Cari Tahu 8 Kelebihan dan Kekurangan Tecno Spark 10C NFC Sebelum Beli

Tecno Mobile Indonesia kembali meramaikan pasar smartphone entry-level tanah air dengan meluncurkan Tecno Spark 10 NFC, Tecno Spark 10 NFC, dan kini juga Tecno Spark 10C NFC pada 24 Juni 2023. Meskipun memiliki harga yang terjangkau sekitar Rp1,3 jutaan, Tecno Spark 10C NFC tetap menawarkan sejumlah fitur menarik yang diambil dari Spark 10 series yang lebih mahal.

Tecno Spark 10C NFC

Dalam hal performa, Tecno Spark 10C NFC cukup kompeten di kelasnya dengan didukung oleh SoC (System on Chip) Unisoc T606 dipadukan dengan RAM 4 GB dan memori internal 64 GB yang masih dapat diandalkan. Selain itu, ponsel ini juga dibekali dengan baterai berkapasitas 5000 mAh yang mendukung pengisian cepat 18W.

Mari kita simak lebih lanjut mengenai kelebihan dan kekurangan Tecno Spark 10C NFC beserta spesifikasi dan harganya yang perlu diketahui sebelum membelinya.

Kelebihan Tecno Spark 10C NFC

Kelebihan Tecno Spark 10C NFC

1. Tampilan Desain Bodi Menarik

Menilik desainnya, Tecno Spark 10C NFC menggabungkan dua gaya sekaligus: glossy dan matte. Bagian modul kamera menggunakan desain glossy, sementara bagian lain dari bodi dan frame menggunakan desain matte.

Dengan bodi matte ini, ponsel terasa nyaman digenggam, terutama karena penutup belakang dan frame dibuat datar. Di bagian depan, kamera depan masih mengusung waterdrop notch yang terletak di tengah layar. Dari segi dimensi, ponsel ini memiliki ukuran 163,9 x 75,5 x 8,5 mm dengan berat 202 gram. Menurut informasi yang saya temukan, Tecno Spark 10C NFC hanya tersedia dalam varian warna Magic Skin Blue untuk pasar Indonesia.

Varian warna Magic Skin Blue ini memiliki tekstur tacticle magic yang khas seperti kulit, memberikan rasa nyaman saat digenggam. Yang menarik, tidak ada noda sidik jari yang menempel, memberikan kesan premium pada desainnya.

2. Layar Lebar dengan Refresh Rate 90Hz

Smartphone Tecno Spark 10C NFC dilengkapi dengan layar waterdrop notch berukuran 6,6 inci dengan aspek rasio 20:9. Layar ini menggunakan panel IPS (In-Plane Switching) LCD dengan resolusi HD+ atau 720 x 1612 piksel, memberikan kerapatan piksel sebesar 266 ppi yang cemerlang.

Selain itu, smartphone ini dapat mencapai kecerahan hingga 480 nits dan memiliki refresh rate 90Hz untuk animasi yang lebih halus. Touch sampling rate-nya juga mencapai 180Hz, memberikan responsifitas layar yang baik untuk bermain game.

Dengan refresh rate tinggi tersebut, pengguna dapat menikmati animasi yang lebih mulus. Pengguna juga dapat mengatur refresh rate menjadi tetap di 90Hz, 60Hz, atau Auto-switch Refresh Rate, yang juga memengaruhi masa pakai baterai secara otomatis.

3. Performa Cukup Kompeten di Kelasnya

Performa dari Tecno Spark 10 NFC dianggap cukup powerful di kelasnya berkat dukungan SoC (System on Chip) Unisoc T606 berfabrikasi 12 nanometer. SoC ini memiliki octa-core prosesor 64-bit yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A75 berkecepatan 1,6 GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 berkecepatan 1,6 GHz, serta GPU (Graphics Processing Unit) Mali-G57 dengan frekuensi 650MHz.

Menurut data dari Nanoreview, SoC Unsico T606 ini mampu mencapai skor AnTuTu v9 hingga 177.611. Sementara itu, pada GeekBench 5, skornya adalah 310 untuk single-core dan 1.167 untuk multi-core. Skor tersebut dianggap cukup menarik untuk sebuah smartphone entry-level di kelasnya.

4. Penyimpanan Cukup Luas

Sebagaimana yang sudah diketahui, performa sebuah smartphone tidak hanya ditentukan oleh chipsetnya saja. Kapasitas memorinya juga memengaruhi performa keseluruhan. Ini sebabnya, skor AnTuTu bisa berbeda antara chipset pada berbagai smartphone.

Tecno Spark 10C NFC menawarkan kapasitas memori yang cukup besar, meskipun memiliki harga terjangkau. Ponsel ini dilengkapi dengan RAM 4 GB dan penyimpanan internal 64 GB. Fitur Memory Fusion hadir untuk memperluas kapasitas RAM hingga 4 GB, dan masih tersedia slot microSD untuk ekspansi memori eksternal hingga 1 TB triple slot.

5. Kamera Bersaing

Sisi fotografi dari Tecno Spark 10C NFC dapat dianggap cukup kompetitif di kelasnya dengan konfigurasi Dual Camera di bagian belakangnya. Kamera utamanya memiliki resolusi 16 MP dengan bukaan aperture f/1.8, sensor BSI CMOS berukuran 1/3 inci 1um piksel, dan didukung oleh fitur phase-detection autofocus serta LED flash. Selain itu, terdapat juga kamera kedua berkekuatan QVGA yang berfungsi sebagai depth sensor.

Di bagian depan, terdapat kamera selfie berkekuatan 8 MP dengan sensor BSI CMOS, bukaan aperture f/2.0 fixed-focus, dan dilengkapi dengan dual LED flash. Baik kamera belakang maupun depan mampu merekam video hingga resolusi 1080p@30fps.

6. Baterai 5000 mAh + 18W

Untuk memenuhi kebutuhan dayanya, Tecno Spark 10C NFC dilengkapi dengan baterai berkapasitas 5000 mAh, standar untuk smartphone masa kini. Ketahanan baterainya tidak jauh berbeda dengan saudara-saudaranya, Tecno Spark 10 NFC dan Tecno Spark 10 Pro NFC. Tecno juga mengklaim bahwa baterai ponsel ini mampu bertahan lama meskipun digunakan untuk bermain game atau telepon seluler.

Berdasarkan uji coba yang dilakukan oleh Royal Tech Pro melalui video di kanal YouTube pribadinya, penggunaan smartphone ini selama 40 menit untuk membuka sosial media, Google Maps, kamera, dan beberapa aplikasi lainnya hanya menghabiskan sekitar 5% baterai.

7. Dukungan Konektivitas dan Sensor Lengkap

Tecno Mobile juga menyematkan konektivitas dan sensor yang lengkap pada seri ini. Tecno Spark 10C NFC menawarkan fitur jaringan 4G dan Bluetooth 5.0. Untuk Wi-Fi, ponsel ini masih menggunakan Wi-Fi 5. Selain itu, ponsel ini dilengkapi dengan fitur NFC dan port USB Type-C 2.0.

Fitur NFC (Near Field Communication) membantu pengguna melakukan pembayaran non-tunai, transfer data ke perangkat lain dengan cepat, dan berbagai fungsi lainnya.

Selain itu, Tecno Spark 10C NFC dilengkapi dengan berbagai sensor, termasuk sensor fingerprint (side-mounted), accelerometer, proximity, dan compass.

Kekurangan Tecno Spark 10C NFC

Kekurangan Tecno Spark 10C NFC

1. Adanya Bloatware dan Iklan 

Tecno Spark 10C NFC masih menjalankan sistem operasi Android 12 dengan antarmuka HiOS 8.6. HiOS adalah antarmuka yang kaya fitur, dengan berbagai opsi penyesuaian tampilan, dan lain-lain.

Namun, perlu diketahui bahwa ponsel ini memiliki beberapa bloatware yang sulit untuk dihapus. Selain itu, antarmuka HiOS 8.6 juga menampilkan iklan yang dapat mengganggu. Meskipun demikian, hal ini masih dapat diterima mengingat harga yang terjangkau dan fitur-fitur menarik yang ditawarkan di kelasnya.

Harga dan Spesifikasi Tecno Spark 10C NFC

Spesifikasi 
  • Warna : Magic Skin Blue.
  • Dimensi : 163.9 x 75.5 x 8.5 mm.
  • Berat : 202 gram.
  • Layar : IPS LCD, 720 x 1612 piksel, 6.6 inci.
  • Chipset : Unisoc T606 (12 nm).
  • GPU : Mali-G57.
  • RAM : 4 GB.
  • ROM : 64 GB.
  • OS : Android 12, HIOS 8.6.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, 18W wired.
  • Kamera Belakang : 16 MP + 0.06 MP
  • Kamera Depan : 8 MP.

Selengkapnya :

Tecno Spark 10C NFC merupakan salah satu smartphone terbaru dan termurah yang mendukung fitur NFC (Near Field Communication). Ponsel ini didukung oleh SoC (System on Chip) yang powerful di kelasnya dari Unisoc T606, serta layar sentuh dengan resolusi HD+ yang telah mengadopsi refresh rate 90Hz yang membuat pengalaman pengguna menjadi lebih imersif.

Harga smartphone Tecno Spark 10C NFC di pasar Indonesia, berdasarkan informasi yang penulis himpun, adalah Rp1.299.000 untuk varian RAM 4 GB dengan penyimpanan internal 64 GB.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.