Inilah 7 Kelebihan dan Kekurangan Smartphone Vivo Y27

Setelah merilis Vivo Y36 4G dan Vivo Y36 5G, Vivo Indonesia kembali menggebrak pasar smartphone entry-level dengan merilis Vivo Y27 5G dan Vivo Y27 di Indonesia dengan tagline "Gaya Sultan, Performa Jagoan". Performa ponsel ini masih sama dengan pendahulunya dan tetap kompetitif di tahun 2023 berkat SoC (System on Chip) MediaTek Helio G85 octa-core dan RAM 6 GB.

vivo Y27

Keunggulan utama dari Vivo Y27 adalah baterai berkapasitas 5000 mAh yang sesuai dengan standar smartphone saat ini. Ponsel ini juga mendukung pengisian cepat FlashCharge 44W yang cukup cepat untuk kelasnya. Untuk fotografi, Vivo Y27 memiliki konfigurasi dua kamera belakang dengan kamera utama 50 MP.

Menurut penulis, Vivo Y27 menarik sebagai smartphone entry-level dari Vivo Indonesia dan salah satu yang direkomendasikan di kelasnya. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang kelebihan dan kekurangan Vivo Y27, simak ulasan berikut.

Kelebihan Vivo Y27

Kelebihan vivo Y27

1. Tampilan Desain yang Stylish dan Minimalis

Vivo selalu menawarkan desain menarik, bahkan untuk smartphone entry-level. Vivo Y27 adalah contoh ponsel entry-level dengan desain stylish dan minimalis. Vivo menyebut desainnya sebagai "Gaya Sultan".

Meskipun menggunakan bahan plastik polikarbonat untuk bagian belakang, Vivo Y27 tetap menarik dengan desain yang sederhana. Bagian belakangnya hanya memiliki dua kamera tanpa housing kamera, namun dengan sentuhan ring keemasan.

Meskipun tidak menggunakan kaca, bodi ponsel ini tetap terlihat glossy. Crystalline Matte Coating-nya membuat bodi belakangnya menampilkan warna yang berbeda saat terkena cahaya matahari atau sinar UV. Vivo Y27 hadir dalam dua varian warna di Indonesia, yaitu Sea Blue dan Burgundy Black.

Varian warna Sea Blue menampilkan warna yang cantik seperti warna laut. Warna biru yang diperlihatkan sangat menarik. Sementara itu, varian warna Burgundy Black menawarkan perpaduan warna merah dan hitam yang elegan.

Menariknya, penutup belakang dan frame-nya memiliki warna yang sama. Vivo juga telah melakukan pengujian seperti drop test dan memiliki sertifikasi IP54 yang menandakan tahan terhadap cipratan air dan debu.

2. Layar IPS LCD Full HD+

Vivo Y27, sebagai ponsel entry-level, dilengkapi dengan layar waterdrop notch dengan aspek rasio 20:9 berukuran 6,64 inci. Layar ini menggunakan panel IPS (In-Plane Switching) LCD dengan resolusi Full HD+ atau 1080 x 2388 piksel, dan kerapatan piksel mencapai 395 ppi (pixel per inch), dengan kecerahan hingga 600 nits.

Sayangnya, tidak disebutkan adanya proteksi antigores dari Corning Gorilla Glass atau jenis proteksi layar lainnya. Namun, layar Vivo Y27 dilengkapi dengan screenguard bawaan pabrik.

Layar ini juga hanya mendukung refresh rate 60Hz. Sementara beberapa kompetitornya sudah mendukung refresh rate 90Hz, bahkan 120Hz di kelas harga yang sama.

3. Performa Bersaing

Dalam hal performa, Vivo Y27 masih mengandalkan SoC (System on Chip) MediaTek Helio G85 dengan prosesor octa-core yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A75 2 GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 1.8 GHz. Ponsel ini juga memiliki RAM 6 GB dan GPU Mali-G52 2EEMC2.

Vivo Y27 memiliki penyimpanan internal 128 GB eMMC 5.1 dan mendukung slot microSD untuk ekspansi memori eksternal hingga 1 TB.

4. Konfigurasi Kamera yang Cukup Oke

Vivo Y27 dilengkapi dengan Dual Camera di bagian belakang. Kamera utamanya memiliki resolusi 50 MP dengan bukaan f/1.8, menggunakan sensor Samsung ISOCELL JN1 1/2.76 inci 0.64um piksel. Kamera ini juga dilengkapi dengan fitur phase-detection autofocus, AI, dan LED flash.

Kamera kedua memiliki resolusi 2 MP dengan bukaan f/2.4 dan berfungsi sebagai depth sensor.

Di bagian depan, terdapat kamera selfie 8 MP dengan sensor BSI CMOS 1/4 inci 1.12um piksel dan bukaan f/2.4. Kamera ini juga memiliki fitur AI Face Beauty yang cerdas dalam menerapkan efek kecantikan sesuai dengan karakter pengguna, dengan mendeteksi usia, jenis kelamin, warna kulit, tekstur kulit, dan pencahayaan lingkungan sekitar. Kedua kamera dapat merekam video hingga resolusi 1080p@30fps.

5. FlashCharge 44W

Sebagai smartphone kelas entry, ketahanan baterai merupakan hal yang penting. Vivo Y27 dilengkapi dengan baterai berkapasitas 5000 mAh yang cukup awet dan dapat bertahan sepanjang hari.

Ketahanan baterai Vivo Y27 diuji oleh FlashGadget dalam video YouTube-nya. Hasilnya, Vivo Y27 hanya menghabiskan sekitar 6% baterai saat menonton video YouTube selama 60 menit. Saat digunakan untuk bermain Mobile Legends selama 30 menit, baterainya hanya berkurang 9% dengan suhu maksimal 42 derajat.

Selain itu, Vivo Y27 dilengkapi dengan teknologi pengisian cepat terkencang di kelasnya, yaitu FlashCharge 44W. Dengan teknologi ini, baterai dapat diisi hingga 30% dalam waktu 15 menit saja.

Kekurangan Vivo Y27

Kekurangan vivo Y27

1. Tidak Ada Fitur NFC

Kekurangan lain dari Vivo Y27 adalah ketiadaan fitur NFC (Near Field Communication), yang menjadi salah satu fitur yang sangat dicari oleh banyak orang. Dengan fitur ini, beberapa aktivitas dapat dilakukan dengan lebih mudah dan cepat.

Salah satu penggunaan NFC yang umum adalah untuk melakukan transaksi digital. Selain itu, fitur ini juga memungkinkan pengguna untuk mengecek saldo kartu e-money, menghubungkan perangkat dengan mudah, dan mentransfer file dengan cepat.

Sayangnya, Vivo Y27 tidak dilengkapi dengan fitur NFC. Padahal, beberapa kompetitornya di kelas yang sama sudah mendukung fitur ini.

2. Refresh Rate Hanya 60Hz

Sayangnya, Vivo Y27 hanya memiliki refresh rate 60 Hz pada layarnya, padahal di rentang harga yang sama, beberapa produsen smartphone telah menghadirkan layar dengan refresh rate 90 Hz.

Refresh rate tinggi seperti 90 Hz atau 120 Hz akan membuat animasi dan scrolling pada layar menjadi lebih halus, sehingga mata tidak cepat lelah.

Harga dan Spesifikasi Vivo Y27

Spesifikasi vivo Y27

  • Warna : Burgundy Black dan Sea Blue.
  • Dimensi : 164.1 x 76.2 x 8.1 mm.
  • Berat : 190 gram.
  • Layar : IPS LCD, 1080 x 2388 piksel, 6.64 inci.
  • Chipset : Mediatek MT6769 Helio G85 (12nm).
  • GPU : Mali-G52 MC2.
  • RAM : 6 GB.
  • ROM : 128 GB.
  • OS : Android 13, FunTouch OS 13.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, non-removable, 44W wired.
  • Kamera Belakang : 50 MP + 2 MP.
  • Kamera Depan : 8 MP.

Vivo Y27 adalah salah satu smartphone 4G terbaru yang menawarkan performa kompeten dengan SoC (System on Chip) MediaTek Helio G85. Smartphone ini juga memiliki fitur pengisian cepat terkencang di kelasnya, yaitu FlashCharge 44W.

Selain itu, Vivo Y27 juga telah memiliki sertifikasi IP54 yang membuatnya tahan terhadap cipratan air dan debu. Hal ini patut diapresiasi karena jarang ada smartphone di kelas harga ini yang memiliki sertifikasi IP Rating.

Harga smartphone Vivo Y27 terbaru di Indonesia adalah Rp2.499.000 untuk varian RAM 6 GB dengan penyimpanan internal 128 GB.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.