Ini Dia 9 Kelebihan dan Kekurangan iQOO Z7x 5G

Pada 3 April 2023, iQOO Z7x 5G secara resmi diperkenalkan di Indonesia bersamaan dengan iQOO Z7 5G. Kedatangan seri iQOO Z7 5G ini sangat dinantikan oleh para penggemar karena merupakan salah satu ponsel iQOO pertama di kelas menengah yang diluncurkan di Indonesia. iQOO Z7x 5G hadir dengan beberapa keunggulan, termasuk baterai berkapasitas besar 6000 mAh untuk memuaskan konsumen.

iQOO Z7x 5G

Ponsel ini memiliki desain modern dengan modul kamera yang elegan. Di dalamnya, terdapat SoC Qualcomm yang memberikan performa yang baik untuk bermain game, meskipun bukan yang terbaik di kelasnya.

iQOO Z7x 5G dilengkapi dengan kamera yang memukau serta fitur OIS (Optical Image Stabilization) dan autofocus deteksi fase. Namun, sebelum membeli, penting untuk mengetahui kelebihan, kekurangan, spesifikasi, dan harga iQOO Z7x 5G.

Kelebihan iQOO Z7x 5G

Kelebihan iQOO Z7x 5G

1. Desain Modern

Dalam hal desain, iQOO Z7x 5G menampilkan desain yang elegan dan modern untuk pasar ponsel kelas menengah. Meskipun sedikit tebal, dimensi ponsel ini masih nyaman digenggam untuk penggunaan dalam jangka waktu yang lama. Ponsel ini mengikuti tren desain ponsel modern dengan bodi samping berbentuk frame datar 2,5D.

Desain ini memberikan kesan kokoh pada ponsel. Di bagian samping, tombol power dan tombol volume ditempatkan di sisi kanan. Port USB Type-C dan speaker diletakkan rapi di bagian bawah ponsel. Slot SIM Card ditempatkan di bagian atas ponsel, menambah kesan modern.

Bagian belakang ponsel ini masih menggunakan bahan plastik berkualitas dengan finishing matte polos, menciptakan tampilan yang mewah. iQOO juga menyebutkan bahwa bodi iQOO Z7x 5G dilengkapi dengan teknologi anti gores, anti sidik jari, dan tahan debu.

Di bagian belakang, terdapat dua kamera yang disusun secara vertikal, dengan lampu flash diletakkan di luar housing kamera. Ponsel ini hadir dalam dua varian warna, yaitu Metallic Grey dan Tropical Blue.

2. Layar IPS LCD dengan Refresh Rate 120Hz

iQOO Z7x 5G memiliki layar sentuh punch hole berukuran 6,64 inci dengan resolusi Full HD+ atau 1080 x 2388 piksel pada aspek rasio 20:9 dan kerapatan piksel hingga 395 ppi (pixel per inch). Layar ini juga dilengkapi dengan teknologi refresh rate 120Hz untuk menghasilkan tampilan animasi yang lebih smooth.

Layar iQOO Z7x 5G memiliki tingkat kecerahan hingga 900 nits, membuatnya tetap nyaman digunakan di luar ruangan. Layar ini juga mendukung color gamut DCI-P3 100%. Namun, ponsel ini tidak dilengkapi dengan teknologi HDR10+ seperti iQOO Z7 5G.

Salah satu keunggulan lain dari layar iQOO Z7x 5G adalah fitur perlindungan mata atau Eye Protection. Fitur ini dapat menyesuaikan tingkat kecerahan layar secara otomatis berdasarkan kondisi cahaya sekitar dan menyaring cahaya biru yang berbahaya.

3. Kamera Utama 50MP dengan PDAF dan OIS

Dalam hal kamera, iQOO Z7x 5G dilengkapi dengan konfigurasi Dual Camera. Kamera utamanya memiliki resolusi 50 MP dengan bukaan aperture f/1.9, dilengkapi dengan fitur phase-detection autofocus dan OIS (Optical Image Stabilization).

OIS (Optical Image Stabilization) sangat efektif dalam mengurangi guncangan saat memotret dengan shutter speed lambat, terutama dalam kondisi cahaya rendah atau minim pencahayaan.

Selain kamera utama, iQOO Z7x 5G juga dilengkapi dengan depth sensor 2 MP dengan bukaan aperture f/2.4. Untuk kamera depan, ponsel ini hanya memiliki kamera selfie 8 MP dengan bukaan aperture f/2.0.

4. Baterai 6000 mAh yang Awet

Untuk memenuhi kebutuhan daya, iQOO Z7x 5G dilengkapi dengan baterai yang memiliki kapasitas besar, yaitu 6000 mAh, dan teknologi pengisian cepat 80W. Menurut informasi yang penulis dapatkan dari website resminya, iQOO mengklaim bahwa pengisian daya dari nol hingga 70% hanya membutuhkan waktu 34 menit. Selain itu, iQOO juga menyebut bahwa baterai ponsel ini dapat digunakan lebih lama berkat penggunaan chipset yang hemat daya dan fitur Power Saving.

5. Ruang Penyimpanan Luas

iQOO Z7x 5G memiliki kapasitas memori yang cukup besar. Ponsel ini dilengkapi dengan RAM 8 GB LPDDR4X dan penyimpanan internal 128 GB atau 256 GB UFS. Selain itu, iQOO juga menyediakan fitur RAM Virtual sebesar 8 GB. Untuk memori eksternal, iQOO Z7x 5G dilengkapi dengan slot microSD yang mendukung ekspansi hingga 1 TB.

Keuntungan lainnya adalah slot microSD pada ponsel ini bersifat dedicated, sehingga pengguna dapat menggunakan Dual SIM dan microSD secara bersamaan tanpa harus mengorbankan salah satu kartu SIM.

6. Android 13

Dalam hal perangkat lunak, iQOO Z7x 5G menggunakan sistem operasi terbaru Android 13 dengan antarmuka OriginOS 3. Antarmuka terbaru ini menampilkan desain yang lebih modern.

Kekurangan iQOO Z7x 5G

Kekurangan iQOO Z7x 5G

1. Performa Kurang Mumpuni

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, iQOO Z7x 5G didukung oleh SoC (System on Chip) yang tidak terlalu kuat di kelasnya, meskipun masih nyaman untuk digunakan sehari-hari dan untuk bermain game dengan grafis tertentu.

Ponsel ini menggunakan SoC Qualcomm Snapdragon 695 5G dengan fabrikasi 6 nanometer, yang memiliki octa-core prosesor terdiri dari dual-core Kryo 660 Gold berkecepatan 2,2 GHz dan hexa-core Kryo 660 Silver berkecepatan 1,7 GHz. Chipset ini juga didukung oleh GPU (Graphics Processing Unit) Adreno 619.

Alasan mengapa chipset yang digunakan iQOO Z7x 5G dianggap kurang kuat adalah karena skor AnTuTu v9 yang diperolehnya hanya sebesar 397.203. Skor ini dianggap rendah untuk ponsel kelas menengah.

2. Tanpa Kamera Ultrawide

Salah satu kekurangan yang cukup disayangkan dari iQOO Z7x 5G adalah tidak adanya kamera ultrawide. Pada kelas harga seperti ini, seharusnya kamera ultrawide menjadi fitur standar. Kamera ultrawide memiliki fungsi untuk mengambil foto dengan sudut pandang yang lebih luas, sehingga dapat memuat lebih banyak subjek dalam satu frame.

3. Tidak Dibekali Fitur NFC

Jika Anda membutuhkan ponsel dengan fitur NFC (Near Field Communication), sebaiknya mencari opsi lain selain iQOO Z7x 5G. Ponsel ini tidak dilengkapi dengan fitur NFC.

Harga dan Spesifikasi iQOO Z7x 5G

Harga dan Spesifikasi iQOO Z7x 5G

  • Warna : Metallic Grey dan Tropical Blue.
  • Dimensi : 164.6 x 75.8 x 9.1 mm.
  • Berat : 205 gram.
  • Layar : IPS LCD, 1080 x 2388, 6.64 inci.
  • Chipset : Qualcomm SM6375 Snapdragon 695 5G (6 nm).
  • GPU : Adreno 619.
  • RAM : 8 GB.
  • ROM : 128 GB / 256 GB.
  • OS : Android 13, One UI Core 5.
  • Baterai : Li-Po 6000 mAh, Fast Charging 80W.
  • Kamera Belakang : 50 MP + 2 MP.
  • Kamera Depan : 8 MP.

iQOO Z7x 5G adalah salah satu ponsel 5G termurah dari iQOO yang diluncurkan di Indonesia. Ponsel ini ditenagai oleh SoC (System on Chip) Qualcomm Snapdragon 695 5G dan memiliki layar panel IPS (In-Plane Switching) LCD dengan refresh rate 120Hz yang imersif. Selain itu, ponsel ini dilengkapi dengan baterai besar 6000 mAh dan teknologi pengisian cepat 80W.

Harga terbaru iQOO Z7x 5G di Indonesia adalah Rp3.299.000 untuk varian RAM 8 GB dan ROM 128 GB. Sementara itu, varian RAM 8 GB dan ROM 256 GB dijual dengan harga Rp3.699.000.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.