Yuk Simak 10 Kelebihan dan Kekurangan vivo V27e

Pada 27 Maret 2023, vivo meluncurkan ketiga ponsel dari seri V27 di Indonesia, yaitu vivo V27e, vivo V27, dan vivo V27 Pro. Vivo V27e hadir sebagai pengganti vivo V25e yang dirilis pada September 2022.

vivo V27e

Vivo tampaknya menargetkan V27e untuk pengguna yang belum memerlukan konektivitas 5G, karena ponsel ini hanya mendukung jaringan 4G dengan SoC MediaTek Helio G99.

Meskipun demikian, vivo V27e memiliki beberapa fitur menarik yang bisa menarik minat konsumen. Misalnya, desain menarik, performa yang baik meskipun tanpa dukungan 5G, sertifikasi IP54, memori yang cukup besar, dan lain-lain.

Berikut adalah artikel mengenai kelebihan dan kekurangan vivo V27e beserta spesifikasi dan harganya.

Kelebihan vivo V27e

Kelebihan vivo V27e

1. Tampil dengan Desain Modern

Ponsel vivo V27e masih mempertahankan desain flat atau datar pada frame dan penutup belakang seperti pada vivo V25e. Namun, penataan kamera belakang pada V27e terlihat lebih rapi. Desain ponsel ini terlihat lebih modern karena menggunakan model layar punch hole, berbeda dengan pendahulunya yang menggunakan Infinity-V Display atau waterdrop notch.

Bodi dan bobot ponsel ini juga tergolong tipis dan ringan. Ketebalan vivo V27e hanya 7,7 mm dengan berat 185 gram, sehingga nyaman digenggam.

Selain itu, vivo V27e juga telah memiliki sertifikasi IP54 yang membuatnya tahan terhadap percikan air dan debu. Ponsel ini tersedia dalam dua varian warna, yaitu Glory Black dan Lavender Purple.

2. Layar AMOLED dengan Refresh Rate 120Hz

vivo V27e memiliki layar sentuh punch hole berukuran 6,62 inci dengan panel AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) dan resolusi Full HD+ atau 1080 x 2400 piksel dengan aspek rasio 20:9. Layar ini memiliki kerapatan piksel mencapai 398 ppi (pixel per inch) dan didukung oleh refresh rate 120Hz, sehingga mampu menampilkan animasi dan game yang lebih smooth dibandingkan refresh rate 90Hz.

Tingkat kecerahan layar dapat mencapai 1300 nits, sehingga tampilannya tetap jelas meskipun digunakan di luar ruangan. Vivo V27e juga memiliki sertifikasi Widevine L1, yang menandakan bahwa ponsel ini dapat menampilkan film di platform bioskop online dengan kualitas tertinggi.

Selain itu, layar vivo V27e telah mendapatkan sertifikasi dari SGS eyecare, yang mengurangi emisi cahaya biru yang dapat menyebabkan sakit mata hingga batas aman. Layar ponsel ini juga sudah dilengkapi dengan sensor pemindai sidik jari optik di dalam layar.

3. SoC Ngebut Helio G99

vivo V27e memiliki performa yang cukup cepat. Ponsel ini ditenagai oleh SoC (System on Chip) MediaTek Helio G99 yang dibangun dengan fabrikasi 6 nanometer. MediaTek Helio G99 ini memiliki delapan inti prosesor octa-core yang kencang.

Delapan CPU (Central Processing Unit) ini terdiri dari klaster berkinerja tinggi yang memiliki dua unit Cortex A76 dengan clock 2,2 GHz, serta klaster efisiensi daya yang terdiri dari enam unit Cortex A55 dengan clock 2,0 GHz. GPU (Graphics Processing Unit) yang digunakan adalah Mali G57 MC2.

vivo V27e juga memiliki fitur 8 GB Extended RAM yang memungkinkan penambahan RAM Virtual dengan meminjam sebagian memori dari penyimpanan internal. Namun, penggunaan fitur ini tidak terlalu diperlukan karena RAM default pada ponsel ini sudah cukup besar.

4. Tersedia Slot microSD

Ponsel kelas menengah dari vivo Indonesia hadir dalam dua varian memori, yaitu 8/256 GB dan 12/256 GB. Dengan kapasitas memori yang besar ini, pengguna dapat lebih tenang dalam menginstal banyak aplikasi dan menyimpan banyak file seperti video dan musik.

Meskipun memilih varian RAM 8 GB dan penyimpanan internal 128 GB, Anda masih dapat melakukan ekspansi memori eksternal melalui slot microSD tipe hybrid.

5. Kamera Utama Beresolusi 64MP

Dari segi fotografi, vivo V27e dilengkapi dengan konfigurasi Triple Camera yang terdiri dari kamera utama 64 MP dengan bukaan aperture f/1.8, fitur phase-detection autofocus, dan OIS (Optical Image Stabilization). Selain itu, terdapat kamera makro 2 MP dengan bukaan aperture f/2.4, dan sensor kedalaman 2 MP dengan bukaan aperture f/2.4.

Ponsel ini juga memiliki kamera selfie 32 MP dengan bukaan aperture f/2.5, yang membuatnya cocok untuk selfie dan vlogging.

Vivo V27e juga memiliki fitur yang unik yaitu lampu flash berbentuk ring di bodi belakangnya yang disebut Aura Light. Lampu flash ini diklaim dapat memberikan pencahayaan yang optimal untuk menghasilkan foto potret yang bagus.

6. Fast Charge 66W

vivo V27e memiliki baterai berkapasitas 4.600 mAh yang mampu memberikan ketahanan hingga 20 jam pemutaran video lokal, meskipun kapasitasnya di bawah 5.000 mAh.

Ponsel ini juga dilengkapi dengan teknologi pengisian cepat 66W, sehingga proses pengisian daya dari kosong hingga penuh hanya membutuhkan waktu kurang dari satu jam. Charger dengan daya 66W juga disertakan dalam kotak penjualan.

7. Adanya Fitur NFC

vivo V27e, ponsel kelas menengah dari vivo Indonesia, dilengkapi dengan fitur NFC (Near Field Communication). Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengisi saldo e-Money dan eToll dengan hanya menempelkan kartu pada bodi belakang ponsel.

NFC pada ponsel ini juga dilengkapi dengan mekanisme keamanan eSE (embedded Secure Element) untuk memastikan proses transaksi digital berjalan dengan aman.

8. Sensor dan Konektivitas Lengkap

Konektivitas yang ditawarkan oleh vivo V27e sangat lengkap. Ponsel ini mendukung Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac dual-band, Wi-Fi Direct, Bluetooth 5.2 dengan codec A2DP dan LE, GPS, GLONASS, GALILEO, BDS, QZSS, USB Type-C 2.0, dan USB On-The-Go.

Selain itu, vivo V27e dilengkapi dengan beragam sensor seperti sensor fingerprint di dalam layar atau under display optical, accelerometer, gyro, proximity, dan compass.

Kekurangan vivo V27e

Kekurangan vivo V27e

1. Ultrawide Absen

Bagi yang menginginkan kemampuan memotret pemandangan maksimal atau lebih luas, mungkin akan sedikit kecewa dengan vivo V27e. Ponsel ini tidak dilengkapi dengan kamera atau lensa ultrawide, sehingga memiliki Field of View (FoV) yang terbatas saat melakukan pemotretan.

2. Tidak Ada Stereo Speaker

vivo V27e hanya memiliki satu speaker yang terletak di bagian bawah ponsel. Meskipun memiliki speaker tunggal, menyediakan stereo speaker pada ponsel bisa menjadi keunggulan tersendiri. Stereo speaker dapat memberikan pengalaman audio yang lebih seimbang dan spesial saat menonton film atau bermain game.

Di pasar ponsel dengan rentang harga Rp2-3 jutaan, sudah banyak ponsel yang menggunakan stereo speaker. Namun, vivo V27e justru tidak dilengkapi dengan fitur stereo speaker.

Harga dan Spesifikasi vivo V27e

vivo V27e

  • Warna : Glory Black dan Lavender Purple.
  • Dimensi : 162.5 x 75.8 x 7.7 mm.
  • Berat : 185 gram.
  • Layar : AMOLED, 1080 x 2400 piksel, 6.62 inci.
  • Chipset : Mediatek MT8781 Helio G99 (6nm).
  • GPU : Mali-G57 MC2.
  • RAM : 8 GB / 12 GB.
  • ROM : 256 GB.
  • OS : Android 13, Funtouch OS 13.
  • Baterai : Li-Po 4600 mAh, fast charging 66W.
  • Kamera Belakang : 64 MP + 2 MP + 2 MP.
  • Kamera Depan : 32 MP.

vivo V27e merupakan ponsel kelas menengah terbaru dari vivo dengan desain modern yang dilengkapi Aura Light untuk meningkatkan kualitas foto potret di malam hari. Kamera ponsel ini cukup mumpuni dengan kamera utama 64 MP yang dilengkapi OIS (Optical Image Stabilization). Layar ponsel ini juga sangat imersif berkat panel AMOLED dengan refresh rate 120Hz dan didukung oleh performa MediaTek Helio G99 yang mumpuni.

Harga vivo V27e terbaru di Indonesia adalah Rp4.299.000 untuk varian RAM 8 GB dan ROM 256 GB, sedangkan varian RAM 12 GB dan ROM 256 GB dibanderol dengan harga Rp4.899.000.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.