Yuk Ketahui 11 Kelebihan dan Kekurangan Realme 11 Pro 5G

Pada tanggal 18 Juli 2023, Realme Indonesia secara resmi memperkenalkan dua smartphone mid-range terbarunya, yaitu Realme 11 Pro 5G dan Realme 11 Pro+ 5G. Kedua smartphone ini menawarkan kamera utama 100 MP dengan fitur OIS (Optical Image Stabilization) ProLight Camera yang sangat baik. Selain itu, keduanya juga dilengkapi dengan layar AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) berrefresh rate 120Hz yang melengkung di kedua sisinya, serta mendukung HDR10+.

Realme 11 Pro 5G

Realme 11 Pro 5G menawarkan performa kompeten di kelasnya dengan dukungan SoC (System on Chip) MediaTek Dimensity 7050 5G octa-core, RAM 8 GB, dan penyimpanan internal 256 GB. Smartphone ini juga dilengkapi dengan baterai 5000 mAh dan teknologi pengisian cepat 67W.

Kelebihan Realme 11 Pro 5G

Kelebihan Realme 11 Pro 5G

1. Desain Premium

Smartphone yang merupakan penerus dari Realme 10 Pro 5G ini terlihat lebih langsing. Benar saja, dibandingkan dengan pendahulunya. Realme 11 Pro 5G memang lebih ramping. Lebar bodinya hanya 73,9 mm, menurun 0,3 mm dari Realme 10 Pro 5G (74,2 mm). Selain itu, adanya lengkungan pada layar, rangka, dan penutup belakangnya juga memberikan kesan yang lebih ramping.

Kelengkungan layar pada ponsel ini adalah 61 derajat, masih sama dengan saudaranya, Realme 11 Pro+ 5G. Namun, sorotan utama dari desain keren Realme 11 Pro 5G sebenarnya terletak pada housing kamera dan material penutup belakang yang digunakan. Untuk housing kamera, desain yang digunakan adalah baru.

Sekarang, ponsel ini menggunakan housing kamera berbentuk lingkaran, di mana lensa kamera dan lampu flash ditempatkan di dalamnya. Housing tersebut menonjol sedikit. Sementara untuk penutup belakangnya, terdapat dua opsi. Ada yang menggunakan plastik polikarbonat dan ada juga yang menggunakan bahan Vegan Leather alias kulit sintetis.

Varian kulit sintetis yang tersedia pada warna Sunrise Beige dan Oasis Green tampaknya menjadi yang paling menarik perhatian. Varian ini terasa elegan, dengan tekstur yang cukup nyaman dan memiliki aksen garis tengah dari atas ke bawah.

Di sisi lain, varian plastik polikarbonat pada warna Astral Black juga menarik perhatian. Ia memiliki kesan misterius dengan finishing matte. Namun, di pasar Indonesia, Realme 11 Pro 5G hanya hadir dalam dua varian warna, yaitu Sunrise Beige dan Astral Black.

2. Layar AMOLED 120Hz

Berdasarkan informasi yang saya himpun, Realme 11 Pro 5G memiliki layar melengkung di kedua sisinya atau curved display dengan aspek rasio 20:9. Layarnya memiliki ukuran 6,7 inci dengan panel AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) dan resolusi Full HD+ atau 1080 x 2412 piksel. Layar ini mampu menampilkan 1 miliar warna dengan kerapatan mencapai 394 ppi (pixel per inch) dan kecerahan mencapai 950 nits (peak).

Layar tersebut juga mendukung touch sampling rate 360Hz untuk responsivitas layar sentuh yang lebih baik, serta mendukung HDR10+. Layar smartphone ini sangat baik untuk menonton film, terutama karena telah memiliki sertifikasi Widevine L1. Dengan ini, konten HD di platform Netflix dapat diputar dengan resolusi tertinggi.

Selain itu, layar Realme 11 Pro 5G memiliki refresh rate 120Hz untuk animasi yang lebih mulus, dan telah memiliki sertifikasi TUV Rheinland Low Blue Light dan TUV Rheinland Flicker Free. Bahkan, layar melengkung dari ponsel ini dilaporkan cukup kuat dengan double-reinforced glass 0,65mm untuk memberikan perlindungan ekstra dari benturan.

3. Performa Bersaing di Kelasnya

Menurut Teknoindie, performa Realme 11 Pro 5G sangat kompeten berkat dukungan SoC (System on Chip) MediaTek Dimensity 7050 5G MT6877V. SoC ini memiliki prosesor octa-core yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A78 berkecepatan 2,6 GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 berkecepatan 2 GHz. Smartphone ini juga dilengkapi dengan memori RAM 8 GB + 8 GB RAM Virtual, serta GPU (Graphics Processing Unit) Mali-G68 MC4 yang mumpuni.

Realme 11 Pro 5G, sebagai smartphone kelas menengah dari Realme Indonesia, memiliki penyimpanan internal 256 GB tanpa dukungan untuk memori eksternal melalui microSD, namun mendukung USB On-The-Go (OTG).

Berdasarkan informasi yang penulis dapatkan dari Ashish Kumar, Realme 11 Pro 5G mampu mencetak skor AnTuTu 10 sebesar 544.366. Skor dari GeekBench 6 adalah 934 untuk skenario single-core dan 2066 untuk skenario multi-core. Untuk kemampuan GPU-nya, smartphone ini mencapai skor 2298 pada 3DMark Wild Life (Vulkan, offscreen 1440p).

4. Kamera 100MP dengan OIS ProLight

Dalam hal fotografi, Realme 11 Pro 5G dilengkapi dengan konfigurasi Dual Camera di bagian belakangnya. Kamera utamanya memiliki resolusi 100 MP dengan enam elemen lensa 26mm pada bukaan aperture f/1.8, menggunakan sensor OmniVisionOVA0B 1/1.8 inci dengan ukuran piksel sebesar 0.612um. Kamera ini didukung oleh fitur OIS (Optical Image Stabilization), phase-detection autofocus, AI, dan LED flash.

Selain itu, terdapat kamera kedua dengan resolusi 2 MP pada bukaan aperture f/2.4 yang berfungsi sebagai depth sensor.

Di bagian depan, terdapat kamera selfie dengan resolusi 16 MP menggunakan sensor Sony IMX471 1/3 inci dengan ukuran piksel sebesar 1um pada bukaan aperture f/2.5.

Untuk perekaman video, kamera belakang Realme 11 Pro 5G mampu merekam video hingga resolusi 4K@30fps. Sementara itu, kamera depan hanya mampu merekam video pada resolusi 1080p@30fps.

5. Baterai 5000 mAh dengan Fast Charging 67W

Realme 11 Pro 5G dibekali baterai lithium polimer atau LiPo berkapasitas 5000 mAh. Kapasitas baterai ini sudah menjadi standar bagi smartphone masa kini dan dapat ditemui pada berbagai smartphone, mulai dari kelas entry-level hingga flagship.

Namun, yang membedakan satu smartphone dengan yang lain adalah daya tahan baterainya. Hal ini dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti efisiensi konsumsi daya dari chipset yang digunakan dan manajemen daya ponsel.

Dalam uji PCMark Battery, Realme 11 Pro 5G mencatat skor ketahanan 9 jam 21 menit, yang menurut penulis cukup baik. Selain itu, smartphone 5G ini dilengkapi dengan teknologi pengisian cepat 67W yang dapat mengisi baterai dari kosong hingga penuh dalam waktu kurang dari 1 jam.

6. Mendukung Stereo Speaker

Karena Realme 11 Pro 5G berada di kelas mid-range, sudah seharusnya memiliki konfigurasi dual stereo speaker, yaitu satu speaker di bagian atas dan satu speaker di bagian bawah bodi.

Beruntungnya, ponsel kelas menengah ini sudah dilengkapi dengan fitur tersebut. Bahkan, stereo speaker pada ponsel ini telah memiliki sertifikasi Dolby Atmos dan Hi-Res Audio untuk memberikan pengalaman yang lebih immersif saat menonton konten multimedia.

7. Dibekali Fingerprint Under Display dan Sensor Lengkap

Realme 11 Pro 5G memiliki fitur menarik terkait kelengkapan sensornya. Ponsel ini dilengkapi dengan sensor fingerprint atau sidik jari yang terletak di dalam layar. Hal ini memudahkan pengguna dalam membuka ponsel dengan cepat menggunakan sidik jari.

Selain itu, Realme 11 Pro 5G juga dilengkapi dengan beberapa sensor penting lainnya. Misalnya, sensor gyroscope yang digunakan untuk menentukan arah dengan hanya menggerakkan ponsel. Sensor gyroscope ini juga berguna untuk bermain game seperti PUBG Mobile, Call Of Duty Mobile, dan lainnya.

Tak hanya itu, ponsel ini juga dilengkapi dengan sensor lain seperti accelerometer, proximity, dan compass.

8. Mendukung NFC 360 Derajat

Realme 11 Pro 5G juga memiliki fitur NFC (Near Field Communication) 360 dengan tingkat akurasi dua kali lipat. NFC memungkinkan pengguna untuk melakukan swipe 360 derajat, sehingga pengguna dapat men-tap posisi manapun di bagian atas ponsel dengan pengalaman NFC yang lebih baik.

Fitur NFC (Near Field Communication) memiliki banyak fungsi, seperti mengecek saldo e-Money, dan lain sebagainya.

9. Sistem Operasi Android 13 Terbaru

Realme dikenal sebagai produsen yang selalu mengikuti perkembangan sistem operasi terbaru. Hal ini terbukti dengan Realme 11 Pro 5G yang sudah menggunakan Android 13, sistem operasi terbaru saat itu. Ponsel ini menjadi salah satu dari sedikit ponsel kelas menengah yang sudah menggunakan Android 13.

Android 13 pada Realme 11 Pro 5G dilengkapi dengan antarmuka Realme UI 4.0 yang terlihat rapi dan bersih. Meskipun terdapat bloatware, pengguna masih bisa menghapusnya.

Kekurangan Realme 11 Pro 5G

Kekurangan Realme 11 Pro 5G

1. Tanpa Lensa Ultrawide

Meskipun Realme 11 Pro 5G dilengkapi dengan dua kamera belakang yang dapat digunakan untuk memotret gambar, yaitu kamera utama dan kamera makro, kamera makro berkekuatan 2 MP terasa cukup inferior jika dibandingkan dengan kamera utama.

Kualitasnya tentu tidak sebanding. Kamera ini mungkin hanya cocok digunakan untuk memotret objek dengan jarak yang sangat dekat. Fungsinya juga tidak sepopuler kamera ultrawide.

Sayangnya, smartphone kelas menengah dengan harga Rp5 jutaan ini tidak dilengkapi dengan kamera ultrawide yang mampu menciptakan sudut pandang yang lebih luas. Padahal, banyak produsen smartphone di kisaran harga Rp2 sampai Rp3 jutaan yang sudah menyematkan kamera ultrawide pada produk-produk mereka.

2. Kualitas Perekaman Video Kamera Depan yang Masih Kurang

Hasil foto dan video dari kamera depan Realme 11 Pro 5G masih dapat dinikmati, terutama untuk diunggah ke media sosial. Namun, perekaman video menggunakan kamera depan atau selfie ponsel ini kurang memuaskan jika digunakan untuk konten yang lebih serius.

Kamera depan Realme 11 Pro 5G hanya mampu merekam video hingga resolusi 1080p@30fps saja. Kemampuan merekam dengan frame rate 60fps sangat penting untuk membuat gerakan terlihat lebih halus.

Harga dan Spesifikasi Realme 11 Pro 5G

Spesifikasi 
  • Warna : Sunrise Beige dan Astral Black.
  • Dimensi : 161.6 x 73.9 x 8.2 mm ~ 8.8 mm.
  • Berat : 183 ~ 189 gram.
  • Layar : AMOLED, 1080 x 2412 piksel, 6.7 inci.
  • Chipset : Mediatek MT6877V Dimensity 7050 (6 nm).
  • GPU : Mali-G68 MC4.
  • RAM : 8 GB.
  • ROM : 256 GB.
  • OS : Android 13, Realme UI 4.0.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, 67W wired.
  • Kamera Belakang : 100 MP + 2 MP.
  • Kamera Depan : 16 MP.

Selengkapnya :

Realme 11 Pro 5G adalah salah satu smartphone 5G premium yang menawarkan desain mewah dengan bahan Vegan Leather alias kulit sintetis. Ponsel ini dilengkapi dengan kamera utama 100 MP OIS ProLight yang sangat baik.

Selain itu, Realme 11 Pro 5G didukung oleh SoC (System on Chip) MediaTek Dimensity 7050 5G yang handal. Layarnya melengkung di kedua sisinya dengan panel Super AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) beresolusi Full HD+ dan refresh rate 120Hz serta touch sampling rate 360Hz.

Harga terbaru Realme 11 Pro 5G di Indonesia adalah Rp5.599.000 untuk varian RAM 8 GB dengan penyimpanan internal 256 GB. Flash Sale perdana akan dilaksanakan pada 25 Juli 2023 pukul 00.00 WIB eksklusif di platform Shopee dan website resmi Realme Indonesia dengan harga khusus Rp5.499.000. Pembeli juga akan mendapatkan promo bundling kuota 50 GB post-paid Indosat, Realme Care+, dan Realme Buds T100.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.