Begini, Cara Membuat Intro Video Youtube di HP, Sangat Mudah!

Ketika menonton video di YouTube, biasanya kita akan disuguhkan dengan intro di awal video tersebut. Hampir semua channel YouTube memiliki intro yang menjadi ciri khas mereka. Video intro menjadi penting bagi sebagian orang karena selain untuk mempercantik video, juga memberikan identitas tersendiri.

Intro Video Youtube

Dalam video intro, biasanya terdapat nama brand atau nama channel YouTube, serta seringkali ditambahkan dengan gambar. Hal ini bertujuan untuk memperkenalkan channel kepada para penonton. Dengan melihat intro saja, penonton bisa langsung mengenali video tersebut tanpa perlu dijelaskan.

Untuk membuat video intro yang bagus dan menarik, dibutuhkan keterampilan dan kreativitas agar pesan yang ingin disampaikan dapat tersampaikan dengan baik kepada para penonton. Selain itu, intro juga harus sesuai dengan tema konten YouTube yang dihadirkan.

Sebagai contoh, jika konten yang dihadirkan adalah tentang gaming, maka video intro sebaiknya menggambarkan suasana permainan atau efek-efek gaming, bukan yang sebaliknya. Untuk membuat video intro YouTube, terdapat beberapa cara yang bisa digunakan dan banyak sumber yang bisa dicoba.

Terdapat banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat video intro, seperti Adobe Premiere Pro, Filmora, dan After Effects. Namun, tidak semua orang mahir menggunakan perangkat lunak tersebut, terutama karena penggunaannya memerlukan laptop atau PC dengan spesifikasi tinggi.

Oleh karena itu, dalam artikel ini saya akan memberikan tutorial tentang cara membuat video intro YouTube menggunakan perangkat Android. Ada dua cara yang akan saya berikan, yaitu secara offline menggunakan aplikasi tertentu, dan secara online. Langsung aja ke tutorialnya berikut ini.

Cara Membuat Intro Video Youtube dengan Kinemaster

Salah satu aplikasi yang sudah umum digunakan oleh pengguna Android adalah Kinemaster. Banyak YouTuber yang menggunakan Kinemaster untuk mengedit video mereka.

Anda juga dapat membuat video intro menggunakan aplikasi ini. Namun, untuk menghemat waktu dan tenaga, kita tidak akan membuatnya dari awal. Sebagai gantinya, kita akan menggunakan bahan mentah berupa video green screen. Anda dapat mengunduhnya [di sini](link_download). Setelah mendapatkan bahan, berikut tutorialnya:

1. Buka aplikasi Kinemaster dan tentukan resolusi video yang akan Anda gunakan. Pilih "Media" dan pilih "Latar". Pilih latar dengan warna putih.

Membuat Intro Video Youtube dengan Kinemaster #1

2. Pilih "Lapisan" dan pilih "Media". Cari video green screen yang sudah Anda unduh tadi. Pilih dan unggah ke Kinemaster.

Membuat Intro Video Youtube dengan Kinemaster #2

3. Perbesar layar untuk sesuaikan dengan latar belakang awal. Klik video dan cari menu "Chroma Key" atau "Kunci Chroma".

Membuat Intro Video Youtube dengan Kinemaster #3

4. Ubah warna menjadi hijau dan sesuaikan hingga warna hijau hilang.

Membuat Intro Video Youtube dengan Kinemaster #4

5. Kembali ke "Lapisan" dan pilih "Text" untuk menambahkan tulisan. Buat tulisan sesuai dengan nama channel YouTube Anda. Sesuaikan warna dan font teks.

6. Klik tulisan, lalu pilih opsi "ke belakang".

7. Tambahkan animasi masuk dan keluar pada teks untuk membuatnya lebih menarik.

Membuat Intro Video Youtube dengan Kinemaster #5

8. Tambahkan musik dengan memilih "Audio" dan pilih lagu yang ingin Anda gunakan.

9. Export video dan lihat hasilnya.

Kelebihan Kinemaster adalah Anda dapat bereksplorasi tanpa batas dan dapat menggunakan aplikasi ini secara offline. Fitur yang disediakan juga sangat keren.

Namun, kekurangannya adalah tidak dapat membuat video intro 3D secara langsung, kecuali jika Anda menggunakan footage green screen.

Cara Membuat Intro Video Youtube Tanpa Aplikasi

Ada cara yang paling sederhana untuk membuat video intro, yaitu dengan membuatnya secara online menggunakan situs web yang menyediakan fasilitas tersebut. Ini sangat berguna bagi mereka yang belum terbiasa dengan pengeditan video.

Berikut beberapa rekomendasi situs web untuk membuat intro video yang bisa Anda coba. Karena proses pembuatannya dilakukan secara online, pastikan Anda memiliki koneksi internet yang stabil. Berikut beberapa situsnya.

1. Panzoid

Jika Anda ingin membuat video intro yang profesional, Anda bisa mencoba menggunakan Panzoid. Situs web ini menyediakan berbagai template video intro yang keren dan cocok untuk channel YouTube Anda. Yang menarik, Panzoid dapat diakses secara gratis.

Dengan Panzoid, Anda juga dapat mengimpor gambar atau logo yang Anda miliki. Selain itu, situs ini menyediakan berbagai animasi yang dapat Anda gunakan, serta fitur untuk mengganti warna latar belakang video.

Untuk membuat video intro, cukup pilih template yang ingin Anda gunakan. Setelah itu, Anda akan dibawa ke halaman pengeditan video di mana Anda dapat mengedit teks, musik, animasi, dan lainnya.

Kelebihan Panzoid adalah menyediakan pembuatan video intro yang profesional dengan berbagai fasilitas dan fitur. Terdapat banyak kategori intro video yang dapat Anda coba.

Namun, kekurangannya adalah akses ke situs ini agak sulit jika menggunakan ponsel, terutama selama proses pengeditan. Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan PC atau laptop.

2. Renderforest

Situs web berikutnya memungkinkan Anda membuat video intro dengan cara yang sangat sederhana dan praktis. Situs ini menyediakan banyak template dengan kualitas HD, dan sebagian besar dapat digunakan secara gratis meskipun ada beberapa template berbayar.

Renderforest adalah situs yang sering digunakan oleh admin karena penggunaannya yang praktis dan sederhana. Selain itu, situs ini juga menyediakan fasilitas untuk menambahkan teks dan lagu.

Sebelum membuat proyek, Anda harus mendaftar terlebih dahulu. Anda dapat mendaftar menggunakan akun Google yang Anda miliki.

Untuk membuat video intro di Renderforest, cukup mudah. Pertama, pilih template yang Anda inginkan, lalu pilih "Create Video". Anda akan diarahkan ke tampilan pengeditan di mana Anda dapat mengatur teks dan musik yang ingin Anda gunakan. Setelah selesai, Anda dapat mengunduh videonya.

Kelebihan Renderforest adalah penggunaannya yang sangat mudah dan sederhana. Template yang tersedia sangat modern dan banyak yang dapat digunakan.

Namun, kekurangannya adalah video yang dapat Anda unduh hanya memiliki resolusi 360. Jika Anda menginginkan resolusi yang lebih tinggi, Anda harus membayar sesuai dengan harga yang ditentukan.

3. Intromaker

Sesuai namanya, situs web ini didedikasikan untuk membuat video intro. Intromaker, seperti situs lainnya, menyediakan template yang keren-keren dengan kualitas HD.

Layanan web ini dapat diakses secara online dan gratis. Seperti Renderforest, Intromaker sangat mudah digunakan, di mana Anda dapat menggabungkan logo dan slogan atau teks sesuai keinginan Anda.

Untuk memulai proyek video, pertama-tama pilih "Make a Video" pada tampilan awal. Kemudian, pilih kategori intro video yang Anda inginkan, seperti 3D, natural, colorful, dan lain-lain. Setelah memilih, pilih lagi "Make a Video".

Anda akan diarahkan ke menu pengeditan di mana Anda dapat mengunggah logo, menambahkan musik, mengatur warna, dan lain-lain. Untuk mengunduh hasil video, Anda diminta untuk login menggunakan akun yang Anda miliki.

Kelebihan Intromaker adalah sangat mudah digunakan dan menyediakan banyak fitur yang berkesan. Situs ini juga ramah digunakan melalui smartphone.

Namun, untuk mendapatkan kualitas video Full HD, Anda harus membayar sesuai dengan harga yang ditetapkan.

4. Biteable

Untuk membuat video intro yang modern dan kekinian, Biteable adalah pilihan yang tepat. Situs ini menyediakan template yang berbeda dengan yang lain, dengan banyak template bertema ilustrasi yang cocok untuk video YouTube. Selain itu, situs web ini juga dapat digunakan untuk membuat video presentasi yang menarik. Antarmuka pengeditannya pun sangat elegan, mirip dengan mengedit video menggunakan perangkat lunak.

Kelebihan Biteable adalah jenis template yang sangat modern, kemampuan untuk membuat video berdurasi panjang, dan memberikan hasil yang elegan. Situs ini juga memiliki fitur pratinjau sehingga Anda dapat melihat hasilnya sebelum mengunduh.

Namun, kekurangannya adalah situs web ini agak sulit digunakan jika menggunakan ponsel selama proses pengeditan video, dan terdapat watermark pada video yang dihasilkan.

5. Flixpress

Situs terakhir adalah Flixpress, yang merupakan situs pembuatan intro video terbaik. Banyak YouTuber yang menggunakan template video intro dari situs ini. Anda dapat menambahkan musik, gambar, dan teks secara real-time, kemudian menggabungkannya menjadi satu.

Keuntungan lainnya adalah cara penggunaannya yang mudah, bahkan dengan menggunakan smartphone. Oleh karena itu, situs ini sangat direkomendasikan untuk dicoba.

Kelebihan dari situs ini adalah Anda dapat menambahkan video lain dan menggabungkannya dengan video yang disediakan oleh Flixpress. Anda juga dapat memilih format video yang ingin Anda unduh.

Namun, kekurangannya adalah proses penyimpanan agak sulit.

Akhir Kata

Sekarang, tidak sulit lagi untuk membuat video intro YouTube. Semua dapat Anda buat dengan mudah dan simpel. Jadi, tunggu apa lagi? Segera coba satu persatu dan buat intro YouTube Anda menjadi lebih keren.

Demikianlah artikel tentang cara membuat intro video YouTube di Android. Semoga bermanfaat untuk Anda semua dan silakan lihat artikel lain yang telah kami buat di blog ini. Sampai jumpa lagi. Semangat!

About the Author

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.