10 Game RPG Terbaik untuk HP Android dan iPhone

Meskipun menjadi game Android dengan genre paling diminati oleh pengguna smartphone, belum banyak gamer yang tahu tentang pengertian dari permainan RPG atau Role Playing Game. Game ini memfokuskan pada aksi dari karakter yang dimainkan.

Game RPG Terbaik

Game RPG umumnya memiliki karakter, item, dan peralatan khusus yang harus dimainkan untuk berkembang. Terdapat pilihan mode permainan single player dan multiplayer yang bisa disesuaikan oleh pemainnya, termasuk membuat atau memilih karakter sendiri sesuai keinginan.

Game ini juga umumnya memiliki setting tempat yang luas dan beragam dengan durasi permainan yang panjang. Oleh karena itu, game RPG umumnya memerlukan kapasitas ruang penyimpanan yang besar dan spesifikasi sistem operasi (OS) yang sesuai agar dapat dimainkan.

Dengan semakin berkembangnya permainan RPG yang paling banyak diminati, banyak pengembang game yang menciptakan berbagai jenis permainan RPG menarik yang bisa diunduh melalui Play Store, baik yang gratis maupun berbayar.

Dari banyaknya game RPG yang tersedia di Play Store, terdapat 10 game RPG yang sangat diminati oleh pengguna smartphone dengan jumlah unduhan yang terus bertambah setiap waktu. Berikut adalah daftarnya.

Game RPG Terbaik

Game RPG Terbaik

1. Dissidia Final Fantasy Opera Omnia

Bagi penggemar game RPG, Dissidia Final Fantasy Opera Omnia adalah permainan RPG yang harus dicoba, terutama bagi para pecinta seri game Final Fantasy. Sebagai salah satu game pelopor RPG, Dissidia Final Fantasy Opera Omnia tidak hanya menawarkan permainan yang seru, tetapi juga soundtrack lagu pertarungan yang memorable.

Seperti halnya seri Final Fantasy lainnya, pemain dalam game RPG ini bertugas untuk mengumpulkan berbagai karakter favorit dan membangun tiga karakter utama dari tim yang dibuat oleh pemain.

Meskipun tidak semua karakter dari seri Dissidia Final Fantasy Opera Omnia tersedia, seperti Brave Exvius, game ini tetap memberikan pengalaman bermain yang istimewa bagi siapa saja yang memainkannya. Game ini menawarkan pertarungan yang keren melalui tampilan grafis 3 dimensi yang indah.

2. Final Fantasy Brave Exvius

Masih tentang Final Fantasy, game RPG seri ini terus dikembangkan dengan menampilkan karakter khusus, yaitu Brave Exvius, sebagai maskot dari game ini. Dengan tampilan pixel art yang menarik, Final Fantasy seri Brave Exvius ini dapat membuat siapa pun menyukainya.

Game ini bercerita tentang sebuah tempat yang menyimpan kristal misterius yang menjadi inti kekuatan dunia tersebut. Kristal ini menjadi tujuan utama dari permainan ini, di mana pemain tidak hanya berusaha mencari lokasi penyimpanan kristal, tetapi juga menghadapi berbagai musuh yang berusaha menghalangi dan bahkan memiliki tujuan yang sama.

Tokoh-tokoh karakter yang bisa dimainkan dalam Final Fantasy seri Brave Exvius ini sangat beragam, termasuk Rain, Lasswell, dan tentu saja Brave Exvius sendiri. Selain itu, ada juga tokoh-tokoh seperti Vaan, Cloud, dan Noctis yang bisa dijadikan sebagai bagian dari tim para pemain.

Game ini memiliki mekanisme yang mirip dengan Brave Frontier sehingga pengembangnya mengolah tampilan grafisnya dengan menggunakan pixel art, namun tetap menghasilkan tampilan permainan yang epik dan seru.

3. Black Desert Mobile

Game ini merupakan hasil pengembangan dari versi sebelumnya untuk desktop dengan judul Black Desert Online. Meskipun digunakan dalam sistem operasi dan layar yang lebih kecil dari monitor komputer, game ini tetap memberikan jaminan kualitas grafis yang baik.

Jaminan kualitas terbaik dan pengalaman pengguna yang mudah membuat Black Desert Mobile versi Android ini dianggap sebagai game RPG hasil pengembangan Black Desert Online yang terbaik untuk perangkat mobile.

Kualitas grafis berunsur 3 dimensi yang menawan dan teknik pertarungan yang selalu baru dengan animasi yang baik akan membuat pemain merasa puas. Black Desert Online dapat dimainkan dengan mudah melalui smartphone.

4. Lineage II: Revolution

Jangan mengaku pecinta game MMORPG jika belum mencoba permainan ini. Lineage kembali hadir dengan seri terbarunya, Lineage II: Revolution, setelah sebelumnya game berbasis MMORPG ini hanya tersedia untuk PC.

Ketika dirilis di Indonesia, game RPG desktop yang beralih ke Android ini menjadi sangat populer dan ditunggu-tunggu oleh para gamer. Jarak waktu antara rilis seri sebelumnya dengan versi mobile-nya cukup lama, dengan penantian hampir satu dekade atau lebih dari 10 tahun. Oleh karena itu, tidak heran jika game ini langsung dicari oleh para gamer yang sudah lama menantikan rilisnya.

Lineage II Revolution memiliki banyak pembaruan yang dijamin akan membuat pemain betah. Pengalaman grinding level karakter yang ramah, puluhan fitur keren, dan kualitas mode PVP yang besar, ditambah dengan kualitas grafis yang memukau, akan membuat kamu sulit melepaskan permainan ini sambil mengingat ketika bermain game ini di PC.

5. Ragnarok: Eternal Love

Game lain yang awalnya berbasis PC dan kemudian bermetamorfosis menjadi versi mobile adalah Ragnarok. Dalam versi Android-nya, pengembang Ragnarok, Gravity dan Xindong, menyajikan banyak pengalaman baru yang lebih seru dalam game RPG yang diberi judul Ragnarok: Eternal Love.

Sebagai game online berbasis MMORPG, pengembang menjanjikan pengalaman baru dengan kualitas yang berbeda dari versi desktopnya sebagai langkah awal.

Meskipun begitu, game 3 dimensi ini masih menggunakan mekanisme yang sama dengan versi PC, terutama dalam hal tingkat kerusakan yang tetap menggunakan font angka. Namun, hal ini tidak mempengaruhi kualitas permainan yang lebih seru dan tentu saja lebih sederhana karena dapat dimainkan dengan menggunakan perangkat smartphone.

6. Old School RuneScape

Game ini sebenarnya sudah hadir sejak tahun 2001 dan pada awalnya lebih ditujukan untuk pengguna PC. Selama puluhan tahun tersebut, game ini telah memiliki banyak penggemar yang mencapai angka 200 juta pengguna.

Melihat besarnya minat para pemain, pengembang kemudian mengadaptasi permainan yang mirip dengan World of Warcraft ini ke dalam versi mobile untuk mengikuti perkembangan zaman dan tetap mempertahankan basis penggemar yang ada.

Permainan ini dimulai dengan membangun karakter, menyelesaikan berbagai quest atau misi yang menjadi fokus utama, membuat berbagai alat, dan berburu seperti versi sebelumnya.

7. Dragalia Lost

Game yang dikembangkan oleh Nintendo bekerja sama dengan Cygames ini tak kalah seru dengan game RPG Android lainnya. Game berbayar ini bahkan berhasil menarik perhatian para penggemar game RPG di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Dengan grafis berkualitas tinggi, Dragalia Lost menawarkan pengalaman bermain yang seru dengan menciptakan berbagai karakter yang dapat disesuaikan dengan keinginan pemainnya, sehingga langsung mendapat perhatian dari penggemar.

Tidak hanya berkualitas tinggi, Dragalia Lost juga menyertakan lagu-lagu epik dengan tema khusus yang akan mengiringi pemain saat menyelesaikan permainan hingga selesai.

8. Final Fantasy VII

Final Fantasy, yang pertama kali dirilis pada tahun 1997, awalnya hanya tersedia untuk konsol game PlayStation I dari Sony. Pada saat itu, kualitas grafisnya terlihat sederhana namun sesuai dengan standar teknologi pada masa itu. Game ini bahkan menjadi salah satu game wajib bagi pengguna PlayStation I di seluruh dunia, dan memiliki basis penggemar yang kuat.

Namun, dengan berkembangnya teknologi digital dan popularitas smartphone, Final Fantasy kemudian dikembangkan untuk dimainkan di platform mobile. Final Fantasy VII menjadi salah satu hasil pengembangan ini, dengan kualitas yang lebih baik dan pertempuran yang lebih beragam, menawarkan pengalaman bermain yang berbeda dari versi sebelumnya.

Selain grafis yang memukau, penggemar lama Final Fantasy juga akan menikmati pengalaman bermain yang mengesankan dan dapat dinikmati hanya dengan menggunakan smartphone.

9. Final Fantasy XV: Pocket Edition

Sejak awal versi konsole, Final Fantasy telah mengalami banyak pengembangan hingga mencapai seri terbaru, termasuk game Final Fantasy XV: Pocket Edition. Perbedaannya terletak pada karakter yang dimainkan dan tampilan grafis yang lebih sederhana.

Pengembangan game yang awalnya berbasis konsole ini telah dioptimalkan untuk versi mobile dengan menggunakan sistem operasi Android agar lebih menarik dengan kualitas yang lebih baik dari sebelumnya.

Dalam game ini, penggemar Final Fantasy akan bermain sebagai karakter seperti Noctis, Ignis, Gladiolus, dan Prompto dengan cara yang lebih sederhana, termasuk dalam penggunaan item di setiap level game.

Meskipun demikian, untuk memudahkan penggemar setia mengingat setiap pertempuran dalam versi konsole, pengembang tetap mempertahankan alur cerita yang sama dengan versi PlayStation dan desktop agar lebih mudah diterima.

10. The Elder Scrolls: Blades

Game RPG online berbasis open world ini merupakan bagian dari franchise game The Elder Scrolls, namun dengan judul yang berbeda yaitu The Elder Scrolls: Blades. Dalam game ini, pemain memiliki kebebasan untuk mengatur kota sesuai dengan kreasi masing-masing pemain, serta memiliki kemampuan untuk menjelajah dungeon yang beragam.

Bethesda, selaku pengembang game ini, mencoba untuk menyesuaikan agar game ini lebih dapat diterima oleh pasar game online sambil tetap mempertahankan beberapa elemen dari seri sebelumnya.

Game ini menawarkan kualitas grafis yang menakjubkan dan juga menyediakan mode PvP yang berkualitas tinggi sehingga pemain dapat dengan bebas menyesuaikan kualitas dan tampilan game sesuai keinginan mereka.

Akhir Kata

Demikianlah review beberapa game berbasis role-playing game (RPG) terbaik. Selain itu, terdapat banyak game RPG lain yang dapat diunduh melalui Play Store atau situs web lainnya. Namun, daftar 10 game RPG ini dapat dijadikan referensi bagi pengguna smartphone maupun para gamer.

Game-game ini tidak hanya menawarkan kualitas grafis yang baik, tetapi juga telah diunduh oleh jutaan pengguna dengan rating pengalaman pengguna yang baik.

About the Author

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.