Yuk, Cari Tahu 8 Kelebihan dan Kekurangan Tecno Pop 5 LTE!

Tecno Pop 5 LTE diperkenalkan pada Januari 2022 untuk mengisi pasar ponsel pemula di kelas harga sekitar Rp1 jutaan. Ponsel ini menarik perhatian dengan harga yang terjangkau. Dengan harga sekitar Rp1 jutaan, ponsel ini diminati oleh banyak orang, terutama pelajar yang membutuhkan ponsel untuk kegiatan sehari-hari.

Tecno Pop 5 LTE

Dengan harga sekitar Rp1.1 jutaan, Tecno Pop 5 LTE hadir dengan baterai besar 5.000 mAh, layar lebar, dan fitur lainnya. Dalam artikel ini, penulis akan membahas kelebihan dan kekurangan Tecno Pop 5 LTE, serta spesifikasi dan harganya.

Kelebihan Tecno Pop 5 LTE

Kelebihan Tecno Pop 5 LTE

1. Tampil dengan Desain Berkelas

Sebagian besar ponsel di kisaran harga Rp1 jutaan cenderung memiliki desain yang sederhana dan polos. Namun, Tecno Pop 5 LTE hadir dengan desain yang berbeda dari para pesaingnya untuk menarik perhatian konsumen agar tertarik untuk membeli ponsel ini. Ponsel ini memiliki desain yang trendi, terutama pada bagian belakang yang memiliki 2 pola yang berbeda.

Sebagian besar bagian belakang, kecuali sekitar 1/4 bagian yang sejajar dengan modul kamera, memiliki pola garis-garis diagonal. Selain itu, logo TECNO yang terletak di pojok kanan bawah memberikan kesan yang elegan meskipun ponsel ini memiliki harga yang terjangkau.

Tecno Pop 5 LTE memiliki dimensi 164,9 x 76,1 x 8,8 mm dan berat 195 gram. Selain itu, ponsel ini juga tersedia dalam 3 varian warna yang dapat dipilih oleh pengguna, yaitu Ice Blue, Deepsea, dan Turquoise Cyan.

2. Layar Besar 6,52 inci

Tecno Pop 5 LTE mengusung layar IPS LCD berukuran 6,52 inci dengan resolusi HD+ (720 x 1600 piksel). Penggunaan IPS LCD pada ponsel dengan harga Rp1 jutaan dianggap sudah sangat baik karena panel ini mampu menghasilkan tampilan dengan warna yang jernih dan sudut pandang yang cukup baik.

Dengan layar lebar berukuran 6,52 inci, pengguna akan merasa nyaman saat menggunakan ponsel ini untuk menonton film dan aktivitas lainnya. Ponsel ini juga dilengkapi dengan fitur autobrightness yang mendukung layarnya.

Fitur ini memungkinkan kecerahan layar dapat disesuaikan secara otomatis sesuai dengan pencahayaan di sekitarnya, baik itu di luar ruangan maupun di dalam ruangan. Layar ponsel ini memiliki kepadatan piksel 269 ppi, refresh rate 60 Hz, dan touch sampling rate 120 Hz.

3. Kamera

Tecno Pop 5 LTE memiliki dua kamera belakang, dengan kamera utama beresolusi 8 MP dan kamera sekunder berfungsi AI. Kamera belakang ini dilengkapi dengan fitur autofokus, lampu flash ganda, dan mampu merekam video hingga resolusi 1080p pada 30 fps.

Meskipun resolusi kamera utama hanya 8 MP, namun hasil fotonya masih cukup baik untuk kebutuhan fotografi. Selain kamera belakang, ponsel ini juga dilengkapi dengan kamera selfie beresolusi 5 MP yang juga dilengkapi dengan lampu flash.

4. Performa

Tecno Pop 5 LTE menggunakan SoC (System on Chip) Unisoc SC9863A yang dibuat dengan proses fabrikasi 28 nanometer. SoC ini memiliki 8 inti CPU Cortex A55, dengan 4 inti berjalan pada kecepatan 1,6 GHz dan 4 inti lainnya pada 1,2 GHz. Selain itu, SoC ini juga dilengkapi dengan GPU PowerVR IMG8322.

Meskipun SoC yang digunakan pada Tecno Pop 5 LTE tidak terlalu kuat untuk bermain game, ponsel ini sebenarnya tidak dirancang untuk gaming, melainkan untuk penggunaan sehari-hari seperti browsing dan media sosial.

Meskipun begitu, Anda masih dapat memainkan game seperti Mobile Legends dengan pengaturan grafis terendah agar game tersebut dapat berjalan lancar. Untuk game PUBG Mobile, Anda juga dapat memainkannya dengan pengaturan grafis yang lebih rendah.

5. Fingerprint

Pada kelas harga Rp1 jutaan, tidak banyak produsen smartphone yang menyertakan fitur keamanan tambahan, seperti sensor sidik jari. Sebagai gantinya, pengguna hanya dapat menggunakan pola, kata sandi, PIN, dan metode keamanan lainnya. Namun, Tecno Pop 5 LTE memiliki sensor sidik jari yang ditempatkan di bagian belakang bodi sebagai fitur keamanan tambahan.

6. Baterai Besar

Baterai berkapasitas besar 5.000 mAh menjadi salah satu keunggulan utama dari Tecno Pop 5 LTE. Dengan kapasitas ini, baterai ponsel dapat diandalkan untuk digunakan seharian penuh. Pengguna dapat membawa ponsel ini saat bepergian tanpa khawatir kehabisan baterai.

Namun, Tecno Pop 5 LTE tidak dilengkapi dengan fitur fast charging, sehingga proses pengisian daya dari kosong hingga penuh membutuhkan waktu yang cukup lama. Oleh karena itu, disarankan untuk mengisi daya ponsel saat malam hari sebelum tidur.

Kekurangan Tecno Pop 5 LTE

Kekurangan Tecno Pop 5 LTE

1. Penyimpanan yang Terbatas

Tecno Pop 5 LTE dilengkapi dengan RAM 2 GB dan penyimpanan internal 32 GB, konfigurasi ini kurang ideal untuk smartphone saat ini. Dengan RAM 2 GB, pengguna mungkin akan mengalami keterbatasan saat membuka banyak aplikasi secara bersamaan, yang dapat menyebabkan kinerja lambat atau lag. Oleh karena itu, ponsel ini tidak cocok untuk bermain game yang membutuhkan kinerja tinggi.

Meskipun demikian, kapasitas penyimpanan internal 32 GB tidak menjadi masalah karena ponsel ini memiliki slot microSD yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan lebih banyak file seperti foto, video, musik, aplikasi, dan lainnya.

2. Port microUSB

Port dari Tecno Pop 5 LTE masih menggunakan microUSB, bukan USB Type-C seperti kebanyakan smartphone modern. Hal ini membuat Anda harus memperhatikan arah penyambungan saat mengisi daya. Meskipun demikian, hal ini dapat dimaklumi mengingat ponsel ini dibanderol dengan harga di bawah Rp1 jutaan.

Harga dan Spesifikasi Tecno Pop 5 LTE

Spesifikasi 
  • Warna : Ice Blue, Deepsea, dan Turquoise Cyan.
  • Dimensi : 164.9 x 76.1 x 8.8 mm.
  • Berat : 195 gram
  • Layar : IPS LCD, 720 x 1600 piksel, 6.52 inci.
  • Chipset : Unisoc SC98632 (28 nm).
  • GPU : IMG8322.
  • RAM : 2 GB.
  • ROM : 32 GB.
  • OS : Android 11, HIOS 7.6.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh.
  • Kamera Belakang : 8 MP.
  • Kamera Depan : 5 MP.

Selengkapnya :

Berdasarkan informasi dari berbagai sumber terpercaya, Tecno Pop 5 LTE dijual dengan harga Rp1.249.000 untuk varian RAM 2 GB dan penyimpanan internal 32 GB. Selain itu, ponsel ini juga disertakan dengan hardcase dan pelindung layar dalam kotak penjualannya.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.