10 Aplikasi Foto yang Ada Tanggal dan Lokasi untuk Android

Belum tahu nama aplikasi foto yang dapat menampilkan tanggal dan lokasi pada foto di hpmu? Jangan khawatir, artikel ini akan memberikan jawabannya.

Aplikasi Foto yang Ada Tanggal dan Lokasi

Kamera pada smartphone Android dan iPhone saat ini sudah sangat canggih, mirip dengan kamera DSLR atau mirrorless. Oleh karena itu, banyak orang yang menggunakan smartphone mereka untuk mengabadikan momen-momen istimewa saat berada di tempat yang menurut mereka indah dan patut untuk dikenang.

Namun, sayangnya beberapa merek smartphone tidak menyediakan fitur untuk menampilkan informasi seperti tanggal, waktu, dan lokasi pada foto yang diambil. Oleh karena itu, Anda perlu menggunakan dua aplikasi kamera yang berbeda. Pertama, gunakanlah aplikasi kamera bawaan dari smartphone Anda, dan kedua, gunakanlah aplikasi kamera yang dapat menampilkan tanggal dan lokasi.

Ada banyak pilihan aplikasi foto yang dapat menampilkan tanggal dan lokasi, cocok bagi Anda yang suka mengabadikan momen berharga dan tidak ingin lupa kapan foto tersebut diambil. Berikut beberapa aplikasi yang bisa Anda coba.

1. Open Camera

Open Camera

Open Camera merupakan salah satu aplikasi foto yang sangat baik karena menawarkan performa yang tinggi, namun memiliki ukuran file yang kecil, hanya sekitar 1,7 MB. Pengguna aplikasi ini dapat menikmati berbagai fitur yang tersedia tanpa perlu membayar alias gratis.

Salah satu fitur yang ditawarkan oleh Open Camera adalah "Stamp photos", yang memungkinkan pengguna untuk menampilkan tanggal dan waktu pada hasil jepretan mereka.

2. Timestamp Camera Free

Timestamp Camera Free

Dengan aplikasi foto yang memiliki fitur lokasi dan waktu ini, Anda dapat menambahkan timestamp saat merekam video atau memotret foto menggunakan kamera ponsel Android. Salah satu fitur yang dimiliki oleh Timestamp Camera Free adalah Add Current Time and Location.

Dengan fitur ini, aplikasi akan menambahkan waktu dan lokasi saat Anda mengambil foto. Selain itu, beberapa fitur menarik lainnya yang dimiliki oleh aplikasi ini adalah display kustom, display map, battery saver, dan lainnya.

3. GPS Map Camera

GPS Map Camera

GPS Map Camera adalah salah satu aplikasi foto dengan fitur lokasi terbaik yang tersedia untuk smartphone Android. Selain menampilkan garis lintang dan bujur, foto yang dihasilkan oleh aplikasi ini juga dilengkapi dengan informasi cuaca. Aplikasi ini sangat mudah digunakan, Anda hanya perlu mengaktifkannya sebelum mengambil foto objek.

Aplikasi GPS Map Camera memiliki berbagai fitur lainnya, seperti flash, mode fokus, ISO, exposure, white balance, dan opsi untuk memilih kualitas dan ukuran file foto. Jika Anda ingin menggunakan fitur fokus, Anda hanya perlu mengetuk objek yang akan difoto.

4. GPS Camera: Photo With Location

GPS Camera: Photo With Location

Aplikasi foto yang menampilkan tanggal tidak hanya menawarkan fitur tanggal dan lokasi, tetapi juga beberapa fitur lainnya. Mulai dari peta lokasi, waktu, alamat, garis lintang dan bujur, hingga informasi cuaca termasuk suhu. Bahkan, foto yang ada dalam galeri ponsel dapat ditambahkan dengan berbagai fitur tersebut dengan membukanya melalui aplikasi ini.

Aplikasi Camera Photo With Location tidak hanya tersedia secara gratis, tetapi juga dalam versi berbayar. Jika Anda ingin menikmati fitur-fitur lengkapnya, Anda perlu menggunakan versi berbayar. Aplikasi ini telah dirilis pada tanggal 8 Januari 2018 dan memiliki ukuran hanya 7,07 MB.

5. Kamera Peta GPS Lite: Lokasi Foto Geotag

Kamera Peta GPS Lite

Dengan menggunakan aplikasi foto yang dapat menampilkan lokasi, Anda dapat memberikan keterangan alamat, waktu, tanggal, dan lokasi pada foto yang dihasilkan. Menurut informasi yang terdapat di Play Store, aplikasi ini dapat digunakan dalam sektor penerbangan, pertanian, kelautan, bahkan militer. Selain itu, aplikasi ini juga berguna saat rapat atau pertemuan di luar ruangan.

Aplikasi Kamera Peta GPS Lite memiliki beberapa fitur, seperti koordinat, flash, waktu (jam dan tanggal), fokus, rotasi, penunjuk arah (kompas), dan satuan panjang (meter dan kaki). Jika Anda tertarik untuk menggunakan aplikasi ini, Anda dapat mengunduhnya langsung melalui Play Store.

6. GPS Camera-Save Location in Photo

GPS Camera-Save Location in Photo

Aplikasi foto yang mencatat tanggal dan lokasi digunakan untuk mengambil foto yang dilengkapi dengan informasi lokasi dan waktu. Aplikasi Camera Save Location in Photo sangat sesuai digunakan untuk perayaan pernikahan, perjalanan, pesta ulang tahun, dan berbagai momen spesial lainnya.

Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda dapat mengatur ukuran foto dan membagikannya ke media sosial seperti Instagram dan Facebook.

7. Auto Stamper untuk Foto

Auto Stamper untuk Foto

Dengan menginstal aplikasi Auto Stamper untuk Foto, Anda dapat dengan mudah mengambil foto yang dilengkapi dengan informasi tanggal, lokasi, dan waktu.

Pada versi gratis aplikasi ini, terdapat iklan yang muncul sesekali. Untuk menghilangkan iklan dan mendapatkan fitur tambahan, Anda dapat membeli atau berlangganan ke versi premium. Fitur yang tersedia dalam versi premium antara lain: pilihan jenis font, warna stempel, dan kemampuan untuk mengatur posisi stempel tanggal dan lokasi.

8. SurveyCam: Catatan, Waktu & Lokasi

SurveyCam

Terakhir, ada aplikasi SurveyCam yang dapat membantu Anda membuat dokumen foto untuk pekerjaan. Aplikasi ini sangat cocok digunakan oleh para profesional seperti insinyur sipil, profesional konstruksi, dan sebagainya. Mengapa demikian? Fitur-fitur di bawah ini dapat menjadi jawabannya.

Dalam foto, Anda dapat menambahkan informasi seperti Nama Proyek, Catatan yang Dibuat, lokasi foto, Akurasi GPS, Ketinggian, Tanggal & waktu, Alamat, Logo perusahaan yang dapat disesuaikan, dan Nomor Referensi.

9. NoteCam Lite - Foto dengan Catatan

NoteCam Lite

NoteCam Lite tidak kalah menarik dengan aplikasi lainnya. Dengan hampir mencapai 10 ribu ulasan dan rating 4,1, aplikasi ini terbukti mendapat respon positif dari pengguna. Hal ini menunjukkan bahwa NoteCam benar-benar bermanfaat dan dapat memenuhi kebutuhan pengguna.

NoteCam tersedia secara gratis namun dengan iklan. Jika Anda menginginkan versi tanpa iklan, Anda dapat mencoba menggunakan NoteCam Pro.

10. Marki: Kamera Timestamp & GPS

Marki

Aplikasi Marki dari Team Marki adalah salah satu aplikasi foto yang dapat menampilkan tanggal dan lokasi secara otomatis, dan hasilnya akurat sesuai dengan waktu dan lokasi saat pengambilan foto. Aplikasi ini akan sangat membantu Anda yang bekerja di lapangan dan membutuhkan bukti laporan foto. Untuk hasil yang lebih akurat, aktifkan GPS dan lakukan update lokasi sebelum mengambil foto.

Fitur-fitur yang ditawarkan oleh aplikasi ini meliputi tanda waktu dan lokasi, sinkronisasi dengan cloud, optimasi proses geotag, kemampuan untuk membagikan foto ke media sosial, dan masih banyak lagi. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis dan tidak memiliki versi premium untuk mendapatkan fitur tambahan.

Demikianlah beberapa pilihan aplikasi foto yang dapat menampilkan tanggal dan lokasi. Bagi Anda yang senang mengabadikan momen-momen berharga di tempat tertentu dan ingin selalu mengingatnya, tidak ada salahnya untuk mencoba salah satu aplikasi yang telah dijelaskan di atas. Semoga bermanfaat!

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.