Inilah 9 Kelebihan dan Kekurangan Tecno Pova 5 Pro 5G

Tecno Pova 5 Pro 5G diperkenalkan di Indonesia pada 1 Agustus 2023, bersamaan dengan dua varian lainnya, yaitu Tecno Pova 5 dan Tecno Pova Neo 3. Ponsel ini merupakan penerus dari Tecno Pova 4 Pro yang dirilis sebelumnya pada bulan Desember 2022.

Tecno Pova 5 Pro 5G

Tecno Pova 5 Pro 5G menampilkan desain futuristik dengan gaya 3D Mecha di bagian belakangnya. Bagian belakang ponsel juga dilengkapi dengan konsep Colorful LED Ambient Light Strip yang menampilkan sembilan warna RGB setiap kali ada notifikasi, panggilan telepon, atau saat baterai rendah. Tecno Pova 5 Pro 5G tersedia dalam tiga varian warna, yaitu Dark Illusion, Silver Fantasy, dan Free Fire Edition.

Dari segi performa, smartphone gaming ini menawarkan performa yang powerful dengan SoC (System on Chip) MediaTek Dimensity 6080 6 nanometer, RAM 8 GB LPDDR4X, dan penyimpanan internal 256 GB UFS 2.2. Ponsel ini juga dilengkapi dengan baterai 5000 mAh dan pengisian cepat 68W yang dapat mengisi daya 50% dalam waktu 15 menit.

Tecno Pova 5 Pro 5G juga memiliki konfigurasi Dual Camera di bagian belakangnya, dengan kamera utama 50 MP yang menurut penulis masih bisa bersaing di kelas harganya. Jadi, apa saja keunggulan dan kekurangan dari smartphone dengan harga Rp2 jutaan ini? Jika Anda penasaran dengan kemampuan Tecno Pova 5 Pro 5G, Anda dapat melihat beberapa poin kelebihan dan kekurangan serta spesifikasi dan harganya.

Kelebihan Tecno Pova 5 Pro 5G

Kelebihan Tecno Pova 5 Pro 5G

1. Tampilan Desain Futuristik

Secara desain, Tecno Pova Series dikenal karena tampilannya yang unik dan berbeda dari smartphone lainnya. Hal ini terus dipertahankan oleh Tecno Pova 5 Pro 5G. Ponsel ini memiliki tema mecha 3D di bagian belakangnya yang memberikan kesan futuristik ala robot. Bodi ponsel ini dirancang dengan teknologi engraving litografi nano-micro, yang menciptakan tekstur 3D yang menyerupai nuansa cahaya dan bayangan tiga dimensi.

Bagian belakang ponsel ini juga dilengkapi dengan konsep Colorful LED Ambient Light Strip yang menampilkan sembilan warna RGB setiap kali ponsel menerima notifikasi, ada panggilan telepon, atau saat baterai rendah.

Tecno Pova 5 Pro 5G juga menampilkan efek berkedip pada lampu LED flash saat sinkron dengan getaran ringtone, sehingga cahaya terlihat mengikuti suara ringtone. Saat diisi daya, bodi belakang ponsel akan menampilkan warna berbeda sesuai dengan tingkat baterai.

Meskipun dibanderol dengan harga Rp2 jutaan, bodi belakang ponsel ini menggunakan bahan material plastik polikarbonat. Ponsel ini memiliki dimensi 168,5 x 76,5 x 9 mm dan dilengkapi dengan sensor sidik jari di samping bodi yang terintegrasi dengan tombol power.

2. Layar Tajam dengan Resolusi Full HD+

Tecno Pova 5 Pro 5G dilengkapi dengan layar sentuh punch hole berukuran 6,78 inci dengan panel IPS (In-Plane Switching) LCD. Layar ini memiliki resolusi Full HD+ atau 1080 x 2460 piksel dengan kerapatan piksel mencapai 396 ppi (pixel per inch) pada aspek rasio 20:9. Layar ini juga memiliki kecerahan puncak mencapai 580 nits (typ).

Desain bezel ponsel ini tidak terlalu tebal dan mengganggu, dengan rasio layar ke bodi mencapai 84,7%.

Layar ini juga dilengkapi dengan refresh rate 120Hz yang smooth, serta touch sampling rate 360Hz yang imersif. Dengan angka tersebut, Anda dapat menikmati pergerakan animasi dengan lebih lancar dan mulus.

3. Performa Kencang di Kelasnya

Performa yang ditawarkan oleh Tecno Pova 5 Pro 5G sangat tangguh di kelasnya, berkat dukungan SoC (System on Chip) MediaTek Dimensity 6080 berfabrikasi 6 nanometer. SoC ini memiliki prosesor octa-core yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A76 berkecepatan 2,4 GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 berkecepatan 2,0 GHz. Ponsel ini juga dilengkapi dengan memori RAM 8 GB + extended RAM 8 GB, serta GPU (Graphics Processing Unit) Mali G57 MC2 yang memadai.

Tecno Pova 5 Pro 5G memiliki penyimpanan internal 256 GB UFS 2.2 dan slot microSD dedicated untuk ekspansi memori eksternal hingga 1 TB.

MediaTek Dimensity 6080 juga dilengkapi dengan teknologi gaming MediaTek HyperEngine 2.0, yang merupakan serangkaian optimasi perangkat untuk pengalaman gaming yang lancar, termasuk konektivitas yang lebih cepat dan pengelolaan CPU dan GPU yang cerdas.

Berdasarkan data dari NanoReview, chipset dengan fabrikasi 6 nanometer ini mencapai skor 405.746 poin pada AnTuTu v9. Selain itu, chipset ini juga mendapat skor Geekbench 5 sebesar 743 poin untuk single-core dan 1983 untuk multi-core.

4. Dukungan Fitur Vapor Chamber Cooling

Selain performa chipset, kemampuan dalam bermain game pada Tecno Pova 5 Pro 5G juga didukung oleh beberapa fitur pendukung gaming. Fitur ini merupakan peningkatan dari masalah yang sebelumnya menjadi isu.

Salah satu fitur yang mendukung adalah adanya Vapor Chamber Cooling yang lebih mumpuni. Vapor Chamber Cooling berukuran 1399.65 mm kubik dikombinasikan dengan Graphene heatsink 9349.39 mm kubik. Sistem pendingin ini juga dilengkapi pembuang panas hingga 10 lapisan, yang mengurangi suhu CPU lebih dari 5 derajat Celsius setiap reloading.

Tecno Pova 5 Pro 5G juga dilengkapi dengan aplikasi Game Space yang dapat meningkatkan pengalaman bermain game. Fitur-fitur seperti Hide Notification dan Incoming Call Reject memastikan pengguna dapat bermain game dengan nyaman tanpa gangguan dari notifikasi atau panggilan masuk.

5. Kamera Cukup Oke

Sisi fotografi dari Tecno Pova 5 Pro 5G masih menarik di kelasnya dengan dukungan dua kamera di sisi belakangnya. Kamera utamanya memiliki resolusi 50 MP dengan sensor Samsung ISOCELL JN1 1/2,76 inci 0,64um piksel dan bukaan aperture f/1,6. Kamera ini juga dilengkapi dengan fitur phase-detection autofocus dan dual LED flash.

Kamera kedua dari ponsel ini adalah kamera QVGA yang berfungsi sebagai depth sensor. Kombinasi dua kamera belakang ini mampu menghasilkan efek bokeh melalui mode portrait.

Bagian depan ponsel ini memiliki kamera selfie 16 MP dengan sensor BSI CMOS dan bukaan aperture f/2,0 fixed focus. Kamera belakang mampu merekam video hingga resolusi 1440p@30fps, sementara kamera selfie hanya mampu merekam pada resolusi 1080p@30fps.

6. Fast Charging 68W

Untuk kebutuhan dayanya, Tecno Pova 5 Pro 5G dilengkapi dengan baterai berkapasitas 5000 mAh, yang menurut penulisnya tidak menjadi masalah besar meskipun banyak smartphone di rentang harga Rp2 jutaan menawarkan kapasitas baterai yang sama.

Ponsel ini juga memiliki fitur pengisian cepat 68W Ultra Charge yang dapat mengisi daya 50% dalam waktu 15 menit. Pengisian daya dari kosong hingga penuh hanya membutuhkan waktu 45 menit.

Meskipun tidak memiliki fitur wireless charging dan reverse charging seperti Infinix Note 30 Pro, Tecno Pova 5 Pro 5G memiliki metode safe charging yang baik. Fitur bypass charging akan aktif saat baterai terisi penuh, sehingga daya listrik langsung diberikan ke motherboard. Hal ini dapat mengurangi suhu ponsel dan risiko kerusakan akibat penggunaan ponsel saat pengisian.

7. Kualitas Audio Impresif

Tecno Pova 5 Pro 5G menawarkan pengalaman suara yang impresif dengan fitur dual speaker atau stereo yang lantang. Speaker utamanya ditempatkan di bagian bawah, sementara speaker kedua ditempatkan di bagian atas bodi, bukan menyatu dengan earpiece.

Speaker tersebut didukung oleh fitur DTS dan Hi-Res yang mengurangi suara bising dan meningkatkan pengalaman bermain game atau menonton video.

8. Dukungan Konektivitas dan Sensor yang Lengkap

Keunggulan lain dari smartphone Tecno Pova 5 Pro 5G adalah konektivitas dan sensor yang lengkap. Dari segi konektivitas, pengguna dapat menikmati fitur NFC (Near Field Communication) yang memungkinkan pengisian saldo e-Money tanpa harus ke minimarket atau ATM.

Sementara itu, dari segi sensor, ponsel ini dilengkapi dengan fingerprint side-mounted, accelerometer, proximity, compass, dan gyroscope. Fitur Z-axis linear motor juga hadir untuk menambah getaran dan membuat pengalaman bermain game lebih nyata.

Kekurangan Tecno Pova 5 Pro 5G

Kekurangan Tecno Pova 5 Pro 5G

1. Tidak Ada Kamera Ultrawide

Sisi fotografi dari Tecno Pova 5 Pro 5G memang sudah sangat baik di kelasnya karena memberikan resolusi yang cukup besar. Namun, absennya sensor ultrawide pada ponsel ini bisa menjadi keputusan yang sulit dipahami. Tecno Mobile memilih untuk menggunakan sensor depth sebagai kamera keduanya. Padahal, saat ini banyak ponsel entry-level hingga mid-range yang sudah dilengkapi dengan sensor ultrawide, contohnya seperti Xiaomi Redmi 12 4G yang baru-baru ini dirilis di Indonesia.

Harga dan Spesifikasi Tecno Pova 5 Pro 5G

Spesifikasi 
  • Warna : Dark Illusion, Silver Fantasy, Free Fire Edition.
  • Dimensi : 168.5 x 76.5 x 9 mm.
  • Berat : 220 gram
  • Layar : IPS LCD, 1080 x 2460 piksel, 6.78 inci.
  • Chipset : Mediatek Dimensity 6080 (6 nm).
  • GPU : Mali-G57 MC2.
  • RAM : 8 GB + 8 GB RAM Virtual.
  • ROM : 256 GB.
  • OS : Android 13, HIOS 13.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, Fast Charging 68W.
  • Kamera Belakang : 50 MP + QVGA.
  • Kamera Depan : 16 MP.

Selengkapnya :

Tecno Pova 5 Pro 5G adalah salah satu ponsel pintar terbaru yang mendukung jaringan 5G, menawarkan performa tinggi di kelasnya dengan menggunakan System on Chip (SoC) MediaTek Dimensity 6080. Ponsel ini didukung oleh baterai berkapasitas 5000 mAh dengan teknologi pengisian cepat 68W yang dapat mengisi daya 50% dalam waktu 15 menit. Selain itu, ponsel ini dilengkapi dengan konfigurasi Dual Camera di bagian belakangnya, dengan kamera utama 50 MP yang mumpuni. Harga ponsel cerdas Tecno Pova 5 Pro 5G terbaru di Indonesia adalah Rp2.999.000 untuk varian RAM 8 GB dengan penyimpanan internal 256 GB.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.