Cara Membuat Green Screen di Kinemaster Untuk Pemula

KineMaster adalah aplikasi pengeditan video yang banyak digunakan saat ini di smartphone. Aplikasi ini memiliki beragam fitur dan kemampuan yang dapat dengan mudah digunakan untuk mengedit video kita.

Salah satu fitur unggulannya adalah Chroma Key yang digunakan untuk lapisan video Greenscreen. Fitur Chroma Key memungkinkan kita untuk dengan mudah menghapus satu warna tertentu secara keseluruhan pada suatu video.

Dalam dunia editing video, kita sering mendengar istilah mentahan video Greenscreen, Whitescreen, Blackscreen, dan sebagainya. Video ini nantinya akan kita hilangkan latar belakangnya menggunakan Aplikasi KineMaster.

Kali ini, Teknoindie akan berbagi tutorial tentang cara menggunakan/menghilangkan greenscreen di KineMaster dengan mudah. Jadi, jika Anda memiliki lapisan video greenscreen di KineMaster, Anda dapat menghilangkannya dengan cara berikut.

Cara Membuat Video Green Screen di Kinemaster

Sebelum mulai, pastikan aplikasi Kinemaster Anda sudah mendukung Chroma Key. Jika sudah, ikuti langkah-langkah berikut untuk menggunakan/menghilangkan greenscreen di Kinemaster:

  • Langkah 1: Buka aplikasi Kinemaster.
  • Langkah 2: Impor video yang ingin Anda edit yang akan diberi lapisan Greenscreen.

Cara Membuat Green Screen

  • Langkah 3: Tambahkan lapisan video Greenscreen Anda. Pilih menu Lapisan/Layer -> pilih Media.

Cara Membuat Green Screen

  • Langkah 4: Pilih video Greenscreen yang ingin Anda tambahkan.

Cara Membuat Green Screen di Kinemaster

  • Langkah 5: Untuk menghilangkan latar hijau secara keseluruhan, pilih Chroma Key (Kunci Kroma) -> Aktifkan.

Cara Membuat Green Screen di Kinemaster

  • Langkah 6: Atur Warna Kunci (Color Key) menjadi warna hijau atau sesuai dengan warna latar yang ingin dihilangkan.

Cara Membuat Green Screen di Kinemaster

  • Langkah Terakhir: Periksa lapisan video Greenscreen Anda. Jika latar belakang sudah hilang, itu berarti BERHASIL!

Cara Membuat Green Screen di Kinemaster

Cara Menyimpan Video Green Screen di Kinemaster

Setelah berhasil membuat video greenscreen, langkah berikutnya adalah menyimpan video tersebut. Mirip dengan aplikasi pengedit video lainnya, Kinemaster juga memiliki fitur untuk menyimpan video yang telah dibuat. Jika Anda belum familiar dengan cara melakukannya, ikuti tutorial berikut:

  • Pada tampilan halaman kerja, pilih tombol panah atas untuk mengekspor video.
  • Anda akan diarahkan ke pengaturan video di mana Anda dapat mengatur resolusi, bitrate, dan frame rate video. Untuk video yang jernih, pilih resolusi 1080p atau 720p.
  • Setelah selesai mengatur, tekan tombol ekspor video untuk memulai proses penyimpanan video.
  • Selesai.

Menyimpan video di Kinemaster sangat mudah. Jika Anda masih belum familiar dengan penggunaan alat yang digunakan, Anda dapat membaca pembahasan di bawah ini yang membahas sedikit tentang Tool Chroma Key yang digunakan dalam membuat greenscreen.

Cara Kerja Chroma Key Untuk Video Green Screen

Green screen dalam video bekerja dengan prinsip yang sama dengan Chroma Key yang telah dijelaskan sebelumnya. Chroma Key adalah teknik untuk menggabungkan video dengan latar belakang hijau dengan gambar latar belakang yang telah ditentukan sebelumnya.

Untuk hasil yang halus saat menggunakan Chroma Key, penting bagi area green screen pada video untuk bersih dan tanpa noda atau bayangan yang terlalu jelas, karena hal ini dapat mempengaruhi kualitas hasil akhir.

Selain latar belakang hijau, warna biru juga sering digunakan untuk Chroma Key. Kedua warna tersebut cocok dengan kontras warna kulit manusia, sehingga memudahkan proses penghapusan green screen dan blue screen. Dalam Kinemaster, Anda dapat menggunakan tool Chroma Key atau Kunci Kroma untuk melakukan hal ini.

Jika tool Chroma Key tidak tersedia di aplikasi Kinemaster yang Anda gunakan, Anda dapat mencoba untuk menginstal ulang Kinemaster atau melakukan pembaruan agar fitur yang belum ada dapat ditampilkan.

Akhir Kata

Itulah cara menggunakan/menghilangkan greenscreen di Kinemaster yang telah dijelaskan di atas. Intinya, Anda hanya perlu menggunakan fitur Chroma Key atau Kunci Kroma, lalu atur warnanya menjadi hijau sesuai dengan warna latar belakang yang ingin dihilangkan.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.