Cari Tahu 10 Kelebihan dan Kekurangan Tecno Pova 5 Sebelum Beli

Tecno Pova 5 resmi diluncurkan di Indonesia pada 1 Agustus 2023 sebagai pengganti Tecno Pova 4 yang dirilis pada 17 Oktober 2022. Selain itu, Tecno Pova 5 juga memiliki edisi khusus untuk model terbarunya, yaitu Tecno Pova 5 Free Fire Edition. Ponsel ini menampilkan desain bergaya Turbo Mecha Design dengan tema mecha 3D di bagian belakangnya, dengan tiga varian warna yang dapat dipilih oleh pengguna, yaitu Mecha Black, Amber Gold, dan Free Fire Edition.

Tecno Pova 5

Dari segi performa, Tecno Pova 5 hadir dengan performa yang memadai di kelasnya, didukung oleh SoC (System on Chip) MediaTek Helio G99 octa-core 6 nanometer, RAM 8 GB, dan penyimpanan internal 258 GB. Selain itu, ponsel ini juga memiliki baterai 6000 mAh dengan pengisian cepat 45W. Tecno Pova 5 juga dilengkapi dengan konfigurasi Dual Camera di bagian belakangnya, dengan kamera utama 50 MP.

Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang keunggulan dan kelemahan Tecno Pova 5, serta spesifikasi dan harganya, Anda dapat melihat informasi selengkapnya.

Kelebihan Tecno Pova 5

Kelebihan Tecno Pova 5

1. Mengusung Desain Turbo Mecha

Dari segi desain, Tecno Pova Series dikenal karena tampilannya yang unik dan berbeda dari smartphone lainnya. Ini terus dipertahankan oleh Tecno Pova 5 dengan tema mecha 3D di bagian belakangnya, yang Tecno sebut sebagai Turbo Mecha Design.

Tecno Pova 5 ditawarkan dalam beberapa varian warna, termasuk Mecha Black dan Amber Gold yang memberikan tampilan keren. Namun, untuk tampilan yang lebih mencolok, varian Free Fire Edition menjadi pilihan yang tepat.

Desain smartphone ini sangat menarik, dengan pola garis-garis dan tekstur khas yang memberikan sentuhan unik saat disentuh. Housing kamera pada Tecno Pova 5 juga memiliki desain yang unik, cocok dengan warna hitam pekat, meskipun sedikit lebih besar.

Housing kamera ini dirancang secara rata, dengan dua kamera dan satu LED flash di dalamnya. Tidak ada bagian kamera yang menonjol, dan frame-nya dibuat rata dengan sudut yang tidak tajam, sehingga nyaman digenggam.

2. Layar Tajam dengan Laju Penyegaran 120Hz

Tecno Pova 5 dilengkapi dengan layar sentuh punch hole berukuran 6,78 inci dengan panel IPS LCD yang menawarkan resolusi Full HD+ atau 1080 x 2460 piksel. Layar ini memiliki kerapatan piksel hingga 396 ppi (pixel per inch) dengan aspek rasio 20:9 dan kecerahan puncak mencapai 580 nits (typ). Desain bezelnya juga tidak terlalu tebal, sehingga rasio layar ke bodi mencapai 84,5%.

Layar Tecno Pova 5 juga memiliki refresh rate 120Hz yang smooth dan touch sampling rate 360Hz yang imersif. Dengan angka tersebut, Anda dapat menikmati animasi dengan lebih lancar dan mulus.

3. Performa Gahar dengan Penyimpanan Luas

Performa yang ditawarkan oleh smartphone Tecno Pova 5 dianggap cukup kuat berkat dukungan SoC (System on Chip) MediaTek Helio G99 MT8781 dengan fabrikasi 6 nanometer. SoC ini memiliki prosesor octa-core yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A76 berkecepatan 2,2 GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 berkecepatan 2 GHz, dipadukan dengan RAM 8 GB. Selain itu, ponsel ini dilengkapi dengan pengolah grafis GPU (Graphics Processing Unit) Mali-G57 MC2 yang memadai.

Tecno Pova 5 juga memiliki penyimpanan internal 256 GB dan slot microSD untuk ekspansi memori eksternal hingga 1 TB.

Berdasarkan data dari Nanoreview, MediaTek Helio G99 mampu mencapai skor 375.347 pada AnTuTu v9 Benchmark. Pada GeekBench 5, MediaTek Helio G99 meraih skor 560 untuk single-core dan 1.831 untuk multi-core. Selain itu, ponsel ini juga diuji menggunakan 3DMark Wild Life Performance dan mendapat skor 1.230.

4. Dukungan Fitur Vapor Chamber Cooling

Selain performa chipset, kemampuan dalam bermain game dari smartphone juga didukung oleh fitur-fitur pendukung khusus untuk gaming. Hal ini merupakan peningkatan signifikan yang sebelumnya sering menjadi masalah.

Salah satu fitur yang mendukung adalah Vapor Chamber Cooling yang lebih efektif. Tecno Pova 5 dilengkapi dengan Vapor Chamber Cooling berukuran 1399.65 mm kubik yang dikombinasikan dengan Graphene heatsink 9349.39 mm kubik. Sistem pendingin ini juga dilengkapi dengan pembuang panas hingga 10 lapisan, yang mengurangi suhu CPU lebih dari 5 derajat celcius setiap kali reloading.

Selain itu, ponsel ini juga memiliki aplikasi Game Space yang dapat meningkatkan pengalaman bermain game. Fitur-fitur seperti Hide Notification dan Incoming Call Reject memungkinkan pengguna untuk bermain game tanpa terganggu oleh notifikasi atau panggilan masuk, sehingga pengalaman bermain game menjadi lebih optimal.

5. Kamera Cukup Oke

Dalam hal fotografi, Tecno Pova 5 masih menawarkan fitur yang menarik di kelasnya dengan dua kamera belakang. Kamera utamanya memiliki resolusi 50 MP dengan sensor Samsung ISOCELL JN1 1/2,76 inci 0,64um piksel dan bukaan f/1,6. Kamera ini juga dilengkapi dengan fitur phase-detection autofocus dan dual LED flash.

Kamera kedua adalah kamera QVGA yang berfungsi sebagai depth sensor. Dengan kombinasi dua kamera belakang ini, Tecno Pova 5 mampu menghasilkan efek bokeh melalui mode potret.

Di bagian depan, terdapat kamera selfie 8 MP dengan sensor BSI CMOS dan bukaan f/2,0 fixed focus. Untuk perekaman video, kamera belakang dapat merekam hingga resolusi 1440p@30fps, sementara kamera selfie hanya mampu merekam pada resolusi 1080p@30fps.

6. Baterai 6000 mAh dengan Fast Charge 45W

Untuk memenuhi kebutuhan dayanya, Tecno Pova 5 dilengkapi dengan baterai berkapasitas 6000 mAh, yang lebih besar dari ponsel lain di kelasnya yang hanya memiliki baterai 5000 mAh.

Dengan kapasitas baterai yang besar ini, Tecno Mobile mengklaim bahwa ponsel ini sangat cocok untuk penggunaan sehari-hari. Menurut situs web resminya, ponsel ini dapat bertahan hingga 39 jam untuk menelepon, 11 jam untuk bermain game, dan 14 jam untuk memutar video.

Selain ketahanan baterai yang lama, Tecno Pova 5 juga dilengkapi dengan fitur pengisian daya cepat. Fitur smart charge pada ponsel ini diklaim memiliki kecepatan pengisian 25 persen lebih cepat dibandingkan dengan generasi sebelumnya, yaitu hingga 45W. Dengan fitur ini, ponsel ini dapat mengisi daya hingga 50% dalam waktu 21 menit, sementara pengisian daya dari kosong hingga penuh membutuhkan waktu 66 menit.

7. Kualitas Audio Memadai

Salah satu hal menarik dari Tecno Pova 5 adalah pengalaman audio yang impresif yang ditawarkannya. Ponsel ini dilengkapi dengan fitur dual speaker atau stereo yang cukup lantang. Speaker utamanya ditempatkan di bagian bawah, sementara speaker kedua terletak di bagian atas bodi ponsel, bukan menyatu dengan earpiece.

Speaker ini didukung oleh fitur DTS dan Hi-Res yang mengesankan, mampu mengurangi suara bising dan meningkatkan pengalaman bermain game atau menonton video menjadi lebih realistis.

8. Dukungan Konektivitas dan Sensor Lengkap

Salah satu keunggulan dari smartphone Tecno Pova 5 adalah kelengkapan konektivitas dan sensor. Dari segi konektivitas, ponsel ini dilengkapi dengan fitur NFC (Near Field Communication) yang memungkinkan pengguna untuk mengisi saldo e-Money tanpa harus mengunjungi minimarket atau ATM.

Sementara itu, dari segi sensor, Tecno Pova 5 dilengkapi dengan fingerprint side-mounted, accelerometer, proximity sensor, compass, dan gyroscope. Fitur lainnya adalah Z-axis linear motor yang meningkatkan getaran untuk pengalaman bermain game yang lebih nyata.

Kekurangan Tecno Pova 5

Kekurangan Tecno Pova 5

1. Tidak Ada Dukungan 5G

Tecno Pova 5 menggunakan SoC (System on Chip) MediaTek Helio G99, bukan Dimensity. Hal ini berarti ponsel ini tidak mendukung jaringan seluler generasi kelima atau 5G. Tecno Pova 5 hanya mendukung jaringan 4G LTE Dual Sim Card.

2. Tanpa Kamera Ultrawide

Meskipun memiliki resolusi yang tinggi dan menawarkan kualitas yang baik di kelasnya, Tecno Pova 5 tidak dilengkapi dengan sensor ultrawide, yang dapat menjadi kekurangan. Sebagai gantinya, Tecno Mobile memilih untuk menggunakan sensor depth sebagai kamera kedua. Hal ini agak mengecewakan mengingat banyak ponsel entry-level hingga mid-range saat ini telah dilengkapi dengan sensor ultrawide, seperti Xiaomi Redmi 12 4G yang baru-baru ini dirilis di Indonesia.

Harga dan Spesifikasi Tecno Pova 5

Spesifikasi 
  • Warna : Mecha Black, Amber Gold, dan Free Fire Edition.
  • Dimensi : 168.6 x 76.6 x 9 mm.
  • Berat : 219.4 gram
  • Layar : IPS LCD, 1080 x 2460 piksel, 6.78 inci.
  • Chipset : Mediatek MT8781 Helio G99 (6nm).
  • GPU : Mali-G57 MC2.
  • RAM : 8 GB + 8 GB RAM Virtual.
  • ROM : 256 GB.
  • OS : Android 13, HIOS 13.
  • Baterai : Li-Po 6000 mAh, Fast Charging 45W.
  • Kamera Belakang : 50 MP + QVGA.
  • Kamera Depan : 8 MP.

Selengkapnya :

Tecno Pova 5 adalah salah satu smartphone terbaru di kelas entry to mid yang menawarkan performa powerful dengan dukungan SoC (System on Chip) MediaTek Helio G99, serta baterai berkapasitas 6000 mAh dengan fitur pengisian cepat 45W. Ponsel ini dilengkapi dengan konfigurasi Dual Camera di bagian belakang, dengan kamera utama 50 MP yang memadai. Harga smartphone Tecno Pova 5 terbaru di Indonesia adalah Rp2.299.000 untuk varian RAM 8 GB dengan penyimpanan internal 256 GB.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.