Baca Dulu 10 Kelebihan dan Kekurangan Vivo Y17s Sebelum Beli!

Vivo Y17s awalnya dirilis secara diam-diam di pasar Singapura, kemudian resmi masuk ke pasar Indonesia dengan harga yang terjangkau. Performa Vivo Y17s ini mirip dengan Vivo Y27 yang diluncurkan pada Juli 2023, dengan menggunakan SoC MediaTek Helio G85 octa-core dan RAM 4 GB atau 6 GB.

Vivo Y17s

Vivo Indonesia mengusung tagline 'Memori Super Besar' untuk smartphone ini. Meskipun chipset yang digunakan tidak termasuk yang paling canggih di kelasnya, namun sudah cukup untuk kebutuhan komunikasi sehari-hari.

Keunggulan utama Vivo Y17s adalah dual kamera belakang, dengan kamera utama 50 MP. Selain itu, ponsel ini sudah dilengkapi dengan sertifikasi IP54 dan teknologi pelindung bodi belakang untuk menjaganya tetap terlihat baru. Hal ini cukup jarang ditemukan pada smartphone di bawah Rp 2 juta.

Sebelum memutuskan untuk membeli smartphone ini, penting untuk membaca ulasan ini terlebih dahulu. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan Vivo Y17s beserta spesifikasi dan harganya.

Kelebihan Vivo Y17s

Kelebihan Vivo Y17s

1. Desain yang Trendi dan Tahan Air

Dari segi desain, Vivo Y17s masih mengusung konsep 2.5D yang membuatnya nyaman saat digenggam. Bagian belakangnya menampilkan housing kamera yang sedikit menonjol, berisi dua kamera yang disusun secara vertikal. Di bawahnya terdapat satu lingkaran kecil berwarna putih sebagai LED flash.

Berbeda dengan kebanyakan ponsel Vivo yang cenderung flashy dan penuh dengan aksen visual, Vivo Y17s hadir dengan desain minimalis namun tetap estetis. Housing kamera memiliki warna yang sama dengan warna bodi secara keseluruhan, memberikan kesan seamless yang jarang ditemui pada smartphone entry-level.

Vivo menyebut desain ini sebagai "Desain ala Sultan" dan menawarkan varian warna Glitter Purple dan Forrest Green. Bahkan, penutup belakangnya menggunakan teknologi Crystalline Matte dari material yang mirip kaca dengan tekstur frosted. Hal ini membuat bodi belakangnya terhindar dari noda sidik jari dan goresan tidak disengaja. Vivo juga telah melakukan berbagai pengujian seperti drop test dan lainnya.

Selain itu, smartphone ini juga sudah dilengkapi dengan sertifikasi IP54 yang membuatnya tahan terhadap cipratan air dan debu.

2. Layar IPS dengan Refresh Rate 90Hz

Ponsel entry-level Vivo Y17s dilengkapi dengan layar sentuh waterdrop berukuran 6,56 inci yang menggunakan panel IPS (In-Plane Switching) LCD dengan resolusi HD+ atau 720 x 1612 piksel dan gamut warna 83 persen NTSC.

Layar tersebut memiliki tingkat kecerahan puncak hingga 840 nits dan kerapatan mencapai 269 ppi (pixel per inch). Namun, layarnya tidak mendukung gamut warna DCI-P3.

Untuk meningkatkan pengalaman visual saat scrolling dan bermain game, layar Vivo Y17s memiliki refresh rate 90Hz, yang membuat pergeseran layar menjadi 50 persen lebih lancar dibandingkan dengan refresh rate 60Hz konvensional.

3. Performa Bersaing

Dalam hal performa, Vivo Y17s tidak jauh berbeda dengan beberapa smartphone Vivo Y Series sebelumnya. Smartphone ini menggunakan SoC (System on Chip) MediaTek Helio G85 dengan fabrikasi 12 nanometer. SoC ini memiliki prosesor octa-core yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A75 berkecepatan 2 GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 berkecepatan 1,8 GHz, dipadukan dengan RAM 4 GB atau 6 GB, serta GPU Mali-G52 2EEMC2 yang mumpuni.

Menurut NanoReview, SoC MediaTek Helio G85 ini memiliki skor AnTuTu v10 sebesar 268.416 poin. Pada pengujian Geekbench 6, SoC tersebut meraih skor 412 poin untuk single-core dan 1329 poin untuk multi-core.

Fitur lain yang dimiliki Vivo Y17s adalah Ultra Game Mode dan Game Space yang dapat meningkatkan pengalaman bermain game dengan cara menonaktifkan notifikasi dan panggilan telepon sementara, menampilkan informasi FPS, mengoptimalkan penggunaan RAM, dan fitur lainnya.

4. Kamera Utama 50MP

Dari segi fotografi, Vivo Y17s dilengkapi dengan konfigurasi Dual Camera di bagian belakangnya. Kamera utamanya memiliki resolusi 50 MP dengan bukaan aperture f/1.8, menggunakan sensor Samsung ISOCELL JN1 1/2.76 inci dengan ukuran piksel 0.64um. Kamera ini juga dilengkapi dengan fitur phase-detection autofocus, kecerdasan buatan (AI), dan LED flash.

Sementara itu, kamera kedua memiliki resolusi 2 MP dengan bukaan aperture f/2.4, berfungsi sebagai depth sensor.

Di bagian depan, terdapat kamera selfie dengan resolusi 8 MP menggunakan sensor BSI CMOS 1/4 inci dengan ukuran piksel 1.12um dan bukaan aperture f/2.0. Baik kamera belakang maupun depan mampu merekam video hingga resolusi 1080p@30fps.

Kamera belakang Vivo Y17s juga menggunakan teknologi 4-in-1 pixel binning, yang menggabungkan empat piksel menjadi satu piksel yang lebih besar, sehingga meningkatkan penyerapan cahaya pada lensa dan meningkatkan kualitas gambar secara keseluruhan.

5. Fitur Extended RAM

Vivo Y17s dilengkapi dengan RAM 4 GB atau 6 GB LPDDR4X. Meskipun sejumlah smartphone lain dalam kelas harga yang sama sudah banyak yang menawarkan RAM 8 GB, penulis tetap menganggap RAM 6 GB sudah cukup baik untuk multitasking yang lancar.

Melalui fitur Extended RAM, Vivo Y17s dapat menggunakan 6 GB ekstra dari penyimpanan internal sebagai RAM virtual, sehingga total RAM bisa mencapai 12 GB. Vivo juga menyertakan fitur RAM Saver yang dapat meningkatkan kinerja RAM hingga 500 MB untuk mencegah lag.

Selain RAM, Vivo Y17s juga memiliki penyimpanan internal 64 GB atau 128 GB yang dapat ditingkatkan hingga 1 TB melalui slot microSD yang disediakan.

6. Side-Mounted Fingerprint

Tak hanya menonjolkan sektor kamera, Vivo juga memberikan perhatian khusus pada desainnya. Oleh karena itu, Vivo Y17s hadir dengan bodi belakang yang bersih dan rapi tanpa sensor sidik jari di bagian belakang.

Sensor sidik jari pada ponsel ini telah dipindahkan ke sisi, yang terintegrasi dengan tombol power. Selain membuat bodi terlihat lebih bersih di bagian belakang, pengalaman membuka kunci juga menjadi lebih mudah dan alami.

7. Baterai 5000 mAh

Untuk mendukung kebutuhan dayanya, Vivo Y17s dilengkapi dengan baterai berkapasitas 5000 mAh, yang merupakan kapasitas umum pada smartphone kelas entry-level. Baterai sebesar ini biasanya cukup tahan seharian atau bahkan dua hari jika penggunaannya hemat.

Vivo mengklaim bahwa Vivo Y17s dapat bertahan hingga 13,62 jam saat menonton video pendek di Instagram, 19,67 jam untuk streaming video di YouTube, 60 jam untuk mendengarkan musik, atau 5,69 jam untuk bermain game PUBG Mobile.

Selain itu, Vivo Y17s juga dilengkapi dengan fitur Ultra Power Saving Mode yang dapat membatasi kecerahan layar, konektivitas, dan menonaktifkan aplikasi yang tidak penting untuk memperpanjang durasi baterai.

Vivo Y17s juga mendukung teknologi pengisian cepat 15W. Meskipun tidak termasuk yang tercepat di kelasnya, pengisian cepat 15W ini dapat mempersingkat waktu pengisian baterai. Pengguna dapat mengisi daya dari kosong hingga penuh dalam waktu sekitar 2 jam.

Kekurangan Vivo Y17s

Kekurangan Vivo Y17s

1. Tidak Ada Fitur NFC

Salah satu kekurangan dari Vivo Y17s adalah ketiadaan fitur NFC (Near Field Communication), yang merupakan salah satu fitur yang banyak dicari oleh pengguna. Dengan adanya fitur NFC ini, beberapa aktivitas dapat dilakukan dengan lebih mudah dan cepat.

Fitur NFC sering digunakan untuk melakukan transaksi digital, mengecek saldo kartu e-money, menghubungkan perangkat, dan mentransfer file dengan cepat. Namun, sayangnya Vivo Y17s tidak dilengkapi dengan fitur ini, sementara beberapa pesaingnya di kelas yang sama sudah mendukung fitur NFC.

2. Tanpa Kamera Ultrawide

Meskipun kamera Vivo Y17s sudah cukup baik, namun ada kekurangan yang mungkin menjadi pembatas bagi sebagian orang, terutama bagi mereka yang sering berpergian ke alam terbuka.

Kekurangan tersebut adalah ketiadaan sensor ultrawide, yang membuat pengguna tidak bisa mengambil foto dengan sudut pandang yang luas. Hal ini menjadi kekurangan yang cukup signifikan, terutama jika dibandingkan dengan para pesaingnya dalam harga yang sama yang sudah menyertakan kamera ultra-wide angle. Sebagai contoh, Xiaomi Redmi 12 yang baru saja diluncurkan di Indonesia.

3. Fast Charging Hanya 15W

Meskipun Vivo Y17s dilengkapi dengan baterai berkapasitas besar 5.000 mAh, namun ada kekurangan dalam hal ini yaitu pengisian daya yang hanya mendukung fast charging 15W. Hal ini tergolong lambat dibandingkan dengan kompetitornya. Dengan begitu, proses pengisian dari kosong hingga penuh memerlukan waktu lebih dari 2 jam. Waktu yang cukup lama, bukan?

Harga dan Spesifikasi Vivo Y17s

Spesifikasi Vivo Y17s

  • Warna : Glitter Purple, Forest Green.
  • Dimensi : 163.7 x 75.4 x 8.1 mm.
  • Berat : 186 gram.
  • Layar : IPS LCD, 720 x 1612 piksel, 6.56 inci.
  • Chipset : Mediatek MT6769 Helio G85 (12nm).
  • GPU : Mali-G52 MC2.
  • RAM : 4 GB / 6 GB.
  • ROM : 64 GB /  128 GB.
  • OS : Android 13, FunTouch OS 13.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, non-removable, 15W wired.
  • Kamera Belakang : 50 MP + 2 MP.
  • Kamera Depan : 8 MP.

Vivo Y17s merupakan salah satu smartphone terbaru yang menawarkan konektivitas 4G dan unggul dalam hal kamera belakang dengan kamera utama 50 MP yang dilengkapi fitur 4-in-1 pixel binning.

Selain itu, ponsel ini menggunakan SoC MediaTek Helio G85 yang dianggap masih cukup baik meskipun tidak termasuk yang paling kuat di kelasnya. Vivo Y17s juga telah mendapatkan sertifikasi IP54, menunjukkan ketahanannya terhadap air dan debu, sebuah fitur yang jarang ditemukan pada ponsel di kelasnya.

Harga terbaru untuk Vivo Y17s di Indonesia adalah Rp1.599.000 untuk varian RAM 4 GB dan ROM 64 GB, sedangkan varian RAM 6 GB dan ROM 128 GB dijual seharga Rp1.999.000.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.