Ketahui 10 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A05s

Samsung Electronics Indonesia (SEIN) kembali memperluas jangkauan pasar smartphone di Indonesia dengan meluncurkan seri Samsung Galaxy A05 dan Samsung Galaxy A05s. Samsung Galaxy A05s hadir dengan peningkatan yang signifikan dari pendahulunya, dengan didukung oleh SoC (System on Chip) Qualcomm Snapdragon 680 octa-core dan memori RAM 6 GB. Seperti seri 'reguler', ponsel ini juga dilengkapi dengan baterai berkapasitas 5000 mAh yang mendukung pengisian cepat 25W, sehingga pengguna dapat mengisi daya ponsel dari kosong hingga penuh dalam waktu singkat.

Samsung Galaxy A05s

Samsung Galaxy A05s juga menawarkan layar tajam dengan resolusi Full HD+ dan refresh rate 90Hz yang memberikan pengalaman visual yang imersif. Selain itu, smartphone ini juga memiliki kamera utama 50 MP dan kamera selfie 13 MP yang menurut penulis sudah cukup baik dan kompetitif di kelas harganya.

Namun, keunggulan Samsung Galaxy A05s tidak hanya itu. Masih banyak hal lain yang bisa Anda ketahui melalui artikel berikut tentang kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A05s, serta spesifikasi dan harga terbarunya.

Kelebihan Samsung Galaxy A05s

Kelebihan Samsung Galaxy A05s

1. Layar FHD+ 90Hz

Dari informasi yang saya himpun, Samsung Galaxy A05s hadir dengan layar sentuh 2.5D berponi minimalis berukuran 6,7 inci dengan panel PLS (Plane to Line Switching) LCD kapasitif display yang memiliki resolusi Full HD+ alias 1080 x 2400 piksel. Layar ini memiliki kerapatan hingga 393 ppi (pixel per inch) yang mampu menghasilkan pengalaman visual yang imersif.

Selain itu, layar ini juga dilengkapi dengan fitur Eye Comfort Shield untuk mengurangi pancaran cahaya biru pada layar agar tidak membuat mata pengguna cepat lelah. Layar tersebut juga sudah mendukung refresh rate 90Hz yang memberikan pengalaman yang lebih mulus.

2. Desain Bodi Minimalis

Samsung tetap mempertahankan gaya minimalis pada desain bodi Samsung Galaxy A05s. Bagian belakang ponsel ini menampilkan lensa kamera yang menonjol tanpa adanya housing kamera, mirip dengan desain Samsung Galaxy A04s sebelumnya.

Namun, Samsung Galaxy A05s mengadopsi desain yang telah diperkenalkan oleh Samsung Galaxy S23 5G, Samsung Galaxy A54 5G, dan Samsung Galaxy A24 4G. Desain ini mencakup penutup belakang yang datar dan frame yang sedikit melengkung.

Keunikan yang ditawarkan oleh smartphone ini adalah pilihan warna yang beragam. Untuk pasar Indonesia, tersedia tiga warna, yaitu Light Green, Silver, dan Black. Ketiga warna tersebut memiliki nuansa matte yang memberikan kesan tenang dan tidak mencolok.

Meskipun demikian, pada segmen entry-level ini, tidak ada yang istimewa dari segi material yang digunakan pada Samsung Galaxy A05s. Ponsel ini menggunakan bodi berbahan plastik polikarbonat.

3. Kamera Utama 50MP dengan 60 FPS Recording

Sisi fotografi, Samsung Galaxy A05s hadir dengan tiga kamera belakang. Kamera utamanya memiliki resolusi 50 MP dengan sensor Samsung ISOCELL JN1 berukuran 1/2.76 inci 0.64um piksel pada bukaan aperture f/1.8, dilengkapi dengan fitur phase-detection autofocus dan LED flash.

Kamera kedua memiliki resolusi 2 MP pada bukaan aperture f/2.5 yang berfungsi sebagai kamera macro. Sedangkan kamera ketiga memiliki resolusi 2 MP pada bukaan aperture f/2.4 yang berfungsi sebagai depth sensor.

Untuk kamera depan, terdapat kamera selfie dengan resolusi 13 MP yang menggunakan sensor BSI CMOS berukuran 1/3 inci 1.12um piksel pada bukaan aperture f/2.0 dengan fixed focus. Untuk merekam video, kamera belakang mampu merekam pada resolusi 1080p@60fps, sementara kamera selfie hanya mampu merekam pada resolusi 1080p@30fps.

4. Performa Tangguh

Dapur pacu Samsung Galaxy A05s cukup kompeten di kelasnya, didukung oleh SoC (System on Chip) Qualcomm Snapdragon 680 SM6225 berfabrikasi 6 nanometer. Chipset ini memiliki octa-core prosesor yang terdiri dari quad-core Kryo 265 Gold berkecepatan 2,4 GHz dan quad-core Kryo 265 Silver berkecepatan 1,9 GHz. Ponsel ini juga dilengkapi dengan RAM 6 GB + 6 GB RAM Plus, serta GPU Adreno 610 yang memadai.

Samsung Galaxy A05s mampu mencapai skor 310.645 dalam uji AnTuTu v10. Dengan spesifikasi tersebut, pengguna dapat menjalankan game populer seperti PUBG Mobile, Call of Duty Mobile, Minecraft, dan lainnya. Meskipun demikian, pengalaman bermain Genshin Impact mungkin kurang nyaman.

Selain itu, ponsel ini memiliki penyimpanan internal 128 GB eMMC 5.1 yang dapat diperluas melalui slot microSD hingga 1 TB. Ini memungkinkan pengguna untuk menyimpan lebih banyak file dan aplikasi tanpa khawatir kehabisan ruang.

5. Sensor Sidik Jari di Samping

Samsung Electronics Indonesia (SEIN) tidak hanya fokus pada kamera, tetapi juga memperhatikan desain pada Samsung Galaxy A05s. Ponsel ini memiliki bodi belakang yang bersih dan rapi tanpa sensor sidik jari di belakang.

Sebagai gantinya, sensor sidik jari ditempatkan di samping yang terintegrasi dengan tombol power. Selain membuat bodi terlihat lebih bersih di bagian belakang, pengalaman membuka kunci juga menjadi lebih mudah dan alami.

6. Baterai Besar dan Awet

Samsung Galaxy A05s dilengkapi dengan baterai berkapasitas 5000 mAh, yang sudah umum untuk ponsel saat ini. Dengan kapasitas besar ini, perangkat dapat bertahan sepanjang hari dalam penggunaan normal.

Selain itu, Samsung Galaxy A05s dilengkapi dengan port pengisian USB Type-C 2.0 dan fitur pengisian cepat 25W, yang memungkinkan pengisian daya dari kosong hingga penuh dalam sekitar 1 jam 30 menit, tergantung pada kondisi penggunaan.

7. Dukungan Update Sistem Operasi

Samsung Galaxy A05s menggunakan sistem operasi Android 13 dengan antarmuka One UI 5.1. Samsung menyematkan beberapa fitur menarik pada antarmuka ponsel ini.

Salah satunya adalah Dual Messenger yang memungkinkan pengguna untuk memiliki dua akun berbeda pada satu aplikasi. Fitur lainnya adalah Multi Windows yang memungkinkan pengguna untuk membuka lebih dari satu aplikasi dalam satu layar, serta Pop-Up View yang memungkinkan pengguna untuk membuka aplikasi dalam jendela kecil yang mengambang.

Samsung Galaxy A05s juga dijanjikan akan mendapatkan upgrade ke Android 15 dengan antarmuka One UI 7 di masa mendatang. Selain itu, ponsel ini juga akan menerima update patch keamanan selama empat tahun ke depan.

Kekurangan Samsung Galaxy A05s

Kekurangan Samsung Galaxy A05s

1. Tidak Ada Fitur NFC

Salah satu kekurangan utama dari Samsung Galaxy A05s adalah ketiadaan fitur NFC (Near Field Communication), yang merupakan salah satu fitur yang sangat dicari oleh banyak orang. Dengan kehadiran fitur ini, beberapa aktivitas dapat dilakukan dengan lebih mudah dan cepat.

Salah satu kegunaan NFC yang umum adalah melakukan transaksi digital. Fitur ini juga memungkinkan pengguna untuk memeriksa saldo kartu e-money, menghubungkan perangkat dengan mudah, dan mentransfer file dengan lebih cepat.

Sayangnya, Samsung Galaxy A05s tidak dilengkapi dengan fitur NFC ini. Hal ini menarik perhatian karena beberapa pesaingnya di kelas yang sama telah menyediakan fitur NFC (Near Field Communication).

2. Tidak Ada Sensor Compass

Selain tidak menyertakan fitur NFC (Near Field Communication), Samsung Galaxy A05s juga tidak dilengkapi dengan sensor kompas pada seri ini. Kehadiran sensor kompas tentunya menjadi kekurangan pada ponsel ini.

Hal ini karena Anda tidak dapat mengetahui arah mata angin saat ponsel tidak terhubung ke internet. Mengenai sensor, ponsel ini hanya memiliki sensor fingerprint (side-mounted), accelerometer, dan proximity.

3. Kamera Ultrawide Absen

Kamera dari Samsung Galaxy A05s sudah cukup baik. Namun, ada kekurangan yang mungkin menjadi keputusan penentu bagi sebagian orang, terutama bagi yang sering berpetualang ke alam terbuka.

Ya, ponsel kelas menengah dari Samsung Electronics Indonesia (SEIN) ini tidak dilengkapi dengan sensor ultrawide, sehingga Anda tidak bisa memotret dengan sudut pandang yang lebih luas. Padahal, pesaingnya dengan harga yang lebih terjangkau telah menyematkan kamera ultrawide, seperti Xiaomi Redmi 12 yang baru saja dirilis di Indonesia.

Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A05s

Spesifikasi 
  • Warna : Light Green, Silver, dan Black.
  • Dimensi : 168 x 77.8 x 8.8 mm.
  • Berat : 194 gram
  • Layar : PLS LCD, 1080 x 2400, 6.7 inci.
  • Chipset : Qualcomm SM6225 Snapdragon 680 4G (6 nm).
  • GPU : Adreno 610.
  • RAM : 6 GB.
  • ROM : 128 GB.
  • OS : Android 13, One UI Core 5.1.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, 25W wired.
  • Kamera Belakang : 50 MP + 2 MP + 2 MP.
  • Kamera Depan : 13 MP.

Selengkapnya :

Samsung Galaxy A05s merupakan salah satu smartphone 4G terbaru dan termurah dari Samsung yang menawarkan performa yang kompeten di kelas harganya. Smartphone ini dilengkapi dengan SoC (System on Chip) Qualcomm Snapdragon 680 SM6225 octa-core.

Selain menyajikan performa yang memadai, ponsel ini juga menawarkan pengalaman fotografi yang menarik berkat dukungan kamera utama 50 MP dan kamera selfie 13 MP. Layar Samsung Galaxy A05s juga cukup tajam dengan resolusi Full HD+ dan mendukung refresh rate 90Hz yang memberikan pengalaman visual yang imersif. Harga terbaru Samsung Galaxy A05s di Indonesia adalah Rp2.299.000 untuk varian RAM 6 GB dan ROM 128 GB.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.