Ketahui 8 Kelebihan dan Kekurangan Tecno POVA Neo Sebelum Beli!

Tecno Mobile sungguh-serius dalam menggarap pasar smartphone dengan harga terjangkau di Indonesia, seperti yang terlihat dari konsistensi mereka dalam meluncurkan produk baru, contohnya adalah Tecno POVA Neo yang diperkenalkan pada Januari 2022.

Tecno POVA Neo

Ponsel terbaru dari Tecno Mobile ini menonjol dalam kapasitas baterai yang besar, yaitu 6.000 mAh, dan juga dilengkapi dengan fitur pengisian cepat 18W. Selain itu, ponsel ini juga memiliki desain yang stylish, tidak terlihat seperti smartphone murah, meskipun dibanderol dengan harga di bawah Rp1 juta.

Kehadiran Tecno POVA Neo di segmen entry-level dengan harga di bawah Rp1 juta pasti akan memperketat persaingan di pasar. Namun, apakah ponsel ini mampu bersaing dengan pesaingnya? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut adalah ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan Tecno POVA Neo, serta spesifikasi dan harga yang ditawarkannya.

Kelebihan Tecno POVA Neo

Kelebihan Tecno POVA Neo

1. Hadir dengan Desain Trendi

Desain dari Tecno POVA Neo dapat dikatakan tidak terlihat murahan, melainkan cukup trendi untuk kelasnya. Bagian belakang ponsel terbuat dari plastik polikarbonat dan dihiasi dengan dua pola yang berbeda. Pola pertama adalah garis-garis vertikal yang sejajar dengan bagian belakang ponsel.

Pola kedua adalah tekstur diagonal yang meliputi sebagian besar bagian belakang. Ponsel ini juga dilengkapi dengan pemindai sidik jari yang ditempatkan di bagian belakang yang sedikit cekung ke bawah, serta modul kamera persegi panjang dengan warna hitam yang berkilauan.

Tecno POVA Neo memiliki dimensi 171.4 x 77.3 x 9.1 mm, namun bobotnya tidak diketahui secara pasti karena tidak dicantumkan di laman resmi Tecno Mobile. Perkiraan penulis adalah bobotnya di atas 200 gram karena mengusung baterai besar berkapasitas 6.000 mAh.

2. Layar Luas 6,8 Inci

Tecno POVA Neo dilengkapi dengan layar berpanel IPS LCD berukuran 6,8 inci dan resolusi HD+ 720 x 1640 piksel. Dengan layar yang lebar ini, ponsel ini sangat cocok untuk menonton film, menjelajahi media sosial, dan aktivitas lainnya yang memanfaatkan layar besar.

Layar Tecno POVA Neo juga mendukung refresh rate standar 60 Hz dan touch sampling 120 Hz. Dengan begitu, layarnya sangat responsif saat digunakan dalam kegiatan sehari-hari.

3. Performa Cukup Oke

Ketika mencari ponsel dengan harga sekitar Rp1 jutaan, kita tidak seharusnya berharap terlalu tinggi karena ponsel dalam rentang harga tersebut tidak ditujukan untuk gaming, melainkan untuk kebutuhan sehari-hari. Namun, Tecno POVA Neo memiliki performa yang cukup baik dengan MediaTek Helio G25.

Chip ini memiliki delapan inti CPU dengan arsitektur Cortex A53 (4 inti 2,0 GHz dan 4 inti 1,5 GHz). Ponsel ini juga dilengkapi dengan GPU PowerVR GE8320 650 MHz yang diproduksi dengan teknologi manufaktur 12 nanometer.

Menurut ulasan dari Gadgetfren dalam pengujian gaming, Tecno POVA Neo masih mampu menjalankan beberapa game seperti Mobile Legends (High) dan PUBG Mobile (Smooth-Medium).

4. Memori Cukup Lega di Kelasnya

Tecno POVA Neo memiliki memori yang cukup ideal untuk kelasnya. Ponsel ini dilengkapi dengan memori internal 64 GB dan RAM 4 GB. Dengan kapasitas ini, pengguna dapat menyimpan beberapa aplikasi media sosial, game seperti Mobile Legends dan PUBG Mobile, foto, video, audio, dan lainnya.

Jika masih dirasa kurang, pengguna dapat menambahkan kartu microSD hingga 128 GB. Dengan RAM 4 GB, Tecno POVA Neo mampu membuka beberapa aplikasi secara bersamaan dengan lancar.

5. Baterai Jumbo 6000 mAh

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Tecno POVA Neo dilengkapi dengan baterai berkapasitas 6.000 mAh yang besar. Dengan kapasitas yang besar ini, Anda dapat menggunakan ponsel untuk menjelajahi media sosial, bermain game, dan aktivitas lainnya dalam waktu yang cukup lama.

Selain besar, baterai Tecno POVA Neo juga dilengkapi dengan fitur pengisian cepat 18W. Hal ini memungkinkan proses pengisian daya berlangsung lebih cepat dibandingkan jika tidak ada fitur pengisian cepat.

6. Kamera Cukup Baik

Tecno POVA Neo memiliki konfigurasi kamera ganda yang terdiri dari kamera utama 13 MP dengan bukaan f/1.8 dan lensa AI. Di bagian depan, terdapat kamera selfie 8 MP dengan bukaan f/2.0. Kedua kamera belakang dan depan dilengkapi dengan lampu kilat, dengan empat lampu untuk kamera belakang dan dua lampu untuk kamera selfie.

Untuk perekaman video, Tecno POVA Neo dapat merekam dalam resolusi 1080p pada 30 fps. Berbagai fitur juga disematkan pada kamera ini, seperti Slow Motion, Beauty, AR Shot, Panorama, Time Lapse, Portrait, autoHDR, dan Dokumen.

Kekurangan Tecno POVA Neo

Kekurangan Tecno POVA Neo

1. Port USB yang Masih Jadul

Sayangnya, Tecno POVA Neo masih menggunakan port microUSB yang dianggap ketinggalan jaman, bukan USB Type-C. Kemungkinan besar ini dilakukan untuk menjaga harga jual agar tetap terjangkau oleh banyak orang. Namun, pengguna perlu berhati-hati saat mencolokkan kabel charger ke port microUSB agar tidak salah arah.

2. Tidak Dibekali Sensor Compass

Salah satu sensor penting yang tidak ada pada Tecno POVA Neo adalah kompas. Tanpa kompas, pengguna tidak dapat mengetahui arah mata angin atau arah kiblat kecuali ponsel terhubung dengan internet. Meskipun demikian, ponsel ini masih dilengkapi dengan sensor akselerometer dan sensor proksimitas.

Harga dan Spesifikasi Tecno POVA Neo

Spesifikasi 
  • Warna : Obsidian, Geek Blue, Powehi.
  • Dimensi : 171.4 x 77.3 x 9.1 mm.
  • Berat : -.
  • Layar : IPS LCD, 720 x 1640 piksel, 6.8 inci.
  • Chipset : MediaTek Helio G25 (12 nm).
  • GPU : PowerVR GE8320.
  • RAM : 4 GB.
  • ROM : 64 GB.
  • OS : Android 11, HiOS 7.6.
  • Baterai : Li-Po 6000 mAh, Fast Charging 18W.
  • Kamera Belakang : 13 MP + AI.
  • Kamera Depan : 8 MP.

Selengkapnya :

Saat diluncurkan di Indonesia, harga Tecno POVA adalah Rp1.639.000 untuk varian RAM 4 GB dan penyimpanan internal 64 GB. Ponsel ini hadir dalam tiga pilihan warna, yaitu Obsidian, Geek Blue, dan Powehi.

About the Author

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.