Yuk Ketahui 9 Kelebihan dan Kekurangan vivo Y36 5G

Setelah sukses dengan vivo Y36 4G yang baru-baru ini dirilis, vivo Indonesia kini secara resmi menghadirkan smartphone kelas menengah terbarunya melalui seri vivo Y36 5G. Ponsel ini sudah dapat dipesan melalui sistem pre-order eksklusif untuk mendapatkan berbagai manfaat mulai dari tanggal 16 hingga 23 Juni 2023. Dengan harga sekitar 3 jutaan, vivo Y36 5G menawarkan sejumlah spesifikasi dan kemampuan yang sangat baik. Ponsel ini memiliki desain kelas atas, dukungan jaringan 5G, memori yang luas, dan teknologi Flash Charge 44W yang sangat cepat.

vivo Y36 5G

Performa vivo Y36 5G ini lebih unggul dari varian 4G karena menggunakan SoC (System on Chip) MediaTek Dimensity 6020 yang dipadukan dengan RAM 8 GB. Selain teknologi pengisian cepat Flash Charge 44W, ponsel kelas menengah ini juga dilengkapi dengan baterai 5000 mAh. Kamera vivo Y36 5G juga cukup kompeten dengan kamera utama 50 MP dan kamera selfie 16 MP yang bersaing di kelasnya.

Meskipun memiliki sejumlah keunggulan yang menarik, masih ada hal-hal lain yang perlu diperhatikan. Jika Anda ingin mengetahui kelebihan dan kekurangan vivo Y36 5G beserta spesifikasi dan harganya secara lengkap, simak ulasan berikut.

Kelebihan vivo Y36 5G

Kelebihan vivo Y36 5G

1. Tampilan Desain Bergaya Sultan

Dari segi desain, vivo Y36 5G memang menarik perhatian dengan julukan "Gaya Sultan," yang mengindikasikan bahwa smartphone kelas menengah dari vivo ini memiliki desain layaknya flagship. Julukan tersebut tidak terlalu berlebihan, karena ponsel ini mengusung desain Dynamic Glass Design, sebuah teknologi yang umumnya ditemukan pada ponsel mahal.

Bodi belakangnya memiliki kilauan seperti cermin dan tersedia dalam dua varian warna di Indonesia, yaitu Matte Black dan Crystall Green. Kedua varian tersebut menggunakan teknologi Glossy Effect yang membuatnya berkilau seperti kristal. Meskipun berkilau, bodi belakangnya terasa halus dan tidak meninggalkan sidik jari atau goresan.

Housing kamera vivo Y36 5G juga menarik dengan housing persegi yang berisi dua kamera besar dan satu LED flash. Housing kamera ini disebut Fantasy Frame karena efek kilauan yang menarik, terutama saat terkena cahaya yang tepat.

Ukuran vivo Y36 5G pas di tangan dengan dimensi 164.06 x 76.17 x 8.07 mm dan berat 190 gram. Selain itu, smartphone premium ini juga memiliki sertifikasi IP54, menjadikannya tahan debu dan percikan air.

2. Layar Tajam

Vivo Y36 5G dilengkapi dengan layar sentuh punch hole atau Ultra O Screen berukuran 6,64 inci dengan panel IPS (In-Plane Switching) LCD dan resolusi Full HD+ atau 1080 x 2388 piksel pada aspek rasio 20:9, dengan kerapatan mencapai 398 ppi (pixel per inch).

Layar ini juga memiliki refresh rate 90Hz, membuat tampilan animasi dan game lebih halus. Layar vivo Y36 5G juga dapat memancarkan warna hingga 96% NTSC/P3 color gamut.

Untuk pengguna yang sering berada di luar ruangan, tidak perlu khawatir karena layarnya memiliki tingkat kecerahan hingga 650 nits. Ini memungkinkan pengguna tetap dapat melihat layar dengan jelas saat berada di luar ruangan, yang juga bermanfaat bagi mereka yang bekerja sebagai ojek online, kurir, dan sejenisnya.

3. Performa Tangguh

Performa smartphone vivo Y36 5G cukup tangguh dengan dukungan SoC (System on Chip) MediaTek Dimensity 6020 5G berfabrikasi 7 nanometer. SoC ini memiliki octa-core prosesor yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A76 berkecepatan 2,2 GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 berkecepatan 2 GHz, serta GPU (Graphics Processing Unit) Mali-G57 MC2 yang mumpuni.

Berdasarkan skor benchmark AnTuTu v10, vivo Y36 5G mencapai skor 412.804, menunjukkan bahwa ponsel ini dapat digunakan dengan baik untuk bermain game favorit Anda.

4. Penyimpanan Lega

Salah satu faktor yang berperan penting dalam meningkatkan performa smartphone adalah kapasitas memori yang dimilikinya. vivo Y36 5G menonjol dengan konfigurasi memori yang sangat besar untuk kelasnya.

Ponsel ini dilengkapi dengan memori RAM 8 GB LPDDR4X dan fitur Memory Booster yang dapat memperluas kapasitas RAM hingga 8 GB. Fitur ini sangat berguna bagi pengguna yang sering melakukan multitasking, memungkinkan mereka menjalankan 25 aplikasi sekaligus tanpa lag.

Selain RAM yang besar, vivo Y36 5G juga memiliki memori internal 256 GB UFS 2.1. Ponsel ini juga dilengkapi dengan slot microSD yang dapat digunakan untuk memperluas memori eksternal hingga 1 TB.

5. Kamera Utama Beresolusi 50MP

Mengenai sektor kamera, vivo Y36 5G memiliki konfigurasi Dual Camera yang serupa dengan vivo Y36 4G. Kamera utamanya memiliki resolusi 50 MP dengan bukaan aperture f/1.8, menggunakan sensor Samsung ISOCELL JN1 1/2.76 inci dengan ukuran piksel 0.64um. Kamera ini dilengkapi dengan fitur phase-detection autofocus, AI, dan LED flash. Sedangkan kamera kedua memiliki resolusi 2 MP dengan bukaan aperture f/2.4 yang berfungsi sebagai depth sensor.

Kamera depan atau selfie vivo Y36 5G juga kompeten dengan resolusi 16 MP, menggunakan sensor BSI CMOS 1/3 inci dengan ukuran piksel 1um dan bukaan aperture f/2.4. Untuk perekaman video, baik kamera belakang maupun depan mampu merekam hingga resolusi 1080p@30fps.

6. Baterai 5000 mAh + Flash Charge 44W

Dalam hal daya tahan, vivo Y36 5G memiliki kemampuan baterai dan pengisian daya yang sama dengan vivo Y36 4G. Meskipun demikian, hal ini tidak dapat dianggap sebagai kelemahan karena sudah cukup untuk smartphone di kelasnya.

Baterai vivo Y36 5G terbukti cukup awet, terutama karena ponsel ini menggunakan panel IPS (In-Plane Switching) LCD yang lebih hemat baterai dan fitur Smart Switch untuk refresh rate. Selain itu, MediaTek Dimensity 6020 juga tidak boros daya.

Keunggulan lainnya adalah teknologi pengisian cepat Flash Charge 44W. Vivo mengklaim bahwa vivo Y36 5G dapat mengisi daya hingga 70% dalam waktu 34 menit saja.

7. Dilengkapi Fitur Ultra Game Mode dan NFC

Vivo Y36 5G dilengkapi dengan fitur Ultra Game Mode dan Multi Turbo 5.5 untuk meningkatkan pengalaman bermain game dan mengurangi frame-drop. Selain itu, ponsel ini juga mendukung fitur NFC (Near Field Communication), memungkinkan pengguna untuk mengisi saldo e-Money tanpa harus ke minimarket atau ATM.

Vivo Y36 5G juga dilengkapi dengan beragam sensor tambahan seperti fingerprint (side-mounted), accelerometer, proximity, compass, dan gyro untuk meningkatkan fungsionalitasnya.

Kekurangan vivo Y36 5G

Kekurangan vivo Y36 5G

1. Tanpa Kamera Ultrawide

Kekurangan pertama dari vivo Y36 5G adalah ketiadaan kamera ultrawide. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, konfigurasi kamera pada smartphone ini sama dengan vivo Y36 4G. Kamera ultrawide memiliki fungsi yang menarik dan banyak diminati oleh penggemar fotografi karena memungkinkan pengguna untuk menangkap banyak objek dalam satu frame.

2. Mono Speaker

Kekurangan lain yang mungkin sulit diatasi oleh vivo adalah penggunaan speaker tunggal atau mono, seperti pada vivo Y36 5G. Speaker mono memiliki kelemahan ketika tertutup, sehingga suara yang dihasilkan akan teredam. Selain itu, suara dari speaker mono juga tidak sekuat speaker stereo.

Meskipun tidak menggunakan stereo speaker, vivo Y36 5G dilengkapi dengan fitur Audio Booster. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk meningkatkan volume hingga melebihi 100%, bahkan hingga 200%. Meskipun suara yang dihasilkan terdengar lebih keras daripada speaker mono biasa, namun suara akan hilang jika speaker tertutup secara tidak sengaja.

Harga dan Spesifikasi vivo Y36

Spesifikasi vivo Y36 5G

Spesifikasi vivo Y36 5G
  • Warna : Matte Black dan Crystall Green.
  • Dimensi : 164.06 x 76.17 x 8.07 mm.
  • Berat : 190 gram.
  • Layar : IPS LCD, 1080 x 2388 piksel, 6.64 inci.
  • Chipset : Mediatek Dimensity 6020 (7 nm).
  • GPU : Mali-G57 MC2.
  • RAM : 8 GB.
  • ROM : 256 GB.
  • OS : Android 13, FunTouch OS 13.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, non-removable, 44W wired.
  • Kamera Belakang : 50 MP + 2 MP + 2 MP.
  • Kamera Depan : 16 MP.

SelengkapnyaSpesifikasi vivo Y36 5G dan Harganya

vivo Y36 merupakan salah satu ponsel kelas menengah terbaru dari vivo Indonesia yang mendukung jaringan 5G. Ponsel ini hadir dengan desain Dynamic Glass yang modern dan stylish, serta menawarkan fitur pengisian cepat terkencang di kelasnya, yaitu 44W. Selain itu, vivo Y36 juga ditenagai oleh SoC (System on Chip) MediaTek Dimensity 6020 5G dengan fabrikasi 7 nanometer.

Harga smartphone vivo Y36 5G terbaru di Indonesia adalah Rp3.999.000 untuk varian RAM 8 GB dan penyimpanan internal 256 GB.

About the Author

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.