9 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S23 FE, Flagship Harga Ekonomis Bawa Spesifikasi Mumpuni

Pada awal bulan Oktober 2022, Samsung Electronics Indonesia (SEIN) sukses meluncurkan dua smartphone entry-level terbaru mereka dari seri Samsung Galaxy A05 dan Samsung Galaxy A05s.

Samsung Galaxy S23 FE

Kini, perusahaan juga merilis smartphone premium terbaru mereka dari seri Samsung Galaxy S23 FE, dengan spesifikasi yang mirip dengan Samsung Galaxy S23 5G reguler yang diluncurkan pada Februari 2023, namun dengan harga yang lebih terjangkau, bahkan tidak mencapai Rp 10 juta.

Keunggulan utama dari smartphone ini adalah kinerjanya yang cepat, didukung oleh SoC (System on Chip) Samsung Exynos 2200 berfabrikasi 4 nanometer octa-core dan memori RAM 8 GB.

Selain kinerja yang handal, Samsung Galaxy S23 FE juga dilengkapi dengan layar superior dengan panel Dynamic AMOLED 2X (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) dengan resolusi Full HD+ atau 1080 x 2340 piksel, dan refresh rate 120Hz untuk pengalaman visual yang imersif.

Smartphone ini juga memiliki spesifikasi kamera yang menarik, dengan tiga kamera belakang, di mana kamera utamanya memiliki resolusi 50 MP dan menggunakan sensor Samsung ISOCELL GN5.

Meskipun memiliki nilai yang baik dalam hal value for money, Samsung Galaxy S23 FE tetap memiliki kekurangan. Oleh karena itu, ulasan ini akan membahas tentang kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy S23 FE, serta spesifikasi dan harga yang perlu diketahui.

Kelebihan Samsung Galaxy S23 FE

Kelebihan Samsung Galaxy S23 FE

1. Layar Tajam dengan Dynamic AMOLED 2X

Samsung Electronics Indonesia (SEIN) memperlengkapi smartphone premium Samsung Galaxy S23 FE dengan layar sentuh punch hole berukuran 6,4 inci, menggunakan panel Dynamic AMOLED 2X (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) dengan resolusi Full HD+ atau 1080 x 2340 piksel. Layar ini memiliki kerapatan mencapai 403 ppi (pixel per inch) dan tingkat kecerahan puncak hingga 1450 nits (peak).

Layar Samsung Galaxy S23 FE didukung oleh refresh rate tinggi 120Hz, yang membuat animasi scrolling dan bermain game menjadi lebih lancar. Layar ini juga dilengkapi dengan fitur Eye Comfort Shield untuk mengurangi pancaran cahaya biru agar mata pengguna tidak mudah lelah. Selain itu, layarnya dilindungi oleh proteksi antigores Corning Gorilla Glass 5.

Smartphone ini juga telah mendapatkan sertifikasi Widevine L1 untuk menonton konten dalam resolusi Full HD di platform Netflix, dan juga telah mendapatkan sertifikasi HDR10+ untuk rentang dinamis yang lebih luas.

2. Kinerja Exynos 2200 yang Memadai

Samsung Galaxy S23 FE memiliki kinerja yang cukup tangguh, didukung oleh SoC (System on Chip) Exynos 2200 dengan fabrikasi 4 nanometer buatan Samsung. SoC ini memiliki prosesor octa-core yang terdiri dari single-core ARM Cortex-X2 berkecepatan 2,8 GHz, triple-core ARM Cortex-A710 berkecepatan 2,50 GHz, dan quad-core ARM Cortex-A510 berkecepatan 1,8 GHz. Ponsel ini juga dilengkapi dengan memori RAM 8 GB LPDDR5 dan pengolah grafis GPU (Graphics Processing Unit) Samsung Xclipse 920 berbasis AMD RDNA 2 yang powerful.

Menurut data dari Nanoreview, Exynos 2200 memiliki kinerja yang memadai dengan skor AnTuTu v10 mencapai 913.861 poin. Pada Geekbench 6, Samsung Exynos 2200 mendapatkan skor 1588 poin untuk single-core dan 3901 poin untuk multi-core. Selain itu, pada pengujian 3DMark, chipset ini mendapatkan skor 6513 poin.

Samsung Galaxy S23 FE juga dilengkapi dengan RAM 8 GB LPDDR5 dan penyimpanan internal 128 GB atau 256 GB UFS 3.1. Namun, ponsel ini tidak memiliki slot microSD khusus untuk ekspansi memori eksternal, sehingga pengguna harus puas dengan penyimpanan internal 128 GB atau 256 GB saja.

3. Tampilan Desain Minimalis, Ada Sertifikasi IP68

Dari segi desain, Samsung Galaxy S23 FE menawarkan desain minimalis dengan panel depan dan belakang datar yang dipadukan dengan frame metal yang kokoh. Kedua sisi ponsel ini dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 5. Pada bagian belakang, terdapat tiga kamera yang disusun secara vertikal tanpa housing kamera, serta LED flash di sampingnya.

Smartphone ini memiliki dimensi 158 x 76,5 x 8,2 mm dan berat 209 gram. Samsung Galaxy S23 FE tersedia dalam empat varian warna untuk pasar Indonesia, yaitu Mint, Purple, Graphite, dan Cream.

Selain itu, Samsung Galaxy S23 FE juga telah mendapatkan sertifikasi IP68, yang menunjukkan bahwa perangkat ini tahan terhadap air selama 30 menit dalam kedalaman 1,5 meter dan juga tahan terhadap debu.

4. Kapasitas Baterai Awet

Mungkin banyak dari Anda yang telah melihat smartphone dengan baterai berkapasitas 5000 mAh, karena ini telah menjadi standar yang hampir selalu diikuti oleh semua smartphone di industri ini. Oleh karena itu, terasa sedikit aneh ketika sebuah smartphone hanya dilengkapi dengan baterai berkapasitas 4500 mAh.

Meskipun begitu, kapasitas 4500 mAh masih lebih baik daripada Samsung Galaxy S23 5G yang hanya memiliki baterai berkapasitas 3900 mAh. Dari informasi yang penulis himpun, smartphone ini mampu bertahan selama 9 jam 35 menit.

Selain itu, baterai 4500 mAh ini juga dilengkapi dengan fitur pengisian cepat 25W yang dapat mengisi daya dari nol hingga 50% dalam waktu 30 menit.

5. Triple Camera yang Memuaskan

Dari segi fotografi, Samsung Galaxy S23 FE dilengkapi dengan tiga kamera belakang. Kamera utamanya memiliki resolusi 50 MP dengan sensor Samsung ISOCELL GN3 berukuran 1/1,56 inci dan piksel sebesar 1 um. Kamera ini memiliki fitur Dual Pixel phase-detection autofocus, lensa 24mm dengan aperture f/1,8, dan Optical Image Stabilization (OIS) serta LED flash untuk hasil foto yang jernih dan detail dalam berbagai kondisi cahaya.

Kamera kedua memiliki resolusi 8 MP dengan sensor SK Hynix Hi847 berukuran 1/4,5 inci dan piksel sebesar 1 um. Kamera ini juga dilengkapi dengan phase-detection autofocus, OIS, dan lensa telephoto 75mm dengan aperture f/2,4. Kamera ini mampu memberikan zoom optik 3x dan zoom hibrida 30x.

Kamera ketiga memiliki resolusi 12 MP dengan sensor Samsung ISOCELL S5K3L6 berukuran 1/3 inci dan piksel sebesar 1,2 um. Kamera ini memiliki fixed focus, lensa ultrawide 123 derajat, dan aperture f/2,2 untuk pengambilan foto super wide.

Di bagian depan, terdapat kamera selfie 10 MP dengan sensor Sony IMX374, lensa 26mm, aperture f/2,2, dan fitur Dual Pixel phase-detection autofocus. Untuk perekaman video, kamera belakang dapat merekam hingga resolusi 8K@24fps, sedangkan kamera depan dapat merekam hingga resolusi 4K@60fps.

6. Dilengkapi Fingerprint Under Display dan Fitur NFC

Samsung Galaxy S23 FE dilengkapi dengan beberapa fitur sensor yang menarik. Salah satunya adalah sensor fingerprint atau sidik jari yang tertanam di dalam layar, memudahkan pengguna untuk membuka ponsel dengan cepat dan mudah.

Selain itu, smartphone ini juga dilengkapi dengan sensor gyroscope yang memungkinkan pengguna menentukan arah dengan hanya menggerakkan ponsel. Sensor gyroscope ini juga berguna untuk bermain game seperti PUBG Mobile dan Call Of Duty Mobile.

Selain sensor gyroscope, Samsung Galaxy S23 FE juga dilengkapi dengan accelerometer, sensor proximity virtual, kompas, dan Samsung DeX.

Keunggulan lain dari Samsung Galaxy S23 FE adalah fitur NFC (Near Field Communications) yang mendukung berbagai keperluan, seperti pengecekan saldo eMoney, transfer data, pengisian saldo eToll, dan lain-lain. Fitur NFC ini tidak hanya hadir di ponsel kelas menengah, tetapi juga sudah mulai banyak diadopsi oleh ponsel entry-level.

7. Adanya Samsung DeX

Salah satu hal yang membuat smartphone premium diminati oleh banyak orang adalah kinerjanya yang mengagumkan, bahkan bisa melebihi kinerja PC atau laptop. Namun, smartphone memiliki ukuran layar yang lebih kecil dibandingkan dengan PC atau laptop.

Untuk mengatasi hal tersebut, Samsung Galaxy S23 FE dilengkapi dengan teknologi Samsung DeX dan Samsung Wireless DeX. Dengan fitur ini, pengguna dapat menghubungkan ponsel ke monitor, mouse, dan keyboard untuk mendapatkan pengalaman penggunaan yang mirip dengan laptop atau PC.

8. Dukungan Update Software

Samsung Electronics Indonesia (SEIN) dikenal sebagai produsen smartphone Android yang memberikan jaminan update terbaik. Jaminan ini memberikan kepercayaan kepada pengguna bahwa mereka tidak perlu khawatir tentang bug atau masalah pembaruan saat menggunakan ponsel mereka. Selain itu, jaminan update software juga membuat smartphone tetap up-to-date dan cocok digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Samsung Galaxy S23 FE, yang baru-baru ini diluncurkan di pasar Indonesia, dijamin akan menerima empat kali pembaruan versi Android dan pembaruan keamanan selama lima tahun. Ponsel ini diluncurkan dengan sistem operasi Android 13 dengan antarmuka One UI 5.1.

Dengan jaminan ini, Samsung Galaxy S23 FE akan menerima pembaruan hingga Android 17 dan pembaruan keamanan hingga tahun 2028.

Kekurangan Samsung Galaxy S23 FE

Kekurangan Samsung Galaxy S23 FE

1. Tidak Dibekali Kepala Charger

Telah menjadi tren baru bagi ponsel flagship dan bahkan ponsel mid-range untuk tidak menyertakan kepala charger dalam kotak pembelian. Awalnya, tren ini dimulai oleh Apple sebagai langkah untuk mengurangi jejak karbon, dengan mendorong konsumen untuk menggunakan charger dari ponsel Apple sebelumnya.

Seiring berjalannya waktu, brand lain seperti Samsung, Xiaomi, dan lainnya juga mengikuti tren ini. Oleh karena itu, jika Anda berencana untuk membeli Samsung Galaxy S23 FE, pastikan untuk menyediakan anggaran tambahan untuk membeli kepala charger secara terpisah.

Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy S23 FE

Spesifikasi 
  • Warna : Mint, Purple, Graphite, dan Cream.
  • Dimensi : 158 x 76.5 x 8.2 mm.
  • Berat : 209 gram.
  • Layar : Dynamic AMOLED 2X, 120 Hz, 1080 x 2340 piksel, 6.4 inci.
  • Chipset : Samsung Exynos 2200  (4 nm).
  • GPU : Samsung Xclipse 920.
  • RAM : 8 GB.
  • ROM : 128 GB / 256 GB.
  • OS : Android 13, One UI 5.1.
  • Baterai : Li-Ion 4500 mAh, fast charging 25W.
  • Kamera Belakang : 50 MP + 8 MP + 12 MP.
  • Kamera Depan : 10 MP.

Selengkapnya :

Samsung Galaxy S23 FE adalah smartphone premium terbaru dari Samsung Electronics Indonesia (SEIN) yang menawarkan spesifikasi kelas flagship dengan harga yang terjangkau. Ini didukung oleh SoC (System on Chip) Samsung Exynos 2200 yang diproduksi dengan fabrikasi 4 nanometer octa-core, dipasangkan dengan GPU (Graphics Processing Unit) Xclipse 920 berbasis AMD RDNA 2 yang powerful. Selain itu, Samsung Galaxy S23 FE juga dilengkapi dengan layar superior dengan panel Dynamic AMOLED 2X (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) yang memiliki resolusi Full HD+ dan refresh rate 120Hz yang memberikan pengalaman visual yang imersif.

Harga smartphone Samsung Galaxy S23 FE terbaru di Indonesia, berdasarkan informasi yang dikumpulkan penulis, adalah Rp8.999.000 untuk varian RAM 8 GB dan ROM 128 GB. Sementara itu, varian dengan RAM 8 GB dan ROM 256 GB dibanderol dengan harga Rp9.999.000.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.