Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan Tecno Camon 20 Premier 5G

Baru-baru ini, Tecno Mobile meluncurkan Seri Tecno Camon 20 di pasar Indonesia pada 6 Juli 2023. Beberapa model dalam seri ini adalah Tecno Camon 20 Pro, Tecno Camon 20 Pro 5G, dan Tecno Camon 20 Premier 5G. Seri Tecno Camon 20 Premier 5G ini merupakan varian tertinggi dalam seri tersebut. Smartphone ini menawarkan spesifikasi dan kemampuan yang paling unggul dibandingkan dengan model lainnya. Salah satunya adalah kamera ultrawide 108 MP yang dilengkapi dengan sensor-shift OIS (Optical Image Stabilization) di kamera utama, serta performa yang tangguh dengan memori internal terluas di kelasnya.

Tecno Camon 20 Premier 5G

Tecno Camon 20 Premier 5G ini ditenagai oleh SoC (System on Chip) MediaTek Dimensity 8050 5G octa-core prosesor, dipadukan dengan RAM 8 GB dan penyimpanan internal 512 GB. Smartphone ini juga dilengkapi dengan layar sentuh punch hole berukuran 6,67 inci dengan panel AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode), refresh rate 120Hz, dan touch sampling rate 360Hz untuk pengalaman pengguna yang lebih imersif.

Selain itu, smartphone ini juga memiliki kelebihan lain di berbagai sektor. Dalam artikel ini, kami akan merangkum beberapa kelebihan dan kekurangan Tecno Camon 20 Premier 5G beserta spesifikasi dan harganya, yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli.

Kelebihan Tecno Camon 20 Premier 5G

Kelebihan Tecno Camon 20 Premier 5G

1. Tampilan Desain Bodi Aesthetics

Dalam hal desain, smartphone mainstream Tecno Camon 20 Premier 5G memiliki desain yang unik dengan housing kamera yang tidak biasa, serta menggunakan bahan material premium yang menjadi salah satu keunikannya. Desain ini disebut sebagai Masterful Aesthetics, dengan housing kamera yang membentuk ruang bangun segi lima yang unik dan khas, mengikuti garis-garis berpola di bagian bodi layar. Garis-garis tersebut membentuk sebuah estetika Tyson Polygon Deconstruction.

Estetika ponsel ini sangat kuat, dengan kombinasi antara estetika dan mode avant-garde. Hal ini menjadi identitas yang unik, dan pengguna dapat dengan mudah mengenali smartphone ini hanya dengan melihat desain belakangnya.

Tecno Camon 20 Premier 5G ini hadir dalam dua varian warna di Indonesia, yaitu Serenity Blue dan Dark Welkin, yang cocok dengan tekstur kulit di bagian penutup belakangnya. Selain fokus pada estetika, ponsel ini juga memperhatikan kenyamanan pengguna dengan menggunakan bahan material lychee pattern leather yang memiliki tekstur kulit premium dan nyaman saat digenggam.

Seperti beberapa model Tecno Camon 20 Series lainnya, Tecno Camon 20 Premier 5G juga memiliki sertifikasi IP53 yang membuatnya tahan terhadap tetesan air.

2. Panel AMOLED dengan Refresh Rate 120Hz

Smartphone kelas menengah premium Tecno Camon 20 Premier 5G dilengkapi dengan layar sentuh punch hole berukuran 6,67 inci dengan rasio aspek 20:9. Layar ini menggunakan panel AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) dengan resolusi Full HD+ atau 1080 x 2460 piksel, yang menawarkan kerapatan piksel sebesar 395 ppi (pixel per inch) dan fitur Always-on display.

Layar tersebut juga dapat menghasilkan color gamut dengan Cinema-grade P3, memberikan kecerahan puncak hingga 700 nits. Selain itu, layar Tecno Camon 20 Premier 5G juga memiliki touch sampling rate 360Hz untuk responsivitas layar sentuh yang baik, dan refresh rate 120Hz untuk animasi game yang lebih mulus.

Ukuran layar yang luas membuatnya cocok untuk bermain game atau menonton streaming. Desain bezel yang tipis di semua sisi juga menambah kesan luas layar, dengan rasio layar ke bodi mencapai 88,1%. Hal ini membuat pengalaman penggunaan layar menjadi lebih nyaman.

3. Performa Cukup Tangguh

Tecno Camon 20 Premier 5G dilengkapi dengan chipset terbaru dari MediaTek, yaitu Dimensity 8050, yang pertama kali digunakan pada ponsel ini. Meskipun disebut sebagai chipset baru, sebenarnya Dimensity 8050 adalah produk rebranding dari chipset sebelumnya, Dimensity 1300. Chipset ini dirancang dengan proses fabrikasi 6 nanometer, menunjukkan daya tahan dayanya yang baik. Dari segi performa, chipset ini memiliki octa-core prosesor yang terbagi menjadi tiga klaster.

Klaster pertama terdiri dari single-core ARM Cortex-A78 dengan kecepatan 3,0 GHz. Klaster kedua terdiri dari triple-core ARM Cortex-A78 dengan kecepatan 2,6 GHz, yang merupakan core performa. Sedangkan klaster terakhir adalah quad-core ARM Cortex-A55 dengan kecepatan 2,0 GHz, yang bertugas untuk efisiensi daya.

Selain itu, SoC (System on Chip) MediaTek Dimensity 8050 juga dilengkapi dengan pengolah grafis yang memadai, yaitu GPU (Graphics Processing Unit) Mali-G77 MC9 dengan sembilan core.

4. Penyimpanan Luas

Performa dari Tecno Camon 20 Premier 5G tidak hanya bergantung pada chipsetnya, tetapi juga dipengaruhi oleh kapasitas RAM dan memori internalnya. Sebagai varian tertinggi dalam serinya, Tecno Camon 20 Premier 5G dilengkapi dengan penyimpanan internal sebesar 512 GB, yang merupakan yang terbesar dalam kelas harganya pada tahun 2023.

Selain itu, ponsel ini juga memiliki RAM sebesar 8 GB LPDDR4X, dengan fitur MemFusion yang memperluas kapasitas RAM hingga 8 GB lagi, sehingga total kapasitas RAM yang bisa dinikmati pengguna adalah 16 GB.

5. Kamera Memukau, Ada OIS

Dari segi fotografi, Tecno Camon 20 Premier 5G dilengkapi dengan Triple Camera di bagian belakangnya. Kamera utamanya memiliki resolusi 50 MP dengan bukaan aperture f/1.8 dan ukuran sensor 1/1.5 inci, serta menggunakan sensor-shift OIS (Optical Image Stabilization) yang pertama kali diperkenalkan pada iPhone 12 Pro Max. Sensor ini membantu menghasilkan gambar yang lebih baik dengan mengurangi guncangan. Kamera utama ini juga mendukung RGBW Pro ultra steady camera.

Selain kamera utama, ponsel ini juga dilengkapi dengan kamera ultrawide 108 MP dengan bukaan aperture f/2.2 dan FoV (Field of View) 115 derajat. Terakhir, terdapat kamera makro 2 MP dengan bukaan aperture f/2.4.

Untuk kamera depan atau selfie, Tecno Camon 20 Premier 5G memiliki kamera 32 MP dengan bukaan aperture f/2.5 yang dilengkapi dengan Dual-LED flash. Untuk perekaman video, kamera belakangnya mampu merekam video dengan resolusi 4K@30fps, sementara kamera depannya hanya mampu merekam video dengan resolusi 1080p@30fps.

6. Baterai Awet

Untuk memenuhi kebutuhan daya, Tecno Camon 20 Premier dilengkapi dengan baterai berkapasitas 5000 mAh yang cukup tahan lama. Hal ini didukung oleh penggunaan SoC (System on Chip) MediaTek Dimensity 8050 dengan fabrikasi 6 nanometer, yang tidak hanya memiliki performa yang baik, tetapi juga efisiensi daya yang tinggi. Keefisienan tersebut juga didukung oleh penggunaan panel layar AMOLED pada ponsel ini.

Tecno juga mengklaim bahwa ponsel ini dapat bertahan seharian dengan sekali pengisian saja. Fitur AI Smart Charge memberikan daya baterai yang tahan lama, sementara fitur pengisian cepat 45W memungkinkan pengisian baterai menjadi lebih cepat.

7. Ada Stereo Speaker

Tecno Camon 20 Premier 5G juga menghadirkan sektor lain yang tak kalah penting, yaitu speaker. Smartphone ini dilengkapi dengan dual speaker atau stereo speaker yang ditempatkan di bagian bawah dan atas.

Kualitas suara yang dihasilkan oleh ponsel ini juga cukup baik, terutama bassnya. Speaker ini menggunakan teknologi High-Bass Synergy yang mampu menghasilkan bass yang kuat. Selain itu, ponsel ini juga memiliki sertifikasi profesional Hi-Res Audio untuk menghasilkan suara yang lebih jernih dan realistis.

8. Dukungan Fingerprint Under Display dan Sensor Lengkap

Tecno Camon 20 Premier 5G dilengkapi dengan berbagai sensor yang cukup lengkap. Ponsel ini memiliki sensor fingerprint atau sidik jari yang tertanam di dalam layar, memudahkan pengguna untuk membuka ponsel dengan cepat menggunakan sidik jari.

Selain sensor sidik jari, ponsel ini juga dilengkapi dengan sensor gyroscope yang berguna untuk menentukan arah dengan menggerakkan ponsel. Sensor gyroscope ini juga sering digunakan dalam bermain game seperti PUBG Mobile dan Call Of Duty Mobile.

Selain itu, Tecno Camon 20 Premier 5G juga memiliki sensor accelerometer, proximity, dan compass untuk berbagai kebutuhan sensor lainnya.

Kekurangan Tecno Camon 20 Premier 5G

Tecno Camon 20 Premier 5G

1. Tidak Ada Slot microSD

Salah satu kekurangan dari Tecno Camon 20 Premier 5G adalah ketidakmampuannya mendukung slot microSD untuk ekspansi memori eksternal hingga 1 TB. Meskipun demikian, hal ini masih dapat diterima mengingat ponsel ini sudah memiliki memori internal sebesar 512 GB yang sangat besar.

2. Tidak Mendukung 3.5mm Jack Audio

Salah satu kekurangan dari Tecno Camon 20 Premier 5G adalah absennya jack audio 3,5 mm. Meskipun demikian, pengguna masih dapat menggunakan headset dengan menggunakan earphone yang mendukung TWS Earphone Bluetooth atau earphone yang menggunakan port USB Type-C. Tecno juga telah menyertakan earphone Type-C di dalam kotak penjualannya untuk mengatasi masalah ini.

Harga dan Spesifikasi Tecno Camon 20 Premier 5G

Spesifikasi 
  • Warna : Serenity Blue dan Dark Welkin.
  • Dimensi : 161.9 x 74.3 x 7.8 mm.
  • Berat : 202.5 gram.
  • Layar : AMOLED, 1080 x 2400 piksel, 6.67 inci.
  • Chipset : Mediatek Dimensity 8050 (6 nm).
  • GPU : Mali-G77 MC9.
  • RAM : 8 GB.
  • ROM : 512 GB.
  • OS : Android 13, HiOS 13.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, non-removable, 45W wired.
  • Kamera Belakang : 50 MP (wide) + 108 MP (ultra-wide) +  2 MP (depth).
  • Kamera Depan : 32 MP (wide).

Selengkapnya :

Tecno Camon 20 Premier 5G adalah salah satu smartphone terbaru yang mendukung jaringan 5G, menawarkan performa unggul dengan chipset MediaTek Dimensity 8050 dan penyimpanan internal besar, yaitu 512 GB. Selain performa yang kuat, ponsel ini juga dilengkapi dengan Triple Camera 50 MP dengan sensor-shift OIS, kamera ultrawide 108 MP, dan kamera macro 2 MP. Kamera depannya juga cukup powerful dengan kamera selfie 32 MP.

Harga smartphone Tecno Camon 20 Premier 5G di Indonesia adalah Rp5.999.000 untuk varian RAM 8 GB dan penyimpanan internal 512 GB.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.