Simak 10 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M54 5G

Selain merilis seri Samsung Galaxy M34 5G, Samsung Electronics Indonesia (SEIN) juga meluncurkan Samsung Galaxy M54 5G, yang berada di segmen kelas menengah atau mid-range. Samsung Galaxy M54 5G ini memiliki desain minimalis dengan susunan tiga kamera yang tersusun secara vertikal tanpa housing kamera, dan tersedia dalam dua warna, yaitu Silver dan Dark Blue. Layar smartphone ini berukuran 6,7 inci dengan panel Super AMOLED Plus dan refresh rate 120Hz yang smooth dan imersif.

Samsung Galaxy M54 5G

Dari segi performa, Samsung Galaxy M54 5G cukup powerful di kelasnya dengan SoC Samsung Exynos 1380 5G octa-core dan RAM 8 GB. Smartphone ini juga didukung baterai 6000 mAh dan pengisian cepat 25W. Keunggulan utamanya adalah tiga kamera belakang dengan kamera utama 50 MP yang dilengkapi fitur OIS (Optical Image Stabilization).

Meski begitu, persaingan di kelas menengah semakin ketat dengan pesaing yang menawarkan performa dan pengisian cepat yang lebih baik. Apakah Samsung Galaxy M54 5G menarik untuk dimiliki? Mari kita lihat seluk-beluk kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan Samsung Galaxy M54 5G

Kelebihan Samsung Galaxy M54 5G

1. Desain Elegan

esain dari seluruh seri Galaxy yang dirilis pada tahun 2023 sulit dibedakan satu sama lain. Hal ini disebabkan oleh keputusan Samsung untuk memberlakukan desain yang seragam pada setiap seri Galaxy, tanpa memandang kelas harganya. Mulai dari Samsung Galaxy A05s, Samsung Galaxy A14 5G, hingga Samsung Galaxy S23, semuanya memiliki desain bodi belakang yang serupa. Hal ini juga terlihat pada Samsung Galaxy M54 5G, yang memiliki tiga bulatan lensa berjajar vertikal tanpa aksen visual bilah sebagai camera bump.

Keempat sisinya juga memiliki desain rounded-edge, dan menggunakan bahan material plastik polikarbonat pada bagian belakang bodi. Satu-satunya aksen visual hanyalah tulisan "Samsung" yang terletak di bagian bawah bodi. Bagian depan dilindungi dengan kaca Corning Gorilla Glass 5 yang dapat mengurangi risiko retak saat jatuh dari ketinggian mencapai 1,2 meter.

Meskipun bodi Samsung Galaxy M34 5G tidak terlalu mencolok, namun tampilannya masih cukup baik. Jika Anda mencari smartphone dengan desain elegan, Samsung Galaxy M34 5G dapat menjadi pilihan yang memuaskan.

2. Layar Super AMOLED+ 120Hz

Smartphone kelas menengah Samsung Galaxy M54 5G ini memiliki layar sentuh 2.5D punch hole berukuran 6,5 inci dengan panel Super AMOLED Plus (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) yang memiliki resolusi Full HD+ atau 1080 x 2400 piksel, dengan kerapatan hingga 393 ppi (pixel per inch) dan kecerahan mencapai 1000 nits (puncak).

Layar tersebut dilengkapi dengan fitur Eye Comfort Shield untuk mengurangi pancaran cahaya biru agar mata tidak cepat lelah. Selain itu, ponsel ini juga menawarkan animasi yang mulus berkat refresh rate 120Hz. Layar tersebut dilindungi oleh proteksi antigores Corning Gorilla Glass 5.

Samsung Galaxy M54 5G juga telah mendapatkan sertifikasi Widevine L1, sehingga mampu menampilkan konten beresolusi HD di platform Netflix dan Amazon Prime Video.

3. Performa yang Mumpuni di Kelasnya

Dalam hal performa, Samsung Galaxy M54 5G menawarkan keunggulan dengan menggunakan SoC (System on Chip) Samsung Exynos 1380 berfabrikasi 5 nanometer yang memiliki octa-core prosesor. Prosesor ini terdiri dari quad-core ARM Cortex-A78 dengan frekuensi 2.4 GHz dan quad-core ARM Cortex-A55 dengan frekuensi 2 GHz, serta didukung oleh GPU (Graphics Processing Unit) Mali-G68 MP5 yang mumpuni.

Exynos 1380 ini dipasangkan dengan RAM 8 GB dan penyimpanan internal 256 GB. Selain itu, smartphone ini juga dilengkapi dengan slot microSD untuk memperluas kapasitas penyimpanan eksternal hingga 1 TB melalui slot hybrid.

Menurut Nano Review, Samsung Exynos 1380 pada Samsung Galaxy M54 5G mencapai skor AnTuTu v10 sebesar 599.449 poin. Skor ini menunjukkan kinerja yang tinggi dan memadai untuk menjalankan berbagai game berat, termasuk Genshin Impact.

4. Kamera 108MP yang Unggul di Kelasnya

Dari segi kamera, Samsung Galaxy M54 5G menawarkan tiga kamera belakang, dengan kamera utama 108 MP menggunakan sensor Samsung ISOCELL HM6 berukuran 1/1.67 inci dengan piksel 0,64um. Kamera ini dilengkapi dengan fitur phase-detection autofocus pada bukaan aperture f/1.8, fitur OIS (Optical Image Stabilization), dan LED flash.

Kamera kedua memiliki kekuatan 8 MP dengan sensor BSI CMOS berukuran 1/4 inci dan lensa ultra-wide pada bukaan aperture f/2.2 dengan FoV (Field of View) 120 derajat. Sedangkan kamera ketiga memiliki kekuatan 2 MP pada bukaan aperture f/2.4 yang berfungsi sebagai kamera macro.

Samsung Galaxy M54 5G juga dilengkapi dengan kamera selfie 32 MP dengan sensor BSI CMOS 1/2.8 inci 0.8um piksel pada bukaan aperture f/2.2 fixed-focus. Untuk perekaman video, baik kamera belakang maupun kamera depannya dapat merekam hingga resolusi 4K@30fps.

5. Baterai Besar 6000 mAh

Samsung Galaxy A dan M series memang seringkali memiliki banyak kesamaan fitur, sehingga sulit untuk membedakan keduanya. Namun, salah satu ciri khas yang paling jelas pada Galaxy M series adalah kapasitas baterainya yang lebih besar. Samsung Galaxy M54 5G contohnya, hadir dengan baterai berkapasitas 6000 mAh. Kapasitas baterai ini didukung oleh penggunaan panel layar Super AMOLED Plus yang lebih hemat energi dibandingkan dengan IPS LCD.

Dengan baterai yang besar ini, Samsung Galaxy M54 5G cocok digunakan oleh mereka yang sering beraktivitas di luar rumah, seperti pekerja lapangan, pekerja tambang, atau bahkan untuk hobi nongkrong.

Samsung mengklaim bahwa baterai 6000 mAh ini mampu mendukung pemutaran video tanpa henti selama 23 jam. Berdasarkan informasi yang penulis himpun, Samsung Galaxy M54 5G mendapatkan skor 12.692 poin pada PCMark for Android Work 3.0, yang artinya dapat bertahan hingga 13 jam 40 menit.

6. Dukungan Fitur NFC, Ada WiFi 6

Fitur NFC (Near Field Communication) kini tidak lagi eksklusif digunakan oleh ponsel flagship. Fitur ini telah menjadi standar pada smartphone kelas entry-level hingga mid-range, termasuk Samsung Galaxy M34 5G.

Dengan adanya fitur NFC (Near Field Communication), pengguna dapat dengan mudah mengisi saldo eMoney dengan hanya membuka aplikasi dan menempelkan kartu ke bagian belakang bodi Samsung Galaxy M34 5G. Fitur ini juga sangat berguna bagi pengendara kendaraan bermotor saat hendak melewati tol atau parkir.

Samsung Galaxy M54 5G juga dilengkapi dengan protokol Wi-Fi 6 yang dapat terhubung dengan jaringan dual band, 2,4 GHz dan 5 GHz. Wi-Fi 6 ini menawarkan kecepatan dan stabilitas internet yang lebih baik dibandingkan dengan Wi-Fi 5 biasa.

7. Update Software Cukup Panjang

Dalam hal perangkat lunak, Samsung Galaxy M54 5G telah dipasang dengan sistem operasi Android 13 terbaru dengan antarmuka One UI 5.1. Samsung Electronics Indonesia (SEIN) bahkan memastikan bahwa ponsel ini akan mendapatkan dukungan pembaruan selama 4 tahun, suatu hal yang mungkin jarang ditemukan pada produsen Android lainnya.

Detailnya adalah empat kali pembaruan sistem operasi (hingga Android 17) dan pembaruan keamanan hingga tahun keempat setelah ponsel ini dirilis. Dukungan pembaruan perangkat lunak selama lima tahun ini memang langka di kelasnya. Ini membuat ponsel Samsung sangat cocok untuk penggunaan jangka panjang.

Kekurangan Samsung Galaxy M54 5G

Kekurangan Samsung Galaxy M54 5G

1. Belum Memiliki Sertifikasi Tahan Air

Samsung Galaxy M54 5G dilengkapi dengan kaca pelindung yang kuat dan bahan plastik yang tahan terhadap benturan. Namun, sayangnya, ponsel ini tidak memiliki sertifikasi tahan air.

Hal ini berbeda dengan Samsung Galaxy A54 5G yang, meskipun harganya sedikit lebih terjangkau, telah dilengkapi dengan sertifikasi IP67 yang membuatnya tahan terhadap percikan air dan debu.

2. Fast Charging Hanya 25W

Meskipun Samsung Galaxy M54 5G dilengkapi dengan baterai berkapasitas besar 6.000 mAh, namun ada kekurangan di sektor ini, yaitu hanya mendukung pengisian cepat 25W yang dianggap kalah bersaing dengan kompetitornya. Akibatnya, proses pengisian daya dari nol hingga penuh akan memakan waktu yang cukup lama.

Hal ini disebabkan oleh keinginan Samsung untuk memastikan kesehatan baterai yang awet dalam penggunaan jangka panjang. Pasalnya, pengisian cepat yang terlalu agresif dianggap dapat mengurangi umur baterai secara signifikan.

3. Masih Mono Speaker

Di sektor audio, Samsung Galaxy M54 5G hanya memiliki satu speaker Mono yang dikatakan cukup lantang. Namun, speaker Mono ini masih tidak mampu menyajikan dinamika yang sama seperti speaker Stereo. Jika Anda menginginkan audio dengan kualitas dinamika Stereo, disarankan untuk menggunakan earphone atau headset.

Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy M54 5G

Spesifikasi 
  • Warna : Dark Blue, Silver.
  • Dimensi : 164.9 x 77.3 x 8.4 mm.
  • Berat : 199 gram
  • Layar : Super AMOLED Plus, 1080 x 2400, 6.7 inci.
  • Chipset : Exynos 1380 (5 nm).
  • GPU : Mali-G68 MP5.
  • RAM : 8 GB.
  • ROM : 256 GB.
  • OS : Android 13, One UI 5.1.
  • Baterai : Li-Po 6000 mAh, 25W wired.
  • Kamera Belakang : 108 MP + 8 MP + 2 MP.
  • Kamera Depan : 32 MP.

Selengkapnya :

Samsung Galaxy M54 5G adalah ponsel kelas menengah terbaru di Indonesia yang menonjolkan kamera utama 108 MP dengan OIS (Optical Image Stabilization) dan performa tangguh dari SoC (System on Chip) Samsung Exynos 1380 5G.

Selain itu, layarnya juga unggul dengan ukuran 6,7 inci dan panel Super AMOLED Plus dengan refresh rate 120Hz yang membuat tampilannya halus dan imersif. Harga Samsung Galaxy M54 5G di Indonesia adalah Rp6.499.000 untuk varian RAM 8 GB dan penyimpanan internal 256 GB.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.