Yuk Lihat 10 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A24 4G

Samsung Electronics Indonesia (SEIN) baru-baru ini menghadirkan ponsel mid-range terbarunya melalui seri Samsung Galaxy A24 yang menawarkan kemampuan kamera yang mengesankan dan desain yang stylish. Ponsel ini dirilis untuk melengkapi Galaxy A Series yang sebelumnya telah hadir dengan Samsung Galaxy A14 4G, Samsung Galaxy A34 5G, dan Samsung Galaxy A54. Meskipun desain dan spesifikasi umumnya mirip, Samsung Galaxy A24 tetap memiliki daya tarik sendiri.

Samsung Galaxy A24 4G

Samsung Galaxy A24 menarik perhatian dengan layar Super AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode), performa yang kompeten dan efisien, serta sektor kamera yang mengesankan dengan dukungan teknologi OIS (Optical Image Stabilization).

Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A24 beserta spesifikasi dan harganya, simak informasinya di bawah ini.

Kelebihan Samsung Galaxy A24

Kelebihan Samsung Galaxy A24 5G

1. Tampilan Desain Minimalis

Berbeda dengan seri sebelumnya, Samsung Galaxy A23, Samsung Galaxy A24 tidak lagi memiliki modul atau housing kamera yang sering disebut sebagai contour cut, dan terdapat lampu flash di sampingnya. Hal ini membuat ponsel ini memiliki desain bodi yang lebih minimalis. Samsung Galaxy A24 memiliki dimensi 162.1 x 77.6 x 8.3 mm dengan bobot 195 gram.

Frame pada bagian penutup belakangnya dibuat secara datar. Dilihat dari tatanan kamera dan penutup belakangnya, Samsung Galaxy A24 lebih mirip dengan Samsung Galaxy S23 dan Samsung Galaxy S23+.

Di bagian depan, terdapat layar Infinity-U Display. Sayangnya, tidak dijelaskan apakah layar ponsel ini dilindungi dengan proteksi seperti Gorilla Glass atau tidak. Samsung Galaxy A24 hadir dalam tiga varian warna, yaitu Silver, Light Green, dan Black.

2. Layar Super AMOLED dengan Refresh Rate 90Hz

Samsung Electronics Indonesia (SEIN) melengkapi Samsung Galaxy A24 dengan layar sentuh Infinity-U Display berukuran 6,5 inci dengan teknologi Super AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) kapasitif. Layar ini memiliki resolusi Full HD+ atau 1080 x 2340 piksel pada kerapatan 396 ppi (pixel per inch) dan kecerahan puncak mencapai 1000 nits (peak).

Layar tersebut juga memiliki refresh rate 90Hz untuk mengurangi efek screen tearing dan stuttering, sehingga animasi saat scrolling atau bermain game terasa lebih halus. Fitur Eye Comfort Shield juga disematkan untuk mengurangi pancaran cahaya biru dari layar agar mata tidak mudah lelah saat digunakan dalam waktu lama.

3. Performa Kompeten dan Efisien

Menurut penulis, Samsung Galaxy A24 menawarkan performa yang kompeten dan efisien dalam kelasnya. Ponsel ini ditenagai oleh SoC (System on Chip) MediaTek Helio G99 MT8781 dengan fabrikasi 6 nanometer. SoC ini memiliki octa-core prosesor yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A76 berkecepatan 2,2 GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 berkecepatan 2 GHz, serta GPU (Graphics Processing Unit) Mali-G57 MC2 yang memadai.

Dalam pengujian yang dilakukan oleh Nanoreview, Samsung Galaxy A24 mencapai skor AnTuTu v9 sebesar 370.472. Skor ini sedikit lebih tinggi daripada ponsel lain dengan SoC yang sama, seperti vivo V25e dan Infinix Zero 20.

Selain itu, Samsung Galaxy A24 juga diuji dengan GeekBench 5, di mana ia mampu mencapai skor 561 untuk single-core dan 1394 untuk multi-core.

4. Penyimpanan Luas dengan RAM Plus

Samsung Galaxy A24 memang telah dilengkapi dengan chipset yang tangguh dan dapat diandalkan. Namun, performanya dapat ditingkatkan lagi dengan memori RAM yang lebih besar. Beruntungnya, ponsel kelas menengah dari Samsung Electronics Indonesia (SEIN) ini hadir dengan RAM berkapasitas 8 GB.

Hal ini menarik mengingat bahwa di beberapa negara, Samsung Galaxy A24 hanya tersedia dengan RAM 6 GB. Untuk yang menginginkan performa lebih, ponsel ini dilengkapi dengan fitur RAM Plus hingga 8 GB, sehingga total RAM menjadi 12 GB.

Selain itu, penyimpanan internal pada Samsung Galaxy A24 memiliki kapasitas 128 GB. Meskipun demikian, ponsel ini memberikan solusi bagi yang membutuhkan ruang penyimpanan lebih dengan slot microSD yang mendukung hingga 1 TB.

5. Kamera 50MP dengan OIS

Dari segi fotografi, Samsung Galaxy A24 dilengkapi dengan Triple Camera yang terdiri dari kamera utama 50 MP dengan aperture f/1.8, sensor Samsung ISOCELL JN1 berukuran 1/2.76 inci dan piksel sebesar 0,64 um. Kamera ini juga dilengkapi dengan fitur phase-detection autofocus, OIS (Optical Image Stabilization), dan LED flash.

Kamera kedua memiliki resolusi 5 MP dengan sensor BSI CMOS berukuran 1/5 inci dan lensa ultra-wide dengan aperture f/2.2 dan FoV (Field of View) 123 derajat. Sedangkan kamera ketiga memiliki resolusi 2 MP dengan aperture f/2.4 dan berfungsi sebagai kamera macro.

Di bagian depan, terdapat kamera selfie 13 MP dengan sensor BSI CMOS berukuran 1/3.1 inci dan piksel sebesar 1,12 um dengan aperture f/2.2 dan fixed-focus. Kamera belakang dan depan mampu merekam video hingga resolusi 1080p@30fps.

6. Baterai Besar dan Awet

Samsung Galaxy A24 menggunakan baterai dengan kapasitas yang sama seperti seri sebelumnya, yaitu 5000 mAh, yang dianggap sudah lebih dari cukup untuk ponsel di kelasnya.

Meskipun kapasitasnya sama, Samsung Galaxy A24 diklaim memiliki daya tahan baterai yang lebih baik. Menurut informasi resmi, ponsel ini dapat bertahan hingga dua hari dengan penggunaan normal.

Baterai 5000 mAh tersebut didukung oleh teknologi pengisian cepat 25W yang dapat mengisi daya hingga 32% dalam waktu 30 menit. Untuk mengisi daya dari kosong hingga penuh, ponsel ini memerlukan waktu sekitar 104 menit saja.

7. Dukungan Update Softwate hingga 4 Tahun

Samsung Galaxy A24 dilengkapi dengan sistem operasi terbaru, yaitu Android 13, yang berjalan dengan antarmuka One UI Core 5.1. Samsung Electronics Indonesia (SEIN) memastikan bahwa ponsel ini akan mendapatkan dukungan pembaruan selama 4 tahun, hal yang jarang ditemukan pada produsen Android lainnya.

Dukungan ini mencakup dua kali pembaruan sistem operasi (hingga Android 15) dan pembaruan keamanan hingga tahun keempat setelah ponsel ini dirilis. Dukungan pembaruan software hingga empat tahun ini memang sangat langka di kelasnya, menjadikan ponsel Samsung Galaxy A24 cocok digunakan untuk jangka panjang.

8. Ada Fitur NFC

Salah satu kelebihan Samsung Galaxy A24 adalah fitur NFC (Near Field Communication) yang mendukung Google Play dan transaksi elektronik lainnya. NFC memiliki berbagai fungsi, seperti transfer file, transaksi tanpa kartu, cek saldo e-money, dan lain-lain.

Kekurangan Samsung Galaxy A24

Kekurangan Samsung Galaxy A24 4G

1. Tidak Mendukung Konektivitas 5G

Seharusnya, smartphone terbaru yang dirilis pada tahun 2023 dilengkapi dengan konektivitas 5G mengingat harganya yang mencapai Rp3 jutaan. Namun, Samsung Galaxy A24 ini hanya mendukung konektivitas 4G.

2. Masih Speaker Mono

Pada bagian audio Samsung Galaxy A24, hanya terdapat satu speaker Mono yang dikatakan cukup lantang. Namun, speaker Mono tersebut masih tidak dapat menyajikan dinamika seperti yang dimiliki oleh speaker Stereo. Jika Anda menginginkan kualitas audio dengan dinamika Stereo, Anda dapat menggunakan earphone atau headset.

Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A24

Spesifikasi 
  • Warna : Silver, Light Green, dan Black.
  • Dimensi : 162.1 x 77.6 x 8.3 mm.
  • Berat : 195 gram
  • Layar : Super AMOLED, Full HD+, 6.5 inci.
  • Chipset : Mediatek MT8781 Helio G99 (6nm).
  • GPU : Mali-G57 MC2.
  • RAM : 8 GB.
  • ROM : 128 GB.
  • OS : Android 13, One UI 5.1.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, fast charging 25W.
  • Kamera Belakang : 50 MP + 5 MP + 2 MP.
  • Kamera Depan : 13 MP.

Selengkapnya :

Samsung Galaxy A24 adalah salah satu ponsel kelas menengah terbaru dari Samsung Electronics Indonesia (SEIN) yang menawarkan performa kompeten dan efisien dengan MediaTek Helio G99, layar Super AMOLED yang imersif dengan refresh rate 90Hz, serta kamera utama 50 MP dengan OIS. Harga Samsung Galaxy A24 di Indonesia adalah Rp3.499.000 untuk varian RAM 8 GB dan penyimpanan internal 128 GB.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.