Yuk Ketahui 10 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A05

Samsung Electronics Indonesia (SEIN) secara diam-diam telah meluncurkan smartphone entry-level terbarunya di pasar Indonesia, yaitu seri Samsung Galaxy A05. Seri ini menjadi penerus Samsung Galaxy A04 yang dirilis pada Oktober 2022.

Samsung Galaxy A05

Samsung Galaxy A05 hadir dengan performa yang kompeten di kelas harganya, didukung oleh SoC (System on Chip) MediaTek Helio G85 octa-core dan tersedia dalam varian RAM 4 GB atau 6 GB. Selain itu, ponsel ini memiliki layar luas berukuran 6,7 inci dengan resolusi HD+, mirip dengan beberapa smartphone entry-level lainnya.

Samsung Galaxy A05 juga menonjol dalam kelas harganya dengan kamera utama 50 MP. Resolusi ini menjadikan Samsung Galaxy A05 sebagai pesaing baru bagi Vivo V17s yang dirilis pada akhir September 2023. Selain itu, ponsel ini dilengkapi dengan baterai berkapasitas 5000 mAh dan dukungan pengisian cepat 25W.

Namun, seberapa bagus ponsel entry-level ini dari Samsung Electronics Indonesia (SEIN)? Pertanyaan singkat ini akan dijelaskan dalam artikel mengenai kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A05, serta spesifikasi dan harga ponsel ini.

Kelebihan Samsung Galaxy A05

Kelebihan Samsung Galaxy A05

1. Layar Luas dan Tajam

Berdasarkan informasi yang penulis himpun, Samsung Galaxy A05 dilengkapi dengan layar sentuh berponi minimalis berukuran 6,7 inci dengan panel PLS (Plane to Line Switching) LCD dan resolusi HD+ atau 720 x 1600 piksel, yang menawarkan kerapatan hingga 261 ppi (pixel per inch). Layar ini memiliki rasio bodi ke layar sebesar 82,1 persen.

Meskipun layar smartphone ini tidak memiliki refresh rate tinggi dan hanya mencapai 60Hz, hal ini masih dapat diterima mengingat harga rilisnya yang hanya berada di kisaran Rp 1 jutaan.

Meskipun kualitas tampilan layar Samsung Galaxy A05 mungkin tidak sejernih layar Full HD+ pada beberapa smartphone lain di kelasnya, namun bagi yang membutuhkan smartphone Samsung dengan ukuran layar di atas rata-rata dan harga terjangkau, ponsel ini merupakan pilihan yang layak.

2. Desain Bodi yang Khas

Dalam desainnya, Samsung memilih untuk menggunakan tema desain yang seragam untuk semua seri Galaxy. Hal ini terlihat dari bodi belakang Samsung Galaxy A05 yang mirip dengan seri-seri di atasnya seperti Samsung Galaxy A14, Samsung Galaxy A24, Samsung Galaxy A34, dan bahkan Samsung Galaxy S23. Perbedaannya, Galaxy A05 hanya memiliki dua kamera di sisi belakang, namun tata letak kamera ini tetap sama tanpa housing kamera sehingga terlihat lebih seamless.

Bodi belakang ponsel ini memiliki pola garis diagonal memanjang tanpa aksen visual flashy atau menyala. Meskipun dibekali baterai besar, bobotnya terasa ringan yaitu hanya 195 gram sehingga nyaman digenggam dalam waktu lama.

Samsung Galaxy A05 untuk pasar Indonesia hadir dalam tiga varian warna yaitu Black, Silver, dan Light Green.

Meskipun berada di segmen entry-level dengan harga kisaran Rp 1 jutaan, tidak ada yang istimewa dari segi material yang digunakan pada ponsel ini. Samsung Galaxy A05 hanya menggunakan bodi berbahan plastik polikarbonat.

3. Varian Penyimpanan yang Beragam dan Luas

Selain dari segi performa, Samsung Galaxy A05 juga mendapatkan peningkatan dari seri-seri sebelumnya. Kini, ponsel ini memiliki storage dengan kapasitas 64 GB dan 128 GB untuk varian tertingginya, yang dipadukan dengan memori RAM 4 GB atau 8 GB.

Kapasitas penyimpanan internal sebesar 128 GB sudah menjadi syarat mutlak untuk pengalaman pengguna yang nyaman di tahun 2023. Hal ini disebabkan oleh beragamnya game dan aplikasi yang semakin besar dan pastinya akan membutuhkan lebih banyak ruang penyimpanan.

Untuk RAM sebesar 4 GB atau 6 GB, sebenarnya sudah cukup untuk multitasking. Namun, tidak ada salahnya untuk mencari ponsel dengan RAM 8 GB di kisaran harga Rp 1 jutaan, seperti Infinix Hot 30. Jadi, meskipun RAM 6 GB bukanlah kapasitas terbesar di kelasnya, namun masih termasuk salah satu yang paling besar.

Samsung Galaxy A05 juga dilengkapi dengan slot microSD untuk ekspansi memori eksternal hingga 1 TB.

4. Kinerja Dapur Pacu Memadai

Samsung Galaxy A05 menawarkan performa yang cukup kompeten di kelasnya, didukung oleh SoC (System on Chip) MediaTek Helio G85 MT6769V/CZ dengan fabrikasi 12 nanometer. SoC ini memiliki prosesor octa-core yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A75 dengan kecepatan 2 GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 dengan kecepatan 1,8 GHz. Ponsel ini juga dilengkapi dengan memori RAM 4 GB atau 6 GB, serta GPU Mali-G52 2EEMC2 yang mumpuni.

Berdasarkan NanoReview, SoC MediaTek Helio G85 memiliki skor AnTuTu v10 sebesar 268.859 poin. Sedangkan pada Geekbench 6, ponsel ini mendapatkan skor 418 poin untuk single-core dan 1372 poin untuk multi-core.

5. Kamera Utama 50MP dengan 60 FPS Recording

Samsung Galaxy A05, ponsel entry-level ini dilengkapi dengan dua kamera di bagian belakang. Kamera utamanya memiliki resolusi 50 MP dengan bukaan aperture f/1.8 dan menggunakan sensor Samsung ISOCELL JN1 1/2,76 inci dengan ukuran piksel 0,64um. Kamera utama ini juga dilengkapi dengan fitur phase-detection autofocus, AI, dan LED flash.

Sementara itu, kamera kedua memiliki resolusi 2 MP dengan bukaan aperture f/2.4 yang berfungsi sebagai depth sensor.

Di bagian depan, terdapat kamera selfie dengan resolusi 8 MP yang menggunakan sensor BSI CMOS 1/4 inci dengan ukuran piksel 1,12um pada bukaan aperture f/2.0. Untuk perekaman video, kamera belakang mampu merekam video dalam resolusi 1080p@60fps, sedangkan kamera selfie hanya mampu merekam dalam resolusi 1080p@30fps.

6. Baterai Besar dan Awet

Samsung Galaxy A05 dilengkapi dengan baterai berkapasitas 5000 mAh, sama seperti model sebelumnya dan kebanyakan smartphone lain di kelas yang sama. Dengan kapasitas baterai ini, ponsel ini mampu bertahan seharian penuh meski hanya diisi sekali.

Selain itu, Samsung Galaxy A05 juga dilengkapi dengan port pengisian USB Type-C 2.0 dan fitur pengisian cepat 25W. Dengan fitur ini, ponsel dapat diisi daya dari kosong hingga penuh dalam waktu sekitar 2 jam, tergantung pada kondisi pengisian.

Dari segi konektivitas, Samsung Galaxy A05 memiliki port USB Type-C 2.0 dengan antarmuka OTG (On-The-Go). Hal ini lebih baik dibandingkan dengan microUSB yang digunakan pada pendahulunya, yaitu Samsung Galaxy A04 atau ponsel entry-level lainnya di kelas harga Rp 1 jutaan.

7. Konektivitas Ideal

Konektivitas Samsung Galaxy A05 juga cukup ideal. Ponsel ini menggunakan port USB Type-C 2.0 dengan antarmuka OTG (On-The-Go), yang lebih baik dari penggunaan microUSB pada pendahulunya, Samsung Galaxy A04, dan ponsel entry-level lainnya di kelas harga Rp 1 jutaan.

Selain itu, Samsung Galaxy A05 juga dilengkapi dengan versi Bluetooth 5.3, yang lebih tinggi dari mayoritas smartphone lain di kelas yang sama yang umumnya menggunakan Bluetooth 5.0.

Kehadiran port USB Type-C ini mungkin berkat peraturan Uni Eropa yang mengharuskan semua perangkat elektronik memiliki port seragam.

8. Dukungan Update OS

Jika Anda adalah pengguna Samsung Galaxy A03, Anda mungkin telah memperhatikan bahwa smartphone tersebut masih dapat diupgrade ke Android 13, meskipun diluncurkan dengan Android 11. Hal ini berarti, Samsung memberikan masa update versi Android hingga dua tahun.

Dukungan update sistem operasi ini juga berlanjut ke Samsung Galaxy A05, yang diluncurkan dengan Android 13 dan antarmuka One UI 5.1. Berdasarkan informasi yang saya terima, ponsel ini juga akan mendapatkan upgrade ke Android 15 dengan antarmuka One UI 7 di masa mendatang. Selain itu, Samsung Galaxy A05 juga akan mendapatkan update patch keamanan selama empat tahun.

Kekurangan Samsung Galaxy A05

Kekurangan Samsung Galaxy A05

1. Sensor Sidik Jari Absen

Samsung Galaxy A05 tampaknya masih mengikuti jejak pendahulunya, Samsung Galaxy A04, dengan tidak menyertakan sensor sidik jari di belakang atau di samping bodi. Pengguna hanya dapat menggunakan PIN, password, pola, atau face unlock untuk mengamankan perangkat. Namun, penggunaan face unlock ini mungkin sulit mendeteksi wajah dalam kondisi ruangan gelap.

Dengan demikian, Samsung Galaxy A05 kalah bersaing dengan para pesaingnya yang umumnya sudah dilengkapi dengan sensor sidik jari di samping atau di belakang bodi. Sedangkan Samsung Galaxy A05 sama sekali tidak memiliki fitur tersebut.

2. Tidak Dilengkapi Sensor Compass

Selain tidak menyertakan sensor sidik jari, baik di belakang maupun di samping, Samsung Galaxy A05 juga tidak dilengkapi dengan sensor compass pada seri ini. Kehadiran sensor compass memang merupakan kekurangan pada ponsel ini. Tanpa sensor compass, pengguna tidak dapat mengetahui arah mata angin saat ponsel tidak terhubung ke internet. Dari segi sensor, ponsel ini hanya dilengkapi dengan sensor accelerometer dan proximity.

Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A05

Spesifikasi 
  • Warna : Black, Silver, Light Green.
  • Dimensi : 168.8 x 78.2 x 8.8 mm.
  • Berat : 195 gram
  • Layar : PLS LCD, 720 x 1600, 6.7 inci.
  • Chipset : Mediatek MT6769 Helio G85 (12nm).
  • GPU : Mali-G52 MC2.
  • RAM : 4 GB / 6 GB.
  • ROM : 64 GB / 128 GB.
  • OS : Android 13, One UI Core 5.1.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, 25W wired.
  • Kamera Belakang : 50 MP + 2 MP.
  • Kamera Depan : 8 MP.

Selengkapnya :

Samsung Galaxy A05 merupakan salah satu smartphone 4G terbaru yang menonjolkan kamera belakang dengan kamera utama 50 MP. Selain itu, ponsel ini didukung oleh SoC (System on Chip) MediaTek Helio G85 octa-core yang dianggap cukup kompeten di kelasnya.

Samsung Galaxy A05 juga akan mendapatkan update sistem operasi hingga Android 15 dengan antarmuka One UI 7 di masa mendatang. Hal ini menunjukkan bahwa ponsel kelas entry-level ini masih dapat digunakan dengan layak selama dua hingga tiga tahun ke depan.

Harga terbaru Samsung Galaxy A05 di Indonesia adalah Rp1.499.000 untuk varian RAM 4 GB dan ROM 64 GB, Rp1.699.000 untuk varian RAM 4 GB dan ROM 128 GB, dan Rp1.899.000 untuk varian RAM 6 GB dan ROM 128 GB.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.