9 Kelebihan dan Kekurangan vivo Y36, Worth It to Buy?

Setelah merilis ponsel premium seperti vivo V27 dan vivo V27e, vivo Indonesia kini menghadirkan ponsel mainstream dengan seri vivo Y36 di pasar Indonesia. Meskipun dibanderol dengan harga terjangkau, vivo Y36 memiliki desain yang terlihat mewah dan mahal. Desainnya menggunakan teknologi Dynamic Glass Design, menjadikannya ponsel vivo Y series pertama dengan desain mewah.

vivo Y36

Selain desainnya yang menarik, vivo Y36 juga memiliki fitur lain yang cukup menggiurkan, seperti layar yang baik, kapasitas memori yang besar, dan baterai tahan lama dengan fitur Flash Charging. Jika Anda penasaran dengan kelebihan, kekurangan, spesifikasi, dan harga vivo Y36, simak ulasan berikut.

Kelebihan vivo Y36

Kelebihan vivo Y36

1. Tampilan Desain yang Super Mewah

vivo Y36 menampilkan desain belakang yang mengadopsi teknologi Dynamic Glass Design, menjadikannya ponsel pertama dalam seri Y vivo yang menggunakan teknologi tersebut. Bagian belakangnya dibuat dari bahan kaca yang jarang ditemui pada ponsel sekelasnya. Kaca tersebut diproses dengan teknologi Golden Ripple Process dan Fluorite AG Glass. vivo mengklaim bahwa desain ini mampu menciptakan efek warna yang menyerupai kilauan air di danau saat terkena cahaya.

Tersedia dalam varian warna Glitter Aqua dan Meteor Black, vivo Y36 juga memiliki housing kamera berbentuk persegi dengan dua lingkaran besar untuk kamera utama dan LED flash. Meskipun tampilannya sederhana, namun frame housing kameranya memberikan sentuhan unik.

Dari segi ketahanan, vivo Y36 memiliki bodi belakang dengan permukaan matte yang terbuat dari kaca, membuatnya tahan terhadap noda sidik jari dan goresan. Ponsel ini juga telah memiliki sertifikasi IP54, menandakan ketahanannya terhadap debu dan percikan air.

2. Layar IPS LCD 90Hz

vivo Y36 dilengkapi dengan layar sentuh Ultra O Screen berukuran 6,4 inci dengan panel IPS (In-Plane Switching) LCD. Meskipun menggunakan panel IPS LCD, layar ini mampu menampilkan konten dengan kualitas warna yang tajam. Terdapat juga mode warna lain seperti Standard, Pro, dan Bright.

Layar ini memiliki resolusi Full HD+ atau 1080 x 2388 piksel, sehingga cocok untuk penggunaan sehari-hari. Kecerahan layarnya mencapai 600 nits, sehingga Anda tetap dapat melihat layar dengan jelas di bawah sinar matahari langsung.

Untuk meningkatkan pengalaman pengguna, vivo Y36 dilengkapi dengan refresh rate 90Hz. Fitur adaptif atau Smart Switch pada refresh rate memungkinkan layar menyesuaikan kecepatan refresh rate sesuai dengan aktivitas atau aplikasi yang digunakan, sehingga menghemat daya baterai.

3. Kamera Utama Beresolusi 50MP

vivo Y36 dilengkapi dengan konfigurasi Dual Camera di bagian belakang. Kamera utamanya memiliki resolusi 50 MP dengan bukaan aperture f/1.8, sensor Samsung ISOCELL JN1 1/2.76 inci 0.64um piksel, dan fitur phase-detection autofocus, AI, serta LED flash. Sedangkan kamera kedua memiliki resolusi 2 MP dengan bukaan aperture f/2.4 yang berfungsi sebagai depth sensor.

Untuk kamera depan atau selfie, vivo Y36 memiliki kamera dengan resolusi 16 MP, sensor BSI CMOS 1/3 inci 1um piksel, dan bukaan aperture f/2.4. Kedua kamera ini mampu merekam video hingga resolusi 1080p@30fps.

4. Ruang Penyimpanan Lega

vivo Y36 hadir dengan RAM berkapasitas 8 GB LPDDR4X, yang merupakan kapasitas besar untuk multitasking yang lancar. Didukung oleh Memory Booster, ponsel ini menawarkan performa yang lebih baik.

Fitur menarik lainnya adalah Extended RAM yang memperluas kapasitas RAM hingga 8 GB. Dengan fitur ini, vivo Y36 dapat menjalankan 25 aplikasi sekaligus tanpa lag.

Selain itu, ponsel ini dilengkapi dengan memori internal UFS 2.1 berkapasitas 256 GB, yang cukup besar untuk menyimpan berbagai jenis file. Anda juga dapat memperluas memori eksternal hingga 1 TB melalui slot microSD.

5. Flash Charge 44W

vivo Y36 dilengkapi dengan baterai berkapasitas 5000 mAh yang cukup awet. Ponsel ini juga dilengkapi dengan fitur Flash Charging 44W yang memungkinkan pengisian daya 30% dalam waktu 15 menit.

Menurut JagatReview, vivo Y36 dapat memutar video playback 1080p selama 24 jam 10 menit tanpa henti. Saat digunakan untuk streaming YouTube pada 1080p@30fps tanpa HDR, baterainya hanya berkurang 2% setelah 30 menit.

Dalam uji coba bermain Genshin Impact dengan grafik lowest 30fps, baterainya hanya berkurang 7% dalam 30 menit. Pengisian daya dari kosong hingga penuh hanya membutuhkan waktu 1 jam 15 menit.

6. Sensor dan Konektivitas yang Lengkap

Kelebihan lain dari vivo Y36 adalah sensor yang lengkap. Ponsel ini dilengkapi dengan sensor pemindai sidik jari yang terintegrasi dengan tombol power di samping bodi. Selain itu, ada juga sensor gyroscope yang sangat berguna untuk bermain game, terutama PUNG dan game balapan. Selain itu, ada juga sensor accelerometer, proximity, dan compass.

Tidak hanya sensor, konektivitas vivo Y36 juga cukup lengkap dengan fitur NFC (Near Field Communication), USB Type-C 2.0, Bluetooth 5.1, dan Wi-Fi yang mendukung Wi-Fi direct.

Kekurangan vivo Y36

Kekurangan vivo Y36

1. Dapur Pacu yang Kurang Cocok di Kelasnya

Kekurangan pertama dari vivo Y36 adalah dalam sektor dapur pacunya. Ponsel ini hanya menggunakan SoC (System on Chip) Qualcomm Snapdragon 680, yang mungkin dianggap kurang sesuai dengan harga Rp3 jutaan. Meskipun chipset ini tidak buruk untuk penggunaan sehari-hari, namun untuk harga tersebut, terdapat ponsel dengan chipset yang lebih baik.

Qualcomm Snapdragon 680 SM6225 memiliki fabrikasi 6 nanometer dengan octa-core prosesor yang terdiri dari quad-core Kryo 265 Gold berkecepatan 2,4 GHz dan quad-core Kryo 265 Silver berkecepatan 1,9 GHz, dipadukan dengan RAM 8 GB + 8 GB RAM extended, serta GPU (Graphics Processing Unit) Adreno 610.

Meskipun performanya masih cukup baik, SoC (System on Chip) Qualcomm Snapdragon 680 ini biasanya digunakan pada smartphone dengan harga di bawah Rp2 jutaan, seperti Realme 9i, Xiaomi Redmi 10C, dan lainnya.

2. Masih Menggunakan Speaker Mono

Sektor audio pada vivo Y36 tergolong kurang mumpuni karena hanya memiliki speaker tunggal atau mono tanpa dukungan stereo speaker. Hal ini dapat memengaruhi kualitas suara yang dihasilkan. Namun, kekurangan ini masih dapat ditoleransi karena ponsel ini masih menyediakan headphone jack yang dapat digunakan untuk mendapatkan kualitas suara yang lebih baik saat bermain game.

3. Tidak Dilengkapi Dukungan 5G

Kekurangan lain dari vivo Y36 adalah ketiadaan dukungan untuk jaringan 5G. Meskipun jaringan 5G masih belum sepenuhnya optimal di Indonesia, kekurangan ini cukup disayangkan untuk smartphone sekelasnya yang dijual dengan harga sekitar Rp3 jutaan.

Dalam beberapa waktu terakhir, sudah banyak smartphone dengan harga lebih terjangkau yang sudah dilengkapi dengan fitur jaringan 5G. Contohnya adalah Samsung Galaxy A14 5G, Redmi Note 10 5G, Infinix Hot 20 5G, dan lain-lain.

Harga dan Spesifikasi vivo Y36

Spesifikasi vivo Y36

  • Warna : Glitter Aqua dan Meteor Black.
  • Dimensi : 164.06 x 76.17 x 8.07 mm.
  • Berat : 202 gram.
  • Layar : IPS LCD, 1080 x 2388 piksel, 6.64 inci.
  • Chipset : Qualcomm SM6225 Snapdragon 680 4G (6 nm).
  • GPU : Adreno 610.
  • RAM : 8 GB.
  • ROM : 256 GB.
  • OS : Android 13, FunTouch OS 13.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, non-removable, 44W wired.
  • Kamera Belakang : 50 MP + 2 MP + 2 MP.
  • Kamera Depan : 16 MP.

vivo Y36 adalah salah satu smartphone kelas menengah terbaru dari vivo Indonesia, menampilkan desain Dynamic Glass yang stylish dan modern. Ponsel ini juga menawarkan teknologi pengisian cepat terkencang di kelasnya, yaitu 44W. Selain itu, vivo Y36 didukung oleh SoC (System on Chip) Qualcomm Snapdragon 680 dan menyediakan penyimpanan internal yang luas.

Harga smartphone vivo Y36 terbaru di Indonesia adalah Rp3.399.000 untuk varian RAM 8 GB dengan penyimpanan internal 256 GB.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.