Cek 10 Kelebihan dan Kekurangan Tecno Pova Neo 3 Sebelum Beli

Pada awal Agustus 2023, Tecno Mobile Indonesia memperkenalkan tiga smartphone baru mereka di segmen entry-level to mid-range, yaitu seri Tecno Pova 5, Tecno Pova 5 Pro, dan Tecno Pova Neo 3. Tecno Pova Neo 3, sebagai varian termurah dari ketiganya, hadir dengan desain futuristik dengan 3D Mecha Design di bagian belakangnya. Ponsel ini tersedia dalam tiga varian warna, yaitu Amber Gold, Mecha Black, dan Hurricane Blue.

Tecno Pova Neo 3

Dari segi performa, Tecno Pova Neo 3 menawarkan performa yang solid dengan SoC (System on Chip) MediaTek Helio G85 12 nanometer octa-core, serta RAM 8 GB. Layarnya berukuran besar, yaitu 6,82 inci dengan resolusi HD+ dan refresh rate 90Hz yang mulus.

Tecno Pova Neo 3 juga dilengkapi dengan kamera utama 16 MP dan baterai besar 7000 mAh dengan fitur pengisian cepat 18W. Dengan harga di kisaran Rp1 jutaan, ponsel ini akan bersaing dengan Xiaomi Redmi 12 4G dan itel S23 4G di pasar Indonesia. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kelebihan dan kekurangan Tecno Pova Neo 3, simak ulasan berikut.

Kelebihan Tecno Pova Neo 3

Kelebihan Tecno Pova Neo 3

1. Tampilan Desain yang Futuristik

Dari segi desain, Tecno Pova Series dikenal karena tampilannya yang unik dan berbeda dari smartphone lainnya. Hal ini juga terlihat pada Tecno Pova Neo 3 yang tetap mempertahankan tema desain mecha 3D yang menawan. Tecno menamai desain ini sebagai 3D Mecha Design.

Tecno Pova Neo 3 hadir dalam beberapa varian warna yang menarik, termasuk Amber Gold, Mecha Black, dan Hurricane Blue, memberikan pilihan yang keren bagi pengguna.

Desain smartphone ini sangat menarik, dengan pola garis-garis dan tekstur yang khas. Seperti Tecno Pova 5, Tecno Pova Neo 3 juga memiliki housing kamera yang unik dan khas, cocok dengan warna hitam pekat meskipun sedikit lebih besar.

Yang menarik dari housing kamera pada ponsel ini adalah desainnya yang rata. Meskipun terdapat dua kamera dan satu LED flash di dalamnya, tidak ada yang menonjol. Sisi samping atau frame-nya juga dirancang rata dengan sudut yang tidak tajam, memberikan kenyamanan saat digenggam.

2. Layar Besar dengan Laju Penyegaran 90Hz

Tecno Pova Neo 3, smartphone terjangkau, hadir dengan layar sentuh punch hole berukuran 6,82 inci dengan panel IPS LCD yang menawarkan resolusi HD+ atau 720 x 1640 piksel, dengan kerapatan mencapai 263 ppi (pixel per inch) yang cemerlang. Layar ini memiliki desain bezel yang tipis, tidak terlalu tebal, dan tidak mengganggu, dengan rasio layar ke bodi mencapai 83,4%.

Layar ini juga dilengkapi dengan refresh rate 90Hz yang smooth, serta touch sampling rate 180Hz yang imersif. Dengan angka tersebut, Anda dapat menikmati pergerakan animasi dengan lebih lancar dan mulus.

3. Performa Cukup Oke di Kelasnya

Menurut penulis, performa Tecno Pova Neo 3 cukup kencang dan bersaing di kelasnya berkat dukungan SoC (System on Chip) MediaTek MT6769Z Helio G85 12 nanometer. SoC ini memiliki prosesor octa-core yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A75 2 GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 1.8 GHz, dipadukan dengan RAM 8 GB LPDDR4X dan GPU Mali-G52 2EEMC2 yang mumpuni.

Berdasarkan informasi dari kanal YouTube AD Review, Tecno Pova Neo 3 mencapai skor AnTuTu v10 sebesar 263.318 poin. Untuk skor Geekbench 5, MediaTek Helio G85 ini meraih 357 poin untuk single core dan 1260 poin untuk multi-core. SoC ini juga mencatat skor 3DMark yang tinggi untuk kelasnya, yaitu 743 poin.

4. Baterai Besar 7000 mAh

Untuk memenuhi kebutuhan dayanya, Tecno Pova Neo 3 dilengkapi dengan baterai berkapasitas 7000 mAh, yang lebih besar dibandingkan dengan ponsel lain di kelasnya yang hanya memiliki baterai 5000 mAh.

Tecno Mobile Indonesia mengklaim bahwa ponsel ini sangat cocok untuk penggunaan sehari-hari. Menurut laman web resminya, ponsel ini dapat bertahan hingga 33 jam lebih untuk pemutaran musik, 14 jam untuk bermain game Free Fire, 22 jam untuk menonton YouTube, dan 45 jam untuk panggilan.

Baterai ini juga dilengkapi dengan fitur fast charging 18W, yang meskipun bukan yang tercepat, dapat membantu pengisian daya baterai dalam waktu yang relatif singkat.

Selain itu, Tecno Pova Neo 3 juga memiliki teknologi keamanan baterai STS. Teknologi ini memungkinkan ponsel untuk memberikan lebih banyak daya dan tingkat keamanan yang tinggi pada saat yang sama.

Lapisan teknologi STS ini juga dapat meningkatkan keamanan dengan mencegah terjadinya kejadian yang tidak diinginkan, seperti korsleting internal.

5. Memori Cukup Luas

Di pasar Indonesia, Tecno Pova Neo 3 hanya tersedia dalam satu varian RAM, yaitu 8 GB. Informasi ini terlihat dari landing page produk resmi di situs Tecno Mobile. Yang perlu diketahui, RAM tersebut dipadukan dengan penyimpanan internal 128 GB. Hal ini menjadi perbedaan utama dengan Tecno Pova Neo 2, yang hanya menyediakan storage 64 GB untuk varian tertingginya.

Dengan penyimpanan 128 GB yang luas, Anda dapat menyimpan lebih banyak aplikasi dan game secara bersamaan. Jika Anda memiliki file multimedia yang besar, Anda juga dapat menyimpannya di microSD.

6. Ada Stereo Speaker

Untuk meningkatkan kualitas visual dan kenyamanan saat bermain game, menonton film, dan mendengarkan musik, Tecno Pova Neo 3 dilengkapi dengan speaker stereo ganda. Dengan fitur ini, ponsel ini dapat mengurangi kebisingan AI, membuat pengalaman bermain game menjadi lebih menarik dan terasa lebih imersif. Speaker utama Tecno Pova Neo 3 ditempatkan di bagian bawah, sementara speaker sekundernya yang menyatu dengan earpiece ditempatkan di bagian atas.

Meskipun merupakan smartphone entry-level, Tecno Pova Neo 3 tetap menyediakan port jack audio 3.5mm sehingga dapat dihubungkan dengan earphone kabel tanpa perlu menggunakan adapter tambahan.

7. Sensor Sidik Jari di Samping

Jika Anda melihat sebagian besar smartphone di kisaran harga Rp1 jutaan, kebanyakan dari mereka masih menggunakan sensor sidik jari yang ditempatkan di bagian belakang. Bahkan, ada beberapa yang tidak menyediakan sensor sidik jari sama sekali.

Namun, Tecno Pova Neo 3 hadir dengan pendekatan yang berbeda. Meskipun memiliki harga yang terjangkau, ponsel ini menempatkan sensor sidik jari di samping bodi, yang terintegrasi dengan tombol power.

8. Dukungan Fitur NFC

Fitur NFC (Near Field Communication) kini bukan lagi menjadi eksklusif ponsel kelas flagship. Fitur ini juga telah diadopsi oleh smartphone di kelas entry-level hingga mid-range, termasuk Tecno Pova Neo 3.

Dengan NFC (Near Field Communication), pengguna dapat dengan mudah mengisi saldo eMoney dengan cara membuka aplikasi dan menempelkan kartu ke bagian belakang bodi Tecno Pova Neo 3. Fitur ini akan memudahkan pengguna kendaraan roda dua hingga roda empat saat melewati tol atau mencari tempat parkir.

Kekurangan Tecno Pova Neo 3

Kekurangan Tecno Pova Neo 3

1. Kamera Masih Kurang Memadai

Dalam hal fotografi, Tecno Pova Neo 3 dilengkapi dengan Dual Camera di bagian belakang. Kamera utamanya memiliki resolusi 16 MP dengan sensor BSI CMOS berukuran 1/3 inci 1.12um piksel, aperture f/1.8, fitur autofocus, dan dual LED flash.

Kamera kedua adalah kamera QVGA yang berfungsi sebagai depth sensor. Kombinasi kedua kamera belakang ini memungkinkan pengguna untuk menghasilkan efek bokeh melalui mode potret.

Di bagian depan, terdapat kamera selfie 8 MP dengan sensor BSI CMOS dan aperture f/2.0 fixed focus. Baik kamera belakang maupun kamera depan dapat merekam video dengan resolusi 1080p@30fps.

2. Tidak Ada Proteksi Layar

Tecno Pova Neo 3 tidak menyertakan pelindung layar dalam paket penjualannya. Oleh karena itu, pengguna harus sangat berhati-hati saat menggunakan ponsel ini agar tidak terkena goresan dari benda tajam atau terjatuh. Untuk keamanan lebih lanjut, disarankan untuk membeli pelindung layar secara terpisah.

Harga dan Spesifikasi Tecno Pova Neo 3

Spesifikasi 
  • Warna : Amber Gold, Mecha Black dan Hurricane Blue.
  • Dimensi : 170.7 x 77.6 x 9.3 mm.
  • Berat : -.
  • Layar : IPS LCD, 720 x 1640 piksel, 6.82 inci.
  • Chipset : Mediatek MT6769Z Helio G85 (12nm).
  • GPU : Mali-G52 MC2.
  • RAM : 8 GB.
  • ROM : 128 GB.
  • OS : Android 13, HiOS 13.
  • Baterai : Li-Po 7000 mAh, Fast Charging 18W.
  • Kamera Belakang : 16 MP + AI.
  • Kamera Depan : 8 MP.

Selengkapnya :

Tecno Pova Neo 3 adalah salah satu smartphone entry-level terbaru yang menawarkan performa yang handal dengan dukungan SoC (System on Chip) MediaTek Helio G85. Smartphone ini juga memiliki baterai jumbo di kelasnya, yaitu 7000 mAh, dan dilengkapi dengan fitur fast charging 18W. Selain itu, Tecno Pova Neo 3 memiliki layar besar 6,82 inci dengan resolusi HD+ dan refresh rate 90Hz yang mulus. Kamera utamanya memiliki resolusi 16 MP.

Harga smartphone Tecno Pova Neo 3 terbaru di Indonesia adalah Rp1.999.000 untuk varian RAM 8 GB dengan penyimpanan internal 128 GB.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.