Cara Menampilkan Koordinat di GPS Map Camera Dengan Mudah

Seperti yang kita ketahui saat ini, smartphone telah dilengkapi dengan fitur-fitur canggih dan memiliki banyak aplikasi untuk memenuhi kebutuhan pengguna.

Menampilkan Koordinat di GPS Map Camera

Salah satu kemajuan teknologi adalah aplikasi yang dapat menampilkan koordinat pada gambar yang diambil oleh kamera smartphone. Sekarang, kamera tidak hanya bisa mengambil gambar, tetapi juga dapat menyediakan informasi penting seperti lokasi, suhu, cuaca, dan waktu.

Salah satu aplikasi yang mendukung fitur tersebut adalah GPS Map Camera, yang populer digunakan oleh pengguna Android untuk pengambilan gambar beserta koordinat.

Dengan adanya fitur ini, pengguna tidak perlu lagi menggunakan alat GPS terpisah karena smartphone sudah dilengkapi dengan modul GPS lengkap dengan aplikasi pendukungnya.

Pada kesempatan ini, saya akan memberikan sedikit ulasan tentang GPS Map Camera dan cara menggunakannya untuk menampilkan koordinat.

Sebelum masuk ke tutorial, penting untuk mengetahui sedikit tentang aplikasi GPS Map Camera.

Apa Itu GPS Map Camera

GPS Map Camera adalah aplikasi kamera yang memungkinkan pengguna mengetahui letak koordinat saat mengambil foto. Aplikasi ini terintegrasi dengan Google Map sehingga dapat menampilkan peta saat mengambil gambar, dengan tingkat akurasi yang tinggi.

Dengan fitur ini, pengguna dapat menampilkan titik koordinat di dalam foto, yang mencerminkan posisi pengguna saat itu.

Bagi pekerja lapangan, aplikasi GPS Map Camera dapat mempermudah dalam pekerjaan mereka. Geotagging, yaitu proses mengambil gambar yang dilengkapi dengan informasi geografis, menjadi lebih mudah dilakukan dengan aplikasi ini.

Selain menampilkan titik koordinat, aplikasi ini juga memberikan informasi geotagging yang detail, seperti alamat lokasi lengkap, waktu, tanggal, suhu, dan cuaca.

Apa saja fitur aplikasi GPS Map Camera?

Adapun fitur yang terdapat pada aplikasi GPS Map Camera adalah sebagai berikut:

  • Camera Choice
  • Flash
  • Scene/Exposure/White Balance/ISO/Color Effect
  • Focus Mode
  • Anti-banding
  • Picture Size/Picture Quality
  • GPS Use
  • GPS picture save/Mp Type/Map Resolution/Map Zoom Scale/Map Size
  • Photo Viewer
  • Sound
  • Prompt Dialog

Cara Menampilkan Koordinat di GPS Map Camera

Sebelum memulai tutorial, pastikan kamu telah menginstal aplikasi GPS Map Camera versi terbaru, yang dapat diunduh langsung dari Play Store atau toko aplikasi lainnya.

Pastikan juga bahwa fitur GPS di ponsel kamu berfungsi dengan benar dan dapat menentukan lokasi secara akurat. Jika modul GPS pada ponsel rusak, maka aplikasi penentu titik koordinat juga akan mengalami kesalahan (tidak dapat membaca koordinat dengan benar).

Berikut adalah langkah-langkah untuk menampilkan titik koordinat di GPS Map Camera:

  • Aktifkan GPS di ponsel.
  • Buka aplikasi GPS Map Camera.
  • Masuk ke menu Pengaturan.
  • Atur penggunaan GPS dan penyimpanan gambar dengan GPS seperti yang ditunjukkan pada gambar.
  • Ketuk tombol + di pojok kiri atas layar, lalu pilih "Automatic assign latitude/longitude".
  • Secara otomatis, informasi titik koordinat secara detail akan muncul.

Pengaturan GPS Map Camera

Beberapa kiat untuk mengatur tampilan dan fitur pada aplikasi GPS Map Camera:

  • Menghilangkan MAP:
    Pengaturan → Simpan gambar GPS → satu (asli)
Pengaturan → Simpan gambar GPS → satu (asli)

  • Menyembunyikan Posisi GPS:
    Pengaturan → Penggunaan GPS → nonaktifkan GPS
Pengaturan → Penggunaan GPS → nonaktifkan GPS
  • Menyembunyikan Dialog Prompt:
    Pengaturan → Dialog Prompt → nonaktifkan

Manfaat Menggunakan Aplikasi GPS Map Camera

Mengetahui koordinat pada aplikasi GPS map camera tidak hanya berguna untuk menampilkan lokasi secara tepat, tetapi juga memiliki beberapa keuntungan atau manfaat yang penting. Yuk, simak apa saja manfaatnya!

1. Memudahkan dalam Navigasi

Mengetahui koordinat lokasi sangat membantu dalam navigasi. Dengan koordinat yang tepat, kamu bisa lebih mudah menavigasi dan menemukan tempat yang ingin dikunjungi. Cukup input koordinatnya ke dalam aplikasi GPS map camera, maka kamu akan langsung mendapatkan arah yang akurat. Manfaat ini sangat berguna saat melakukan perjalanan jauh atau menjelajahi tempat yang belum pernah kamu kunjungi sebelumnya.

2. Berguna di Saat Darurat

Koordinat lokasi juga sangat berguna saat terjadi situasi darurat. Misalnya, jika kamu mengalami kecelakaan atau tersesat, koordinat lokasi bisa digunakan untuk meminta bantuan atau memberikan informasi lokasi yang akurat kepada pihak penyelamat. Dengan begitu, penyelamat dapat menemukan lokasimu dengan lebih cepat dan tepat.

3. Memudahkan Berbagi Lokasi

Dengan mengetahui koordinat lokasi, kamu juga bisa membagikan lokasi yang tepat dengan mudah kepada orang lain. Misalnya, saat ingin memberitahu teman atau keluarga tempat kamu berada, atau saat berada di lokasi yang sulit dijangkau. Cukup bagikan koordinat lokasimu melalui pesan teks, email, atau aplikasi chat lainnya.

Akhir Kata

Demikianlah informasi tentang cara menampilkan koordinat di GPS Map Camera yang dapat Anda lakukan, serta manfaat menggunakan aplikasi tersebut dan beberapa fitur yang tersedia di dalamnya. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi kalian semua.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.