Yuk Ketahui 9 Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi A2 Ini

Setelah merilis seri Xiaomi Redmi A1 tahun lalu yang ditujukan untuk pengguna pemula, Xiaomi Indonesia kini memperkenalkan penerusnya melalui seri Xiaomi Redmi A2. Dilihat dari desain fisiknya, Xiaomi Redmi A2 tidak memiliki perbedaan signifikan dengan pendahulunya, tetap mengusung konsep minimalis.

Xiaomi Redmi A2

Meskipun demikian, ponsel ini tetap menarik untuk dibahas meskipun tidak banyak perubahan yang dilakukan. Xiaomi Redmi A2 memiliki peningkatan yang cukup signifikan dalam hal performa, dengan kehadiran SoC (System on Chip) MediaTek Helio G36, yang merupakan chipset kelas entry terbaru dari MediaTek, dipadukan dengan RAM 3 GB.

Selanjutnya, mari kita bahas kelebihan, kekurangan, spesifikasi, dan harga Xiaomi Redmi A2 secara lengkap.

Kelebihan Xiaomi Redmi A2

Kelebihan Xiaomi Redmi A2

1. Tampil dengan Desain Elegan

Dari segi desain, Xiaomi Redmi A2 tampil dengan desain elegan. Modul kamera dibuat unik, dengan dua lensa yang disusun dalam pil dan diselimuti oleh bidang persegi berujung melengkung. Mirip dengan HP entry-level lainnya, bagian belakang frame Redmi A2 menggunakan material plastik polikarbonat. Namun, Redmi A2 juga dilapisi dengan tekstur kulit imitasi yang menyerupai POCO M5.

Xiaomi Redmi A2 memiliki dimensi 164.9 x 76.8 x 9.1 mm dan bobot 192 gram. Dengan dimensi tersebut, ponsel ini tidak tergolong ringan atau tipis. Meskipun begitu, Redmi A2 adalah salah satu ponsel di harga Rp1,1 jutaan yang memiliki kualitas bangunan terbaik di kelasnya. Ponsel ini tersedia dalam dua varian warna, yaitu Hitam dan Biru Muda.

2. Layar IPS yang Luas

Xiaomi Redmi A2 dilengkapi dengan layar sentuh Infinity-V Display dengan aspek rasio 20:9 berukuran 6,52 inci. Layar ini menggunakan panel IPS LCD dengan resolusi HD+ atau 720 x 1600 piksel, kerapatan 269 ppi, dan kecerahan mencapai 400 nits yang cemerlang.

Layar Xiaomi Redmi A2 juga dilengkapi dengan mode baca yang mengurangi cahaya biru, sehingga mata tidak cepat lelah. Namun, artikel tidak menyebutkan apakah ponsel ini dilengkapi dengan proteksi antigores atau tidak.

3. Dapur Pacu Cukup Memadai di Kelasnya

Performa yang ditawarkan oleh Xiaomi Redmi A2 cukup kompeten untuk penggunaan ringan sehari-hari, berkat SoC (System on Chip) MediaTek Helio G36. SoC ini memiliki octa-core prosesor ARM Cortex-A53 64-bit yang terdiri dari quad-core berkecepatan 2,2 GHz dan quad-core berkecepatan 1,7 GHz, dipadukan dengan RAM 3 GB dan fitur Extended RAM hingga 2 GB. Ponsel ini juga dilengkapi dengan GPU PowerVR Rogue GE8320 yang mumpuni untuk pengolahan grafis.

MediaTek Helio G36 dipadukan dengan memori internal 32 GB eMMC 5.1, dan terdapat slot microSD yang mendukung ekspansi memori eksternal hingga 1 TB dengan tipe dedicated slot.

Selain itu, SoC ini didukung oleh MediaTek HyperEngine 2.0 Lite, yang terdiri dari Networking dan Resource Management Engine 2.0. Menurut laman resmi MediaTek, kedua teknologi ini memberikan opsi konektivitas yang lebih baik dan membantu perangkat menjalankan game dengan lebih lancar.

4. Kamera Oke di Kelasnya

Dari segi fotografi, Xiaomi Redmi A2 memiliki konfigurasi dual kamera di bagian belakang yang cukup bersaing. Kamera utamanya memiliki resolusi 8 MP dengan bukaan aperture f/2.0, sensor BSI CMOS berukuran 1/4 inci 1.12um piksel, fitur autofocus, AI, dan lampu flash.

Kamera kedua Xiaomi Redmi A2 memiliki resolusi QVGA dengan bukaan aperture f/2.4, berfungsi sebagai depth sensor. Kamera belakang ini mampu merekam video hingga resolusi Full HD atau 1080p.

Sementara itu, kamera depan Xiaomi Redmi A2 memiliki resolusi 5 MP dengan sensor BSI CMOS berukuran 1/5 inci 1.12um piksel, bukaan aperture f/2.2 fixed focus, dan fitur AI Camera.

5. Android 12 Go Edition

Xiaomi Redmi A2, ponsel entry-level, menggunakan sistem operasi Android 12 Go Edition, yang dirancang khusus untuk smartphone dengan spesifikasi terbatas agar tetap ringan dalam performa. Xiaomi memberikan dukungan update keamanan selama 2 tahun setelah peluncuran.

Dengan sistem operasi ini, pengguna masih dapat menikmati fitur dan aplikasi bawaan Google, namun dalam versi yang lebih ringan. Beberapa contohnya adalah Google Go, Gallery Go, Assistant Go, Google Play Service, Find My Device, serta fitur untuk menerjemahkan teks melalui Google Lens.

6. Baterai 5000 mAh yang Awet

Untuk memenuhi kebutuhan dayanya, Xiaomi Redmi A2 dibekali dengan baterai berkapasitas besar, yaitu 5000 mAh. Meskipun demikian, ponsel ini tidak mendukung fitur pengisian cepat, hanya mendukung pengisian 10W.

Xiaomi menyatakan bahwa baterai ponsel ini dapat bertahan seharian penuh. Dengan kapasitas baterai ini, Xiaomi Redmi A2 dapat digunakan untuk berbagai aktivitas, seperti menonton video selama 19 jam, melakukan panggilan telepon selama lebih dari 24 jam, dan membaca hingga 33 jam.

Kekurangan Xiaomi Redmi A2

Kekurangan Xiaomi Redmi A2

1. Tidak Dilengkapi Fingerprint

Xiaomi Redmi A2 adalah smartphone kelas entry-level, sehingga tidak memiliki fitur pemindai sidik jari di samping atau di belakang bodi. Namun, Anda masih dapat membuka kunci layar dengan mudah menggunakan fitur sensor pemindai wajah atau Face Unlock.

2. Sensor Minim

Kekurangan Xiaomi Redmi A2 selanjutnya adalah hanya memiliki sensor Akselerometer. Oleh karena itu, ponsel ini tidak dilengkapi dengan sensor Gyro maupun Compass seperti pada Redmi A1. Hal ini membuat Redmi A2 kurang cocok bagi pengguna yang sering menggunakan aplikasi seperti Maps dalam aktivitas sehari-hari, misalnya kurir, ojek online, dan sejenisnya.

3. Tanpa Dukungan Wi-Fi Dual Band

Terakhir, Xiaomi Redmi A2 masih tidak mendukung WiFi Dual Band, sehingga hanya dapat terhubung dengan jaringan 2,4 GHz. Hal ini dapat menjadi masalah ketika berada di tempat umum yang menggunakan router 5 GHz. Jika teman Anda berhasil terkoneksi dengan WiFi, ponsel Xiaomi Redmi A2 mungkin tidak dapat mendeteksi SSID-nya.

Harga dan Spesifikasi Xiaomi Redmi A2

Harga dan Spesifikasi Xiaomi Redmi A2

  • Warna : Black, Light Blue.
  • Dimensi : 164.9 x 76.8 x 9.1 mm.
  • Berat : 192 gram.
  • Layar : IPS LCD, 720 x 1600 piksel, 6.52 inci.
  • Chipset : Mediatek Helio G36 (12 nm).
  • GPU : PowerVR GE8320.
  • RAM : 3 GB.
  • ROM : 32 GB.
  • OS : Android 12 Go Edition.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh.
  • Kamera Belakang : 8 MP + 0.08 MP.
  • Kamera Depan : 5 MP.

Xiaomi Redmi A2 adalah ponsel entry-level terbaru yang sangat cocok untuk pemula, dengan performa memadai dari MediaTek Helio G36. Ponsel ini menggunakan sistem operasi Android 12 Go Edition yang ringan dan didukung oleh baterai besar berkapasitas 5000 mAh. Harga ponsel terbaru Xiaomi Redmi A2 di pasar Indonesia adalah Rp1.149.000,-.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.