai sektor. Misalnya, pada bagian layar, SoC (System on Chip) yang digunakan, baterai yang cukup besar, dan kamera yang bersaing di kelasnya. Meskipun diluncurkan di kelas entry-level, ponsel ini menawarkan standar yang baik dengan harga yang terjangkau.

Namun, apakah ZTE Blade A52 layak untuk dipilih? Agar tidak penasaran, mari kita simak ulasan mengenai kelebihan, kekurangan, spesifikasi, dan harga ZTE Blade A52.

Kelebihan ZTE Blade A52

Kelebihan ZTE Blade A52

1. Tampilan Desain Menarik

ZTE Blade A52 memiliki desain sederhana namun menarik, dengan bodi belakang yang memiliki tekstur khas. Seperti kebanyakan smartphone entry-level, bodi ponsel ini terbuat dari plastik polikarbonat.

Bagian belakang ponsel dihiasi dengan modul kamera yang terdiri dari tiga kamera yang disusun secara vertikal, dilengkapi dengan LED Flash, tulisan AI, dan juga TRIPLE CAMERA. Di bagian bawah modul kamera terdapat sensor sidik jari, serta logo ZTE berwarna putih.

Sementara itu, bagian depan ponsel ini memiliki desain waterdrop yang menampung kamera depannya. ZTE Blade A52 memiliki dimensi 168 x 77,5 x 9,4 mm dengan bobot 214 gram. Ponsel ini tersedia dalam tiga pilihan warna: Space Gray, Silk Gold, dan Crystal Blue.

2. Layar IPS Beresolusi HD+

ZTE Blade A52 dilengkapi dengan layar berpanel IPS (In-Plane Switching) LCD berukuran 6,52 inci, yang termasuk lebar. Layar ini mampu menghasilkan resolusi HD+ 720 x 1600 piksel dengan kerapatan piksel sekitar 269 ppi (pixel per inch). Meskipun begitu, informasi mengenai refresh rate layarnya tidak dijelaskan secara detail.

3. Dapur Pacu Cukup Memadai di Kelasnya

Untuk performanya, ZTE Blade A52 menggunakan SoC (System on Chip) Unisoc SC9863A. Penggunaan chipset ini dianggap lebih unggul daripada kebanyakan ponsel sejutaan lainnya yang biasanya menggunakan SoC (System on Chip) MediaTek Helio P22 atau Helio P25. Dengan SoC (System on Chip) Unisoc SC9863A, pengguna dapat merasakan performa yang lebih baik untuk aktivitas sehari-hari.

Meskipun begitu, Unisoc SC9863A ini dibangun dengan fabrikasi 28 nanometer yang membuatnya kurang efisien dalam hal penggunaan daya, alias baterai terbilang lebih boros. Namun, arsitektur inti CPU (Central Processing Unit) miliknya terbilang handal dengan kombinasi 4 inti high performance Cortex A55 (1,6 GHz) dan 4 inti hemat daya Cortex A55 (1,2 GHz). Selain itu, chipset ini juga didukung oleh pengolah grafis GPU (Graphics Processing Unit) IMG8322.

Sebagai informasi tambahan, SoC (System on Chip) Unisoc SC9863A ini juga digunakan oleh beberapa ponsel entry-level lainnya seperti Realme Narzo 50i, Tecno Pop 5 LTE, itel Vision 3, Infinix Smart 6 HD, Samsung Galaxy A04, Infinix Smart 6, dan lain-lain.

4. Kamera Masih Bersaing

Dari segi fotografi, ZTE Blade A52 dilengkapi dengan konfigurasi triple camera. Kamera utamanya memiliki resolusi 13 MP dengan bukaan f/2.2, sensor BSI CMOS 1/3,06 inci, dan 1,12μm piksel, serta fitur PDAF, AI, dan LED Flash.

Kamera kedua dan ketiganya memiliki resolusi 2 MP dengan bukaan f/2.4, yang masing-masing berfungsi sebagai depth sensor dan macro. Di bagian depan, terdapat kamera selfie dengan resolusi 5 MP, sensor BSI CMOS 1/5 inci, dan fixed focus.

Untuk perekaman video, kamera belakang ZTE Blade A52 mampu merekam video hingga resolusi 1080p@30fps, sedangkan kamera depannya hanya mendukung resolusi 720p@30fps.

5. Baterai 5000 mAh

ZTE Blade A52 dilengkapi dengan baterai berkapasitas besar seperti kebanyakan ponsel di segmen entry-level, yaitu 5.000 mAh. Dengan kapasitas tersebut, smartphone ini siap menemani aktivitas pengguna sehari-hari tanpa khawatir kehabisan baterai tergantung pemakaian. Namun, ZTE Blade A52 hanya didukung pengisian daya standar 10W.

Kekurangan ZTE Blade A52

Kekurangan ZTE Blade A52

1. Tanpa Fitur Fast Charging

ZTE Blade A52 hadir dengan baterai berkapasitas besar, yakni 5.000 mAh. Namun, ponsel ini hanya mendukung pengisian standar 10W. Hal ini berarti ZTE Blade A52 tidak dilengkapi dengan fitur pengisian cepat seperti 18W dan lainnya. Oleh karena itu, proses pengisian daya akan membutuhkan waktu yang lebih lama.

2. Tanpa Sensor Compass

Untuk menjaga harga jual produknya tetap terjangkau, ZTE harus menghilangkan fitur yang jarang digunakan oleh pengguna pada ponsel ZTE Blade A52. Menurut informasi yang saya himpun, ponsel ini hanya dilengkapi dengan sensor sidik jari (side-mounted), accelerometer, dan proximity. Namun, sayangnya sensor kompas harus dihilangkan oleh produsen. Sehingga, ponsel ini kurang cocok digunakan sebagai penentu arah.

3. Android 11

Kekurangan terakhir dari ZTE Blade A52 adalah penggunaan sistem operasi Android 11 dengan antarmuka MyOS 11. Hal ini mengecewakan karena beberapa produk murah lainnya sudah menggunakan Android 12 yang lebih baru, bahkan Android 13 juga sudah hadir. Hingga saat ini, belum ada informasi apakah ZTE Blade A52 akan mendapatkan pembaruan ke Android 12 atau tidak.

Harga dan Spesifikasi ZTE Blade A52

Harga dan Spesifikasi ZTE Blade A52

  • Warna : Space Gray, Sky Blue.
  • Dimensi : 168 x 77.5 x 9.4 mm.
  • Berat : 214 gram
  • Layar : IPS LCD, 720 x 1600 piksel, 6.52 inci.
  • Chipset : Unisoc SC9863A (28nm).
  • GPU : IMG8322.
  • RAM : 4 GB.
  • ROM : 64 GB.
  • OS : Android 11, MyOS 11.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh.
  • Kamera Belakang : 13 MP + 2 MP + 2 MP.
  • Kamera Depan : 5 MP.

ZTE Blade A52 adalah ponsel entry-level dengan performa yang diandalkan di kelasnya, berkat SoC (System on Chip) Unisoc SC9863A dan baterai berkapasitas besar. Menurut informasi yang saya himpun, ZTE Blade A52 dijual dengan harga Rp1.749.000 untuk varian RAM 4 GB dan penyimpanan internal 64 GB. Ponsel ini cocok bagi mereka yang mencari ponsel murah yang dapat menemani aktivitas sehari-hari seperti menjelajahi media sosial berkat baterai berkapasitas 5.000 mAh.

About the Author

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.