Inilah 8 Kelebihan dan Kekurangan Realme Pad Mini

Apakah Anda sedang mencari tablet untuk pekerjaan, gaming, dan aktivitas multimedia? Jika ya, Realme Pad Mini mungkin layak dipertimbangkan. Berbeda dengan yang 10 inci, Realme Pad Mini memiliki layar berukuran 8.7 inci.

Realme Pad Mini

Harganya juga terjangkau, cukup dengan dana sekitar Rp2 jutaan saja, Anda sudah bisa memiliki Realme Pad Mini. Dengan harga tersebut, tablet ini menyediakan beberapa fitur yang handal seperti baterai besar, layar luas, performa yang cepat, dan lainnya.

Bobot yang ringan dan dimensi yang kompak membuat Realme Pad Mini mudah untuk dibawa ke mana-mana. Sebelum Anda memutuskan untuk membeli tablet ini, penting untuk mengetahui kelebihan dan kekurangannya, serta spesifikasi dan harga yang ditawarkan.

Kelebihan Realme Pad Mini

Kelebihan Realme Pad Mini

1. Desain yang Kekinian

Menggunakan embel-embel “Mini” memberikan kesan khusus pada tablet terjangkau dari Realme ini. Realme Pad Mini didesain untuk portabilitas, sangat nyaman untuk dibawa bepergian dibandingkan dengan Realme Pad versi 10 inci.

Dengan dimensi 211.8 x 124.5 x 7.6 mm dan berat 372 gram, Realme Pad Mini memiliki tampilan yang modern dengan bodi unibodi yang terbuat dari aluminium pada frame-nya. Tersedia dalam dua pilihan warna, yaitu Abu-abu dan Biru.

2. Kinerja Dapur Pacu Cukup Memadai

Seperti yang sudah diketahui, Realme selalu mengutamakan kinerja pada setiap produknya, termasuk Realme Pad Mini. Tablet ini dilengkapi dengan SoC UNISOC T661, sebuah chipset kelas entry-level yang cukup handal.

SoC ini memiliki delapan inti prosesor yang terdiri dari klaster performa dan klaster hemat daya, dengan rasio 2 + 6. UNISOC T661 dibangun dengan proses fabrikasi 12 nm dan dilengkapi dengan GPU Mali G57 MP1 dengan frekuensi hingga 750 MHz.

Untuk performa gaming, Realme Pad Mini mampu menjalankan game-game seperti Asphalt dan COD Mobile dengan lancar tanpa hambatan. Selain itu, Anda juga bisa memainkan game-game seperti Free Fire, Mobile Legends, dan lainnya.

3. Layar IPS LCD

Kami sebelumnya juga telah menyebutkan bahwa layar Realme Pad Mini memiliki ukuran 8.7 inci, berbeda dengan tablet lain yang umumnya berukuran 10 inci. Layar ini menggunakan panel IPS LCD dengan resolusi 1340 x 800 piksel, yang mampu menampilkan warna-warna yang cukup memukau.

Namun, sayangnya tablet ini kurang cocok untuk digunakan di luar ruangan atau di bawah sinar matahari langsung. Hal ini disebabkan oleh tingkat kecerahan layar maksimal Realme Pad Mini yang hanya mencapai 360 nit. Selain itu, kerapatan pikselnya hanya sekitar 179 ppi, sehingga pengalaman penggunaan mungkin tidak seoptimal yang diharapkan.

4. Baterai Jumbo 6400 mAh

Mengingat ukuran layar tablet yang lebih besar dari smartphone biasa, tentu saja tablet memerlukan baterai berkapasitas besar agar dapat bertahan lama hingga seharian penuh. Realme Pad Mini menggunakan baterai berkapasitas 6.400 mAh untuk memenuhi kebutuhan dayanya.

Dalam pengujian menonton streaming video, tablet ini mampu bertahan hingga 15,8 jam. Sementara itu, dalam pengujian bermain game COD Mobile, tablet ini dapat bertahan hingga 9,5 jam. Untuk mempercepat pengisian daya, Realme Pad Mini telah dilengkapi dengan fitur fast charging 18W melalui port USB Type-C.

5. Kamera Oke di Kelasnya

Realme Pad Mini dilengkapi dengan kamera utama 8 MP yang memiliki bukaan f/2.0 dan mampu merekam video hingga resolusi 1080p pada 30 fps. Sedangkan kamera selfie tablet ini memiliki resolusi 5 MP dengan bukaan f/2.2. Beberapa fitur kamera yang disediakan antara lain slow motion, time lapse, panorama, dan mode potret.

Sayangnya, pengguna tidak dapat mengambil foto di kondisi cahaya yang minim atau saat malam hari karena Realme Pad Mini tidak dilengkapi dengan LED Flash. Hal ini cukup wajar, mengingat tablet umumnya tidak ditujukan untuk penggunaan kamera yang intensif.

Meskipun demikian, Realme Pad Mini masih cocok digunakan untuk video call, pertemuan online, fotografi ringan, dan kegiatan sejenisnya.

6. Memori Lega

Realme Pad Mini cocok untuk Anda yang ingin mengunduh banyak aplikasi atau menyimpan data penting di tablet. Tablet ini tersedia dalam dua konfigurasi RAM, yaitu 3 GB dan 4 GB. Untuk penyimpanan internal, Realme Pad Mini hadir dalam dua pilihan yaitu 32 GB dan 64 GB.

Jika Anda merasa kapasitas penyimpanan 32 GB atau 64 GB masih kurang, Anda dapat menambahkannya dengan kartu microSD hingga 1 TB.

Kekurangan Realme Pad Mini

Kekurangan Realme Pad Mini

1. Tidak Dilengkapi LED Flash

Meskipun tablet tidak menjadi fokus utama pada kamera, kehadiran LED Flash dapat membantu dalam situasi kurang cahaya. Misalnya, saat listrik mati atau malam hari untuk memotret momen di dalam ruangan gelap. Namun, Realme Pad Mini sayangnya tidak dilengkapi dengan LED Flash.

2. Tidak Ada Fingerprint

Realme Pad Mini hanya menyediakan fitur keamanan seperti Face Unlock, PIN, dan sejenisnya. Meskipun demikian, banyak pengguna yang penasaran apakah tablet Realme ini dilengkapi dengan sensor sidik jari untuk keamanan tambahan. Namun, sayangnya, Realme Pad Mini tidak memiliki fitur fingerprint.

Harga dan Spesifikasi Realme Pad Mini

Spesifikasi 
  • Warna : Gray, Blue.
  • Dimensi : 211.8 x 124.5 x 7.6 mm.
  • Berat : 372 gram
  • Layar : IPS LCD, 1340 x 800 piksel, 8.7 inci.
  • Chipset : Unisoc Tiger T616 (12 nm).
  • GPU : Mali-G57 MP1.
  • RAM : 3/4 GB.
  • ROM : 32/64 GB.
  • OS : Android 11, Realme UI for Pad.
  • Baterai : Li-Po 6700 mAh, Fast Charging 18W.
  • Kamera Belakang : 8 MP.
  • Kamera Depan : 5 MP.

Selengkapnya :

Realme Pad Mini dijual dengan harga Rp2.399.000 untuk varian RAM 3 GB dan penyimpanan internal 32 GB. Sedangkan untuk varian RAM 4 GB dan penyimpanan internal 64 GB dijual dengan harga Rp2.799.000. Berikut ini, penulis telah menyiapkan link pembelian dari beberapa e-commerce di Indonesia, yang dapat membantu Anda mendapatkan harga terbaik.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.