Wajib Baca 10 Kelebihan dan Kekurangan OPPO Reno 10 Pro+ 5G Sebelum Beli

OPPO kembali memperkenalkan seri premiumnya di pasar Indonesia dengan meluncurkan OPPO Reno 10 series, yang terdiri dari OPPO Reno 10 5G, OPPO Reno 10 Pro 5G, dan OPPO Reno 10 Pro+ 5G. OPPO Reno 10 Pro+ 5G adalah varian tertinggi dalam seri ini, menawarkan spesifikasi yang sebanding dengan flagship.

OPPO Reno 10 Pro+ 5G

Ponsel ini menggunakan SoC (System on Chip) Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1 SM8475 dengan fabrikasi 4 nanometer, dipadukan dengan RAM 12 GB. Selain itu, OPPO Reno 10 Pro+ 5G dilengkapi dengan baterai 4700 mAh dan fitur pengisian cepat SuperVOOC 100W yang sangat cepat.

Salah satu keunggulan utama OPPO Reno 10 Pro+ 5G adalah sistem kameranya. Ponsel ini dilengkapi dengan Triple Camera di bagian belakang tanpa adanya kamera gimmick. Komposisinya termasuk kamera utama, persicope telefoto portrait 64 MP, dan kamera ultrawide. Kamera utamanya menggunakan sensor Sony IMX890 berkekuatan 50 MP yang dikenal dengan kualitasnya yang baik.

Bagaimana dengan kelebihan, kekurangan, spesifikasi, dan harga OPPO Reno 10 Pro+ 5G? Untuk mengetahui jawabannya, simak ulasan berikut ini.

Kelebihan OPPO Reno 10 Pro+ 5G

Kelebihan OPPO Reno 10 Pro+ 5G

1. Performa Superior

Performa yang ditawarkan oleh OPPO Reno 10 Pro+ 5G dikatakan sangat powerful di kelasnya. Ponsel ini menggunakan SoC (System on Chip) Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1 SM8475 dengan fabrikasi 4 nanometer.

Chipset ini memiliki prosesor octa-core yang terdiri dari single-core ARM Cortex-X2 berkecepatan 3,19 GHz, triple-core ARM Cortex-A710 berkecepatan 2,75 GHz, dan quad-core ARM Cortex-A510 berkecepatan 1,8 GHz. OPPO Reno 10 Pro+ 5G juga dilengkapi dengan RAM 12 GB + 8 GB extended RAM, serta GPU Adreno 730 yang mumpuni.

Ponsel ini memiliki penyimpanan internal 256 GB UFS 3.1 tanpa dukungan slot microSD. Dalam uji benchmark sintetis, OPPO Reno 10 Pro+ 5G mampu mencetak skor tinggi, seperti yang diharapkan dari smartphone dengan chipset kelas atas. Skor AnTuTu v10 selalu mencapai 1 juta, bahkan dapat mencapai 1.274.428 dengan mode performa yang diaktifkan.

Dalam pengujian Geekbench 6, smartphone ini mencetak skor 1271 untuk kemampuan CPU single-core dan 3529 untuk multi-core. Stabilitas performa chipset ini juga baik, hanya turun 89% dari kemampuan puncaknya, sesuai dengan uji CPU Throttling.

2. Desain Menawan

Dari segi desain, OPPO Reno 10 Pro+ 5G menampilkan desain yang menawan dengan bodi yang dirancang dengan ciri khas lengkungan di sisi frame dan tepi layar. Housing kamera juga berbentuk elips yang sedikit menonjol, memberikan pengalaman yang menyenangkan. Meskipun merupakan ponsel premium, bobotnya tidak terlalu berat, hanya 194 gram.

Berdasarkan informasi yang penulis himpun, OPPO Reno 10 Pro+ 5G menggunakan material kaca Corning Gorilla Glass 5 untuk penutup belakangnya. Namun, frame-nya menggunakan plastik polikarbonat. Housing kamera dari ponsel ini dirancang dengan kaca di bagian atas dan aluminium di bagian bawahnya.

Meskipun begitu, penulis menganggap penggunaan plastik polikarbonat pada frame-nya sedikit mengecewakan, mengingat banyak smartphone flagship dengan harga serupa atau lebih murah yang sudah menggunakan bahan aluminium. Namun, penggunaan polikarbonat dipilih untuk menjaga bobot ponsel agar tetap ringan.

OPPO Reno 10 Pro+ 5G tersedia dalam dua varian warna, yaitu Silvery Grey dan Glossy Purple. Varian Silvery Grey memiliki finishing matte di bagian belakang, sementara varian Glossy Purple memiliki finishing glossy.

3. Layar AMOLED 120Hz 3D Curved

Smartphone premium kelas menengah dari OPPO Indonesia, OPPO Reno 10 Pro+ 5G, hadir dengan layar sentuh lengkung atau 3D Curved berukuran 6,74 inci dengan aspek rasio 20:9.

Layar ini menggunakan panel AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) dengan resolusi 1.5K atau 1240 x 2772 piksel, mampu menampilkan 1 miliar warna, dan mencakup 100% DCI-P3 color gamut dan 100% sRGB. Kerapatannya mencapai 451 ppi (pixel per inch) dengan kecerahan puncak mencapai 1400 nits (peak), serta mendukung HDR10+.

Layar OPPO Reno 10 Pro+ 5G juga dilengkapi dengan refresh rate 120Hz (adaptive 45-120), yang membuat animasi menjadi lebih mulus tanpa screen tearing dan screen stuttering, serta touch sampling rate 240Hz. Selain itu, layarnya telah mendapatkan sertifikasi rendah emisi cahaya biru dari SGS, sehingga aman untuk mata meskipun digunakan dalam waktu lama.

4. Fitur Infrared dan NFC

Fitur Infrared bukanlah keunggulan eksklusif dari ponsel Xiaomi saja, tetapi juga tersedia di beberapa ponsel OPPO, termasuk OPPO Reno 10 Pro 5G. Infrared digunakan untuk mengontrol perangkat elektronik seperti TV, AC, dan perangkat lainnya dengan menggunakan ponsel sebagai remote.

Selain Infrared, OPPO Reno 10 Pro+ 5G juga dilengkapi dengan fitur NFC (Near Field Communication) Multifungsi yang dapat digunakan untuk emulasi kredensial kartu akses. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membuka pintu hotel, apartemen, homestay, dan sebagainya menggunakan ponsel mereka.

5. Kamera Andal

OPPO Reno 10 Pro+ 5G dilengkapi dengan konfigurasi Triple Camera di bagian belakangnya. Kamera utamanya memiliki resolusi 50 MP dengan lensa 24mm pada bukaan aperture f/2.0 dan sensor Sony IMX890 berukuran 1/1.56 inci 1um piksel. Kamera ini juga dilengkapi dengan fitur multi-directional phase-detection autofocus, OIS (Optical Image Stabilization), AI, dan LED flash.

Kamera kedua memiliki resolusi 64 MP dengan sensor BSI CMOS berukuran 1/2 inci 0.7um piksel. Kamera ini dilengkapi dengan lensa periscope portrait telephoto pada bukaan aperture f/2.5, phase-detection autofocus, dan OIS (Optical Image Stabilization). Kamera ini memiliki kemampuan 3x optical zoom dan 120x digital zoom.

Kamera ketiga memiliki resolusi 8 MP dan berfungsi sebagai ultrawide angle dengan FoV (Field of View) 112 derajat, menggunakan sensor Sony IMX335 berukuran 1/4 inci 1.12um piksel.

Di bagian depan, terdapat kamera selfie dengan resolusi 32 MP yang menggunakan sensor Sony IMX709 berukuran 1/2.74 inci 0.um piksel dengan lensa 27mm pada bukaan aperture f/2.4.

Untuk perekaman video, kamera selfie mampu merekam pada resolusi 1080@30fps, sementara kamera belakang mampu hingga resolusi 4K@60fps.

OPPO Reno 10 Pro+ 5G juga dilengkapi dengan dua fitur menarik. Pertama adalah Ultra Steady Video 3.0 yang membuat perekaman video menjadi lebih mulus berkat gyro-EIS (Electronic Image Stabilization). Kedua, fitur MariSilicon X NPU (Neural Processing Unit) berperan dalam mengolah gambar dan video untuk menghasilkan kualitas yang superior.

6. Fingerprint Under Display dan Sensor Lengkap

OPPO Reno 10 Pro+ 5G dilengkapi dengan beberapa fitur sensor yang menarik. Ponsel ini memiliki sensor fingerprint atau sidik jari yang terintegrasi dalam layar, memudahkan pengguna untuk membuka ponsel dengan cepat dan mudah menggunakan sidik jari.

Selain itu, ponsel ini juga dilengkapi dengan sensor gyroscope yang memungkinkan pengguna untuk menentukan arah dengan menggerakkan ponsel. Sensor gyroscope ini juga berguna dalam bermain game seperti PUBG Mobile, Call Of Duty Mobile, dan lainnya.

OPPO Reno 10 Pro+ 5G juga dilengkapi dengan sensor accelerometer, proximity, compass, dan color spectrum yang semuanya memiliki fungsi penting dalam pengalaman penggunaan sehari-hari.

7. Fast Charging 100W

Untuk kapasitas baterainya, OPPO Reno 10 Pro+ 5G dibekali dengan baterai berkapasitas 4700 mAh. Meskipun terlihat standar, namun ponsel ini menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1 yang irit daya. OPPO juga terkenal dengan sistem manajemen daya yang efisien.

Dalam pengujian, saat diputar video lokal beresolusi Full HD atau 1080p selama 30 menit, baterainya hanya berkurang sekitar 3%. Sementara itu, menonton video TikTok selama 30 menit mengurangi baterai sebesar 4%. Bermain game Genshin Impact selama 20 menit mengurangi baterai sebanyak 11%, dan bermain PUBG Mobile selama 30 menit mengurangi baterai sebesar 7%.

Untuk pengisian daya, OPPO Reno 10 Pro+ 5G dilengkapi dengan fitur pengisian cepat SuperVOOC 100W. Diklaim mampu mengisi daya dari kosong hingga penuh dalam waktu 28 menit saja. Pengisian daya ini juga aman dengan sertifikasi TUV Rheinland Safe Fast-Charge, dan tidak memengaruhi usia pakai baterai. OPPO bahkan mengklaim bahwa baterai ponsel ini dapat digunakan hingga 4 tahun.

Kekurangan OPPO Reno 10 Pro+ 5G

Kekurangan OPPO Reno 10 Pro+ 5G

1. Perekaman Video Kamera Depan Terbatas

Hasil foto dan video dari kamera depan OPPO Reno 10 Pro+ 5G masih cukup baik untuk diunggah ke media sosial, namun kurang memadai untuk keperluan konten yang lebih profesional.

Kamera depan ponsel ini hanya mampu merekam video hingga resolusi 1080p@30fps saja. Hal ini menjadi kekurangan karena kemampuan merekam dengan frame rate 60fps sangat penting untuk menghasilkan gerakan yang lebih mulus dalam video.

2. Tidak Ada USB Display Out dan Wireless Charging

Smartphone dengan harga dua digit seharusnya dilengkapi dengan fitur-fitur mahal atau premium. Namun, OPPO Reno 10 Pro+ 5G belum memiliki beberapa fitur tersebut. Misalnya, fitur USB display out yang berguna jika digunakan dengan fitur Multi-screen.

Ponsel ini masih menggunakan port USB 2.0, sehingga tidak mendukung protokol display out. Syarat minimal untuk menggunakan display out adalah port USB 3.0. Fitur ini masih eksklusif untuk OPPO Find X Series.

Selain itu, OPPO Reno 10 Pro+ 5G juga tidak dilengkapi dengan fitur wireless charging yang merupakan fitur premium lainnya.

3. Tidak Memiliki IP Rating

OPPO Reno 10 Pro+ 5G tidak memiliki IP Rating, seperti IP53, IP54, atau IP67. Oleh karena itu, pengguna disarankan untuk berhati-hati dalam penggunaan ponsel ini agar terhindar dari kerusakan akibat air atau debu. Jangan membenamkan ponsel ini ke dalam air, seperti di bak mandi atau kolam renang.

Dengan harga Rp10 jutaan, kekurangan OPPO Reno 10 Pro+ 5G yang tidak memiliki IP Rating terasa disayangkan. Pasalnya, banyak ponsel di kisaran harga entry-level hingga mid-range yang sudah dilengkapi dengan IP Rating.

Harga dan Spesifikasi OPPO Reno 10 Pro+ 5G

Spesifikasi 
  • Warna : Silvery Grey dan Glossy Purple.
  • Dimensi : 162.9 x 74 x 8.3 mm.
  • Berat : 194 gram.
  • Layar : AMOLED, 1240 x 2772 piksel, 6.74 inci.
  • Chipset : Qualcomm SM8475 Snapdragon 8+ Gen 1 (4 nm).
  • GPU : Adreno 730.
  • RAM : 12 GB.
  • ROM : 256 GB.
  • OS : Android 13, ColorOSI 13.1.
  • Baterai : Li-Po 4700 mAh, 100W wired.
  • Kamera Belakang : 50 MP + 64 MP + 8 MP.
  • Kamera Depan : 32 MP.

Selengkapnya :


OPPO Reno 10 Pro+ 5G adalah smartphone kelas flagship terbaru yang menawarkan performa superior dengan dukungan SoC (System on Chip) Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1 SM8475 berfabrikasi 4 nanometer. Selain itu, ponsel ini juga dilengkapi dengan kamera yang memadai serta fitur-fitur fotografi yang menarik.

Baterai berkapasitas 4700 mAh dengan fitur SuperVOOC 100W membuat OPPO Reno 10 Pro+ 5G mampu mengisi daya dari kosong hingga penuh dalam waktu 28 menit saja. Harga smartphone ini di Indonesia adalah Rp10.999.000 untuk varian RAM 12 GB dengan penyimpanan internal 256 GB.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.