Ini Dia 8 Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi Pad SE

Setelah sukses merilis Xiaomi Redmi Pad dan Xiaomi Pad 6, Xiaomi Indonesia kini memperkenalkan seri Xiaomi Redmi Pad SE untuk bersaing di pasar tablet kelas entry-level di Indonesia. Meskipun dijual dengan harga terjangkau, tablet ini menawarkan kualitas visual yang handal dengan layar 11 inci beresolusi Full HD+ dan refresh rate 90Hz untuk pengalaman visual yang imersif. Tidak hanya itu, tablet ini dilengkapi dengan empat speaker dan dukungan Dolby Atmos.

Xiaomi Redmi Pad SE

Dari segi performa, Xiaomi Redmi Pad SE masih menghadirkan kinerja yang kompeten di segmen entry-level dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 680 octa-core dan RAM 4 GB. Tablet ini juga dilengkapi dengan baterai besar 8000 mAh untuk menunjang kebutuhan daya. Namun, seperti halnya produk lain, Xiaomi Redmi Pad SE juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Untuk mengetahuinya lebih lanjut, simak ulasan berikut.

Kelebihan Xiaomi Redmi Pad SE

Kelebihan Xiaomi Redmi Pad SE

1. Tampil dengan Desain yang Ciamik

Xiaomi Redmi Pad SE memiliki desain unibodi aluminium yang lebih tahan lama dibandingkan dengan plastik polikarbonat yang umum digunakan pada tablet lainnya. Biasanya, perangkat dengan bahan aluminium hanya ditemukan pada produk dengan harga yang lebih tinggi.

Dengan bahan aluminium, bodi tablet ini lebih kuat dan tidak mudah bengkok saat terkena benturan. Selain itu, tekstur aluminium memberikan kesan yang lebih mewah dan premium. Ukuran tablet ini juga cukup kompak dan nyaman digenggam, dengan dimensi 255,5 x 167,1 x 7,4 mm dan berat 478 gram.

Xiaomi Redmi Pad SE tersedia dalam tiga pilihan warna, yaitu Lavender Purple, Graphite Gray, dan Mint Green. Desainnya yang minimalis ditambah dengan housing kamera yang modern menambah kesan elegan pada tablet ini.

2. Layar Tajam + TUV Rheinland

Xiaomi Redmi Pad SE hadir dengan layar superior berukuran 11 inci dengan rasio aspek 16:10 dan panel IPS LCD yang menawarkan resolusi WUXGA+ (1200 x 1920 piksel) dengan kerapatan 207 ppi (pixel per inch). Layar ini memiliki kecerahan 400 nits yang cukup baik untuk penggunaan di luar ruangan.

Layar tablet ini juga memiliki refresh rate 90Hz yang memberikan tampilan yang lebih halus. Beberapa pesaingnya, seperti Advan Tab VX, hanya memiliki refresh rate 60Hz. Xiaomi Redmi Pad SE juga memiliki color depth 8-bit yang mendukung 70% NTSC color gamut. Kontras rasio layarnya mencapai 1.500:1 dengan rasio perbandingan bodi-ke-layar sebesar 84,4%.

Selain itu, tablet ini juga telah mendapatkan sertifikasi TUV Rheinland untuk mengurangi efek kedipan yang dapat mengganggu mata pengguna. Menurut informasi dari laman Nextpit.com, layar tablet ini mampu menampilkan warna yang terang dengan tingkat warna hitam yang pekat.

3. Performa Bersaing

Menurut penulis, performa Xiaomi Redmi Pad SE masih mampu bersaing di kelasnya berkat dukungan dari SoC (System on Chip) Qualcomm Snapdragon 680 SM6225 yang memiliki fabrikasi 6 nanometer. SoC ini memiliki octa-core prosesor yang terdiri dari quad-core Kryo 265 Gold dengan kecepatan 2,4 GHz dan quad-core Kryo 265 Silver dengan kecepatan 1,9 GHz, dipadukan dengan RAM 4 GB LPDDR4X, serta GPU (Graphics Processing Unit) Adreno 610 yang mumpuni.

Menurut laporan dari Nextpit.com, Xiaomi Redmi Pad SE mencetak skor GeekBench 6 sebesar 415 poin untuk single-core dan 1462 untuk multi-core. Tablet ini juga mencapai skor 593 poin dalam pengujian 3DMark Wild Life dan 592 poin dalam pengujian 3DMark Wild Life Stress Test.

Menurut laman NanoReview, Qualcomm Snapdragon 680 mencetak skor AnTuTu v9 sebesar 268 ribu, serta skor GeekBench 5 sebesar 371 poin untuk single-core dan 1545 poin untuk multi-core.

4. Kamera Oke

Dari sisi fotografi, Xiaomi Redmi Pad SE dilengkapi dengan kamera utama 8 MP yang menggunakan sensor GalaxyCore GC08A3 berukuran 1/4 inci dengan piksel sebesar 1,12um. Kamera ini memiliki lensa 26mm dengan bukaan aperture f/2.0 dan dilengkapi dengan fitur autofocus.

Untuk kamera depan, tablet ini memiliki kamera selfie 5 MP dengan sensor BSI CMOS berukuran 1/5 inci dengan piksel sebesar 1,12um pada bukaan aperture f/2.2 fixed focus, yang sudah cukup untuk video call atau pertemuan online.

5. Baterai Besar di Kelasnya

Untuk daya tahan baterai, Xiaomi Redmi Pad SE dilengkapi dengan baterai berkapasitas besar 8.000 mAh, yang cukup besar untuk tablet kelas entry-level. Dengan layar yang besar, kehadiran baterai sebesar ini tidak mengherankan.

Tablet ini bahkan memiliki kapasitas baterai yang lebih besar dari Huawei MatePad SE 10.4 yang hanya memiliki baterai 5100 mAh, serta Advan Tab VX yang hanya memiliki baterai 6200 mAh. Hal ini menunjukkan bahwa Xiaomi Redmi Pad SE dapat unggul dalam hal daya tahan baterai. Namun, tablet ini hanya mendukung pengisian daya standar 10W.

Xiaomi juga mengklaim bahwa tablet ini dapat bertahan hingga 21 jam untuk pemutaran video lokal tanpa henti atau hingga 12 jam untuk penggunaan gaming, berkat chipsetnya yang memiliki fabrikasi rendah.

6. Memori Lapang

Dalam segmen tablet entry-level, biasanya RAM dan penyimpanan internalnya cukup kecil. Menurut penulis, hal ini wajar karena kebanyakan pengguna tidak membutuhkan banyak ruang untuk game atau aplikasi di tablet.

Namun, Xiaomi Redmi Pad SE menawarkan penyimpanan internal sebesar 128 GB dan RAM 4 GB, yang menurut penulis sudah cukup untuk kebutuhan penggunaan.

7. Ada 3.5mm Jack Audio

Bagi pecinta film yang menggunakan earphone, Xiaomi Redmi Pad SE memberikan kabar gembira dengan adanya port audio 3.5mm jack. Hal ini berarti earphone kabel yang biasa digunakan pada HP juga dapat digunakan pada tablet ini.

Fitur ini cukup penting karena Xiaomi Redmi Pad reguler tidak dilengkapi dengan port audio 3.5mm jack. Selain itu, fitur ini juga bermanfaat jika Anda ingin menghubungkan mikrofon eksternal pada tablet untuk keperluan konten.

Selain itu, tablet ini juga dilengkapi dengan slot microSD untuk memperluas penyimpanan eksternal jika diperlukan.

8. Tersedia Empat Speaker

Selain dilengkapi dengan port audio 3.5mm jack, Xiaomi Redmi Pad SE juga memiliki empat speaker stereo. Dua speaker terletak di bagian atas dan bawah saat tablet digunakan dalam posisi potret, sementara dua speaker lagi terletak di sisi atas.

Tidak hanya memiliki empat speaker, speaker ini juga dilengkapi dengan sertifikasi Dolby Atmos yang meningkatkan kualitas audio saat menonton film, mendengarkan musik, dan kegiatan hiburan lainnya.

Kekurangan Xiaomi Redmi Pad SE

Kekurangan Xiaomi Redmi Pad SE

1. Tidak Ada Varian Seluler

Mirip dengan Xiaomi Redmi Pad 6, Xiaomi Redmi Pad SE juga tidak memiliki varian seluler. Artinya, tablet ini hanya dapat terhubung ke internet melalui Wi-Fi.

Hal ini bisa menjadi pertimbangan penting bagi sebagian orang, terutama yang membutuhkan perangkat tablet yang sangat mobile. Tidak semua tempat memiliki akses Wi-Fi, atau jika ada, mungkin kecepatannya tidak sesuai harapan.

Sebagai solusi, Anda harus selalu membawa perangkat tambahan untuk berbagi koneksi internet, seperti smartphone Android yang dapat digunakan sebagai hotspot tethering atau Modem Wi-Fi.

2. Tanpa Fingerprint

Jika Anda sangat memerlukan pemindai sidik jari untuk keamanan tablet dan sudah terbiasa dengan fitur tersebut, lebih baik memilih tablet lain yang sudah dilengkapi dengan sensor sidik jari. Meskipun tidak memiliki pemindai sidik jari, Xiaomi Redmi Pad SE masih menyediakan fitur Face Unlock untuk keamanan.

Harga dan Spesifikasi Xiaomi Redmi Pad SE

Harga dan Spesifikasi Xiaomi Redmi Pad SE

  • Warna : Lavender Purple, Graphite Gray, dan Mint Green.
  • Dimensi : 255.5 x 167.1 x 7.4 mm.
  • Berat : 478 gram.
  • Layar : IPS LCD, 1200 x 1920, 11 inci.
  • Chipset : Qualcomm SM6225 Snapdragon 680 4G (6 nm).
  • GPU : Adreno 610.
  • RAM : 4 GB.
  • ROM : 128 GB.
  • OS : Android 13, MIUI Pad 14.
  • Baterai : Li-Po 8000 mAh, 10W.
  • Kamera Belakang : 8 MP.
  • Kamera Depan : 5 MP.

Xiaomi Redmi Pad SE adalah tablet entry-level yang cocok bagi pengguna dengan anggaran terbatas, namun tetap menawarkan performa yang baik berkat SoC Qualcomm Snapdragon 680 dan layar WUXGA+ 90Hz yang imersif. Selain itu, tablet ini juga memiliki baterai besar dengan kapasitas 8000 mAh, yang cukup jarang ditemukan pada tablet sekelasnya.

Harga terbaru Xiaomi Redmi Pad SE di Indonesia adalah Rp1.999.000 untuk varian RAM 4 GB dan ROM 128 GB. Penjualan perdana tablet ini akan dilakukan secara online maupun offline pada 9 September 2023 melalui toko resmi Xiaomi online, official store Xiaomi di berbagai platform e-commerce, dan toko offline.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.