Inilah 9 Kelebihan dan Kekurangan Smartphone Xiaomi 13T

Xiaomi Indonesia telah resmi meluncurkan smartphone kelas menengah premium terbarunya, yaitu seri Xiaomi 13T, di Indonesia. Smartphone ini merupakan penerus dari Xiaomi 12T dan hasil dari kolaborasi dengan perusahaan pencitraan terkemuka, Leica. 

Xiaomi 13T

Xiaomi 13T menawarkan pengalaman khas Leica yang ditujukan untuk pengguna fotografi. Hal ini terlihat dari kamera utamanya yang memiliki resolusi 50 MP dengan focal length 24mm dan ukuran sensor 1/1.28 inci, lengkap dengan fitur OIS (Optical Image Stabilization). Selain kamera utama yang mumpuni, kamera selfie Xiaomi 13T juga cukup baik dengan resolusi 20 MP yang menggunakan sensor Sony IMX596.

Dari segi performa, Xiaomi 13T memiliki performa yang powerful di kelasnya dengan dukungan SoC (System on Chip) MediaTek Dimensity 8200 Ultra octa-core, RAM 12 GB, dan penyimpanan internal 256 GB. Selain itu, performa tersebut didukung oleh baterai berkapasitas 5000 mAh dengan pengisian cepat 67W.

Dalam ulasan ini, penulis akan membahas secara mendalam mengenai kelebihan, kekurangan, spesifikasi, dan harga Xiaomi 13T. Disarankan untuk membaca ulasan ini dengan seksama agar semua informasi dapat dipahami dengan baik.

Kelebihan Xiaomi 13T

Kelebihan Xiaomi 13T

1. Desain Elegan

Dari segi desain, Xiaomi 13T mengalami evolusi dari desain Xiaomi 12T dengan kombinasi sudut melengkung dan tepi datar yang membuatnya nyaman digenggam. Meskipun teknologinya hampir sama dengan Xiaomi 13T Pro, Xiaomi 13T memiliki bobot yang sedikit lebih ringan, yaitu 193 gram, meskipun tidak terlalu terasa ketika digunakan.

Xiaomi 13T tersedia dalam tiga pilihan warna, yaitu Alpine Blue, Meadow Green, dan Black. Warna Alpine Blue menggunakan material kulit vegan premium bernama BioComfort di bagian belakang, yang memberikan tekstur lembut dan nyaman saat digenggam. Sementara itu, varian warna Meadow Green dan Black menggunakan material kaca di bagian belakangnya, memberikan kesan mewah dan elegan. Xiaomi 13T juga dilengkapi dengan sertifikasi IP68, menandakan ketahanannya terhadap air selama 30 menit dalam kedalaman 1,5 meter dan tahan terhadap debu.

Namun, varian warna Meadow Green dan Black dengan material kaca cenderung mudah meninggalkan sidik jari dan reflektif terhadap cahaya, sehingga mudah menampilkan pantulan cahaya dan bayangan. Meskipun demikian, bodi belakangnya dapat digunakan sebagai cermin darurat jika diperlukan.

2. Layar AMOLED 120Hz

Smartphone mid-range premium dari Xiaomi Indonesia ini dilengkapi dengan layar sentuh punch hole berukuran 6,67 inci dengan panel AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) dan resolusi 1.5K atau 2712 x 1220 piksel.

Dengan layar ini, tampilan menjadi lebih tajam dengan tingkat kerapatan piksel hingga 446 ppi (pixel per inch) dan tingkat kecerahan puncak mencapai 2600 nits (peak). Fitur sunlight mode juga disediakan untuk memudahkan pengguna membaca tulisan di layar di bawah terik matahari. Untuk keperluan pengeditan konten, layar Xiaomi 13T mampu menampilkan warna yang hidup dengan 100% DCI-P3 color gamut, mendukung tampilan 68 miliar warna.

Xiaomi juga menyematkan fitur ultra-dynamic display yang meningkatkan kecerahan hingga lima kali lebih cerah dari layar smartphone biasa. Smartphone ini telah bersertifikasi Dolby Vision dan HDR10+.

Layar tersebut juga mendukung refresh rate 144Hz dengan fitur AdaptiveSync untuk animasi yang lebih mulus dan responsif. Fitur ini dapat menyesuaikan refresh rate antara 30Hz, 60Hz, 90Hz, 120Hz, hingga 144Hz secara otomatis. Selain itu, layar ini dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 5.

3. Performa Mumpuni Kelas Flagship

Performa yang ditawarkan oleh smartphone Xiaomi 13T masih cukup powerful di kelasnya, dengan dukungan SoC (System on Chip) MediaTek Dimensity 8200 Ultra berfabrikasi 4 nanometer. SoC ini memiliki prosesor octa-core yang terdiri dari single-core ARM Cortex-A78 berkecepatan 3.1 GHz, triple-core ARM Cortex-A78 berkecepatan 3.0 GHz, dan quad-core ARM Cortex-A55 berkecepatan 2.0 GHz. Smartphone ini juga dilengkapi dengan memori RAM 12 GB LPDDR5 dan GPU Mali-G610 yang memadai.

MediaTek Dimensity 8200 Ultra juga menggunakan teknologi MediaTek HyperEngine 6.0 untuk mengalokasikan sumber daya dengan baik demi kelancaran bermain game. Dengan fitur ini, layar smartphone menjadi lebih responsif, performa terhindar dari lagging, dan koneksi tetap stabil.

Berdasarkan data dari Nano Review, MediaTek Dimensity 8200 Ultra mampu mencapai skor AnTuTu v10 sebesar 895.649 poin. Sementara itu, skor Geekbench 6 menunjukkan skor 1.106 poin untuk single-core dan 3.788 poin untuk multi-core.

Selain itu, Xiaomi 13T dilengkapi dengan RAM 12 GB LPDDR5 dan penyimpanan internal 256 GB UFS 3.1. Meskipun demikian, ponsel ini tidak memiliki slot microSD khusus, sehingga pengguna tidak dapat menambah memori eksternal. Sehingga, pengguna harus puas dengan penyimpanan internal 256 GB yang tersedia.

4. Kamera Leica, Ada OIS dan Telephoto

Dari segi fotografi, smartphone kelas menengah Xiaomi 13T dilengkapi dengan konfigurasi tiga kamera di bagian belakangnya. Kamera utamanya memiliki resolusi 50 MP dengan lensa 15 - 50 mm ASPH, focal length 24mm, dan ukuran sensor 1/1.28 inci, serta aperture f/1.9. Kamera ini juga dilengkapi dengan fitur OIS (Optical Image Stabilization), lensa 7P, dan fitur Auto Focus. Kamera utama ini juga dapat menghasilkan foto sekitar 12.5 MP dengan fitur 4-in-1 Super Pixel.

Selain kamera utama, terdapat juga kamera kedua dengan resolusi 50 MP yang berfungsi sebagai kamera telephoto dengan aperture f/1.9 dan lensa ASPH 5P yang menggunakan fixed focus. Terakhir, terdapat kamera ultra-wide dengan resolusi 12 MP, aperture f/2.2, lensa ASPH 5P, dan fixed focus. Untuk perekaman video, kamera belakang dapat merekam hingga resolusi 4K@30fps. Sedangkan kamera depan dapat merekam hingga 1080p@30fps.

Kolaborasi dengan Leica tidak hanya pada lensa kameranya, tetapi juga menyediakan warna khas Leica seperti Leica Authentic Look untuk menghasilkan foto yang lebih estetik. Smartphone ini juga dilengkapi dengan enam elemen filter Leica seperti Leica Sepia dan Leica Blue yang diadaptasi dari kamera profesional full frame Leica M-Type240.

Selain spesifikasi kamera belakang yang andal, Xiaomi 13T juga memiliki spesifikasi kamera selfie yang mumpuni dengan resolusi 20 MP, sensor Sony IMX596 1/3.47 inci, 0.8um piksel, aperture f/2.2, dan fixed focus.

5. Fingerprint Under Display, Ada NFC

Xiaomi 13T dilengkapi dengan beberapa fitur sensor yang menarik. Ponsel ini memiliki sensor fingerprint atau sidik jari yang tertanam di dalam layar, memudahkan pengguna untuk membuka ponsel dengan cepat dan mudah menggunakan sidik jari.

Selain itu, Xiaomi 13T juga dilengkapi dengan sensor gyroscope untuk menentukan arah dengan menggerakkan ponsel, yang juga berguna dalam bermain game seperti PUBG Mobile dan Call Of Duty Mobile.

Sensor lain yang dimiliki Xiaomi 13T meliputi accelerometer, proximity, color spectrum, dan compass. Selain itu, terdapat juga sensor infrared yang memungkinkan pengguna untuk mengontrol kanal televisi dan volume AC tanpa perlu terhubung ke internet.

Keunggulan lain dari Xiaomi 13T adalah dukungan fitur NFC (Near Field Communication) yang penting untuk ponsel saat ini. Dengan fitur NFC, pengguna dapat melakukan berbagai aktivitas seperti mengecek saldo eMoney, mengirim kontak, mentransfer data, mengisi saldo eToll, dan banyak lagi. Fitur NFC ini tidak hanya hadir pada ponsel mid-range, tapi juga mulai banyak ditemukan pada ponsel entry-level.

6. Baterai 5000 mAh + Fash Charge 67W

Tidak mengherankan lagi, Xiaomi memutuskan untuk menyematkan baterai berkapasitas 5000 mAh pada Xiaomi 13T. Smartphone ini juga dilengkapi dengan dapur pacu hemat daya yang menggunakan fabrikasi 4 nanometer, sehingga mendukung penggunaan yang tahan lama.

Menariknya, kapasitas baterai 5000 mAh juga ditemukan pada varian Xiaomi 13T Pro yang lebih tinggi. Selain itu, ponsel ini juga dilengkapi dengan fitur pengisian cepat 67W yang mampu mengisi baterai dari kosong hingga penuh dalam waktu 42 menit.

7. Jaminan Update Software

Xiaomi 13T menjalankan sistem operasi Android 13 dengan antarmuka MIUI 14 terbaru yang kaya fitur. Meskipun terdapat sejumlah bloatware di dalamnya yang sebagian bisa dihapus, namun sebagian lainnya tidak.

Yang menarik, Xiaomi 13T menawarkan masa pembaruan yang cukup panjang, yaitu empat tahun untuk versi Android dan lima tahun untuk patch keamanan. Hal ini berarti, karena ponsel ini dirilis pada tahun 2023, Xiaomi 13T akan terus mendapatkan pembaruan sistem operasi hingga tahun 2028, termasuk untuk Android 17.

Kekurangan Xiaomi 13T

Kekurangan Xiaomi 13T

1. Ada Stereo Speaker, Tapi Suara Standar

Untuk mendukung kualitas visual saat bermain game, menonton video, mendengarkan musik, dan aktivitas multimedia lainnya, Xiaomi 13T dilengkapi dengan dual stereo speaker bersertifikasi Hi-Res Audio dan Dolby Atmos untuk pengalaman yang lebih imersif.

Meskipun memiliki dukungan stereo speaker, kualitas suara menurut penulis tidak terlalu bagus, namun juga tidak buruk. Menurut Tech Advisor, kedua speaker tidak mampu menghasilkan suara yang luar biasa, dan ada sedikit distorsi pada volume maksimal.

Sayangnya, Xiaomi 13T tidak dilengkapi dengan jack audio 3.5 mm. Oleh karena itu, pengguna harus menggunakan earphone nirkabel TWS Bluetooth atau menggunakan adapter jika ingin menggunakan earphone kabel.

2. Belum Mendukung Wireless Charging

Salah satu kekurangan Xiaomi 13T adalah ketiadaan fitur pengisian nirkabel atau wireless charging. Keberadaan fitur wireless charging akan memberikan nilai tambah bagi Xiaomi 13T dibandingkan dengan smartphone lain di kelas harga yang sama.

Harga dan Spesifikasi Xiaomi 13T

Harga dan Spesifikasi Xiaomi 13T

  • Warna : Alpine Blue, Meadow Green, dan Black.
  • Dimensi : 162.2 x 75.7 x 8.5 mm.
  • Berat : 193 gram.
  • Layar : AMOLED, 1220 x 2712 piksel, 6.67 inci.
  • Chipset : MediaTek Dimensity 8200-Ultra.
  • GPU : Mali-G610 MC6.
  • RAM : 12 GB.
  • ROM : 256 GB.
  • OS : Android 13, MIUI 14.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh,Fast Charging 67W.
  • Kamera Belakang : 50 MP + 50 MP + 12 MP.
  • Kamera Depan : 20 MP.

Xiaomi 13T adalah salah satu smartphone terbaru di kelas menengah yang menghadirkan kamera Leica, dengan fokus pada pengalaman fotografi. Kamera utamanya memiliki resolusi 50 MP, focal length 24mm, dan ukuran sensor 1/1.28 inci, lengkap dengan fitur OIS (Optical Image Stabilization). Selain itu, ponsel ini dilengkapi layar CrystalRes AMOLED dengan resolusi 1.5K dan refresh rate 144Hz yang memberikan pengalaman visual yang imersif.

Xiaomi 13T juga memiliki performa yang handal berkat SoC (System on Chip) MediaTek Dimensity 8200 Ultra octa-core yang difabrikasi dengan teknologi 4 nanometer. Harga smartphone Xiaomi 13T terbaru di Indonesia adalah Rp6.499.000 untuk varian RAM 12 GB dan ROM 256 GB. Ponsel ini tersedia untuk pembelian secara daring maupun luring. Selain itu, sebagai penawaran menarik hingga tanggal 15 Oktober 2023, pembeli akan mendapatkan cashback Rp100.000 di Tokopedia.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.