10 Kelebihan dan Kekurangan Smartphone Realme C55 NFC

Serangkaian ponsel Realme C Series dengan desain menawan bukanlah hal yang baru. Realme C33 dan Realme C35 adalah contoh ponsel dalam jajaran Realme C Series yang memiliki desain menarik. Namun, keduanya masih menggunakan layar sentuh dengan desain waterdrop notch, yang umumnya ditemukan pada ponsel entry-level.

Realme C55 NFC

Namun, hal itu berubah dengan hadirnya Realme C55 NFC. Ponsel entry-level to mid-range yang diluncurkan pada 7 Maret 2023 ini hadir dengan layar sentuh berdesain punch hole, mirip dengan ponsel high-end. Selain itu, seri Realme C55 NFC ini juga membawa sejumlah perubahan dibandingkan dengan Realme C Series lainnya.

Tidak hanya itu, Realme membuat terobosan baru dengan memperkenalkan fitur bernama Mini Capsule Notification di sekitar punch hole kamera depan, mirip dengan iPhone 14 Series. Ponsel ini juga dilengkapi dengan fitur NFC (Near Field Communication) 360 derajat, yang jarang ditemukan pada ponsel sekelasnya. Nah, apa saja kelebihan dan kekurangan Realme C55 NFC? Simak ulasan berikut ini.

Kelebihan Realme C55 NFC

Kelebihan Realme C55 NFC

1. Desain Stylish dengan Bodi Tipis

Dalam desainnya, Realme C55 NFC mengusung konsep Sunshower yang terinspirasi dari alam. Bagian belakang ponsel ini memiliki 500.000 partikel cahaya yang membentuk garis mikroskopis vertikal, menyerupai garis-garis hijau daun. Untuk varian Sunshower, terdapat struktur proses 13 lapis dengan berbagai proses pencetakan yang total ketebalannya hanya 0,6 mm.

Baik varian Sunshower maupun Rainy Night dilengkapi dengan permukaan glossy dan matte yang terintegrasi pertama kali dalam kelasnya, proses glitter sand, tekstur linier luar, dan proses litografi skala abu-abu tingkat mikro. Di samping ponsel, terdapat sensor sidik jari yang terintegrasi dengan tombol power.

Realme C55 NFC memiliki dimensi 165,65 mm x 75,98 mm x 7,89 mm, menjadikannya salah satu ponsel teringan di kelasnya. Desainnya yang mengotak memberikan kesan premium. Bagian housing kamera hadir dengan desain glossy yang menonjol dengan dua lensa dan flash light vertikal.

2. Layar FHD+ dengan Refresh Rate 90Hz

Realme C55 NFC tidak menggunakan panel AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode). Sebagai gantinya, ponsel ini menggunakan panel IPS (In-Plane Switching) LCD berukuran 6,72 inci dengan resolusi Full HD+ atau 1080 x 2400 piksel. Realme C55 NFC juga beralih dari desain layar waterdrop notch ke desain punch hole seperti pada ponsel mahal.

Layar Realme C55 NFC memiliki refresh rate 90Hz, yang membuat pengalaman menggulir menu menjadi lebih lancar dibandingkan dengan layar berrefresh rate 60Hz. Layar ini mampu menampilkan 16,7 miliar warna dan memiliki screen-to-body ratio mencapai 91,4%. Layar ponsel ini juga sudah memiliki sertifikasi Widevine L1, sehingga pengguna dapat menonton film pada platform Netflix hingga resolusi Full HD.

Meskipun tidak dijelaskan jenis kaca proteksi yang digunakan pada Realme C55 NFC, namun produsen telah melapisi layar ponsel ini dengan screen protector.

3. Performa Oke

Dalam sektor performa, Realme C55 NFC menggunakan SoC (System on Chip) MediaTek Helio G88 yang diproses dengan fabrikasi 12 nanometer. MediaTek Helio G88 ini memiliki octa-core prosesor yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A75 berkecepatan 2 GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 berkecepatan 1,8 GHz, serta GPU (Graphics Processing Unit) Mali-G52 2EEMC2 berkecepatan 1 GHz.

SoC Helio G88 dari MediaTek ini cukup memadai untuk ponsel di segmen harga dua jutaan. Namun, memori internal yang digunakannya masih menggunakan eMMC 5.1, bukan UFS. Hal ini membuat waktu yang dibutuhkan untuk membuka aplikasi atau game berat menjadi lebih lama dibandingkan dengan menggunakan memori UFS.

Realme C55 NFC mendapatkan skor AnTuTu 9 sekitar 250 ribu. Sedangkan untuk skor single-core dan multi-core di GeekBench 5 adalah 376 (single-core) dan 1463 (multi-core).

4. Kamera Utama 64MP

Dalam sektor kamera, Realme C55 NFC dilengkapi dengan konfigurasi Dual Camera di bagian belakang. Kamera utamanya memiliki resolusi 64 MP dengan sensor OmniVision OV64B 1/2 inci dan bukaan f/1.79. Sedangkan kamera makro memiliki resolusi 2 MP dengan lensa B&W.

Kamera depan Realme C55 NFC memiliki resolusi 8 MP dengan bukaan f/2.0. Untuk perekaman video, ponsel ini mampu merekam hingga resolusi 1080P@60fps dengan kamera belakang, sementara kamera depan hanya mampu merekam hingga 1080p@30fps.

5. Penyimpanan Cukup Besar

Realme C55 NFC memiliki pilihan ukuran memori yang cukup besar untuk kelasnya. Terdapat varian RAM 6 GB LPDDR4X dengan penyimpanan internal 128 GB eMMC 5.1, dan varian RAM 8 GB LPDDR4X dengan penyimpanan internal 256 GB eMMC 5.1. Kedua varian ini dianggap cukup besar untuk ponsel dengan harga dua jutaan.

Jika masih kurang, pengguna dapat menggunakan slot microSD untuk memperluas memori eksternal hingga 1 TB. Yang menguntungkan, pengguna tidak perlu mengorbankan salah satu kartu SIM karena slot microSD pada ponsel ini bersifat dedicated slot. Dengan demikian, pengguna dapat menggunakan Dual SIM dan microSD secara bersamaan.

6. Baterai Besar + SuperVOOC 33W

Untuk kebutuhan daya, Realme C55 NFC dilengkapi dengan baterai berkapasitas 5000 mAh dan fitur pengisian cepat SuperVOOC 33W yang sangat cepat di kelasnya. Dengan fitur SuperVOOC 33W, ponsel ini hanya memerlukan waktu 63 menit untuk mengisi daya dari kosong hingga penuh. Bahkan, untuk mengisi daya hingga 50%, hanya membutuhkan waktu 29 menit.

Dalam pengujian menggunakan aplikasi PCMark, baterai Realme C55 NFC mampu bertahan hingga 15 jam 9 menit untuk penggunaan normal. Dengan daya tahan seperti itu, pengguna dapat beraktivitas dengan lebih nyaman tanpa perlu khawatir kehabisan baterai saat berada di luar rumah.

7. Menghadirkan Fitur Baru Bernama Mini Capsule Notification

Pada seri Realme C55 NFC, Realme memperkenalkan fitur baru yang disebut Mini Capsule Notification di sekitar punch-hole kamera depan, mirip dengan yang ada pada iPhone 14 series. Fitur ini memiliki tiga skenario fungsional yang telah ditentukan oleh produsen.

Skenario tersebut mencakup pengisian daya baterai, penggunaan data seluler, dan menghitung langkah. Namun, saat ini Mini Capsule Notification pada Realme C55 NFC hanya dapat menampilkan notifikasi ketika baterai sudah terisi penuh, baterai lemah, dan saat pengisian daya sedang berlangsung.

Dari segi perangkat lunak, Realme C55 NFC menjalankan sistem operasi Android 13 dengan antarmuka Realme UI 4.0 terbaru, yang diluncurkan bersamaan dengan Realme 10 Pro 5G dan Realme 10 Pro Plus 5G.

8. Mendukung Fitur NFC 360 Derajat

Realme C55 NFC dilengkapi dengan fitur NFC (Near Field Communication) 360 yang memiliki tingkat akurasi dua kali lipat lebih baik. Dengan NFC ini, pengguna dapat melakukan swipe 360 derajat di bagian atas ponsel untuk pengalaman NFC yang lebih baik.

Fitur NFC memiliki berbagai fungsi, seperti mengecek saldo e-Money, dan masih banyak lagi.

9. Dibekali Konektivitas dan Sensor Lengkap

Konektivitas yang dibawa oleh Realme C55 NFC dianggap cukup lengkap untuk kelasnya. Ponsel ini dilengkapi dengan Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, Bluetooth 5.0 dengan codec A2DP dan LE, port USB Type-C 2.0, GPS, aGPS, GLONASS, BDS, dan NFC.

Selain itu, Realme C55 NFC juga dilengkapi dengan berbagai sensor yang lengkap, seperti Fingerprint (side-mounted), accelerometer, gyro (virtual), proximity, light, dan magnetometer.

Kekurangan Realme C55 NFC

Kekurangan Realme C55 NFC

1. Tidak Dibekali Stereo Speaker

Speaker stereo absen pada Realme C55 NFC, mungkin karena pertimbangan agar harga tetap terjangkau. Realme C55 NFC hanya memiliki satu speaker, yang diletakkan di sebelah kiri port USB Type-C 2.0.

Meskipun demikian, kualitas suara yang dihasilkan oleh speaker Realme C55 NFC tergolong baik untuk kelasnya. Fitur UltraBoom Speaker hadir untuk meningkatkan kelantangan suara hingga 200%, melebihi umumnya yang hanya 100%.

Harga dan Spesifikasi Realme C55 NFC

Spesifikasi 
  • Warna : Sunshower dan Rainy Night.
  • Dimensi : 165.65mm x 75.98 mm x 7.89 mm.
  • Berat : 189.5 gram.
  • Layar : IPS LCD, 1080 x 2400 piksel, 6.72 inci.
  • Chipset : MediaTek Helio G88 (12 nm).
  • GPU : Mali-G52 MC2.
  • RAM : 6/8 GB.
  • ROM : 128/256 GB.
  • OS : Android 13, Realme UI 4.0.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, SuperVOOC 33W.
  • Kamera Belakang : 64 MP + 2 MP.
  • Kamera Depan : 8 MP.

Selengkapnya :

Realme C55 NFC adalah ponsel entry-level to mid-range dengan SoC (System on Chip) MediaTek Helio G88 yang menawarkan desain stylish. Meskipun berada di segmen entry-level to mid-range, Realme C55 NFC memiliki berbagai fitur menarik seperti NFC (Near Field Communication) 360 derajat, Mini Capsule Notification yang mirip dengan Dynamic Island pada iPhone, pengisian cepat SuperVOOC 33W, layar dengan refresh rate 90Hz, dan kamera utama 64 MP.

Harga Realme C55 NFC adalah Rp2.499.000 untuk varian RAM 6 GB + 6 GB Dynamic RAM dan penyimpanan internal 128 GB. Sementara itu, varian RAM 8 GB + 8 GB Dynamic RAM dan penyimpanan internal 256 GB dibanderol dengan harga Rp2.999.000.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.