Inilah 13 Kelebihan dan Kekurangan Smartphone Realme C53 NFC

Setelah merilis seri Realme C55 NFC baru-baru ini, Realme Indonesia kembali menargetkan pasar entry-level dengan peluncuran Realme C53 NFC, yang membawa sejumlah keunggulan yang mungkin akan membuat Anda tertarik. Smartphone ini juga mampu memenuhi kebutuhan harian Anda dengan performa yang baik di kelasnya. Harga jualnya pun terjangkau, hanya Rp2 jutaan.

Realme C53 NFC

Dengan harga tersebut, Realme C53 NFC menawarkan nilai yang menarik dari segi harga dan fitur. Ini karena banyaknya fitur yang ditawarkan oleh ponsel buatan Realme Indonesia. Di antaranya adalah pengisian cepat 33W SuperVOOC, desain Shiny Champion Design, Mini Capsule Notification, performa handal dengan dukungan SoC (System on Chip) Unisoc T612, Dual Camera 50 MP, dan desain tipis 7.49mm Ultra Slim.

Oleh karena itu, Realme C53 NFC menarik untuk dibahas. Apalagi, Realme menyebutnya sebagai produk entry-level gamer charger dengan kualitas terdepan untuk kelas harganya. Lalu, apa kelebihan dan kekurangan Realme C53 NFC serta spesifikasi dan harganya? Untuk mengetahuinya, mari kita simak ulasannya.

Kelebihan Realme C53 NFC

Kelebihan Realme C53 NFC

1. Desain Elegan

Realme C53 NFC hadir dengan desain Shiny Champion Design yang menarik. Varian warna Midnight Black dan Champion Gold menambah daya tariknya. Midnight Black terlihat lebih kalem dibandingkan Champion Gold.

Bodi belakang ponsel ini dilapisi dengan Golden Silk Gradient Coating, memberikan tampilan berkilau seperti emas. Textur garis vertikal juga menambah kesan mewah. Meskipun bodinya glossy, namun tidak mudah kotor oleh sidik jari.

Di bagian belakang, terdapat dua modul kamera besar dan satu LED flash. Desain modul kamera mirip dengan Realme C55 NFC. Slot SIM Card dan microSD berada di bagian kiri, sementara tombol volume dan sensor sidik jari terintegrasi dengan tombol power di sebelah kanan.

Bagian atas ponsel masih kosong, sedangkan bagian bawahnya terdapat speaker, mikrofon, port USB Type-C, dan port audio jack 3.5mm.

Desain elegan Realme C53 NFC didukung oleh ketebalan bodi yang hanya 7.49 mm dan bobot sekitar 182 gram. Bagian samping bodinya juga melengkung.

2. Layar IPS dengan Refresh Rate 90Hz

Smartphone Realme C53 NFC dilengkapi dengan layar sentuh berponi berukuran 6,74 inci dengan panel IPS (In-Plane Switching) LCD. Layar ini memiliki resolusi Full HD+ atau 1080 x 2400 piksel dengan kerapatan 390 ppi (pixel per inch) dan kecerahan mencapai 560 nits (peak). Layar ini juga memiliki touch sampling rate 180Hz.

Selain itu, layar Realme C53 NFC juga memiliki refresh rate 90Hz yang membuat animasi terlihat lebih mulus tanpa screen tearing dan screen stuttering. Rasio layar ke bodi mencapai 85.5%, sehingga Anda dapat menikmati konten video, film, atau serial Netflix dengan nyaman.

Meskipun demikian, informasi tentang apakah ponsel ini dilengkapi dengan pelindung layar atau tidak tidak tersedia. Realme tidak memberikan detail tentang jenis proteksi atau pelindung yang digunakan pada layar Realme C53 NFC.

3. Performa Kencang di Kelas Harganya

Performa dari smartphone Realme C53 NFC cukup kompeten di kelasnya, dengan menggunakan SoC (System on Chip) Unsico Tiger T612 berfabrikasi 12 nanometer. SoC ini memiliki octa-core 64-bit yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A75 berkecepatan 1,8 GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 berkecepatan 1,8 GHz, dipadukan dengan RAM 6 GB LPDDR4X, serta GPU (Graphics Processing Unit) Mali-G57.

Dalam uji coba yang dilakukan oleh salah satu YouTuber dengan channel Infofull, Realme C53 NFC mendapatkan skor AnTuTu 10 sebesar 260.375. Dengan hadirnya SoC Unsico ini, Realme C53 NFC mampu memberikan performa yang lancar.

4. Dilengkapi Fitur Dynamic RAM

Performa lancar Realme C53 NFC juga didukung oleh kapasitas RAM yang cukup besar, yaitu 6 GB. Jika dirasa masih kurang, pengguna dapat memanfaatkan fitur Dynamic RAM. Fitur ini memperluas kapasitas RAM hingga 6 GB tambahan, sehingga total kapasitas RAM dapat mencapai 12 GB. Dengan fitur ini, performa Realme C53 NFC akan lebih optimal dalam menjalankan berbagai aktivitas tanpa mengalami lag atau force close.

5. Penyimpanan Lega

Penyimpanan internal Realme C53 NFC juga cukup besar untuk kelasnya, yaitu 128 GB. Pengguna juga dapat memperluas penyimpanan dengan menambahkan kartu memori eksternal, karena ponsel ini mendukung slot microSD hingga 2 TB.

Hal ini tentu sangat membantu bagi pengguna yang menyimpan banyak file di smartphone, terutama dengan ukuran file yang semakin besar seperti foto dan video.

Kelebihan lainnya adalah slot microSD pada ponsel ini bersifat dedicated, sehingga pengguna dapat menggunakan Dual SIM dan microSD secara bersamaan tanpa harus mengorbankan salah satu kartu SIM.

6. Baterai Besar + SuperVOOC 33W

Baterai dari Realme C53 NFC juga cukup unggul. Pasalnya, Realme menyematkan baterai berkapasitas 5000 mAh pada ponsel ini. Selain itu, terdapat teknologi pengisian cepat SuperVOOC 33W yang dapat mengisi daya hingga 50% dalam waktu 31 menit.

Dengan daya tahan yang kuat seperti itu, pengguna dapat beraktivitas lebih nyaman tanpa khawatir kehabisan baterai saat berada di luar rumah. Selain itu, produsen juga menyertakan kepala charger dan kabel USB Type-C di dalam kotak penjualan.

7. Dual Camera 50MP

Dalam hal fotografi, Realme C53 NFC dilengkapi dengan konfigurasi Dual Camera di bagian belakang. Kamera utamanya memiliki resolusi 50 MP dengan bukaan aperture f/1.8 dan menggunakan sensor Samsung ISOCELL JN1 1/2.76 inci 0.64um piksel. Kamera ini didukung oleh fitur phase-detection autofocus, AI, dan LED flash.

Sementara itu, kamera kedua memiliki resolusi 0.3 MP dan berfungsi sebagai depth sensor untuk menciptakan efek bokeh yang artistik saat menggunakan mode potret.

Di bagian depan, terdapat kamera selfie dengan resolusi 8 MP yang juga mampu bersaing. Kamera ini menggunakan sensor BSI CMOS 1/4 inci 1um piksel dengan bukaan aperture f/2.0. Untuk perekaman video, kamera belakang mampu merekam hingga resolusi 1080p@30fps, sedangkan kamera depan hanya mampu merekam pada resolusi 720p@30fps.

8. Dilengkapi Fitur Mini Capsule Notification

Tidak jauh berbeda dengan Realme C55 NFC yang diluncurkan beberapa waktu lalu, Realme C53 NFC juga menghadirkan fitur Mini Capsule Notification di sekitar kamera depan, mirip dengan yang ada pada iPhone 14 series. Fitur ini hadir dengan tiga skenario fungsional yang telah ditentukan oleh produsen.

Tiga skenario tersebut berkaitan dengan pengisian daya baterai, penggunaan data seluler, dan penghitungan langkah. Namun, sampai saat ini, Mini Capsule Notification pada Realme C55 NFC hanya dapat menampilkan notifikasi ketika baterai sudah terisi penuh, baterai rendah, dan ketika pengisian daya sedang berlangsung.

Dari segi perangkat lunak, Realme C53 NFC menjalankan sistem operasi Android 13 dengan antarmuka Realme UI 4.0 terbaru, yang diluncurkan bersamaan dengan Realme 10 Pro 5G dan Realme 10 Pro Plus 5G.

9. Ada Fitur NFC

Fitur NFC (Near Field Communication) tidak lagi eksklusif digunakan oleh ponsel kelas flagship. Kini, fitur NFC sudah menjadi standar pada smartphone kelas entry-level hingga mid-range, termasuk Realme C53 NFC.

Dengan fitur NFC, pengguna dapat dengan mudah mengisi saldo eMoney dengan membuka aplikasi dan menempelkan kartu ke bagian belakang bodi Realme C53 NFC. Fitur ini juga sangat membantu pengendara sepeda motor hingga mobil saat melewati tol atau memarkir kendaraan.

10. Dukungan Konektivitas dan Sensor Lengkap

Konektivitas yang dibawa oleh Realme C53 NFC dikatakan cukup lengkap untuk kelasnya, dengan fitur-fitur seperti Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac dual-band, Wi-Fi Direct, Bluetooth 5.0 dengan codec A2DP dan LE, port USB Type-C 2.0, GPS, aGPS, GLONASS, BDS, dan NFC.

Tidak hanya itu, Realme C53 NFC juga dilengkapi dengan beragam sensor yang lengkap seperti Fingerprint (side-mounted), accelerometer, gyro (virtual), proximity, light, dan magnetometer.

Kekurangan Realme C53 NFC

Kekurangan Realme C53 NFC

1. Belum Dibekali Stereo Speaker

Speaker stereo absen pada Realme C55 NFC, mungkin karena pertimbangan agar harga tetap terjangkau. Realme C53 NFC hanya memiliki satu speaker, yang diletakkan di sebelah kiri port USB Type-C 2.0.

Meskipun demikian, kualitas suara yang dihasilkan oleh speaker Realme C53 NFC tergolong baik untuk kelasnya. Fitur UltraBoom Speaker hadir untuk meningkatkan kelantangan suara hingga 150%, melebihi umumnya yang hanya 100%.

2. Tidak Memiliki IP Rating

Salah satu kekurangan Realme C53 NFC adalah tidak memiliki IP Rating, yang menunjukkan ketahanan terhadap air dan debu. Realme tidak memberikan informasi jelas apakah ponsel ini memiliki IP Rating atau tidak.

Sementara itu, beberapa produsen telah menyematkan fitur ini pada ponsel mereka, bahkan di kelas entry-level. Contohnya adalah vivo Y36, Infinix Note 30, Infinix Note 30 Pro, dan lainnya.

3. Tanpa Kamera Ultrawide

Realme C53 NFC menawarkan kualitas fotografi yang sangat baik di kelasnya dengan resolusi kamera utama yang tinggi. Namun, keputusan untuk tidak menyertakan sensor ultrawide mungkin menjadi pertimbangan penting. Realme memilih untuk menggunakan sensor depth sebagai kamera kedua, meskipun banyak ponsel entry-level hingga mid-range belakangan ini telah menggunakan sensor ultrawide.

Harga dan Spesifikasi Realme C53 NFC

Spesifikasi 
  • Warna : Champion Gold dan Mighty Black.
  • Dimensi : 167.3 x 76.7 x 7.5 mm.
  • Berat : 182 gram.
  • Layar : IPS LCD, 1080 x 2400 piksel, 6.74 inci.
  • Chipset : Unisoc Tiger T612 (12 nm).
  • GPU : Mali-G57.
  • RAM : 6 GB.
  • ROM : 128 GB.
  • OS : Android 13, Realme UI Edition.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, SuperVOOC 33W.
  • Kamera Belakang : 50 MP + 0.03 MP.
  • Kamera Depan : 8 MP.

Selengkapnya :

Realme C53 NFC adalah salah satu ponsel entry-level terbaru yang memiliki fitur Mini Capsule Notification, mirip dengan Realme C55 NFC yang diluncurkan sebelumnya. Ponsel ini didukung oleh chip SoC (System on Chip) yang memadai, yaitu Unisoc Tiger T612, dan dilengkapi dengan kamera utama 50 MP.

Selain itu, ponsel ini juga memiliki desain stylish bernama Shiny Champion Design dengan frame flat dan housing kamera flat. Harga Realme C53 NFC di Indonesia adalah Rp2.099.000 untuk varian RAM 6 GB dan penyimpanan internal 128 GB.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.