Ini Dia 10 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A14 4G

Setelah sukses meluncurkan Samsung Galaxy A14 5G pada 19 Januari 2023 lalu, Samsung Electronics Indonesia (SEIN) kembali meramaikan pasar smartphone tanah air dengan meluncurkan Samsung Galaxy A14 4G pada 8 Maret 2023. Ponsel ini merupakan penerus dari Samsung Galaxy A13 yang diluncurkan pada April 2022.

Samsung Galaxy A14 4G

Meskipun tidak banyak perubahan dari pendahulunya, Samsung Galaxy A14 4G menawarkan penambahan beberapa fitur yang berguna untuk mendukung aktivitas sehari-hari penggunanya. Apa saja kelebihan dan kekurangan dari ponsel entry-level ini? Temukan jawabannya dalam artikel berikut, yang juga mencakup spesifikasi dan harga.

Kelebihan Samsung Galaxy A14 4G

Kelebihan Samsung Galaxy A14 4G

1. Desain Bodi Minimalis dengan Gaya Contour Cut

Samsung Galaxy A14 4G memiliki desain minimalis dengan gaya contour cut pada penutup belakang yang memiliki pola garis-garis vertikal dari atas ke bawah. Di area tersebut, terdapat tiga buah lensa kamera besar yang ditata secara vertikal tanpa adanya modul Contour Cut Design. Casing belakangnya memiliki bentuk flat atau datar.

Bagian depannya menggunakan desain Infinity-V, tetesan air layaknya pada ponsel entry-level lainnya. Namun, bezel Samsung Galaxy A14 4G ini cukup tebal di berbagai sisinya, termasuk di bagian dagu. Ponsel ini memiliki dimensi 167.7 x 78 x 9.1 mm dengan bobot 201 gram.

Di Indonesia, Samsung Galaxy A14 4G tersedia dalam tiga pilihan warna: Black, Dark Red, dan Silver.

2. Layar Luas dengan Resolusi Full HD+

Samsung Electronics Indonesia (SEIN) menyematkan panel PLS (Plane to Line Switching) LCD berukuran 6,6 inci pada ponsel ini, yang cukup lebar untuk kelasnya. Layar ini juga memiliki resolusi Full HD+ atau 1080 x 2408 piksel, dengan kerapatan piksel mencapai 400 ppi (pixel per inch) yang memberikan pengalaman visual yang imersif.

Fitur Eye Comfort Shield juga hadir untuk mengurangi pancaran cahaya biru pada layar, sehingga tidak membuat mata pengguna cepat lelah. Layar ini juga telah mendapat sertifikasi Widevine L1, memungkinkan pengguna untuk menonton film dengan resolusi tertinggi dari berbagai platform streaming. Namun, ponsel ini belum mendukung pemutaran video HDR.

3. Performa yang Cocok untuk Penggunaan Harian

Samsung Galaxy A14 4G tidak ditujukan untuk memiliki performa tinggi, melainkan sebagai ponsel entry-level yang cocok untuk penggunaan sehari-hari. Ponsel ini menggunakan SoC (System on Chip) Exynos 850 buatan Samsung.

Exynos 850 ini memiliki fabrikasi 8 nanometer dan terdiri dari prosesor octa-core, dengan dual-core ARM Cortex-A55 berkecepatan 2 GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 berkecepatan 2 GHz. Selain itu, grafisnya didukung oleh GPU (Graphics Processing Unit) Mali-G52 MP1.

Berdasarkan artikel dari Nano Review, skor AnTuTu 9 dari Exynos 850 ini berada di kisaran 120 ribuan. Untuk skor Geekbench 5, skornya adalah 154 untuk single-core dan 592 untuk multi-core.

4. Storage Luas dan Ada Slot microSD

Samsung Galaxy A14 4G tersedia dalam dua varian memori, yaitu RAM 4 GB LPDDR4X dengan penyimpanan internal 128 GB eMMC 5.1, dan RAM 6 GB LPDDR4X dengan penyimpanan internal 128 GB eMMC 5.1. Dengan kapasitas penyimpanan sebesar itu, pengguna dapat dengan leluasa menginstal banyak aplikasi, menyimpan foto, video, musik, dan lainnya.

Jika suatu saat pengguna merasa kapasitas penyimpanan 128 GB kurang, mereka masih dapat menggunakan slot microSD untuk memperluas memori eksternal hingga 1 TB. Keuntungannya, pengguna tidak perlu mengorbankan salah satu slot SIM karena slot microSD pada ponsel ini adalah slot khusus. Dengan demikian, pengguna dapat menggunakan Dual SIM dan microSD secara bersamaan.

5. Kamera Utama 50MP

Samsung Galaxy A14 4G dilengkapi dengan konfigurasi Triple Camera yang terdiri dari kamera utama 50 MP menggunakan sensor Samsung ISOCELL JN1 1/2.76 inci 0.64um dengan fitur phase-detection autofocus dan aperture f/1.8.

Kamera kedua adalah ultrawide 5 MP dengan aperture f/2.2. Sedangkan kamera ketiga memiliki resolusi 2 MP dengan aperture f/2.4. Untuk kamera depan, terdapat kamera selfie 13 MP dengan sensor BSI CMOS dan aperture f/2.0 fixed focus.

Perekaman video mencapai resolusi 1080p@30fps untuk kamera utama dan kamera selfie.

6. Baterai 5000 mAh Awet

Samsung Galaxy A14 4G dilengkapi dengan baterai berkapasitas 5000 mAh yang dapat bertahan hingga 20 jam untuk pemutaran video. Saat digunakan untuk browsing internet menggunakan WiFi, ponsel ini dapat bertahan hingga 21 jam.

7. Dukungan Fitur NFC

Samsung Galaxy A14 4G juga memiliki fitur NFC (Near Field Communication) yang mendukung Google Pay dan berbagai transaksi elektronik lainnya. NFC memiliki banyak fungsi, seperti transfer file, transaksi tanpa kartu, cek saldo e-money, dan lain-lain.

8. Dukungan Update Sistem Operasi

Samsung Galaxy A14 4G dilengkapi dengan sistem operasi Android 13 dan antarmuka One UI Core 5.0. Samsung Electronics Indonesia (SEIN) menjanjikan dukungan hingga 4 tahun, yang jarang ditemukan pada produsen Android lainnya.

Ini berarti akan ada dua pembaruan sistem operasi (hingga Android 15) dan pembaruan keamanan selama empat tahun setelah perilisan. Dukungan pembaruan perangkat lunak selama empat tahun ini sangat langka untuk kelas entry-level, membuat ponsel Samsung ini cocok untuk digunakan dalam jangka panjang.

Kekurangan Samsung Galaxy A14 4G

Kekurangan Samsung Galaxy A14 4G

1. Tidak Cocok untuk Main Game Berat

SoC (System on Chip) Exynos 850 buatan Samsung ini tergolong kurang bertenaga. Pasalnya, dapur pacunya tidak dilengkapi dengan ARM Cortex A7x yang biasanya bertanggung jawab sebagai inti prosesor dengan performa tinggi. Selain itu, Exynos 850 dengan fabrikasi 8 nanometer ini juga masih menggunakan penyimpanan eMMC 5.1, bukan UFS.

Akibatnya, dalam beberapa kasus, membuka aplikasi atau game akan terasa lebih lambat dibandingkan dengan SoC yang mendukung UFS.

2. Fast Charging Hanya 15W

Walaupun Samsung Galaxy A14 5G ini dibekali baterai berkapasitas besar 5.000 mAh. Namun, ada kekurangan yang di sektor ini seperti hanya didukung oleh pengisian cepat 15W yang tergolong kalah saing dari kompetitornya. Dengan demikian, proses pengisian daya dari kosong hingga penuh membutuhkan waktu 2 jam 24 menit. Waktu yang tak sebentar, bukan?

Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A14 4G

Spesifikasi Samsung Galaxy A14
  • Warna : Black, Dark Red, Silver.
  • Dimensi : 167.7 x 78 x 9.1 mm.
  • Berat : 201 gram.
  • Layar : PLS LCD, 1080 x 2408, 6.6 inci.
  • Chipset : Exynos 850 (8 nm).
  • GPU : Mali-G52 MC2.
  • RAM : 4 GB / 6 GB.
  • ROM : 128 GB.
  • OS : Android 13, One UI Core 5.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, Fast Charging 15W.
  • Kamera Belakang : 50 MP + 5 MP + 2 MP.
  • Kamera Depan : 13 MP.

SelengkapnyaSpesifikasi Samsung Galaxy A14 dan Harganya

Samsung Galaxy A14 4G adalah salah satu ponsel entry-level terjangkau yang sudah dilengkapi dengan kamera ultrawide. Selain kamera ultrawide, ponsel dari Samsung Electronics Indonesia (SEIN) ini juga memiliki kamera belakang yang cukup mumpuni, dengan kamera utama 50 MP, ultrawide 5 MP, dan makro 2 MP. 

Harganya pun terjangkau, dengan varian RAM 6 GB dan ROM 128 GB dibanderol Rp2.399.000, sedangkan varian RAM 6 GB dan ROM 128 GB dibanderol Rp2.699.000.

About the Author

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.