Ketahui 11 Kelebihan dan Kekurangan Vivo Y27 5G Sebelum Beli!

Tidak hanya merilis Vivo Y27 4G, Vivo Indonesia juga menghadirkan varian 5G untuk segmen entry-level dengan Vivo Y27 5G di Indonesia dengan tagline "Gaya Sultan, Performa Jagoan". Smartphone Vivo Y27 5G memiliki desain yang mirip dengan varian 4G-nya, dengan frame tipis yang stylish dan housing kamera minimalis. Bagian belakangnya dilapisi dengan Crystalline Matte Coating dengan tekstur unik untuk setiap warna varian. Vivo Y27 5G juga sudah mendapatkan sertifikasi IP54, yang artinya tahan terhadap percikan air dan debu.

vivo Y27 5G

Dari segi performa, Vivo Y27 5G unggul dari varian 4G-nya berkat dukungan SoC (System on Chip) MediaTek Dimensity 6020 5G octa-core dengan fabrikasi 7 nanometer dan RAM 6 GB. Kamera Vivo Y27 5G juga cukup mumpuni dengan kamera utama 50 MP. Selain itu, smartphone ini juga dilengkapi dengan baterai 5000 mAh dan dukungan pengisian cepat 15W.

Sebelum membeli Vivo Y27 5G, sebaiknya Anda membaca artikel ini terlebih dahulu. Di dalamnya, penulis merangkum kelebihan dan kekurangan Vivo Y27 5G beserta spesifikasi dan harga.

Kelebihan Vivo Y27 5G

Kelebihan vivo Y27 5G

1. Tampilan Desain yang Stylish

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Vivo Y27 5G hadir dengan tagline "Gaya Sultan, Performa Jagoan". "Gaya Sultan" merujuk pada desain elegan dari smartphone ini. Meskipun terlihat sederhana, desainnya sangat menawan. Namun, jika dilihat dari depan, tagline tersebut tidak terlalu terlihat karena masih menggunakan layar berponi minimalis atau Infinity-V Display, sementara banyak produsen smartphone lain sudah beralih ke layar punch hole.

Namun, sisi "Sultan" dari smartphone ini jelas terlihat pada bagian belakangnya. Meskipun menggunakan bahan polikarbonat, Vivo telah melakukan finishing yang baik sehingga terlihat menawan dan tahan terhadap goresan serta noda sidik jari yang disebut Crystalline Matte.

Varian warna Satin Purple menurut penulis cukup menawan. Perpaduan warna biru dan ungu cocok bagi yang ingin menjadi pusat perhatian. Namun, untuk yang lebih kalem, bisa memilih varian Mystic Black.

Vivo Y27 5G juga sudah mendapatkan sertifikasi IP54 yang menandakan tahan terhadap percikan air dan debu.

2. Layar IPS FHD+ yang Oke

Smartphone terbaru Vivo Y27 5G dilengkapi dengan layar waterdrop notch dengan aspek rasio 20:9 yang memiliki ukuran 6,64 inci. Layar ini menggunakan panel IPS (In-Plane Switching) LCD dengan resolusi Full HD+ atau 1080 x 2388 piksel, yang menawarkan kerapatan piksel sebesar 395 ppi (pixel per inch) dan kecerahan hingga 600 nits.

Sayangnya, tidak dijelaskan apakah layar ini dilindungi oleh Corning Gorilla Glass atau proteksi antigores lainnya. Namun, layar Vivo Y27 5G dilengkapi dengan screenguard bawaan pabrik.

Layar yang digunakan oleh Vivo Y27 5G juga mendukung DCI-P3 color gamut, sehingga tampilannya nyaman digunakan untuk menonton film.

3. Performa Bersaing

Dalam hal performa, Vivo Y27 5G menawarkan kinerja yang kompetitif di kelasnya. Smartphone ini didukung oleh SoC (System on Chip) MediaTek Dimensity 6020 5G yang menggunakan fabrikasi 7 nanometer. SoC ini memiliki octa-core prosesor, terdiri dari dual-core ARM Cortex-A76 dengan kecepatan 2,2 GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 dengan kecepatan 2 GHz. Vivo Y27 5G juga dilengkapi dengan memori RAM 6 GB + 6 GB RAM extended, serta GPU Mali-G57 MC2 yang mumpuni.

SoC MediaTek Dimensity 6020 ini dipadukan dengan memori RAM 6 GB LPDDR4X dan penyimpanan internal 128 GB UFS 2.2. Dalam pengujian AnTuTu 9 yang dilakukan oleh kanal YouTube Legawa Gadget, Vivo Y27 5G berhasil mencapai skor 373.834 poin, menunjukkan kemampuannya untuk menjalankan beberapa game populer dengan lancar.

4. Kamera Memadai

Mengenai kamera, Vivo Y27 5G tidak jauh berbeda dengan varian 4G menurut penulis, dengan dua kamera di bagian belakang. Kamera utamanya memiliki resolusi 50 MP dengan bukaan aperture f/1.8, menggunakan sensor Samsung ISOCELL JN1 1/2.76 inci dengan ukuran piksel 0,64um. Kamera ini juga dilengkapi dengan fitur phase-detection autofocus, AI, dan LED flash.

Kamera kedua memiliki resolusi 2 MP dengan bukaan aperture f/2.4, berfungsi sebagai depth sensor.

Untuk kamera depan atau selfie, Vivo Y27 5G memiliki resolusi 8 MP dengan bukaan aperture f/2.4, menggunakan sensor BSI CMOS 1/4 inci dengan ukuran piksel 1,12um. Kamera ini juga dapat merekam video hingga resolusi 1080p@30fps.

Kamera depan Vivo Y27 5G dilengkapi dengan fitur AI Face Beauty yang lebih cerdas dalam mengaplikasikan efek kecantikan sesuai dengan karakter pengguna, dengan mendeteksi usia, jenis kelamin, warna dan tekstur kulit, serta pencahayaan lingkungan sekitar.

5. Baterai 5000 mAh Awet

Untuk kapasitas baterainya, Vivo Y27 5G yang memiliki desain stylish ini dilengkapi dengan baterai berkapasitas 5000 mAh, yang sudah menjadi standar umum untuk smartphone masa kini. Namun, yang membedakannya adalah bagaimana manajemen konsumsi daya yang dapat menentukan seberapa lama ponsel dapat bertahan.

Menurut klaim dari Vivo Indonesia, Vivo Y27 5G dapat bertahan hingga 16 jam untuk menonton video secara streaming. Meskipun demikian, pengalaman pengguna bisa saja berbeda tergantung pada penggunaan ponsel masing-masing.

6. Ada Dukungan Fitur NFC

Vivo Y27 5G adalah solusi bagi mereka yang tinggal di perkotaan atau sering bepergian menggunakan jalan tol. Smartphone ini dilengkapi dengan fitur NFC (Near Field Communication) yang memungkinkan pengguna untuk mengecek dan mengisi saldo e-money.

Dengan fitur NFC ini, pengguna dapat mengecek saldo e-money kapan saja dan di mana saja, asalkan ponsel terhubung ke dompet digital atau rekening bank dan memiliki koneksi internet.

Selain itu, fitur NFC juga dapat digunakan untuk menduplikasi kartu akses apartemen. Dengan menempelkan bodi Vivo Y27 5G ke area pemindaian, pengguna dapat membuka pintu dan menggunakan lift apartemen.

7. Ada Audio Jack

Perlu dicatat bahwa belakangan ini banyak smartphone kelas menengah hingga kelas atas yang telah menghilangkan fitur audio jack 3,5mm. Namun, Vivo Y27 5G masih menyertakan fitur ini, sehingga pengguna masih bisa menggunakan earphone atau headset kabel untuk mendapatkan kualitas audio yang baik. Selain itu, Anda juga dapat menikmati siaran radio FM dengan ponsel ini.

Kekurangan Vivo Y27 5G

Kekurangan vivo Y27 5G

1. Tanpa Kamera Ultrawide

Salah satu kekurangan dari Vivo Y27 5G adalah ketiadaan kamera ultrawide. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, konfigurasi kamera pada smartphone ini masih sama dengan Vivo Y27 4G. Padahal, kamera ultrawide memiliki fungsi yang menarik dan banyak dicari oleh penggemar fotografi. Kamera ultrawide memungkinkan pengguna untuk menangkap banyak objek sekaligus dalam satu frame.

2. Tidak Dilengkapi Slot microSD

Vivo Y27 5G tidak dilengkapi dengan slot microSD untuk memperluas memori eksternal. Slot yang disediakan hanya untuk dual kartu SIM. Hal ini perlu diperhatikan, terutama karena smartphone kelas menengah dengan desain stylish ini hanya memiliki varian RAM 6 GB dan penyimpanan internal 128 GB, yang menurut penulis agak terbatas jika digunakan dalam jangka panjang.

Jika ada slot microSD, pengguna dapat memindahkan file media seperti video, foto, musik, dan lainnya ke memori eksternal. Dengan demikian, penyimpanan internal ponsel akan lebih leluasa untuk menyimpan banyak aplikasi dan game.

3. Refresh Rate Hanya 60Hz

Sayangnya, Vivo Y27 5G hanya dilengkapi dengan refresh rate 60 Hz pada layarnya. Padahal, dalam rentang harga yang sama, beberapa produsen smartphone sudah menyematkan layar dengan refresh rate 90 Hz.

Refresh rate yang tinggi seperti 90 Hz atau 120 Hz akan membuat tampilan animasi dan scrolling lebih halus, sehingga mata tidak mudah lelah.

4. Fast Charge Hanya 15W

Meskipun Vivo Y27 5G dilengkapi dengan baterai berkapasitas besar 5.000 mAh, namun terdapat kekurangan pada sektor pengisian daya. Ponsel ini hanya mendukung pengisian cepat 15W, yang kalah saing dari kompetitornya. Sehingga, proses pengisian daya dari nol hingga penuh membutuhkan waktu lebih dari 2 jam. Waktu yang cukup lama, bukan?

Harga dan Spesifikasi Vivo Y27 5G

Spesifikasi vivo Y27 5G

  • Warna : Mystic Black dan Satin Purple.
  • Dimensi : 164.1 x 76.2 x 8.1 mm.
  • Berat : 190 gram.
  • Layar : IPS LCD, 1080 x 2388 piksel, 6.64 inci.
  • Chipset : Mediatek Dimensity 6020 5G (7 nm).
  • GPU : Mali-G57 MC2.
  • RAM : 6 GB.
  • ROM : 128 GB.
  • OS : Android 13, FunTouch OS 13.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, non-removable, 15W wired.
  • Kamera Belakang : 50 MP + 2 MP.
  • Kamera Depan : 8 MP.

Vivo Y27 5G adalah salah satu smartphone 5G terbaru yang menawarkan performa kompeten di kelasnya, berkat dukungan SoC (System on Chip) MediaTek Dimensity 6020 octa-core dan baterai besar berkapasitas 5000 mAh. Selain itu, smartphone entry-level ini juga telah memiliki sertifikasi IP54 yang membuatnya tahan terhadap cipratan air dan debu. Harga smartphone Vivo Y27 5G terbaru di Indonesia adalah Rp2.999.000 untuk varian RAM 6 GB dengan penyimpanan internal 128 GB.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.