Sebelum Beli! Yuk Ketahui 9 Kelebihan dan Kekurangan Realme C67

Realme Indonesia secara resmi meluncurkan smartphone terbaru mereka di segmen menengah melalui seri Realme C67. Ponsel pintar ini dilengkapi dengan sejumlah fitur premium yang membuatnya semakin menonjol, seperti sensor kamera premium untuk hasil foto yang mengagumkan dan desain yang stylish dengan Sunny Oasis Design. Yang membuat ponsel ini menarik adalah harganya yang sangat terjangkau, berada di kisaran harga Rp 2 jutaan. Dengan harga tersebut, Realme C67 menawarkan fitur-fitur premium seperti NFC (Near Field Communication), speaker stereo, sertifikasi IP54, dan lainnya.

Realme C67

Realme C67 dilengkapi dengan dua kamera belakang, dengan kamera utama 108 MP yang dilengkapi dengan fitur zoom in-sensor 3x. Untuk performa, Realme C67 didukung oleh SoC Qualcomm Snapdragon 685 octa-core dipadukan dengan RAM 8 GB, yang cukup mumpuni untuk kelas harganya. Selain itu, ponsel ini memiliki baterai 5000 mAh dengan fitur pengisian cepat SuperVOOC 33W.

Ponsel ini cocok bagi pecinta fotografi dan penggemar gaming ringan dengan anggaran terbatas. Berikut adalah ulasan tentang kelebihan dan kekurangan Realme C67 beserta spesifikasi dan harganya.

Kelebihan Realme C67

Kelebihan Realme C67

1. Desain Stylish dengan Bezel Tipis

Dari segi desain, Realme C67 bisa dengan mudah disangka sebagai smartphone yang harganya di atas Rp 3 juta. Hal ini karena ponsel ini mengusung desain layar dengan punch hole kamera dan bezel yang tipis, fitur yang jarang ditemui pada ponsel murah, terutama di kisaran harga Rp 2 jutaan.

Punch hole tersebut tidak ditempatkan di sudut kiri atas layar, melainkan di tengah. Hal ini untuk mendukung fitur antarmuka Mini Capsule 2.0 yang berfokus pada kamera punch hole tersebut. Fitur ini berkaitan dengan tiga skenario fungsional yang telah ditentukan oleh produsen, yaitu terkait pengisian daya baterai, penggunaan data seluler, dan penghitungan langkah. Namun, hingga saat ini, Mini Capsule Notification pada Realme C67 baru dapat menampilkan notifikasi terkait baterai yang terisi penuh, baterai lemah, dan proses pengisian daya.

Pada bagian belakang, ponsel ini juga dirancang dengan desain yang segar, menggunakan desain Sunny Oasis yang terlihat sangat estetis. Terdapat housing kamera dengan dua lensa yang berbentuk pil atau lonjong, mirip dengan desain pada ponsel OPPO. Namun, hal ini bisa dimaklumi karena Realme masih menjadi bagian dari BBK Electronics.

Terdapat juga "alas" di belakang housing kamera, memberikan kesan dual-tone yang menarik. Keempat sudut ponsel dibuat membulat, sementara sisi frame-nya datar untuk meningkatkan cengkeraman tangan.

2. Dibekali Sertifikasi IP54 dan Fitur NFC

Realme C67 merupakan salah satu smartphone murah di kisaran harga Rp 2 jutaan yang memiliki perlindungan terhadap cipratan air dan debu. Hal ini karena ponsel ini memiliki sertifikasi IP54. Meskipun sertifikasi ini tidak sebaik IP68 yang memiliki perlindungan air yang lebih baik, namun kehadiran sertifikasi IP54 pada ponsel seharga Rp 2 jutaan layak diapresiasi.

Selain sertifikasi IP54, Realme C67 juga dilengkapi dengan fitur NFC (Near Field Communication) yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan kartu eMoney dengan menempelkannya pada bagian belakang ponsel untuk mengisi saldo atau melakukan cek saldo.

Meskipun ada beberapa smartphone entry-level dengan harga di bawah Rp 1 jutaan yang sudah menghadirkan fitur NFC, namun keberadaan fitur ini pada ponsel Rp 2 jutaan tetap patut diapresiasi. Hal ini karena masih banyak ponsel lain di kelas yang sama yang tidak memiliki fitur penting ini.

3. Layar IPS 90Hz

Smartphone Realme C67 memiliki layar punch hole yang trendi dengan rasio aspek 20:9. Layarnya berukuran 6,72 inci dengan teknologi layar sentuh, menggunakan panel IPS (In-Plane Switching) LCD dengan resolusi Full HD+ atau 1080 x 2400 piksel. Layar ini menawarkan kerapatan 392 ppi (pixel per inch) dan kecerahan 800 nits, serta touch sampling rate 180Hz.

Selain itu, layar Realme C67 juga memiliki refresh rate 90Hz, sehingga memberikan pengalaman penggunaan yang lebih mulus dan nyaman. Namun, disayangkan bahwa tidak disebutkan apakah layar ini dilindungi oleh proteksi antigores dari Corning Gorilla Glass atau jenis proteksi serupa.

4. Dapur Pacu Cukup Bersaing di Kelasnya

Kinerja yang ditawarkan oleh Realme C67 bisa dianggap sebagai salah satu yang terbaik di kelasnya. Ponsel ini ditenagai oleh SoC (System on Chip) Qualcomm Snapdragon 685 dengan proses manufaktur 6 nanometer. Snapdragon 685 ini memiliki octa-core prosesor yang terdiri dari quad-core ARM Cortex-A73 berkecepatan 2,8 GHz dan quad-core ARM Cortex-A53 berkecepatan 1,9 GHz. Selain itu, ponsel ini juga dilengkapi dengan GPU (Graphics Processing Unit) Adreno 610 yang mumpuni.

Realme C67 juga hadir dengan RAM 8 GB LPDDR4X dan dua pilihan penyimpanan internal, yaitu 128 GB dan 256 GB. Terdapat juga slot microSDXC terpisah untuk ekspansi memori eksternal. Ponsel ini juga memiliki fitur penambahan RAM hingga 8 GB secara virtual.

Menurut Nano Review, Qualcomm Snapdragon 685 pada Realme C67 mencetak skor AnTuTu v10 sebesar 343.136 poin. Sedangkan penilaian Geekbench 6 dari sumber yang sama menunjukkan skor single-core 471 poin dan multi-core 1506 untuk Snapdragon 685.

5. Kamera Utama 108MP

Dari segi fotografi, Realme C67 menarik perhatian dengan dukungan dua kamera di bagian belakang. Kamera utamanya memiliki resolusi tinggi, yaitu 108 MP dengan enam elemen lensa 24mm dan aperture f/1.8. Kamera ini menggunakan sensor Samsung ISOCELL HM6 berukuran 1/1.67 inci dengan ukuran piksel 0.64um. Fitur lain yang mendukung kamera utama ini adalah Dual Pixel phase-detection autofocus, AI, dan LED flash.

Kamera utama Realme C67 juga dilengkapi dengan fitur 3x In-sensor zoom, yang memungkinkan pengguna melakukan zoom hingga tiga kali tanpa mengurangi kualitas gambar. Selain itu, ponsel ini juga mendukung mode potret 3x, yang memungkinkan pengguna menghasilkan foto bokeh yang estetik.

Kamera kedua Realme C67 memiliki resolusi 2 MP dengan aperture f/2.4, yang berfungsi sebagai depth sensor atau untuk mode potret. Kombinasi kedua kamera ini memungkinkan pengguna mengambil foto dengan efek bokeh yang artistik melalui Mode Potret.

Untuk kamera depan, Realme C67 memiliki kamera selfie 8 MP dengan sensor BSI CMOS berukuran 1/4 inci dan ukuran piksel 1um pada aperture f/2.1. Baik kamera belakang maupun kamera depan dapat merekam video dengan resolusi Full HD.

6. Mendukung Stereo Speaker

Realme C67 tidak lagi menggunakan speaker tunggal seperti beberapa smartphone Realme C series lainnya. Sebagai gantinya, ponsel ini kini dilengkapi dengan speaker stereo yang menghasilkan kualitas audio yang lebih jelas dan dukungan audio spasial yang memikat.

Selain mendukung speaker stereo, Realme C67 juga dilengkapi dengan port audio 3.5 mm untuk menghubungkan earphone kabel. Yang menarik, pengguna dapat meningkatkan volume suara hingga 200 persen, melebihi batas biasanya yang hanya mencapai 100 persen.

7. Baterai 5000 mAh dengan Fast Charging SuperVOOC 33W

Daya tahan baterai dari Realme C67 cukup lama, bisa bertahan seharian penuh berkat kapasitas baterai 5000 mAh. Kapasitas ini merupakan standar yang umum digunakan pada smartphone saat ini. Ponsel ini juga dilengkapi dengan fitur penghematan daya AI, yang membuat baterainya bertahan lebih lama lagi.

Sistem AI akan mengidentifikasi pola penggunaan dan menyesuaikan diri secara otomatis untuk memperpanjang masa pakai baterai. Selain itu, Realme C67 juga dilengkapi dengan fitur pengisian cepat SuperVOOC 33W yang cukup cepat.

Kekurangan Realme C67

Kekurangan Realme C67

1. Tanpa Kamera Ultrawide

Sektor fotografi Realme C67 memang sangat unggul di kelasnya karena menawarkan resolusi yang tinggi. Namun, kekurangan sensor ultrawide pada ponsel ini bisa menjadi hal yang membuat konsumen berpikir ulang. Realme Indonesia memilih untuk menyertakan depth sensor sebagai kamera kedua, padahal saat ini banyak ponsel entry-level hingga mid-range yang sudah dilengkapi sensor ultrawide, contohnya Xiaomi Redmi 12 4G yang dijual dengan harga Rp 1 jutaan.

2. Perekaman 60fps Absen

Sayangnya, Realme C67 tidak bisa merekam video pada resolusi 1080p dengan frame rate 60fps. Ponsel ini hanya mampu merekam video hingga resolusi 1080p dengan frame rate 30fps karena keterbatasan ISP Spectra 346T yang dimiliki oleh SoC Qualcomm Snapdragon 685. Meskipun demikian, hal ini mungkin masih dapat diterima oleh sebagian orang.

Harga dan Spesifikasi Realme C67

Spesifikasi 
  • Warna : Sunny Oasis, Black Rock.
  • Dimensi : 165.7 x 76 x 7.9 mm.
  • Berat : 190 gram
  • Layar : IPS LCD, 1080 x 2400, 6.5 inci.
  • Chipset : Qualcomm Snapdragon 685
  • GPU : Adreno 610.
  • RAM : 8 GB.
  • ROM : 128 GB / 256 GB.
  • OS : Android 14, Realme UI 4.0.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, SuperVOOC 33W.
  • Kamera Belakang : 108 MP + 2 MP.
  • Kamera Depan : 8 MP.

Selengkapnya :


Realme C67 adalah salah satu smartphone terbaru yang diluncurkan pada akhir tahun 2023, mengusung desain stylish dengan kamera utama 108 MP. Ponsel ini memiliki kinerja yang kompeten berkat dukungan SoC Qualcomm Snapdragon 685 octa-core. Harga untuk pasar Indonesia adalah Rp2.599.000 untuk varian RAM 8 GB dan ROM 128 GB, sedangkan varian RAM 8 GB dan ROM 256 GB dibanderol Rp2.999.000.

Untuk varian RAM 8 GB dan ROM 128 GB, Realme C67 dijual dalam program Early Bird pada tanggal 19-21 Desember 2023 pukul 18:00 WIB secara online di Shopee, Akulaku, dan Realme.com. Program ini menawarkan voucher belanja senilai Rp100.000, opsi paylater tanpa bunga, promo bank hingga Rp100.000, dan gratis biaya pengiriman, dengan syarat dan ketentuan berlaku.

Sementara itu, varian RAM 8 GB dan ROM 256 GB dapat dipesan dalam program pre-order mulai 19 Desember 2023 hingga 4 Januari 2024 melalui platform online dan offline Realme, serta toko mitra resmi. Varian ini akan tersedia secara luas mulai 5 Januari 2024.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.