8 Kelebihan dan Kekurangan Realme C30s yang Wajib Diketahui Sebelum Beli

Setelah merilis Realme C30 pada awal Juli 2022, Realme Indonesia kembali memperkenalkan ponsel entry-level terbaru melalui seri Realme C30s, yang merupakan varian alternatif dari pendahulunya. Realme C Series telah menjadi pilihan banyak orang karena selalu menawarkan desain stylish, fitur menarik, dan spesifikasi unggulan dengan harga yang terjangkau.

Realme C30s

Dengan harga di kisaran sejutaan, kita tidak bisa berharap terlalu banyak dari segi performa. Seri Realme C30s hanya didukung oleh SoC (System on Chip) Unisoc SC9863A, yang mungkin kurang cocok untuk bermain game. Namun, chipset tersebut cukup andal untuk kegiatan harian ringan seperti scrolling media sosial.

Berikut ini akan dijelaskan secara rinci kelebihan dan kekurangan Realme C30s beserta spesifikasi dan harga resmi ketika ponsel ini diluncurkan di pasar Indonesia.

Kelebihan Realme C30s

Kelebihan Realme C30s

1. Layar Luas

Realme C30s dilengkapi dengan layar sentuh berdesain tetesan air yang umumnya ditemukan pada ponsel entry-level. Layar ini memiliki ukuran 6,5 inci dengan panel IPS (In-Plane Switching) LCD dan resolusi HD+ atau 720 x 1600 piksel, memberikan kerapatan hingga 270 ppi (pixel per inch). Layar ini juga memiliki screen-to-body ratio mencapai 88,7%.

Meskipun begitu, belum ada informasi yang pasti tentang proteksi antigores yang digunakan oleh Realme C30s, apakah menggunakan Corning Gorilla Glass atau yang sejenis. Namun, layarnya sudah dilengkapi dengan screenguard bawaan pabrik.

2. Desain Stylish

Realme C30s hadir dengan desain Micro-texture Anti-slip yang terlihat pada penutup belakangnya, dengan garis-garis halus yang tertata rapi, mencerminkan keanggunan ponsel ini. Di bagian belakang juga terdapat satu kamera utama yang disertai dengan lampu flash, serta tulisan AI Camera di bawah kamera utama.

Menurut informasi yang diperoleh, Realme C30s memiliki dimensi 164,2 x 75,7 x 8,5 mm dan berat 186 gram. Ponsel entry-level dari Realme Indonesia ini tersedia dalam dua varian warna, yaitu Stripe Black dan Stripe Blue.

3. Kamera Cukup Oke di Kelasnya

Realme C30s dilengkapi dengan satu kamera utama standar di bagian belakangnya, dengan resolusi 8 MP dan bukaan aperture yang besar. Kamera belakang ini menggunakan sensor BSI CMOS 1/4 inci dengan ukuran piksel 1,12um, serta dilengkapi fitur phase-detection autofocus, AI, dan lampu flash.

Di bagian depan, terdapat kamera selfie yang cukup bersaing di kelas entry-level, dengan resolusi 5 MP dan sensor BSI CMOS dengan bukaan aperture f/2.0.

Untuk perekaman video, kamera belakang Realme C30s mampu merekam video hingga resolusi 1080p@30fps. Sementara itu, kamera depannya hanya mampu merekam video dengan resolusi 720p@30fps.

4. Ada Side Fingerprint

Di tengah ponsel entry-level yang kebanyakan tidak menyertakan sensor sidik jari, Realme C30s tampil beda. Ponsel ini dilengkapi dengan sensor sidik jari yang terletak di samping bodi, yang menyatu dengan tombol power. Hal ini membuat bodi belakang Realme C30s terlihat lebih rapi.

Keberadaan side fingerprint atau sensor sidik jari di samping bodi merupakan peningkatan dari pendahulunya, Realme C30, yang tidak memiliki sensor sidik jari sama sekali, baik di samping maupun di belakang bodi. Realme C30 hanya menyediakan fitur face unlock.

5. Baterai 5000 mAh

Realme C30s dilengkapi dengan baterai berkapasitas 5000 mAh, yang memang sudah menjadi standar ukuran baterai di banyak smartphone saat ini. Dengan kapasitas baterai yang besar tersebut, ponsel entry-level dari Realme Indonesia ini dapat bertahan dari pagi sampai malam dalam penggunaan normal.

6. Penyimpanan Cukup Luas di Kelasnya

Berdasarkan informasi yang tertera di laman resminya, Realme C30s menawarkan pilihan memori yang cukup luas, dengan varian RAM 3 GB / 4 GB LPDDR4x dan penyimpanan internal 32 GB / 64 GB eMMC 5.1. Selain itu, ponsel ini juga dilengkapi dengan slot microSD untuk ekspansi memori eksternal hingga 1 TB, serta mendukung USB On-The-Go.

Realme C30s juga dilengkapi dengan fitur RAM Expansion yang memungkinkan penambahan RAM Virtual melalui penyimpanan internal. Dengan fitur ini, pengguna dapat melakukan RAM Expansion hingga 3 GB untuk varian 3/32 GB, dan hingga 4 GB untuk varian 4/64 GB.

Kekurangan Realme C30s

Kekurangan Realme C30s

1. Hanya Ada Adaptor Charger 10W

Meskipun Realme C30s dilengkapi dengan baterai berkapasitas besar 5000 mAh, namun fitur pengisian dayanya tergolong standar. Ponsel ini hanya disertai adaptor charger 10 W, sehingga proses pengisian daya memerlukan waktu yang cukup lama. Kehadiran fitur fast charging absen pada Realme C30s ini dikarenakan ponsel ini masih menggunakan port micro USB.

2. Performa Kurang Bertenaga

Di saat Realme C30 mengandalkan Unisoc T612 yang menawarkan performa memadai di kelasnya, Realme C30s justru menggunakan SoC (System on Chip) Unisoc SC9863A yang dianggap kurang bertenaga untuk bermain game berat. Chipset ini hanya mencakup octa-core ARM Cortex-A55 dengan kecepatan 1.6 GHz.

Perlu diperhatikan bahwa chipset ini tidak memiliki ARM Cortex-A7x, yang menunjukkan bahwa ponsel ini tidak ditujukan untuk aktivitas berat. Unisoc SC9863A ini juga didukung oleh GPU (Graphics Processing Unit) PowerVR IMG8322.

Harga dan Spesifikasi Realme C30s

Spesifikasi 
  • Warna : Stripe Blue dan Stripe Black.
  • Dimensi : 164.2 x 75.7 x 8.5 mm.
  • Berat : 186 gram.
  • Layar : IPS LCD, HD+, 6.5 inci.
  • Chipset : Unisoc SC9863A (28nm).
  • GPU : PowerVR IMG8322.
  • RAM : 3/4 GB.
  • ROM : 32/64 GB.
  • OS : Android 12, Realme UI Go.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh.
  • Kamera Belakang : 8 MP

Selengkapnya :

Realme C30s adalah ponsel entry-level dengan desain stylish. Meskipun berada di kelas entry-level, Realme C30s memiliki beberapa keunggulan seperti baterai besar, kamera depan yang kompetitif, sensor sidik jari di samping bodi, dan sistem operasi yang ringan.

Harganya bervariasi, dimulai dari Rp1.399.000 untuk varian RAM 3 GB dan ROM 32 GB, serta Rp1.599.000 untuk varian RAM 4 GB dan ROM 64 GB.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.