8 Kelebihan dan Kekurangan POCO F5 5G, Apa Saja itu?

Setelah kesuksesan POCO F4 diluncurkan pada 30 Juni 2022, POCO Indonesia kembali menggebrak pasar dengan seri terbarunya, POCO F5, pada 27 Juni 2023. POCO F5 menawarkan berbagai fitur baru yang menarik perhatian, dengan sorotan utama pada penggunaan SoC (System on Chip) Qualcomm Snapdragon 7+ Gen 2. SoC ini diklaim memiliki performa yang hampir setara dengan chipset Snapdragon 8 Series tahun 2022, menjadi lompatan signifikan untuk seri Snapdragon 7 Series.

POCO F5 5G

Meskipun memiliki performa tinggi, POCO F5 juga menawarkan fitur lain yang menarik. Diantaranya adalah teknologi LiquidCool 2.0, motor linier sumbu X, baterai 5000 mAh yang lebih besar dari pendahulunya POCO F4, dengan teknologi pengisian cepat 67W, dan kamera utama yang mengesankan dengan fitur OIS (Optical Image Stabilization).

Sebelum memutuskan untuk membeli, penting untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan POCO F5 serta spesifikasi dan harganya.

Kelebihan POCO F5 5G

Kelebihan POCO F5 5G

1. Punya Desain yang Ringan dan Nyaman

POCO F5 menghadirkan pendekatan desain yang baru dari POCO. Jika sebelumnya, POCO selalu menggunakan housing kamera di bagian belakang, kini desain tersebut telah diubah, menciptakan tampilan yang lebih minimalis. Kini, lensa tiga kamera pada bagian belakang terlihat tanpa adanya housing. Material yang digunakan untuk bodinya masih berupa plastik polikarbonat pada penutup belakang dan frame.

Meskipun demikian, kesan murahan tidak terpancar sama sekali. POCO memberikan sentuhan chamfered pada sambungan antara penutup belakang dan frame, yang membuatnya terlihat lebih elegan. Chamfered merupakan sudut melengkung sekitar 45 derajat.

POCO F5 hadir dalam tiga varian warna: Hitam, Biru, dan Putih. Varian warna Putih dianggap paling menarik karena memiliki corak yang mirip embun es. Selain itu, smartphone kelas menengah ini telah mendapatkan sertifikasi IP53, membuatnya tahan terhadap debu dan percikan air.

2. Layar AMOLED dan Dukungan Stereo Speaker

Smartphone POCO F5 dilengkapi dengan layar sentuh punch hole berukuran 6,67 inci dengan aspek rasio 20:9. Layar ini menggunakan panel AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) dengan resolusi Full HD+ atau 1080 x 2400 piksel, memberikan kerapatan 395 ppi (pixel per inch), dan tingkat kecerahan puncak mencapai 1000 nits (HBM). Layar tersebut memberikan pengalaman yang memuaskan untuk menonton konten, bermain game, dan tetap terlihat jelas di luar ruangan.

Fitur 1920 Hz PWM Dimming juga telah diterapkan pada layar POCO F5 untuk mengurangi kedipan layar pada kecerahan rendah. Selain itu, terdapat fitur Adaptive HDR dan Dolby Vision yang meningkatkan pengalaman menonton konten HDR. Produsen juga mengklaim bahwa layar ponsel ini mampu menghasilkan warna sesuai standar DCI-P3.

Layar POCO F5 memiliki refresh rate 120Hz dan touch sampling rate 240Hz. Layar ini dilindungi oleh antigores dari Corning Gorilla Glass 5. POCO F5 juga dilengkapi dengan speaker stereo yang ditempatkan di sisi bawah dan earpiece di bezel atas layar, meningkatkan pengalaman audio pengguna saat menonton video atau bermain game.

3. Performa Mumpuni Snapdragon 7+ Gen 2

Performa POCO F5 dikatakan sebagai yang terkencang di kelasnya berkat dukungan SoC (System on Chip) Qualcomm Snapdragon 7+ Gen 2 dengan fabrikasi 4 nanometer. Chipset ini memiliki octa-core prosesor yang terdiri dari single-core ARM Cortex X2 berkecepatan 2.91 GHz, triple-core ARM Cortex A710 berkecepatan 2.49 GHz, dan quad-core ARM Cortex A510 berkecepatan 1.8 GHz, serta GPU (Graphics Processing Unit) Adreno 725 yang mumpuni.

Prosesor CPU (Central Processing Unit) octa-core pada Qualcomm Snapdragon 7+ Gen 2 juga didukung oleh berbagai komponen penting lainnya, termasuk ISP Spectra untuk mendukung kamera hingga 200 MP, prosesor AI Hexagon, dan modem 5G.

Snapdragon 7+ Gen 2 juga dilengkapi dengan memori RAM 8 GB atau 12 GB LPDDR5, serta penyimpanan internal 256 GB UFS 3.1. POCO F5 tidak memiliki slot microSD untuk ekspansi memori eksternal, namun memiliki fitur Dynamic RAM hingga 8 GB.

4. Triple Camera Berkekuatan 64MP

POCO F5 membawa konfigurasi Triple Camera di bagian belakangnya. Kamera utamanya memiliki resolusi 64 MP dengan bukaan aperture f/1.8, ukuran sensor 1/2 inci, dan ukuran piksel 0.7um, dilengkapi dengan fitur OIS (Optical Image Stabilization), gyro-EIS (Electronic Image Stabilization), phase-detection autofocus, dan LED flash.

Kamera kedua memiliki resolusi 8 MP dengan bukaan f/2.2, ukuran sensor 1/4 inci, dan ukuran piksel 1.12um, serta FoV (Field of View) 120 derajat sebagai kamera ultrawide. Sedangkan kamera ketiga memiliki resolusi 2 MP dengan bukaan aperture f/2.4 sebagai dedicated macro.

Untuk kamera depan, POCO F5 dilengkapi dengan kamera selfie 16 MP dengan bukaan aperture f/2.5. Dalam hal perekaman video, kamera belakang POCO F5 dapat merekam hingga resolusi 4K@30fps, sementara kamera depan hanya mendukung resolusi 1080p@60 fps.

5. Baterai Besar 5000 mAh + Fast Charge 67W

Salah satu aspek penting dalam pengalaman penggunaan sebuah ponsel adalah daya tahan baterainya. Meskipun memiliki performa tinggi, jika baterainya tidak mampu bertahan lama, pengguna akan merasa kurang nyaman. Oleh karena itu, POCO F5 dilengkapi dengan baterai berkapasitas 5000 mAh yang dapat memberikan daya tahan yang baik.

Menurut informasi yang diterima, POCO F5 dapat bertahan hingga dua hari dengan sekali pengisian baterai. Meskipun kapasitas baterai 5000 mAh sudah umum pada banyak smartphone saat ini, tidak semua memiliki daya tahan yang baik.

Hal ini dikarenakan efisiensi penggunaan daya yang dipengaruhi oleh SoC (System on Chip) Qualcomm Snapdragon 7+ Gen 2 yang digunakan pada ponsel ini. Dengan SoC tersebut, POCO F5 mampu bertahan selama 21 jam 8 menit dalam pemutaran video lokal.

Tak hanya itu, pengisian daya juga menjadi cepat berkat teknologi pengisian cepat 67W yang disertakan dengan menggunakan USB Type-C 2.0. POCO mengklaim bahwa ponsel ini dapat terisi penuh dalam waktu 46 menit saja.

6. Tersedia Audio Jack 3.5mm dan IR Blaster

Smartphone POCO F5 menawarkan kombinasi ideal untuk pengalaman multimedia dengan layar AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) dan dual stereo speaker. Selain itu, bagi yang menginginkan kualitas suara yang lebih baik, terdapat juga port audio jack 3,5mm yang bisa digunakan. Fitur ini sangat berguna bagi para gamer yang ingin mendengarkan suara game tanpa delay yang mungkin terjadi saat menggunakan headphone wireless, mengingat POCO F4 tidak memiliki port 3,5mm.

POCO F5 juga tetap mempertahankan fitur khas yang dimiliki oleh smartphone Xiaomi, yaitu IR Blaster atau infrared blaster. Fitur ini memungkinkan pengguna mengubah smartphone mereka menjadi remote universal. Dengan fitur ini, berbagai perangkat elektronik dari berbagai merek dapat dikendalikan hanya dengan satu ponsel.

7. Dukungan Fitur NFC

Salah satu kelebihan POCO F5 adalah dukungan untuk fitur NFC (Near Field Communication), yang saat ini menjadi fitur penting untuk ponsel. Dengan NFC, pengguna dapat melakukan berbagai aktivitas seperti mengecek saldo eMoney, mengirim kontak, transfer data, mengisi saldo eToll, dan banyak lagi. Fitur NFC ini tidak hanya tersedia di ponsel kelas menengah, tetapi juga sudah banyak ditemukan di ponsel entry-level.

Kekurangan POCO F5 5G

Kekurangan POCO F5 5G

1. Masih Ada Bloatware

POCO F5 dilengkapi dengan sistem operasi terbaru Android 13 dan antarmuka MIUI 14 for POCO. Namun, ponsel ini memiliki sejumlah bloatware atau aplikasi prainstal yang cukup banyak. Untungnya, sebagian besar bloatware tersebut dapat di-uninstall, sehingga memberikan lebih banyak ruang penyimpanan internal.

Selain itu, POCO juga menjanjikan pembaruan software selama tiga tahun untuk POCO F5. Ini termasuk 2 kali peningkatan sistem operasi dan pembaruan sistem keamanan setiap 3 bulan sekali selama 3 tahun. Dengan demikian, POCO F5 akan tetap mendapatkan pembaruan hingga Android 15 dan akan didukung hingga tahun 2026.

Harga dan Spesifikasi POCO F5 5G

Harga dan Spesifikasi POCO F5 5G

  • Warna : Black, Blue, White.
  • Dimensi : 161.1 x 75 x 7.9 mm.
  • Berat :181 gram.
  • Layar : AMOLED, 1080 x 2400 piksel, 6.67 inci.
  • Chipset : Qualcomm SM7475-AB Snapdragon 7+ Gen 2 (4 nm).
  • GPU : Adreno 725.
  • RAM : 8 GB / 12 GB.
  • ROM : 256 GB.
  • OS : Android 13, MIUI 14 for POCO.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, Fast Charging 67W.
  • Kamera Belakang : 64 MP + 8 MP + 2 MP.
  • Kamera Depan : 16 MP.

POCO F5 5G adalah salah satu ponsel kelas menengah terbaru yang paling kencang di kelasnya, berkat dukungan SoC (System on Chip) Qualcomm Snapdragon 7+ Gen 2 yang superior. Selain performa kencang, ponsel ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur menarik seperti LiquidCool Technology 2.0, X-axis linear motor, sertifikasi IP53, antigores Corning Gorilla Glass 5, fitur OIS, gyro-EIS, NFC, dan lainnya.

Harga POCO F5 5G di Indonesia adalah Rp4.799.000 untuk varian RAM 8 GB dengan penyimpanan internal 256 GB. Sedangkan varian RAM 12 GB dengan penyimpanan internal 256 GB dibanderol Rp5.299.000.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.