7 Cara Menggabungkan File PDF Menjadi Satu di HP Android

Beberapa dari kita mungkin sudah mengenal file PDF. Format file ini sudah sangat sering digunakan karena ringan dan membuat pengaturan atau setting dokumen tetap utuh saat dibuka di berbagai perangkat.

Menggabungkan File PDF

PDF adalah format berkas yang dikembangkan oleh Adobe System dan telah diakui sebagai standar ISO sejak tahun 2008. Format file ini dapat memuat teks, grafis, gambar, dan huruf.

PDF sering digunakan sebagai format pengumpulan berkas lamaran pekerjaan, beasiswa, pendaftaran perguruan tinggi, dan lain-lain. Semua file tersebut harus dalam satu kesatuan.

Namun, terkadang file yang kita punya terpisah, terutama jika hasil scan, sehingga kita harus membuatnya lagi satu per satu agar file tersebut tergabung.

Padahal, ada cara praktis untuk menggabungkan file PDF tersebut. Bagi sebagian orang, proses ini terasa rumit dan membingungkan. Namun sebenarnya caranya sangat simpel dan mudah.

Mungkin menggabungkan file PDF melalui laptop atau PC sudah biasa menggunakan Adobe Reader dan Foxit Reader, namun berbeda jika kita menggunakan Android atau HP. Bagaimana caranya? Sebenarnya ada banyak cara yang bisa digunakan, baik itu menggunakan aplikasi atau tanpa aplikasi.

Di sini, saya akan membagikan kedua cara tersebut kepada kalian semua dan bisa kalian coba. Jika kalian bingung aplikasi apa yang harus dicoba atau situs web apa yang bagus, saya sudah mengumpulkan daftar-daftarnya sebagai berikut.

Cara Menggabungkan File PDF dengan Aplikasi

Dari sekian banyak aplikasi yang ada, saya merekomendasikan 4 aplikasi ini yang bisa kalian coba di Android kalian.

1. WPS Office

Aplikasi yang pertama ini memang sudah sangat familiar di kalangan pengguna Android. Bagaimana tidak, aplikasi ini dikenal dapat membaca berbagai format dokumen seperti PDF, DOC, PPT, dan masih banyak lagi.

Sebagian orang mungkin belum mengetahui bahwa aplikasi ini ternyata dapat menggabungkan file PDF. Fitur ini hanya tersedia pada versi terbarunya saja. Jadi, bagi kamu yang masih menggunakan versi lama, ada baiknya untuk update terlebih dahulu.

Namun, untuk menikmati fitur ini, kita harus berlangganan paket premium. Namun, kita diberikan masa trial selama 3 hari oleh WPS Office. Ok, untuk langkah-langkahnya, simak penjelasannya berikut ini.

1. Langkah pertama, download aplikasi WPS Office di Play Store melalui HP Android kalian. Atau kalian bisa download aplikasinya melalui link di bawah ini.

Download

2. Setelah terinstal dengan benar, selanjutnya buka aplikasinya. Kemudian pada tampilan awal, di bagian bawah, pilih menu "Tools".

3. Langkah selanjutnya, kalian akan melihat beberapa menu, salah satunya menu "Document Processor". Nah, berikutnya pilih "More" yang ada di bagian kanan layar HP.

Menggabungkan File PDF dengan WPS Office

4. Pada jendela perintah yang muncul, pilih "Merge Document". Di sini kalian akan diminta untuk memilih beberapa dokumen yang akan digabungkan. Caranya pilih "Select Docs".

5. Jika semua file PDF sudah terpilih, klik "Start Merging". Nanti proses penggabungan filenya akan berjalan secara otomatis.

6. Tunggu sampai proses selesai. Jika sudah, akan muncul notifikasi "Merge Completed". Akan ada dua pilihan, yaitu "Later" dan "Open". Pilih "Open" untuk membuka di mana file tersebut tersimpan.

Nah, sudah selesai. Mudah dan simpel kan cara menggabungkan file PDF menggunakan aplikasi WPS Office di Android.

Silahkan kalian coba sendiri caranya, dan juga kalian bisa juga menggabungkan file Word menggunakan aplikasi ini. Caranya sama seperti di atas.

2. PDF Merge

Aplikasi selanjutnya adalah aplikasi buatan Benzveen yang sangat keren dan bisa kalian coba di HP Android kalian. Selain itu, aplikasi ini sangat ringan dan mudah sekali untuk digunakan.

Penasaran? Langsung saja lihat langkah demi langkahnya di bawah ini.

1. Pertama, buka aplikasinya. Jika belum punya, kalian bisa mendownloadnya di Play Store secara gratis atau klik di sini.

2. Jika sudah, di tampilan awal pilih tanda plus "+" di bagian kanan bawah layar HP kalian. Setelah itu, pilih menu yang paling atas "Files on this Device" untuk memasukkan atau mengunggah file yang akan kalian gabung.

Menggabungkan File PDF dengan PDF Merge

3. Langkah selanjutnya, kalian akan diminta untuk memilih beberapa file yang akan dipakai. Jika sudah, tekan "Select" di bagian kanan bawah layar.

4. Sebelum masuk ke proses penggabungan, di tahap ini kalian bisa mengatur urutan filenya sesuai kebutuhan. Caranya tinggal tarik filenya ke atas atau ke bawah.

5. Berikutnya, masuk ke proses penggabungan. Caranya pilih ikon seperti tanda panah yang ada di bawah ikon plus "+" di kanan bawah layar HP.

Menggabungkan File PDF dengan PDF Merge

6. Langkah selanjutnya, akan muncul notifikasi di mana kalian diperintahkan untuk memberi nama file serta dapat memilih kualitas file yang akan disimpan. Jika sudah, tekan "Save". Selesai.

3. PDF Utils

Berikutnya ada aplikasi yang namanya PDF Utils. Aplikasi ini salah satu yang terbaik untuk mengelola file PDF. Keunggulannya, PDF Utils dapat menggabungkan beberapa file PDF.

Aplikasi ini dapat kalian unduh secara gratis di Play Store. Ukurannya ringan dan tidak memerlukan banyak space, cocok untuk hp dengan spesifikasi rendah. Berikut cara menggabungkan file PDF dengan PDF Utils:

1. Download aplikasi PDF Utils di Play Store atau melalui link berikut.

2. Buka aplikasi PDF Utils di hp kalian. Pada tampilan awal, pilih Merge PDF/Image.

Menggabungkan File PDF dengan PDF Utils

3. Pilih beberapa file PDF yang ingin kalian gabungkan.

4. Pastikan urutan filenya sudah benar. Kalian bisa mengatur urutannya dengan menggeser ikon garis di sebelah kanan.

5. Jika sudah, klik ikon centang di sebelah kanan bawah layar hp kalian.

Menggabungkan File PDF dengan PDF Utils

6. Akan muncul notifikasi untuk memberi nama file yang telah digabungkan, lalu pilih OK.

7. Tunggu proses penggabungan selesai. PDF Utils akan otomatis membuka file yang telah digabungkan.

4. Xodo PDF Reader & Editor

Selain ketiga aplikasi di atas, Xodo PDF Reader juga sangat cocok untuk dicoba di Android kalian. Menggabungkan file PDF dengan Xodo PDF Reader sangat mudah dan praktis. Fitur yang disediakan juga cukup banyak.

Kita bisa menggabungkan lebih dari satu file terpisah secara offline atau tanpa koneksi internet. Nah, berikut langkah-langkahnya:

1. Pastikan kalian sudah mengunduh dan menginstal aplikasi Xodo PDF Reader. Kalian bisa cek di Play Store atau klik link berikut.

2. Buka aplikasi Xodo PDF Reader. Pada menu utama, pilih tanda plus "+" di bagian kanan bawah.

3. Pilih "PDF from Document" dan pilih file PDF yang akan digabungkan dengan cara Tap dan Tahan file yang akan disatukan.

4. Setelah memilih file, pilih tombol Merge.

5. Selanjutnya, pilih ikon Merge yang ada di kanan bawah layar hp kalian.

6. Akan muncul notifikasi untuk memberi nama file yang akan digabungkan. Pilih Merge.

7. Tentukan lokasi penyimpanan hasil penggabungan dan tunggu proses selesai.

Cara menggabungkan file PDF secara offline dengan Xodo PDF Reader sangat mudah, bukan? Selain itu, kelebihan lain dari aplikasi ini adalah kemampuannya untuk memisahkan file PDF. Penasaran? Langsung saja coba!

Cara Menggabungkan File PDF Tanpa Aplikasi

Di atas tadi kita sudah membahas cara menggabungkan file PDF secara offline dengan menggunakan aplikasi tambahan yang harus diunduh terlebih dahulu di hp Android kalian.

Namun, jika kalian tidak ingin repot-repot mendownload dan menginstal aplikasi, kalian bisa mencoba metode kedua ini. Kita akan memanfaatkan berbagai situs tertentu untuk menggabungkan file PDF secara online.

Cara ini cocok untuk kalian yang mencari cara menggabungkan file PDF tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Tentunya, kalian memerlukan koneksi internet agar prosesnya berjalan lancar. Berikut ini beberapa situs yang bisa kalian coba, beserta langkah-langkahnya.

1. SmallPDF

Situs web pertama yang bisa kalian gunakan adalah Smallpdf. Situs ini sudah dikenal luas sebagai platform pengelolaan dokumen. Kalian bisa memanfaatkannya untuk menggabungkan file PDF yang terpisah dengan mudah dan cepat.

Selain itu, Smallpdf juga menyediakan berbagai fasilitas lain seperti mengonversi Word ke PDF, mengompresi file dokumen, memisahkan file, dan masih banyak lagi.

Namun, kali ini admin hanya akan memberikan tutorial untuk menggabungkan file PDF. Berikut langkah-langkahnya:

1. Buka situs Smallpdf melalui browser yang kalian gunakan, misalnya Google Chrome.

2. Di menu utama situs, kalian akan menemukan berbagai fitur yang disediakan. Scroll ke bawah dan cari fitur "Menggabungkan PDF", lalu klik fitur tersebut.

Menggabungkan File PDF dengan SmallPDF

3. Selanjutnya, unggah file PDF yang ingin kalian gabungkan. Untuk mempercepat proses, kalian bisa melakukan Tap dan Tahan beberapa file yang akan diunggah.

Cara Menggabungkan File PDF dengan SmallPDF

4. Perlu diingat, file pertama yang kalian unggah akan menjadi lembar pertama dalam file gabungan tersebut.

5. Jika ada file yang belum diunggah, kalian bisa menekan tanda tambah "+" untuk menambahkan file PDF lainnya. Setelah semua file diunggah, klik "Gabungkan PDF".

Cara Menggabungkan File PDF dengan SmallPDF

6. Akan muncul dua opsi, pilih opsi pertama yaitu "Gabungkan file", lalu klik "Pilih opsi" di bagian bawah.

Cara Menggabungkan File PDF dengan SmallPDF

7. Tunggu proses selesai, lalu klik "Unduh File" untuk mengunduh file gabungan kalian.

8. Selesai.

2. iLovePDF

Situs web berikutnya adalah iLovePDF, yang juga banyak digunakan oleh banyak orang. Situs ini menawarkan banyak menu yang bisa kalian coba. Admin sendiri sering memanfaatkan situs ini.

iLovePDF hampir mirip dengan situs Smallpdf yang telah dibahas sebelumnya dan menjadi salah satu situs pengelola dokumen yang paling populer. Kalian bisa menggabungkan file PDF dengan iLovePDF, berikut caranya:

1. Kunjungi situs iLovePDF menggunakan browser di hp android atau laptop.

2. Setelah masuk ke tampilan utama, cari dan pilih menu "Merge PDF" seperti yang ditandai oleh admin.

Cara Menggabungkan File PDF dengan iLovePDF

3. Selanjutnya, kalian akan diminta untuk mengunggah sejumlah file PDF yang tersimpan di hp kalian. Klik "Select PDF Files" untuk memilih file.

Cara Menggabungkan File PDF dengan iLovePDF

4. Perlu diingat, berbeda dengan situs Smallpdf, di iLovePDF file yang pertama kali kalian unggah akan menjadi lembar terakhir.

5. Kalian bisa menambahkan file PDF lainnya dengan menekan ikon tambah "+" yang ada di sebelah kanan. Kalian juga bisa mengatur urutan filenya dengan menyeret file ke atas atau ke bawah. Setelah selesai, klik "Merge PDF".

Cara Menggabungkan File PDF dengan iLovePDF

6. Selanjutnya, pilih "Download Merged PDF" untuk mengunduh file yang sudah digabungkan. Kadang-kadang proses pengunduhan akan terjadi secara otomatis.

Cara Menggabungkan File PDF dengan iLovePDF

7. Selesai.

3. Combine PDF

Website terakhir ini adalah Combine PDF, yang menurut admin merupakan situs paling sederhana dan praktis. Di situs ini, kalian dapat menggabungkan file PDF dengan mudah dan cepat. Selain itu, tidak ada banyak tombol lain yang membuat kita bingung.

Sesuai dengan namanya, situs ini hanya memiliki satu menu, yaitu untuk menggabungkan file saja. Tanpa berlama-lama lagi, berikut adalah tutorialnya:

1. Kunjungi website Combine PDF melalui web browser yang kalian miliki.

2. Pada tampilan awal, langsung pilih "Upload Files". Carilah file PDF yang akan digabungkan.

Cara Menggabungkan File PDF dengan Combine PDF

3. Sama seperti situs Smallpdf, file pertama yang kalian unggah akan menjadi lembar pertama dalam dokumen.

4. Untuk melihat lembar file lain yang telah diunggah, kalian dapat menekan tanda panah yang ada di kanan dan kiri. Jika semuanya sudah benar, pilih "Combine".

Cara Menggabungkan File PDF dengan Combine PDF

5. Nanti, file yang kalian gabungkan akan terunduh dan tersimpan di hp kalian secara otomatis.

6. Lihatlah hasilnya. Selesai.

Akhir Kata

Itulah beberapa cara untuk menggabungkan file PDF menjadi satu di Android yang bisa kalian coba satu per satu. Bagaimana, mudah dan praktis, kan? Dari kedua cara tersebut, mana yang lebih kamu sukai? Beri tahu kami di kolom komentar ya!

Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada teman-teman lain agar mereka juga bisa mengetahuinya, dan semoga artikel ini dapat membantu mereka yang membutuhkan. Sampai jumpa lagi!

About the Author

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.