Ini 11 Kelebihan dan Kekurangan Tecno Camon 20 Pro, HP Murah Spek Dewa!

Baru-baru ini, Tecno Mobile meluncurkan Seri Tecno Camon 20 di pasar Indonesia pada 6 Juli 2023. Beberapa model dalam seri ini adalah Tecno Camon 20 Pro, Tecno Camon 20 Pro 5G, dan Tecno Camon 20 Premier 5G. Tecno Camon 20 Pro adalah varian terendah dalam seri ini, namun memiliki tampilan bodi yang menarik. Ponsel kelas menengah ini dilengkapi dengan kamera utama 64 MP dengan fitur RGBW untuk hasil foto yang cerah.

Tecno Camon 20 Pro

Dari segi performa, Tecno Camon 20 Pro ditenagai oleh SoC (System on Chip) MediaTek Helio G99 octa-core prosesor yang powerful, dengan RAM 8 GB dan memori internal 256 GB. Ponsel ini juga dilengkapi dengan layar AMOLED dan refresh rate 120Hz yang membuatnya responsif dan imersif.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang kelebihan, kekurangan, spesifikasi, dan harga Tecno Camon 20 Pro, mari kita simak ulasannya.

Kelebihan Tecno Camon 20 Pro

Tecno Camon 20 Pro

1. Desain Bodi Unik dan Khas

Dari segi desain, Tecno Camon 20 Pro memiliki desain bodi belakang yang khas dengan housing kamera berbentuk segi lima. Desain housing kamera ini pertama kali diperkenalkan oleh Tecno POVA 4 Pro setahun sebelumnya, namun Tecno Camon 20 Pro menghadirkan beberapa modifikasi yang membuatnya terlihat berbeda.

Selain housing kamera yang unik, smartphone kelas menengah ini juga memiliki desain bangun geometris yang disusun secara acak, menyerupai kepingan-kepingan puzzle. Dengan konsep Autostereoscopic Glittering Mirror, smartphone ini memiliki tampilan yang berkilau dari setiap sudut.

Tecno Camon 20 Pro memiliki dimensi 163,4 x 76,7 x 8,2 mm dan berat 188 gram. Smartphone ini tersedia dalam dua varian warna, yaitu Predawn Black dan Serenity Blue. Selain itu, ponsel ini juga sudah memiliki sertifikasi IP53, menjadikannya tahan terhadap tetesan air.

2. Layar AMOLED dengan Refresh Rate 120Hz

Smartphone kelas menengah Tecno Camon 20 Pro dilengkapi dengan layar sentuh punch hole berukuran 6,67 inci dengan rasio aspek 20:9. Layar ini menggunakan panel AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) dengan resolusi 1080 x 2400 piksel, yang memberikan kerapatan piksel hingga 395 ppi (pixel per inch) dan fitur Always-on display.

Dengan panel AMOLED, layar ini dapat menampilkan cahaya secara organik tanpa menggunakan backlight, sehingga warna hitam pada layar terlihat lebih pekat dan konsumsi daya lebih rendah. Selain itu, layar ini juga memiliki refresh rate 120Hz, yang membuat animasi dan game terlihat lebih halus dibandingkan dengan refresh rate 90Hz atau 60Hz.

Tecno Camon 20 Pro juga dilengkapi dengan sensor pemindai sidik jari di dalam layar atau in-display fingerprint yang responsif dan cepat berkat layar AMOLED.

3. Performa Cukup Oke di Kelasnya

Tecno Camon 20 Pro memiliki performa yang handal berkat SoC (System on Chip) MediaTek Helio G99 MT8781 dengan fabrikasi 6 nanometer. Chipset ini mengusung prosesor octa-core yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A76 dengan kecepatan 2,2 GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 dengan kecepatan 2 GHz. Dipadukan dengan RAM 8 GB LPDDR4X dan GPU Mali-G57 MC2 yang memadai.

Smartphone kelas menengah ini juga memiliki penyimpanan internal sebesar 256 GB yang tidak dapat diperluas dengan slot microSD. Fitur HyperEngine 2.0 Lite membantu mengoptimalkan kinerja ponsel dengan cara mengalokasikan sumber daya secara efisien, termasuk membuat koneksi internet lebih stabil saat bermain game.

MediaTek Helio G99 juga dikenal sebagai salah satu chipset 4G yang tangguh untuk memainkan game Genshin Impact, sebuah game open-world yang cukup berat. Dengan mengatur pengaturan grafis pada level Low atau Lowest, ponsel ini mampu memberikan performa yang lancar tanpa lag, dengan frame rate mencapai 30fps.

4. Baterai 5000 mAh dengan Fast Charge 33W

Untuk mendukung kebutuhan daya, Tecno Camon 20 Pro dilengkapi dengan baterai berkapasitas 5000 mAh yang cukup tahan lama. Hal ini didukung oleh SoC (System on Chip) MediaTek Helio G99 dengan fabrikasi 6 nanometer yang tidak hanya memiliki performa yang baik, tetapi juga efisiensi daya yang tinggi. Selain itu, penggunaan panel layar AMOLED juga turut berkontribusi dalam meningkatkan efisiensi daya.

Tecno juga menyediakan beberapa fitur menarik untuk meningkatkan daya tahan baterai seperti Long Duration Mode, Super Power Saving Mode, dan AI Smart Charge. Long Duration Mode membantu memperpanjang daya tahan baterai hingga 1 jam lebih lama, sementara Super Power Saving Mode dapat membuat baterai bertahan hingga 10 jam lebih lama. Ponsel ini juga dilengkapi dengan fitur pengisian cepat 33W melalui port USB Type-C.

5. Kamera Utama 64MP dengan RGBW

Tecno Camon 20 Pro menawarkan kemampuan fotografi yang menakjubkan dengan tiga kamera belakang. Kamera utamanya memiliki resolusi 64 MP dengan bukaan aperture f/1.7, focal length 25mm (wide), 1/7 inci 0.8um piksel, dan fitur phase-detection autofocus.

Kamera kedua memiliki resolusi 2 MP sebagai depth sensor dengan bukaan aperture f/2.4, sementara kamera ketiga memiliki resolusi QVGA.

Di bagian depan, terdapat kamera selfie 32 MP dengan bukaan aperture f/2.5 dan fitur Dual-LED flash. Kedua kamera, baik belakang maupun depan, mampu merekam video hanya pada resolusi 1080p@30fps.

Kamera utama ini juga dilengkapi dengan filter RGBW (red, green, blue, and white) untuk menghasilkan foto dengan detail yang lebih baik daripada filter RGB biasa.

Fitur Portrait Master juga hadir pada kamera selfie untuk meningkatkan akurasi foto wajah. Fitur ini mencakup 319 titik face positioning, 1000 poin face 3D feature, dan lebih dari 50 juta gambar sampel untuk meningkatkan akurasi kamera.

6. Dukungan Fitur NFC

Fitur NFC (Near Field Communication) kini bukan lagi eksklusif untuk ponsel kelas flagship, tetapi telah menjadi standar pada ponsel kelas entry-level hingga mid-range, termasuk Tecno Camon 20 Pro.

Dengan NFC (Near Field Communication), pengguna dapat dengan mudah mengisi saldo eMoney dengan cara membuka aplikasi dan menempelkan kartu ke bagian belakang bodi Tecno Camon 20 Pro. Fitur ini juga memudahkan pengguna kendaraan roda dua hingga roda empat saat membayar tol atau parkir.

7. Ada Stereo Speaker dan 3.5mm Jack Audio

Salah satu fitur menarik dari Tecno Camon 20 Pro adalah kehadiran dual stereo speaker dengan teknologi high bass synergy dan sertifikasi Hi-Res Audio. Fitur ini meningkatkan pengalaman menonton film, mendengarkan musik, dan bermain game menjadi lebih menyenangkan.

Selain itu, untuk privasi yang lebih baik, pengguna dapat menggunakan earphone reguler melalui port 3.5mm jack audio yang disediakan oleh ponsel ini.

8. Jaminan Update Sistem Operasi

Tecno Camon 20 Pro diluncurkan dengan Android 13 yang dipadukan dengan antarmuka HiOS 13. Android 13 merupakan versi terbaru yang menawarkan performa yang lebih lancar. Android 13 membawa sejumlah fitur baru seperti multi-tasking yang lebih baik, peningkatan keamanan, desain yang lebih baik, dan pengalaman penggunaan yang lebih menyenangkan dibandingkan Android 12.

Tecno Camon 20 Pro juga dijanjikan akan mendapatkan pembaruan sistem operasi hingga Android 14 Beta melalui over-the-air (OTA). Android 14 Beta diharapkan membawa peningkatan pada keamanan privasi, fitur antarmuka yang lebih baik, dan pengalaman pengguna secara keseluruhan.

Kekurangan Tecno Camon 20 Pro

Kekurangan Tecno Camon 20 Pro

1. Tanpa Anti Gores

Desain Tecno Camon 20 Pro memang sangat berbeda dan memiliki estetika yang menarik. Namun, untuk melindungi layarnya, disarankan untuk menggunakan tempered glass atau antigores tambahan.

Hal ini dikarenakan ponsel kelas menengah dari Tecno Mobile ini tidak dilengkapi dengan perlindungan antigores dari Corning Gorilla Glass atau sejenisnya.

2. Tidak Ada Jaringan 5G

Salah satu kekurangan dari Tecno Camon 20 Pro adalah ketiadaan dukungan untuk jaringan 5G. Meskipun jaringan 5G belum sepenuhnya optimal di Indonesia saat ini, namun hal ini cukup disayangkan mengingat harga smartphone sekelas ini.

Jika suatu saat nanti jaringan 5G telah merata di Indonesia dan jaringan 4G sudah semakin jarang digunakan, pengguna mungkin perlu membeli smartphone baru yang mendukung jaringan 5G untuk mendapatkan pengalaman penggunaan yang lebih optimal.

3. Lensa Ultrawide Absen

Tecno Camon 20 Pro menawarkan fotografi yang sangat baik untuk kelasnya dengan resolusi kamera utama yang tinggi. Namun, kekurangannya adalah tidak adanya sensor ultrawide, yang bisa menjadi hal yang memengaruhi keputusan. Tecno Mobile Indonesia memilih untuk menggunakan sensor kedalaman sebagai kamera kedua dan QVGA sebagai kamera ketiga, meskipun saat ini banyak ponsel entry-level hingga mid-range yang sudah dilengkapi dengan sensor ultrawide.

Harga dan Spesifikasi Tecno Camon 20 Pro

Spesifikasi 
  • Warna : Predawn Black, Serenity Blue.
  • Dimensi : 162.72 x 75.95 x 8.12mm.
  • Berat : 188 gram.
  • Layar : AMOLED, 1080 x 2400 piksel, 6.67 inci.
  • Chipset : Mediatek MT8781 Helio G99 (6nm).
  • GPU : Mali-G57 MC2.
  • RAM : 8 GB.
  • ROM : 256 GB.
  • OS : Android 13, HiOS 13.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, non-removable, 33W wired.
  • Kamera Belakang : 64 MP + 2 MP +  QVGA.
  • Kamera Depan : 32 MP.

Selengkapnya :

Tecno Camon 20 Pro adalah smartphone 4G terbaru yang cukup powerful di kelasnya, dengan dukungan SoC (System on Chip) MediaTek Helio G99 octa-core dan layar AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) dengan refresh rate 120Hz yang imersif. Selain itu, ponsel ini juga dilengkapi dengan kamera utama 64 MP RGBW dan kamera selfie 32 MP yang cukup memadai.

Harga smartphone Tecno Camon 20 Pro terbaru di Indonesia adalah Rp3.099.000 untuk varian RAM 8 GB dan penyimpanan internal 256 GB.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.