Yuk Ketahui 11 Kelebihan dan Kekurangan Tecno Camon 20 Pro 5G

Setelah berhasil meluncurkan Tecno Camon 20 Pro reguler dan Tecno Camon 20 Premier 5G pada bulan Juli 2023 lalu, akhirnya smartphone Tecno Camon 20 Pro 5G dari seri Camon 20 resmi hadir di pasar Indonesia pada 12 September 2023.

Tecno Camon 20 Pro 5G

Seri ini merupakan varian di tengah-tengah, karena Tecno Camon 20 Pro 5G memiliki spesifikasi yang mirip dengan seri reguler dan premier, seperti desain yang masih mirip dengan varian premier. Perbedaannya terletak pada kamera belakang, di mana varian Pro 5G ini lebih mirip dengan varian reguler dengan kamera utama berkekuatan 64 MP.

Dari segi performa, Tecno Camon 20 Pro 5G dianggap cukup kompeten di kelas harganya dengan dukungan SoC (System on Chip) MediaTek Dimensity 8050 5G octa-core prosesor, RAM 8 GB, dan penyimpanan internal 512 GB. Selain itu, ponsel ini memiliki layar sentuh punch hole berukuran 6,67 inci dengan panel AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode), refresh rate 120Hz, dan touch sampling rate 360Hz yang memberikan pengalaman visual yang imersif.

Tidak hanya itu, smartphone ini juga memiliki kelebihan lain di berbagai sektor. Dalam artikel ini, akan diulas beberapa kelebihan dan kekurangan Tecno Camon 20 Pro 5G beserta spesifikasi dan harga yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli.

Kelebihan Tecno Camon 20 Pro 5G

Kelebihan Tecno Camon 20 Pro 5G

1. Tampilan Desain yang Aesthetics

Secara desain, smartphone Tecno Camon 20 Pro 5G hadir dengan desain yang unik karena housing kamera yang tak biasa, serta bahan material yang premium menjadi salah satu keunikannya tersendiri. Desain ini dinamai Masterful Aesthetics, terlihat dari housing kamera yang membentuk ruang bangun segi lima yang unik dan khas. Bentuk ini mengikuti garis-garis berpola di bagian bodi layarnya, yang membentuk sebuah Tyson Polygon Deconstruction Aesthetics.

Sisi estetika yang dimiliki oleh ponsel ini sangat kental karena Tecno Mobile mengkombinasikan antara estetika dan avant-garde fashion, menjadi identitas keunikan. Bahkan, pengguna dapat mengenali smartphone ini hanya dengan melihat desain belakangnya.

Tecno Camon 20 Pro 5G menawarkan dua varian warna, yakni Predawn Black dan Serenity Blue, yang tampil cantik dan cocok dengan tekstur kulit di bagian penutup belakangnya. Selain fokus pada sisi estetika, ponsel ini juga memperhatikan kenyamanan pengguna dengan menggunakan bahan material lychee pattern leather. Material ini memiliki tekstur kulit premium dan nyaman saat bersentuhan dengan tangan.

Tecno Camon 20 Pro 5G juga sudah mengantongi sertifikasi IP53 yang membuatnya tahan terhadap tetesan air, mirip dengan beberapa seri Tecno Camon 20 Series lainnya.

2. Layar AMOLED Full HD+ 120Hz

Smartphone mid-range premium Tecno Camon 20 Pro 5G dilengkapi dengan layar sentuh punch hole berukuran 6,67 inci dengan aspek rasio 20:9. Layar ini menggunakan panel AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) dengan resolusi Full HD+ atau 1080 x 2460 piksel, menawarkan kerapatan piksel sebesar 395 ppi (pixel per inch), dan dilengkapi fitur Always-on display.

Layar tersebut juga mampu menghasilkan color gamut dengan Cinema-grade P3 yang memanjakan mata dengan kecerahan puncak mencapai 700 nits. Tak hanya itu, layar pada Tecno Camon 20 Pro 5G juga sudah mengusung touch sampling rate 360Hz untuk performa layar sentuh yang responsif, dan refresh rate 120Hz yang mampu menampilkan animasi game yang lebih mulus.

Ukuran layar yang lebar cocok digunakan untuk bermain game atau menonton streaming. Desain bezel yang tipis di semua sisi juga membuat rasio layar ke bodi mencapai angka 87,0%, sehingga layarnya terlihat lebih luas dan nyaman digunakan.

3. Performa Tangguh di Kelasnya

Performa yang ditawarkan oleh Tecno Camon 20 Pro 5G cukup memadai di kelasnya dengan dukungan SoC (System on Chip) MediaTek Dimensity 8050 berfabrikasi 6 nanometer yang mengusung octa-core prosesor yang terdiri dari single-core ARM Cortex-A78 berkecepatan 3,0 GHz, triple-core ARM Cortex-A78 berkecepatan 2,8 GHz, dan quad-core ARM Cortex-A55 berkecepatan 2,0 GHz. Ponsel ini juga memiliki RAM sebesar 8 GB LPDDR4X, serta GPU Mali-G77 MC9 yang mumpuni.

Meskipun ponsel ini mampu meraih skor Geekbench 5 yang baik, ponsel ini sebenarnya tidak ditujukan untuk gaming berat. Sistem pendingin yang kurang baik membuatnya cenderung mengalami throttle saat bermain game berat seperti Honkai Star Rail. Namun, untuk game ringan seperti Mobile Legends, ponsel ini mampu memberikan frame rate yang tinggi.

Menurut pengujian yang dilakukan oleh Plou di kanal YouTube-nya, Tecno Camon 20 Pro 5G meraih skor 719.609 poin pada pengujian AnTuTu v10. Di video tersebut, ponsel ini mampu menjalankan game Genshin Impact dengan lancar pada pengaturan Highest 60 FPS.

4. Baterai Besar dan Awet

Tecno Camon 20 Pro 5G dilengkapi dengan baterai berkapasitas 5000 mAh yang cukup awet, berkat SoC (System on Chip) MediaTek Dimensity 8050 yang efisien. Selain performanya yang memadai, chipset ini juga memiliki efisiensi daya yang baik. Panel layar AMOLED yang digunakan juga turut membantu dalam meningkatkan daya tahan baterai.

Dalam penggunaan sehari-hari tanpa bermain game, Tecno Camon 20 Pro 5G dapat bertahan hingga seharian penuh, sekitar 6 jam. Namun, jika digunakan untuk bermain game, durasi penggunaan bisa berkurang menjadi sekitar 4-5 jam.

Selain memiliki daya tahan baterai yang baik, ponsel ini juga dilengkapi dengan fitur pengisian cepat 33W, yang cukup umum di kelas menengah. Dengan pengisian cepat ini, ponsel dapat terisi dari 20% hingga 100% dalam waktu 1 jam 15 menit. Pengguna juga dapat menggunakan mode AI Smart Charge untuk menjaga kesehatan baterai.

5. Kamera Memukau, Ada OIS

Tecno Camon 20 Pro 5G menawarkan kemampuan fotografi yang mengagumkan dengan tiga kamera belakang. Kamera utamanya memiliki resolusi 64 MP dengan bukaan f/1.7, focal length 25mm (wide), dan didukung oleh fitur phase-detection autofocus. Kamera kedua adalah kamera makro 2 MP dengan bukaan f/2.4, sementara kamera ketiga adalah depth sensor 2 MP dengan bukaan f/2.4.

Di bagian depan, terdapat kamera selfie 32 MP dengan bukaan f/2.5 dan dilengkapi dengan fitur Dual-LED flash. Kamera belakang mampu merekam video hingga resolusi 4K@30fps, sementara kamera depan hanya mampu merekam pada resolusi 1080p@30fps.

Kamera utama juga dilengkapi dengan filter RGBW (red, green, blue, and white) yang dapat menghasilkan detail foto yang lebih menakjubkan. Fitur Portrait Master pada kamera selfie menggunakan teknologi yang mencakup 319 titik face positioning, 1000 poin face 3D feature, dan lebih dari 50 juta gambar sampel untuk penyesuaian akurasi kamera.

6. Ada Stereo Speaker

Tecno Mobile juga menyematkan kualitas suara yang baik pada smartphone kelas menengah terbarunya. Kini, banyak perangkat mid-range yang menawarkan speaker stereo, dan Tecno Camon 20 Pro 5G adalah salah satunya.

Dengan konfigurasi speaker stereo, suara keluar dari speaker grille di bagian bawah dan juga dari earpiece. Hasilnya, suara yang dihasilkan cukup baik kualitasnya, terdengar cukup lantang, dan tetap jelas meskipun di lingkungan yang bising.

Bahkan, suaranya tetap menghasilkan bass yang memuaskan sehingga lagu yang diputar menjadi lebih imersif tanpa perlu menggunakan earphone.

7. Punya Storage Paling Besar di Kelasnya

Performa dari Tecno Camon 20 Pro 5G tidak hanya bergantung pada chipset-nya. Ada faktor lain yang juga berkontribusi dalam menghasilkan performa impresif, salah satunya adalah kapasitas RAM dan memori internal.

Sebagai model tengah dalam serinya, Tecno Camon 20 Pro 5G dilengkapi dengan penyimpanan internal terbesar, yaitu 512 GB. Untuk kelas harganya, tidak ada smartphone lain yang menawarkan storage sebesar itu, setidaknya untuk tahun 2023.

Sementara itu, RAM yang disematkan memiliki kapasitas 8 GB LPDDR4X. Fitur MemFusion juga mendukung untuk memperluas kapasitas RAM hingga 8 GB, sehingga pengguna akan mendapatkan total kapasitas RAM sebesar 16 GB.

8. Ada Fitur NFC

Fitur NFC (Near Field Communication) kini sudah umum digunakan oleh smartphone di kelas entry-level sampai mid-range, termasuk Tecno Camon 20 Pro 5G.

Dengan NFC, pengguna dapat mengisi saldo eMoney dengan mudah. Cukup membuka aplikasi dan menempelkan kartu ke bagian belakang bodi Tecno Camon 20 Pro 5G. Fitur ini juga memudahkan pengendara roda dua hingga roda empat saat melalui tol maupun parkir.

9. Fingerprint Under Display dan Sensor Lengkap

Tecno Camon 20 Pro 5G dilengkapi dengan sensor-sensor yang cukup lengkap. Selain sensor fingerprint yang terintegrasi dalam layar untuk membuka ponsel dengan cepat, ponsel ini juga dilengkapi dengan sensor gyroscope yang memungkinkan pengguna menentukan arah dengan hanya menggerakkan ponsel. Sensor gyroscope ini juga berguna saat bermain game seperti PUBG Mobile, Call Of Duty Mobile, dan lainnya.

Selain itu, Tecno Camon 20 Pro 5G juga dilengkapi dengan sensor accelerometer, proximity, dan compass untuk mendukung fungsi dan pengalaman pengguna yang lebih baik.

10. Jaminan Update Sistem Operasi

Tecno Camon 20 Pro 5G diluncurkan dengan Android 13 yang berjalan di atas antarmuka HiOS 13. Android 13 merupakan versi terbaru yang menawarkan performa yang lebih mulus. Secara umum, Android 13 membawa fitur multi-tasking, peningkatan keamanan, desain yang lebih baik, dan pengalaman pengguna yang lebih baik daripada Android 12.

Saat ini, Tecno Camon 20 Pro 5G akan menerima pembaruan sistem operasi ke Android 14 Beta melalui OTA. Android 14 Beta ini akan membawa peningkatan dalam keamanan privasi, antarmuka pengguna, dan pengalaman pengguna secara keseluruhan.

Kekurangan Tecno Camon 20 Pro 5G

Kelebihan Tecno Camon 20 Pro 5G

1. Tidak Ada Lensa Ultrawide

Kualitas fotografi dari Tecno Camon 20 Pro 5G memang sangat baik untuk kelasnya, terutama karena resolusinya yang tinggi. Namun, kekurangan sensor ultrawide pada ponsel ini dapat menjadi keputusan penentu. Tecno Mobile Indonesia memilih untuk menyertakan kamera macro dan depth sensor sebagai pengganti sensor ultrawide. Meskipun demikian, banyak ponsel entry-level hingga mid-range saat ini yang sudah dilengkapi dengan sensor ultrawide.

Harga dan Spesifikasi Tecno Camon 20 Pro 5G

Spesifikasi 
  • Warna : Predawn Black dan Serenity Blue.
  • Dimensi : 162.7 x 75.9 x 7.8 mm.
  • Berat : -.
  • Layar : AMOLED, 1080 x 2400 piksel, 6.67 inci.
  • Chipset : Mediatek Dimensity 8050 (6 nm).
  • GPU : Mali-G77 MC9.
  • RAM : 8 GB.
  • ROM : 512 GB.
  • OS : Android 13, HiOS 13.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, non-removable, 33W wired.
  • Kamera Belakang : 64 MP + 2 MP + 2 MP.
  • Kamera Depan : 32 MP.

Selengkapnya :

Tecno Camon 20 Pro 5G adalah salah satu smartphone terbaru yang mendukung jaringan 5G. Smartphone ini menawarkan performa yang handal berkat dukungan SoC (System on Chip) MediaTek Dimensity 8050 dan memiliki memori internal terbesar di kelasnya, yaitu 512 GB. Selain performa yang kencang, ponsel ini dilengkapi dengan Triple Camera 64 MP dan kamera depan 32 MP yang cukup powerful.

Harga smartphone Tecno Camon 20 Pro terbaru di Indonesia adalah Rp4.299.000 dengan RAM 8 GB dan penyimpanan internal 256 GB. Smartphone ini dapat dibeli secara daring maupun luring melalui e-commerce resmi Tecno seperti Shopee, Akulaku, Lazada, dan TikTok Shop. Selain itu, ponsel ini juga tersedia di toko offline Erafone terdekat.

Sebagai bonus menarik, setiap pembelian di toko offline Erafone akan mendapatkan hadiah gratis berupa portable speaker senilai Rp300 ribu. Tecno Camon 20 Pro 5G hadir dalam dua pilihan warna, yaitu Predawn Black dan Serenity Blue.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.