Ini Dia 7 Kelebihan dan 3 Kekurangan OPPO Reno8 T 4G

Setelah menghadirkan seri OPPO Reno8 beberapa waktu lalu, OPPO Indonesia melanjutkannya dengan meluncurkan smartphone dari seri OPPO Reno8 T, yang terdiri dari OPPO Reno8 T 4G dan OPPO Reno8 T 5G.

OPPO Reno8 T 4G

Salah satu hal menarik dari seri OPPO Reno8 T ini adalah desainnya yang mewah dan unik, dengan penutup belakang berbahan fiberglass leather atau kulit tekstur, dilengkapi dengan efek jahitan kulit dan frame melengkung yang elegan, serta dilengkapi dengan Orbit Light.

Bersaing di kelas menengah, OPPO Reno8 T 4G didukung oleh SoC (System on Chip) MediaTek Helio G99, RAM 8 GB LPDDR4X, dan penyimpanan internal 256 GB UFS2.2. Selain itu, ponsel ini juga menampilkan kamera utama 100 MP dengan lensa 6P aperture f/1.7, dan kamera selfie 32 MP menggunakan sensor Sony IMX709 1/2.74 inci 0.8um.

Untuk memastikan Anda membuat keputusan yang tepat, mari kita bahas kelebihan dan kekurangan dari OPPO Reno8 T 4G berikut ini.

Kelebihan OPPO RenoT 4G

OPPO Reno8 T 4G

1. Desain Stylish

OPPO selalu dikenal dengan desain mewah dan stylish pada setiap produknya, termasuk OPPO Reno8 T 4G. Ponsel ini memiliki dua cincin lensa yang menonjol, di mana satu cincin berisi tiga kamera utama dan satu cincin lagi menampung lensa macro, depth, dan LED Flash. Desainnya terlihat mewah dengan penutup belakang berwarna Sunset Orange yang memiliki tekstur seperti kulit dan tahan terhadap sidik jari.

Yang unik, kamera utama OPPO Reno8 T 4G dilengkapi dengan lingkaran lampu yang disebut Orbit Light, yang dapat disesuaikan untuk menyalanya dan bahkan mengubah warnanya. Bagian frame-nya berkilauan dengan warna emas glossy yang melengkung, memberikan kenyamanan saat digenggam. Ponsel ini hadir dalam dua varian warna, yaitu Sunset Orange dan Midnight Black, dengan dimensi 160,8 x 73,84 x 7,8 mm dan bobot 183 gram (Sunset Orange) dan 180 gram (Midnight Black).

2. Layar AMOLED 90Hz

OPPO Reno8 T 4G memiliki layar sentuh punch hole berukuran 6,41 inci dengan panel layar AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) beresolusi Full HD+ atau 1080 x 2400 piksel. Layar ini menawarkan kerapatan mencapai 409 ppi (pixel per inch) dengan tingkat kecerahan 600 nits (HBM) yang dapat mencapai puncak hingga 800 nits.

Layar tersebut mampu menampilkan 97% NTSC dan 100% DCI-P3 color gamut yang sangat cemerlang. Selain itu, layar ini didukung oleh refresh rate 90Hz dan touch sampling rate 120Hz (5 jari) yang dapat mencapai maksimum 180Hz (2 jari). Layar OPPO Reno8 T 4G memiliki kedalaman warna sebanyak 16,7 juta (8-bit) dan dilindungi oleh kaca pelindung Corning Gorilla Glass 5. Ponsel ini juga dilengkapi dengan fitur fingerprint under display atau di dalam layar.

3. Storage Cukup Lega

Ketika mencari ponsel untuk penggunaan jangka panjang, konsumen akan mencari memori RAM dan penyimpanan internal yang lebih besar untuk mendukung produktivitas. OPPO Reno8 T 4G menawarkan satu varian dengan RAM 8 GB dual-channel berkecepatan 2133MHz tipe LPDDR4X dan penyimpanan internal 256 GB UFS 2.2. Ponsel ini juga dilengkapi dengan sim tray Triple Slot, memungkinkan pengguna untuk menggunakan dual kartu SIM + microSD secara bersamaan.

4. Baterai 5000 mAh

OPPO Reno8 T 4G dilengkapi dengan baterai berkapasitas 5000 mAh, dirancang untuk penggunaan penuh seharian. Menurut informasi yang diperoleh, saat digunakan untuk aplikasi TikTok, YouTube, Facebook, dan streaming, baterainya hanya berkurang sekitar 6-7%. Untuk bermain game Mobile Legends selama 30 menit, baterainya berkurang sekitar 6%, sementara untuk Genshin Impact berkurang sekitar 11%.

Selain itu, OPPO Reno8 T 4G dilengkapi dengan pengisian cepat 33W SuperVOOC. Dalam 30 menit, baterai dapat diisi hingga 48%, dan untuk pengisian penuh hanya membutuhkan waktu 1 jam 14 menit.

5. Kamera 100MP

OPPO Reno8 T 4G mengusung konfigurasi Triple Camera yang cukup mengesankan. Kamera utamanya berkekuatan 100 MP dengan 6P lensa aperture f/1.7 yang menggunakan sensor BSI CMOS, dilengkapi dengan fitur phase-detection autofocus, AI, dan LED flash.

Kamera kedua memiliki kekuatan 2 MP dengan bukaan f/2.4 sebagai depth sensor, sedangkan kamera ketiga juga berkekuatan 2 MP dengan bukaan f/3.3 khusus untuk macro atau Microlens, yang mendukung perbesaran hingga 40x untuk memotret objek kecil.

Fitur fotografi yang tersedia untuk kamera belakang termasuk foto, video, malam, expert, panorama, potret, time-lapse, slow-mo, pemindai teks, dual-view video, stiker, extra HD, microlens, dan Google Lens.

Sementara itu, kamera depan OPPO Reno8 T 4G memiliki resolusi 32 MP dengan sensor Sony IMX709 1/2.74 inci 0.8um piksel dan lensa 27mm bukaan aperture f/2.4.

Kamera selfie ini juga mendukung fitur foto, video, panorama, expert, malam, time-lapse, dual-view video, dan stiker. Untuk perekaman video, kamera belakang mampu merekam video hingga resolusi 1080p@30fps, sedangkan kamera depannya juga mendukung perekaman video hingga resolusi yang sama.

6. Mendukung Fitur NFC

Meskipun NFC (Near Field Communication) sudah jarang digunakan dalam ponsel kelas flagship, namun fitur ini telah menjadi standar pada smartphone di kelas entry-level hingga mid-range, termasuk OPPO Reno8 T 4G.

Dengan kehadiran fitur NFC (Near Field Communication), pengguna dapat dengan mudah mengisi saldo eMoney dengan hanya membuka aplikasi dan menempelkan kartu ke bagian belakang OPPO Reno8 T 4G. Fitur ini tentu akan memberikan kemudahan bagi pengendara sepeda motor hingga mobil saat melewati tol atau melakukan parkir.

7. Dual Stereo Speaker

Banyak orang mempertimbangkan kualitas suara saat membeli smartphone. Untungnya, OPPO Reno8 T 4G dilengkapi dengan speaker stereo yang kuat dan jernih karena memiliki dual speaker yang ditempatkan di bagian atas dan bawah. Ini membuat pengalaman menonton film, mendengarkan musik, atau bahkan bermain game menjadi sangat menyenangkan dengan adanya speaker stereo tersebut.

Kekurangan OPPO Reno8 T 4G

Kekurangan OPPO Reno8 T 4G

1. Lensa Ultrawide Absen

Kemampuan OPPO Reno8 T 4G dalam menghasilkan foto berkualitas memang tidak diragukan. Namun, ponsel ini memiliki kekurangan yang cukup fatal di mata fotografer, terutama mengingat harganya yang mencapai Rp4 juta-an. Kekurangan tersebut adalah ketiadaan lensa ultrawide.

Tanpa lensa ultrawide, ponsel ini tidak dapat mengambil foto pemandangan secara optimal. Bagian yang dapat dimuat dalam satu frame akan lebih sempit daripada jika menggunakan lensa ultrawide. Hal ini juga berlaku saat ingin mengambil foto grup dengan banyak orang, di mana kemungkinan mereka harus berdesakan agar semua dapat masuk ke dalam frame.

2. Tanpa Dukungan 5G

Dengan menggunakan SoC (System on Chip) MediaTek Helio G99, bukan Dimensity, OPPO Reno8 T 4G memang tidak dilengkapi dengan koneksi jaringan seluler generasi kelima atau 5G. Ponsel ini hanya mendukung jaringan 4G LTE dengan kemampuan Dual Sim Card.

3. Performa yang Kurang Memadai di Kelasnya

SoC (System on Chip) MediaTek Helio G99 sebenarnya termasuk SoC yang cukup bertenaga. Namun, penilaiannya bisa berbeda tergantung pada konteks penggunaan. Jika digunakan pada ponsel dengan harga di kisaran 2-3 jutaan seperti Realme 10 4G, Tecno POVA 4 Pro, POCO M5, dan sejenisnya, Helio G99 akan memberikan performa yang baik. Namun, untuk ponsel dengan harga sekitar Rp4,9 juta seperti OPPO Reno8 T 4G, pengguna mungkin mengharapkan spesifikasi yang lebih tinggi.

Jika Anda mencari ponsel dengan SoC (System on Chip) yang lebih baik dalam kisaran harga Rp4 jutaan, ada beberapa alternatif yang bisa dipertimbangkan. Misalnya, vivo T1 Pro 5G, POCO F4 (6/128GB) yang sudah turun harga, Realme 9 Pro+, dan Xiaomi 12 Lite yang juga telah mengalami penurunan harga.

SoC (System on Chip) MediaTek Helio G99 dengan fabrikasi 6 nanometer ini memiliki prosesor octa-core yang terdiri dari dual-core high performance ARM Cortex-A76 berkecepatan 2.2 GHz, dan hexa-core efficiency ARM Cortex-A55 berkecepatan 2.0 GHz. Selain itu, SoC ini dilengkapi dengan GPU (Graphics Processing Unit) Mali-G57 MC2 yang mumpuni dalam menangani grafis.

Harga dan Spesifikasi OPPO Reno8 T 4G

Spesifikasi 
  • Warna : Midnight Black dan Sunset Orange.
  • Dimensi : 160.8 x 73.84 x 7.8 mm.
  • Berat : 180 gram (Midnight Black), 183 gram (Sunset Orange).
  • Layar : AMOLED, 1080 x 2400, 6.43 inci.
  • Chipset : Mediatek Helio G99 (6 nm).
  • GPU : Mali-G57 MC2.
  • RAM :8 GB + 8 GB Extended RAM.
  • ROM : 256 GB.
  • OS : Android 13, ColorOS 13.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, Fast Charging 33W SuperVOOC.
  • Kamera Belakang : 100 MP + 2 MP + 2 MP.
  • Kamera Depan : 32 MP.

Selengkapnya :


OPPO Reno8 T 4G adalah ponsel kelas menengah yang menonjolkan desain mewah dengan sentuhan tekstur kulit, terutama pada varian warna Sunset Orange. Tak hanya itu, kamera utamanya juga menawarkan resolusi tinggi hingga 100 MP.

Selain itu, ponsel ini memiliki berbagai keunggulan seperti dukungan fitur NFC, layar AMOLED, baterai tahan lama dengan pengisian cepat 33W SuperVOOC, dan lainnya. Harga OPPO Reno8 T 4G berdasarkan informasi yang saya himpun adalah Rp4.899.000 rupiah.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.