Ini Dia 9 Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi 13C

Setelah berhasil merilis smartphone premium melalui seri Xiaomi 13T, Xiaomi Indonesia kini memasuki pasar entry-level dengan meluncurkan Xiaomi Redmi 13C, penerus dari Xiaomi Redmi 12C yang dirilis pada 9 Maret 2023. Xiaomi Redmi 13C tetap mengusung konfigurasi tiga kamera di bagian belakangnya, dengan kamera utama beresolusi 50 MP. 

Xiaomi Redmi 13C

Yang menarik, Xiaomi Redmi 13C menghadirkan layar HD+ dengan refresh rate 90Hz yang lebih imersif daripada seri sebelumnya. Smartphone ini juga dilengkapi dengan baterai berkapasitas 5000 mAh dan fitur pengisian cepat 18W, meningkat dari pengisian standar 10W pada Xiaomi Redmi 12C.

Dari segi performa, Xiaomi Redmi 13C masih menawarkan performa yang kompeten di kelasnya dengan dukungan SoC (System on Chip) MediaTek Helio G85 octa-core dan RAM 6 GB atau 8 GB yang luas di kelasnya. Keunggulan utama dari seri ini adalah kehadiran fitur NFC (Near Field Communication) serta sensor sidik jari yang terintegrasi dengan tombol power, memberikan tampilan yang lebih modern.

Namun, seberapa baguskah ponsel entry-level ini dari Xiaomi Indonesia? Pertanyaan ini akan kami jawab dalam artikel mengenai kelebihan dan kekurangan Xiaomi Redmi 13C beserta spesifikasi dan harganya yang perlu diketahui.

Kelebihan Xiaomi Redmi 13C

Kelebihan Xiaomi Redmi 13C

1. Desain Kekinian

Salah satu hal menarik dari Xiaomi Redmi 13C terletak pada desainnya. Dibandingkan dengan pendahulunya seperti Xiaomi Redmi 12C atau Xiaomi Redmi 10C, Xiaomi Redmi 13C memiliki desain yang lebih modern. Hal ini terutama terlihat pada housing kameranya.

Jika diperhatikan dengan seksama, housing kamera ponsel ini mirip dengan seri Xiaomi Redmi Note 13. Terdapat garis tipis yang memisahkan tiap bagian kameranya. Namun, housing kamera Xiaomi Redmi 13C tidak menonjol dan hanya memiliki dua lingkaran kamera saja di dalamnya.

Bagian belakang ponsel ini dibuat dengan rata dan memiliki ketebalan yang cukup tipis, yaitu 8,1 mm saja. Meskipun begitu, bagian frame-nya dibuat sedikit melengkung untuk memberikan kenyamanan saat digenggam.

Di bagian depan, Xiaomi Redmi 13C masih mengusung desain yang serupa dengan pendahulunya. Ukuran bezel yang dimilikinya tidak terlalu tipis, terutama bagian dagunya yang cukup tebal. Untuk notch-nya, ponsel ini masih menggunakan desain waterdrop notch yang biasa ditemui pada ponsel entry-level.

Xiaomi Redmi 13C juga hadir dalam berbagai varian warna yang menarik, seperti Clover Green, Glacier White, Navy Blue, dan Midnight Black.

2. Layar IPS LCD 90Hz

Tak hanya mengalami perubahan pada sektor desain, Xiaomi Redmi 13C juga telah meningkatkan kualitas layarnya. Layar IPS (In-Plane Switching) LCD pada Xiaomi Redmi 13C menawarkan resolusi HD+ atau 720 x 1600 piksel dengan kerapatan mencapai 260 ppi (pixel per inch) dan kecerahan mencapai 450 nits yang cemerlang.

Peningkatan yang signifikan terjadi pada refresh rate layarnya. Xiaomi Redmi 12C hanya memiliki refresh rate 60Hz, sementara Xiaomi Redmi 13C sudah dibekali dengan refresh rate 90Hz. Hal ini membuat tampilan layar terlihat lebih halus dan nyaman digunakan.

Layar Xiaomi Redmi 13C juga dilindungi oleh Corning Gorilla Glass yang tangguh, sehingga lebih awet dan tahan terhadap goresan atau retakan.

3. Kinerja Tangguh di Kelasnya

Performa yang ditawarkan oleh Xiaomi Redmi 13C terbilang memadai di kelasnya berkat dukungan SoC (System on Chip) MediaTek Helio G85. Helio G85 mengusung prosesor octa-core yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A75 berkecepatan 2 GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 berkecepatan 1.8 GHz. Chipset ini didukung oleh GPU (Graphics Processing Unit) Mali-G52 2EEMC2 yang mumpuni.

Xiaomi Redmi 13C juga hadir dalam dua varian RAM, yaitu 6 GB atau 8 GB LPDDR4X dengan frekuensi 1800MHz. Memori internalnya berkapasitas 128 GB eMMC 5.1 yang dapat diperluas melalui slot microSD. Slot microSD pada ponsel ini merupakan dedicated slot, sehingga pengguna dapat menggunakan Dual SIM dan microSD secara bersamaan.

Chipset MediaTek Helio G85 di Xiaomi Redmi 13C diklaim mampu menghasilkan visual grafis yang baik dan lancar saat bermain game. Hal ini dapat dilihat dari skor AnTuTu v10 yang mencapai 263.579 menurut data Nanoreview.

4. Triple Camera 50MP

Smartphone Xiaomi Redmi 13C memiliki tiga kamera di bagian belakangnya, dengan kamera utama 50 MP pada aperture f/1.8. Kamera utama ini menggunakan sensor Samsung ISOCELL JN1 berukuran 1/2.76 inci dengan piksel sebesar 0,64um, serta dilengkapi fitur phase-detection autofocus (PDAF), AI, dan LED flash.

Kamera kedua memiliki resolusi 2 MP pada aperture f/2.4 dan berfungsi sebagai kamera macro. Sedangkan kamera ketiga beresolusi 0,08 MP pada aperture f/2.4 dan berfungsi sebagai kamera depth sensor.

Di bagian depan, terdapat kamera selfie 8 MP dengan sensor BSI CMOS berukuran 1/4 inci dengan piksel sebesar 1.12um pada aperture f/2.0. Kamera ini menggunakan fixed-focus dan dilengkapi fitur AI Camera untuk foto selfie.

5. Side-Mounted Fingerprint

Xiaomi Redmi 13C memiliki desain belakang yang bersih dan rapi tanpa adanya sensor sidik jari. Sensor sidik jari pada ponsel ini telah dipindahkan ke bagian samping yang terintegrasi dengan tombol power. Hal ini tidak hanya membuat bodi ponsel terlihat lebih bersih di bagian belakang, tetapi juga meningkatkan pengalaman pengguna dalam membuka kunci yang lebih mudah dan alami.

6. Baterai Jumbo 5000 mAh dengan Fast Charging

Xiaomi adalah salah satu merek yang selalu memberikan pengalaman baterai tahan lama dalam setiap produknya, termasuk Xiaomi Redmi 13C. Ponsel entry-level ini dilengkapi dengan baterai berkapasitas 5000 mAh yang diklaim dapat bertahan seharian penuh dalam penggunaan normal.

Xiaomi juga mengklaim bahwa smartphone entry-level ini dapat bertahan hingga 31 jam dalam panggilan telepon, 114 jam untuk pemutaran musik, 25 jam untuk browsing, dan bahkan hingga 23 hari dalam mode siaga. Selain itu, baterai ini juga mendukung fitur pengisian cepat 18W.

7. Garansi Panjang dan Jaminan Update OS

Bagi siapa pun yang membeli smartphone Xiaomi Redmi 13C, akan mendapatkan jaminan garansi hingga 15 bulan. Hal ini menarik karena jarang sekali smartphone dengan harga Rp 1 jutaan mendapatkan garansi selama lebih dari satu tahun.

Selain itu, Xiaomi Redmi 13C juga menawarkan jaminan pembaruan sistem operasi (OS). Xiaomi Indonesia menjanjikan bahwa ponsel ini akan mendapatkan pembaruan OS hingga 2 tahun atau 2 kali pembaruan. Sejak peluncurannya, Xiaomi Redmi 13C sudah menggunakan sistem operasi Android 13. Dengan demikian, Xiaomi Redmi 13C dapat diperbarui hingga Android 15.

8. Adanya Fitur NFC

Fitur NFC (Near Field Communication) memang tidak lagi menjadi hal yang eksklusif bagi ponsel kelas flagship. Fitur ini juga telah digunakan oleh smartphone kelas entry-level hingga mid-range, termasuk Xiaomi Redmi 13C.

Dengan adanya fitur NFC (Near Field Communication), pengguna dapat dengan mudah mengisi saldo eMoney dengan cara membuka aplikasi dan menempelkan kartu ke bagian belakang bodi Xiaomi Redmi 13C. Hal ini juga akan memudahkan pengendara kendaraan roda dua hingga roda empat saat hendak melalui tol atau parkir.

Kekurangan Xiaomi Redmi 13C

Kekurangan Xiaomi Redmi 13C

1. Tidak Mendukung WiFi Direct

Meskipun memiliki banyak keunggulan, smartphone Xiaomi Redmi 13C tentu tidak luput dari kekurangan. Salah satu kekurangan dari smartphone entry-level ini adalah tidak adanya dukungan untuk Wi-Fi Direct. Padahal, fitur ini sudah ada pada pendahulunya seperti Xiaomi Redmi 12C dan Xiaomi Redmi 10C.

Wi-Fi Direct sederhananya memungkinkan ponsel terhubung langsung ke perangkat lain tanpa memerlukan perangkat tambahan sebagai perantara, seperti router yang mengeluarkan jaringan Wi-Fi sebagai akses poinnya.

Harga dan Spesifikasi Xiaomi Redmi 13C

Harga dan Spesifikasi Xiaomi Redmi 13C

  • Warna : Midnight Black, Navy Blue, Glacier White, Clover Green.
  • Dimensi : 168 x 78 x 8.1 mm.
  • Berat : 192 gram
  • Layar : IPS LCD, 720 x 1650, 6.74 inci.
  • Chipset : Mediatek MT6769Z Helio G85 (12nm).
  • GPU : Mali-G52 MC2.
  • RAM : 6 GB / 8 GBGB.
  • ROM : 128 GB.
  • OS : Android 13, MIUI 13 14.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, 18W wired.
  • Kamera Belakang : 50 MP + 2 MP +  0.08 MP.
  • Kamera Depan : 8 MP.

Xiaomi Redmi 13C adalah smartphone terbaru dalam kelas entry-level yang menawarkan desain modern dan performa yang baik dengan dukungan dari SoC (System on Chip) MediaTek Helio G85 octa-core. Selain itu, smartphone ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur menarik seperti NFC (Near Field Communication), layar dengan refresh rate 90Hz, garansi 15 bulan, dan pembaruan OS hingga 2 tahun.

Harga dari smartphone Xiaomi Redmi 13C terbaru di Indonesia, berdasarkan informasi yang saya himpun, adalah Rp1.499.000 untuk varian RAM 6 GB dan ROM 128 GB. Sementara itu, varian dengan RAM 8 GB dan ROM 128 GB dijual dengan harga Rp1.799.000.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.